Toyota Fortuner

review-toyota-fortuner

Harga mobil Toyota Fortuner bekas sangatlah berbeda antara yang satu dengan lainnya walaupun tahunnya sama. Kami coba untuk menganalisis harga mobil Toyota Fortuner bekas pada tanggal 27/11/2015 dengan menggunakan data-data mobil Toyota Fortuner bekas yang tersedia di dunia online dan berikut hasilnya.

Harga Mobil Toyota Fortuner Bekas

*Catatan: Harga dalam artikel ini berlaku saat waktu publikasinya, dan dapat berubah sewaktu-waktu.

* Harga mobil Toyota Fortuner bekas tahun 2007 Harga termurah: Rp 179.000.000,- Harga termahal: Rp 285.000.000,-

* Harga mobil Toyota Fortuner bekas tahun 2008 Harga termurah: Rp 185.000.000,- Harga termahal: Rp 305.000.000,-

* Harga mobil Toyota Fortuner bekas tahun 2009 Harga termurah: Rp 210.000.000,- Harga termahal: Rp 300.000.000,-

* Harga mobil Toyota Fortuner bekas tahun 2010 Harga termurah: Rp 225.000.000,- Harga termahal: Rp 295.000.000,-

* Harga mobil Toyota Fortuner bekas tahun 2011 Harga termurah: Rp 195.000.000,- Harga termahal: Rp 350.000.000,-

* Harga mobil Toyota Fortuner bekas tahun 2012 Harga termurah: Rp 300.000.000,- Harga termahal: Rp 350.000.000,-

* Harga mobil Toyota Fortuner bekas tahun 2013 Harga termurah: Rp 315.000.000,- Harga termahal: Rp 395.000.000,-

* Harga mobil Toyota Fortuner bekas tahun 2014 Harga termurah: Rp 335.000.000,- Harga termahal: Rp 481.150.000,-

 

Review Toyota Fortuner

Mobil Toyota Fortuner ternyata sukses di India semenjak mulai dijual. Begitu banyaknya permintaan sehingga mobil Toyota Fortuner harus berhenti menerima booking karena periode menunggu sampai dengan enam bulan. Selama periode kendaraan, Toyota India berhasil mempertahankan permintaan dan menjadi salah satu model yang paling sukses dalam portofolio Toyota India.

Alasan utama dari kesuksesan instan ini adalah modelnya yang agresif, juga dimensi eksterior yang besar dan nilai merek Toyota. Namun, tidak semuanya benar seperti permasalahan tentang efisiensi pengereman dan kurangnya fitur - fitur dibandingkan dengan kompetisi lainnya. Meskipun adanya permasalahan ini, mobil Toyotta Fortuner terus meraih penjualan yang kuat di pasar. Dalam rangka meningkatkan penawaran produk dan juga untuk mengatasi persaingan, Toyota kini telah meluncurkan versi facelift dari mobil Toyota Fortuner.

Mobil Toyota Fortuner baru sekarang mendapat opsi driveline baru, eksterior dan interior baru, serta beberapa fitur baru. Model mobil Toyota Fortuner sekarang mendapat varian 2WD untuk menurunkan biaya masuk. Kami akan mendiskusikan mobil Toyota Fortuner dengan rincian tentang teknologi baru dan seberapa baik mobil ini.

 

Platform

Mobil Toyota Fortuner termasuk dalam kategori mobil Inovative Multi-Purpose Vehicle (IMV) platform Toyota, yang dirancang khusus untuk mengembangkan kendaraan bagi pasar negara berkembang seperti di Asia dan Amerika Selatan. Platform IMV dikembangkan agar manufaktur dan pasokan sistem global dioptimalkan untuk MPV dan truk pick-up dalam rangka memenuhi tuntutan spesifik kepada 140 negara. Proyek IMV dipimpin oleh Executive Chief Engineer, Toyota, Kaoru Hosokawa dan menurut dia, IMV Toyota harus melampaui "Global Terbaik" untuk mencapai "Lokal Terbaik".

Toyota menyadari potensi pasar Asia lama kembali dan tahu itu penting untuk memiliki produk yang memenuhi kebutuhan lokal, menawarkan kualitas terbaik dan harga setara dengan kompetisi. Cara terbaik untuk melakukan ini adalah untuk mengembangkan platform umum berbagai kendaraan. Proyek ini direncanakan untuk menjaring varian mobil Toyota Fortuner, Innova dan HiLux tergantung pada kebutuhan lokal. Kendaraan dan variannya diputuskan atas dasar data yang dikumpulkan dari beberapa pasar negara berkembang oleh tim pengembangan IMV.

Karena segala sesuatu harus dilakukan secara lokal Toyota mengembangkan mesin bensin dan diesel baru untuk platform termasuk VVT-I (TR-FE) dan Common Rail Direct Injection diesel (KD-FTV), yang dapat ditawarkan dalam konfigurasi yang berbeda jika diperlukan. Toyota memilih chassis ladder-frame untuk IMV, bukan tipe monocoque sejak kendaraan direncanakan termasuk untuk SUV, MPV dan pick-up dan tidak memerlukan monocoque. Menggunakan chassis umum dan powertrain untuk beberapa kendaraan di berbagai negara telah menghasilkan penghematan besar bagi perusahaan dan telah membantu meningkatkan pangsa pasar di daerah baru juga yang sudah ada. Platform ini sekarang tidak hanya melayani kebutuhan lokal tetapi ekspor juga.

IMV jelas membuktikan bahwa Toyota telah melalui banyak perencanaan matang dan  upaya dalam program ini, pada  31 Maret 2011, Toyota memiliki setidaknya satu kendaraan dari platform ini di setiap pasar kecuali Jepang dan Amerika Utara dan telah terdaftar angka penjualan yang sukses di lebih atau kurang setiap pasar.

 

Eksterior

Jika melihat bagian depan mobil Toyota Fortuner, Anda tidak bisa memungkiri terlihat seperti Land Cruiser. Seluruh bagian depan telah didesain ulang menyerupai Land Cruiser dan perubahannya terlihat baik, baik di kertas maupun tampak nyata. Grill berbentuk trapesium pada desain depan memberikan kesan gagah dan mengesankan dari Fortuner. Menambahkan lebih lanjut, velg baru dan lensa lampu bersama dengan hiasan belakang yang lebih luas, yang memiliki tulisan "Fortuner" timbul di atasnya.

Mobil Toyota Fortuner tidak melalui perubahan radikal dalam desain, tetapi telah mendapat perbaikan yang dirancang dengan baik di beberapa bagian penting. Keuntungan utama dari desain baru Fortuner adalah mempertahankan karakter yang mengesankan dan terlihat sedikit lebih tenang.

 

Powertrain

Mobil Toyota Fortuner baru menggunakan mesin sama yaitu 1KD-FTV 3.0 l D-4D, mengusung 2.982 cc dan menghasilkan output daya 171 ps dan torsi 343 Nm @ 1.400 - 3.400 rpm. Mesin ini dilengkapi dengan Variable Geometry Turbocharger (VGT) dan fitur Dual Overhead Camshaft (DOHC) setup. Fitur utama dari Fortuner baru adalah transmisi dan driveline baru. Kendaraan ini  ditawarkan dengan driveline 2WD dikawinkan dengan manual lima kecepatan atau transmisi otomatis empat kecepatan. Pada versi 4WD, hanya ada  gearbox manual lima kecepatan. Pilihan baru ditujukan untuk mempermurah harga bagi konsumen yang sebagian besar berkendara dalam kota tetapi lebih memilih mengendarai SUV.

Toyota membuat perbaikan pada sirkulasi Exhaust Gas (EGR) untuk mengurangi emisi ekor pipa dan membuat mesin BS IV compliant. Sebuah step motor (perangkat untuk mengkonversi listrik menjadi gerakan mekanis) pada katup EGR memungkinkan kontrol yang lebih baik atas pengelolaan gas. Sistem pendingin air pada bagian EGR berguna untuk menurunkan suhu gas sehingga gas lebih dapat segera disirkulasi ulang. Sebuah sensor posisi throttle meningkatkan presisi injeksi bahan bakar dan karenanya membantu mengurangi emisi lebih lanjut.

Sistem bahan bakar injeksi  adalah inti dari semua teknologi lainnya untuk bekerja menuju efisiensi serta respon throttle. Mesin D-4D menggunakan teknologi piezoelektrik dimana solenoid injektor konvensional digantikan oleh piezoelektrik injector. Injector baru diklaim mengontrol volume bahan bakar dan injeksi tiga kali lebih baik daripada solenoid. Teknologi lainnya adalah penggunaan gabungan tekanan injeksi yang tinggi sampai dengan 2.000 bar dengan injektor piezoelektrik, yang menghasilkan atomisasi lebih baik dari bahan bakar juga karenanya efisiensi bahan bakar menjadi lebih baik. Efisiensi bahan bakar ditampilkan oleh komputer on-board selama pengujian kami,  sekitar 10 kmpl dengan sebagian mengemudi dilakukan di jalan-jalan kota.

 

Interior

toyota-fortuner-interior

 

Mobil Toyota Fortuner baru sekarang berwarna hitam-kayu pada kabin, yang bersama dengan model interior beige menambahkan kesan modern . Bagian tengah interior terdapat 6" dengan warna 2-Din sistem hiburan layar sentuh baru yang kompatibel dengan DVD, USB, Aux & Bluetooth. Layar juga berfungsi sebagai tampilan untuk kamera di bagian belakang untuk membantu mundur. Mengkoneksi Bluetooth dengan ponsel sangatlah mudah dan tidak membutuhkan waktu untuk melaksanakan pemasangan. Pada bagian kemudi terdapat kontrol atas audio, telepon dan Multi-Information Display (MID). Tata letak tombol sangat ergonomis dan kualitas bahan tombol dapat diterima.

Tambahan utama lainnya pada kabin adalah penyesuaian kursi pengemudi enam cara digerakkan dengan elektrik, menambah nilai lebih pada mobil ini. Kursi penumpang juga dapat disesuaikan dengan mekanisme elektrik.

Secara keseluruhan, kabin mobil Toyota Fortuner sangatlah luas dan ruang untuk kaki di baris tengah sangat baik didukung dengan kursi yang nyaman. Baris ketiga menawarkan ruang lebih untuk kaki  dibandingkan dengan beberapa SUV lainnya pada harga yang sama tetapi kurangnya penyangga paha dapat menjadi masalah pada perjalanan panjang. Secara singkat; mobil Toyota Fortuner adalah SUV 7 bangku asli

 

Suspensi dan Keselamatan

Keselamatan pada mobil Toyota Fortuner dapat diterima untuk mobil dengan rentang harga ini tetapi tidak patokan. Dilengkapi dengan fitur dual airbag depan dan ABS dengan EBD & Brake Assist bersama dengan Electronic Stability Control (ESC). Setup suspensi depan meliputi pengaturan double-wishbone dan di bagian belakang 4-link dengan balok lateral. Pengurangan kecepatan dibantu dengan cakram berventilasi pada bagian depan dan drum di bagian belakang, meskipun kinerja pengereman diterima, seluruh cakram yang ada meningkatkan keamanan secara signifikan.

 

Pengendalian

Hal pertama yang paling terlihat adalah begitu mudahnya mengendalikan mobil Toyota Fortuner meski eksterior cukup besar. Posisi duduk yang baik, visibilitas yang luas dan posisi kemudi yang pas membuat mobil Toyota Fortuner sangat mudah untuk dikendarai bahkan dalam lalu lintas padat. Perjalanan di luar jalan raya tak diduga lebih baik dari apa yang diharapkan karena dukungan chassis ladder-frame.

mobil Toyota Fortuner adalah kendaraan yang sangat nyaman meski berkendara pada jalanan yang bergelombang. Namun kenyamanan ini tak terasa pada baris akhir karena penempatannya dan perbedaan intensitas hukum fisika. Pada tiga digit kecepatan, stabilitas cukup dan tingkat NVH juga sangat halus.

 

Kesimpulan

Toyota telah membuat lebih dari sekedar upaya untuk memberikan perubahan kosmetik dan peningkatan kualitas dari mobil Toyota Fortuner. Banyaknya fitur baru dan dua varian baru, akan membawa pelanggan baru dan membantu memperkuat posisi. Sedangkan penambahan teknologi baru, telah meningkatnya faktor VFM dari mobil Toyota Fortuner masih bukan yang terbaik di segmennya. Namun ini tidak akan mempengaruhi penjualan mobil Toyota Fortuner karena memiliki banyak kelebihan yang menarik bagi pembeli SUV di pasar negara berkembang.

 

Sumber : Auto Tech Review