Review, Harga dan Spesifikasi Lengkap Toyota Sienta

*Catatan: Harga dalam artikel ini berlaku saat waktu publikasinya, dan dapat berubah sewaktu-waktu.

Review Toyota Sienta

 

Mobil kini semakin membumi, semakin mudah diperoleh dan banyak dimiliki. Kemudahan kredit mobil juga turut mempengaruhi tingginya jumlah pemilik mobil dewasa ini. Sayangnya, fenomena ini tak selalu menjadi indikator positif. Banyaknya mobil yang melaju di jalanan membuat kemacetan semakin tak terelakkan. Tentu saja, masalah ini dialami oleh semua pengguna jalan, khususnya pengguna jalan di wilayah perkotaan. Kurangnya pilihan moda transportasi umum yang nyaman dan terjangkau juga turut berkontribusi dalam fenomena ini. Namun bagi mereka yang menginginkan kendaraan yang nyaman dan cocok untuk daerah perkotaan, tak diragukan lagi, jenis mobil hatchback atau mini MPV seperti Toyota Sienta bisa menjadi pilihan yang tepat.

Butuh mobil sienta? Segera Pesan di » mobilkamu.com

 

Setidaknya sudah hampir 13 tahun Toyota Sienta menemani masyarakat dunia dan menjadi bagian dari portfolio berharga Toyota. Dari generasi ke generasi, keluarga Sienta selalu menjadi pilihan unik yang mampu menjawab kebutuhan para pengendara. Konsepnya yang lain daripada yang lain dengan perpaduan antara hatchback dan MPV, membuat Toyota Sienta cocok untuk menembus jalanan perkotaan yang akrab dengan kemacetan. Tentu saja, semakin bertambahnya waktu, desain dan teknologi yang diadopsi juga semakin berkembang. Dan kini, Toyota Sienta hadir di Indonesia tahun 2015 dengan menawarkan segudang fitur menarik untuk mereka yang menginginkan kenyamanan dan kegesitan.

Desain Eksterior

Desain Eksterior Sisi Belakang

 

Sebelum berbicara lebih jauh tentang Toyota Sienta di Indonesia, pembahasan tentu akan lebih menarik jika dimulai dari sisi desain. Kata unik memang selalu identik dengan Toyota Sienta. Sejak awal kemunculannya, keluarga Toyota ini selalu berhasil memikat mereka yang tertarik dengan mobil-mobil berdesain unik. Namun tak hanya mempertahankan kesan unik yang dimilikinya, Toyota Sienta 2015 juga hadir dengan desain yang lebih modern dan dinamis. Dan tentu saja, segar adalah kata yang cukup tepat untuk menggambarkan generasi terbaru Toyota Sienta ini.

Dimensi mobil ini terlihat sangat kompak. Bahkan ukurannya tak lebih besar dari mobil jenis hatchback seperti Toyota Yaris yang sangat laku di pasar Indonesia. Namun dalam beberapa sisi, Toyota Sienta memiliki gaya desain yang lain daripada yang lain. Moncong depan yang pendek dan grille yang kecil membuat mobil ini terlihat begitu memukau. Perubahan cukup radikal juga terlihat pada sisi lampu depan. Kini, lampu depan Toyota Sienta 2015 terlihat lebih tajam dan kotak tanpa sentuhan bentuk membulat seperti pendahulunya

Yang tak kalah menarik dari Toyota Sienta Indonesia adalah keberadaan lampu kabut dan aksen finishingnya yang terlihat menyatu dengan lampu depan mobil. Aksen warna hitam ini bahkan terlihat menyatu sempurna dengan grille depan mobil. Beralih ke bagian bodi, lekukan bodi Toyota Sienta tak hanya terlihat aerodinamis namun juga menarik. Sisi bagian belakang mobil juga tak kalah unik. Kini, sisi bagian belakang Toyota Sienta terlihat lebih modern dengan desain lampu belakang yang fresh dan dinamis.

Keseluruhan desain Toyota Sienta memiliki dua kesan utama, unik dan sporty. Kenapa disebut unik? Itu karena konsep MPV yang dimilikinya. Konsep ini terlihat dari desain pintu belakangnya yang mengusung konsep slide sama seperti pada jenis mobil MPV pada umumnya. Namun karena ukuran mobil yang kecil, gaya pintu seperti ini terlihat tak biasa dan cenderung agak aneh. Aneh yang menarik tentu saja.

Yuk dicek Daftar Harga Mobil Terbaru 2016 disini!

Desain Interior

Desain Interior Toyota Sienta Indonesia

 

Daya tarik mobil jenis MPV memang terletak pada ukuran kabinnya yang lega dan desainnya yang nyaman, cocok untuk mereka yang memiliki banyak anggota keluarga. Namun beda halnya dengan Toyota Sienta 2015, kesan seperti itu tak akan diperoleh seutuhnya. Ukuran kabinnya memang cukup lega. Hanya saja tak selega mobil MPV pada umumnya. Ukuran mini MPV ini justru tak ubahnya interior mobil hatchback yang dipermak dengan pintu belakang gaya slide. Akses masuk yang lebih lega mungkin satu-satunya perbedaan antara Toyota Sienta dengan mobil jenis hatchback pada umumnya. Selebihnya, tak ada perbedaan signifikan dalam hal kapasitas mobil.

Dashboard Toyota Sienta Indonesia terlihat tak berbeda jauh dengan mobil-mobil pada umumnya. Terlihat clean dengan beberapa panel kontrol yang mudah dijangkau baik oleh pengendara maupun penumpang di kursi depan. Ukuran stir yang kecil juga memberi kenyamanan dan kemudahan bagi pengendara. Namun yang unik di sini adalah posisi tuas transmisinya yang terlihat menempel dengan dashboard mobil. Ini sangat berbeda dengan mobil-mobil lain yang umumnya menempatkan tuas transmisi pada sela-sela antara kursi pengemudi dengan kursi penumpang depan.

Beralih ke bagian belakang Toyota Sienta , ruang di sisi ini terlihat cukup lega. Desain joknya terlihat mirip dengan kursi depan. Hanya saja untuk kursi belakang, ada beberapa aksen yang hilang seperti tempat sandaran tangan. Namun absennya fitur tersebut bukannya tanpa alasan. Itu karena kursi belakang Toyota Sienta memang didesain agar mudah dilipat. Jadi jika tidak digunakan atau sedang membutuhkan ruang bagasi yang lebih lega, pemilik kendaraan bisa melipat kursi belakang Toyota Sienta.

Interior Toyota Sienta tak hanya terlihat menarik secara visual. Meski ukurannya tak seluas mobil jenis MPV, mini MPV ini mampu memberikan kenyamanan yang dibutuhkan oleh pengendaranya. Jok yang nyaman dengan beragam fitur penunjang seperti AC juga turut mempengaruhi tingkat kenyamanan mobil ini.

Mau Kredit Mobil? Ikuti Tips Pengajuan Kredit Mobil Agar Cepat Disetujui.

Performa

Mesin Toyota Sienta

 

Sebelum berbicara tentang harga Toyota Sienta, satu hal yang juga penting untuk diketahui adalah performa mobilnya. Dan karena mobil ini bukan mobil jenis sport, tentu pengguna tidak perlu mengharapkan performa garang ala mobil-mobil balap. Sebenarnya, kenyamanan jauh lebih penting untuk mobil-mobil mini MPV seperti Toyota Sienta. Akan tetapi Toyota Sienta memiliki caranya sendiri untuk menciptakan kenyamanan tersebut. Tak hanya menawarkan mesin yang smooth, mobil besutan Toyota ini juga memiliki varian hybrid. Inilah pilihan lain selain versi standar.

Cukup menarik mengetahui si mini MPV Toyota Sienta dibekali dengan teknologi hybrid. Dari sini, sudah terlihat ke mana concern Toyota dalam merancang Toyota Sienta. Dan tentu saja, concern tersebut terletak pada kenyamanan yang tak boros bahan bakar. Mesin 1.5 liter menjadi penyempurna Toyota Sienta. Mesin yang kecil memang, namun inilah mesin yang paling sesuai dan mampu memberikan kenyamanan sekaligus menghemat konsumsi bahan bakar. Mesin tersebut masih dikombinasikan dengan baterai nickel metal hydride sebagai sumber energi alternatifnya. Dengan mesin tersebut, Toyota Sienta mampu menciptakan tenaga sebesar 99 horsepower.

Sebagai mobil yang dirancang hemat bahan bakar, memang tak mengherankan jika Toyota Sienta hanya memiliki performa yang kecil. Akan tetapi berkat hal tersebut, mobil ini jadi lebih ramah lingkungan. Tingkat MPGnya saja mencapai 48 MPG. Dan dengan nilai setinggi itu, bisa dipastikan, mobil ini cukup hemat bahan bakar. Inilah yang membuat harga Toyota Sienta tak hanya sepadan dengan apa yang ditawarkannya namun juga menyempurnakannya sebagai kendaraan jangka panjang yang cukup layak untuk dimiliki.

Salah satu tantangan bagi mobil jenis hybrid adalah pergantian antara penggunaan bensin dan listrik sebagai sumber energinya. Dan yang menarik, Toyota Sienta memiliki kemampuan pergantian yang sangat smooth. Hanya saja karena mobil ini memang dirancang agar hemat bahan bakar, akselerasinya sama sekali tidak dapat dibanggakan. Memang tidak begitu mengecewakan, akan tetapi cenderung biasa saja. Dengan performa mesin yang standar, tempat terbaik untuk mobil ini memang jalanan perkotaan yang tak banyak tanjakan.

Fitur-Fitur Tambahan

Dashboard Toyota Sienta

 

Selain memiliki desain unik dan mesin irit, Toyota Sienta juga dibekali dengan beberapa fitur menarik dan beberapa fitur standar. Salah satu fitur menarik yang dapat ditemui pada Toyota Sienta adalah Pre Collision System atau PCS. Fitur ini menggunakan teknologi kamera dan radar laser untuk mendeteksi objek yang berada di depan mobil. Saat PCS mendeteksi akan terjadi tabrakan dengan objek di depan, sistem akan memperingatkan pengemudi untuk melakukan pengereman. Peringatan tersebut disampaikan dalam bentuk suara dan visual. Namun jika pengendara gagal melakukan pengereman, sistem akan mengambil alih dan melakukan pengereman secara otomatis.

Fitur-fitur lain yang juga tersedia pada Toyota Sienta Indonesia diantaranya adalah Lane Departure Alert (LDA) dan Automatic High Beam (AHB). Selain itu, tersedia juga fitur Advanced Safety Package. Hanya saja fitur ini tersedia secara optional.

Kesimpulan dan Harga Toyota Sienta

Desain unik, interior yang cukup lega, mesin irit dan fitur-fitur tambahan yang tersedia membuat Toyota Sienta seperti satu paket mobil yang sangat sempurna untuk keluarga kecil yang membutuhkan mobil yang handal dan nyaman dikendarai. Meski hadir sebagai mini MPV, desain modern yang dimiliki membuat mobil ini sama menariknya dengan mobil-mobil jenis hatchback yang populer di kalangan anak muda. Itulah kenapa Toyota Sienta Indonesia terlihat sangat cocok untuk keluarga baru atau pasangan yang baru menikah dan memiliki 1 anak.

Performa mesin yang smooth membuat mobil ini nyaman dikendarai. Memang tidak begitu bertenaga, akan tetapi cukup layak untuk menembus jalanan perkotaan yang padat dan akrab dengan kemacetan. Tak hanya itu saja, mesin Toyota Sienta juga sangat hemat bahan bakar. Bahkan versi standar dari Toyota Sienta juga terbilang irit bahan bakar. Namun bagi mereka yang menginginkan mesin yang jauh lebih irit, masih ada varian hybrid yang dilengkapi dengan baterai nickel metal hydride sebagai sumber energi alternatifnya.

Dengan semua yang ditawarkan oleh Toyota Sienta, tampaknya tak banyak yang bisa dikeluhkan dari mobil ini. Meski tak mampu menjawab ekspektasi semua jenis pengguna, Toyota Sienta mampu menjawab kebutuhan keluarga kecil yang membutuhkan sarana transportasi yang handal. Namun berapa harga Toyota Sienta yang harus ditebus untuk mendapatkannya? Harga yang ditawarkan memang cukup beragam tergantung dari model yang dipilih. Setidaknya akan ada 6 varian Toyota Sienta yang akan dilepas ke pasar Indonesia.

Untuk harganya sendiri, kemungkinan besar mobil besutan Toyota ini akan dibanderol di kisaran harga Rp 250 juta. Harga tersebut memang terbilang lebih mahal dibandingkan dengan harga Toyota Sienta di negeri asalnya, Jepang. Sebagai informasi, Toyota Sienta dijual di kisaran harga Rp 182 juta di Jepang. Jauh lebih murah memang, akan tetapi banderol harga yang lebih murah tersebut memang dipengaruhi oleh letak dan pajak yang berbeda. Akan tetapi dengan banterol harga Rp 250 juta, Toyota Sienta tampaknya akan bersaing cukup sengit dengan mobil-mobil lain yang juga berada di rentang harga yang sama.

 

Ingin punya mobil sienta sekarang? Segera Pesan di » mobilkamu.com

  Sumber: http://www.torque.com.sg/3955/toyota-sienta-review/   http://www.autoblog.com/2015/07/16/toyota-sienta-minivan-new-hybrid-styling/