Review Toyota Calya

1.1 Gambar toyota calya

Kini Toyota tengah mempersiapkan mobil terbaru miliknya yang siap untuk meluncur di pasar otomotif Indonesia sebagai mobil LCGC yaitu Toyota Calya. Jika mengingat kembali sejarah mobil LCGC, Toyota memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan segmentasi mobil ini. Keikutsertaan Toyota dalam memperkenalkan mobil LCGC 7 seater milik nya ini turut membuat publik bergemuruh.  otomotif yang antusias dalam menantikan kehadiran mobil terbaru milik Toyota ini. Jika di lihat dari segi desain tampilannya, Toyota Calya membawah perawakan dari pendahulunya yaitu Toyota Agya. Meskipun demikian, tampilan mobil LCGC terbaru dari Toyota ini terlihat lebih fresh serta lebih modern. Bagaimana sobat, penasaran dengan mobil LCGC terbaru dari Toyota ini ? Untuk lebih jelasnya yuk simak ulasan Toyota Calya yang telah kami sediakan di bawah ini.

 

 

Harga 

Harga yang kami cantumkan merupakan harga Mobil Per Maret 2021 yang diambil melalui situs resmi Toyota dan diverifikasi oleh Mitra Dealer Mobilkamu. Namun harga dapat sewaktu-waktu berubah. Untuk info harga mobil Toyota Calya   selengkapnya, Anda dapat mengaksesnya di link berikut.  KLIK DISINI 

 

Model + Variant Transmisi Harga Jakarta
Calya 1.2 E  MT STD Rp146,190,000
Calya 1.2 E  MT  R,148,990,000
Calya 1.2 G  MT  Rp155,290,000
Calya 1.2 G  AT  Rp167,490,000
Calya 1.2 E  MT STD LUX Rp149,475,000
Calya 1.2 E  MT LUX Rp152,275,000
Calya 1.2 G  MT LUX Rp158,575,000
Calya 1.2 G  AT LUX Rp170,775,000

Interior

Tidak ada yang bisa terlalu ditonjolkan dari segi interior di Mobil ini, pasalnya dengan design yang sederhana. Pemilihan warna interior yang tidak terlalu mencolok Toyota Calya dapat memenuhi seluruh kebutuhan mobilitas Anda kecuali dalam hal kemewahan interior. Kendati demikian, hal ini  tidak menjadikan interior dari Toyota Calya terkesan murahan meski terbuat dari material yang murah. Hal ini terefleksikan dari sudut-sudut interior mobil yang halus tanpa ada kecacatan potongan plastik interior. Serta jarak antar panel interior yang seragam membuktikan build quality Toyota yang tetap terbaik dikelasnya meski di kelas LCGC. 

1.2 Gambar interior toyota calya

Untuk kesan pertama memasuki kabin Toyota Calya adalah adanya kesan hangat yang ditimbulkan dari pemilihan warna coklat dan hitam pada interior Calya. Kesan ini terbawa hingga kursi penumpang yang berbalut bahan fabric berserat. Salah satu hal yang menjadi kekurangan di Interior Toyota Calya adalah bahan fabric kursi dinilai terlalu kasar di kulit. Namun kuat dan mudah dibersihkan meski tidak semudah membersihkan interior kulit terutama jika membersihkan tumpahan minuman yang umumnya terjadi dalam kabin mobil.

Kemudian, yang patut di garis bawahi jika Anda berminat untuk meminang mobil ini adalah kesejukan kabin yang dinilai kurang untuk penumpang belakang khususnya row ketiga. Karena Toyota tidak melengkapi Calya dengan sistem pendingin kabin double blower. Namun Toyota melengkapi Calya dengan blower fan yang menyemburkan udara dari kabin paling depan ke belakang. Hal ini mengakibatkan adanya kenaikan suhu ruangan di bagian paling belakang kabin akibat dari udara sejuk yang tidak sampai ke belakang kabin.

 

Fitur

Meski tergolong mobil entry-level MPV dalam kategori LCGC, Toyota Calya tetap memiliki fitur keselamatan standar seperti dual SRS airbag, 3 point seat belt, parking sensor, anti-lock braking system (ABS), dan electronic brake distribution (EBD). Tidak hanya itu, perangkat keamanan juga sudah ikut diterapkan pada keluarga MPV entry level ini seperti adanya Immobilize. Fungsinya untuk mencegah dari tindak pencurian kendaraan.

Sedangkan untuk membantu kemudahan dalam parkir, semua model Calya juga telah dilengkapi parking sensor. Yang paling menarik, meski berstatus MPV entry level, tapi baik Calya varian terendah sampai tertinggi sudah dibekali dengan  Anti-Theft System. Berfungsi untuk menambah keamanan kendaraan saat sedang diparkir. Namun demikian, Calya Tipe E standar yang menjadi model paling dasar, memang tak diberikan perangkat ABS. Hal ini diakui lantaran untuk memenuhi permintaan segmen tertentu.

Selain fitur-fitur yang disebutkan sebelumnya, Calya juga dilengkapi fitur isofix atau titik penambatan kursi anak. Isofix ini juga sudah jadi perangkat standar untuk semua tipe Calya. Jadi saat ada keluarga yang membawa balita dengan kursi bayi khusus. Serta akan lebih aman dengan adanya Isofix pada Calya yang sudah standar internasional.

Untuk fitur entertainment, Calya dilengkapi dengan headunit 2DIN yang memiliki fitur bluetooth audio. Serta usb port untuk kemudahan konektivitas gadget Anda. Selain itu, Calya juga dilengkapi dengan soket lighter. Yang ditujukan untuk stasiun pengisian daya baterai gadget yang berjumlah dua buah berlokasi di kabin depan.

Eksterior

Di bagian eksterior, Toyota Calya sudah dilengkapi dengan DRL atau Day-running Light untuk tipe tertinggi. Serta fitur lampu LED di semua tipe. Dengan grill sewarna body, Toyota Calya memiliki tampang yang futuristik. Dipadu dengan dimensi mobil yang compact membuat tampilannya lebih menarik dari versi sebelumnya yang terkesan tidak proporsional. Untuk sektor kaki-kaki tidak banyak ubahan dari versi sebelumnya. Masih dengan sistem batang torsi di suspensi belakang dan suspensi independen dengan sistem MacPherson Strut. Untuk Velgnya, Calya dilengkapi dengan velg alloy sebesar 14 inchi yang dibalut dengan ban radial berukuran 175/65 R14.

Untuk sisi pengereman Toyota Calya menggunakan sistem pengereman Ventilated disc brake dengan kemampuan pembuangan panas yang lebih baik. Dibanding dari sistem disc brake biasanya sementara dibagian belakang Toyota Calya masih mengandalkan rem tromol. 

Untuk sektor kemudi, Toyota Calya memiliki salah satu sistem kemudi terbaik dikelasnya. Pasalnya, Toyota Calya sudah menggunakan sistem power steering elektrik yang lebih ringkas. Juga tidak menggunakan pompa hidrolik sehingga putaran pada roda kemudi dapat terasa lebih ringan di jalanan ibu kota, namun stabil di jalan tol luar kota.

 

1.3 Gambar mesin toyota calya
 

Spesifikasi 

Mesin : 1197 cc 

Tenaga : 87 HP 

Bahan Bakar : Bensin

Fitur Mobil

– Parking Sensor

– Daytime Running Light

– ABS (Anti Lock Brake System

– Crash Sensor

– Airbag Depan

– Daytime Running Light

Konsumsi bahan bakar

Luar Kota : 19,2 km/liter

Dalam Kota : 13,9 km/liter

Kamu harus membeli Toyota Calya karena…

  • Dimensi bodi yang ringkas dan compact dan dipadukan dengan luas kabin yang cukup, menjadikannya mobil yang pas untuk keluarga
  • Memiliki fitur isofix sehingga aman untuk Anda yang memiliki si buah hati
  • Konsumsi BBM yang irit membuat Calya menjadi pilihan yang ekonomis untuk dipakai di dalam kota
  • Ruang bagasi yang lega jika kursi baris ketiga dilipat, menjadikannya kendaraan yang cocok untuk Anda yang senang bepergian keluar kota. Ditambah dengan konsumsi BBM yang irit menjadikan perjalanan Anda nyaman, aman, dan ekonomis
  • Tenaga mesin dirasa cukup bertenaga di tanjakan dengan catatan, tidak membawa beban yang berlebih

Sebaiknya kamu tidak membeli Toyota Calya karena…

  • Pilihan Trim terbatas, dan hanya dibekali mesin 1.200cc sehingga konsumen tidak memiliki banyak pilihan untuk Toyota Calya
  • Walaupun akomodasi penumpang cukup untuk 7 orang, namun tidak disarankan untuk membawa 7 orang dalam waktu yang lama. Karena suspensi belakang cenderung amblas, dikhawatirkan akan terjadi kerusakan pada komponen suspensi

1.4 Gambar samping calya

Keunggulan dan kekurangan Toyota Calya

Keunggulan

  • Dilengkapi dengan DRL (Daytime Running Light) untuk tipe tertinggi dan lampu LED di semua tipe. Sehingga selain menambah kesan futuristik namun juga meningkatkan sisi fungsionalitasnya
  • Lantai mobil yang datar membuat kaki cenderung leluasa untuk bergerak dan kabin terasa lebih luas
  • Irit bahan bakar
  • Suspensi yang tergolong nyaman
  • Mudah dikendarai karena bodi yang compact dan ada varian transmisi automatic
  • Memiliki fitur keamanan dan keselamatan standar
  • Harga yang terjangkau
  • Jaringan servis luas

Kekurangan

  • Hanya terdapat 2 varian trim level 
  • Roda kemudi kurang nyaman digenggam karena berbahan plastik
  • Tidak tersedia AC double blower bahkan di varian tertinggi
  • Kesenyapan kabin yang kurang

Perbandingan dengan pesaing

Toyota Calya  vs Daihatsu Sigra

Jika disandingkan, kedua mobil tampak sama secara tampilan. Bagaimana tidak, kedua mobil memang memiliki desain dan berasal dari pabrikan yang sama. Dari segi fitur juga kurang lebih sama, hanya emblem saja yang membedakan. Namun sebetulnya di balik itu, banyak hal yang menjadi pembeda dari kedua mobil. Jika ditilik dari trim level kedua mobil, Sigra memiliki 6 pilihan trim level yang berbeda dengan dua pilihan transmisi dan mesin. Sedangkan Calya hanya memiliki dua trim level dengan satu pilihan mesin dan dua pilihan transmisi.

Dilansir dari web resmi Auto 2000, kedua mobil memiliki pasar yang berbeda. Dalam artian konsumen dari kedua mobil juga berbeda. Calya lebih ditujukan untuk penggunaan pribadi sedangkan Sigra memiliki jangkauan yang lebih luas. Serta utamanya ditujukan untuk mobil usaha maupun pembelian secara fleet. Hal ini juga dibuktikan dengan pilihan trim yang lebih ekonomis untuk Sigra

Fitur keselamatan

Dari segi fitur keselamatan, tidak ada yang bisa dibahas terlalu banyak. Karena kedua mobil berasal dari platform yang sama. Maka keduanya memiliki fitur keselamatan standar seperti: Anti Lock Braking System, Kantong Udara Pengemudi, Airbag Penumpang Depan, Crash Sensor, Child Safety Locks, Pelindung Benturan Samping, dan Pelindung Benturan Depan untuk trim tertinggi.

Eksterior

Dari sisi kelengkapan eksterior, Nissan Livina mempunyai nilai tambah, sebab Xpander masih melengkapi sistem pengeremannya dengan rem tromol di bagian belakang, sementara Livina sudah menggunakan disc brake baik depan, maupun belakang. Sementara untuk kaca spion elektrik sama-sama sudah menjadi standar untuk kedua mobil di trim tertinggi namun tidak untuk pelipatan kaca spion secara elektrik

Performa mesin

Sama halnya dengan fitur keselamatan, dari segi mesin, kedua mobil tidak dapat menunjukan hal yang berbeda karena keduanya berasal dari platform yang sama, yang membedakan hanyalah untuk Sigra tersedia pilihan mesin 1.000cc sedangkan calya hanya tersedia pilihan mesin 1.200cc. keduanya sama-sama menawarkan pilihan automatic di trim tertingginya. Untuk lebih lengkap berikut adalah spesifikasi komparasi kedua mobil

 

Spesifikasi

 

Toyota Calya (G) Spesifikasi Daihatsu Sigra R DLX
3NR-VE I4/Bensin/1.2L Mesin / Bahan Bakar/Kapasitas 3NR-VE I4/Bensin/1.2L
87hp Tenaga 87hp
91nm Torsi 91nm
Ventilated Disc/Drum Sistem Pengereman depan/belakang Ventilated Disc/Drum
Rp170,775,000 Harga  Rp163,400,000

 

Perbandingan spesifikasi Toyota Calya dengan Daihatsu Sigra (sumber: oto.com)

*Harga dapat berubah sesuai dengan data admin

Toyota Calya  vs Honda Mobilio

Meski bersaing di segmen yang berbeda dengan harga yang berbeda kedua mobil cukup layak untuk disandingkan agar pembaca mendapatkan gambaran betapa ekonomisnya Toyota Calya jika disandingkan dengan kelas MPV di atasnya, dengan konfigurasi yang hampir sama hanya dibedakan dengan dimensi dan ukuran mesin. Namun, dengan harga yang terpaut hampir 56 Juta rupiah lebih murah, apa yang kira-kira akan Anda dapatkan di Toyota Calya.

Bicara soal teknologi, pastinya dengan harga 59 Juta lebih mahal, Honda Mobilio sudah dilengkapi dengan transmisi CVT dibandingkan dengan Toyota Calya yang masih menggunakan transmisi otomatis tradisional 4-speed akselerasi di Honda Mobilio terasa lebih halus dan minim guncangan karena absennya perpindahan gigi. Jika dibandingkan dengan Calya yang perpindahan giginya sangat terdengar nyaring di kabin diikuti dengan RPM yang berubah-ubah membuat kenyamanan berkendara agak berkurang .

Fitur keselamatan

Untuk fitur keselamatan standar keduanya sudah dilengkapi dengan Anti Lock Braking System, Kantong Udara Pengemudi, Crash Sensor, Child Safety Locks, Airbag Penumpang Depan, Pelindung Benturan Samping, Pelindung Benturan Depan serta EBD (Electronic Brake Distribution). Keduanya sama-sama belum dilengkapi dengan Airbag samping depan namu untuk Mobilio Anda akan mendapatkan Airbag samping depan di trim di atas E

Eksterior

Untuk ukuran Bodi yang lebih panjang 31 cm dibanding Toyota Calya kestabilan Calya di kecepatan tinggi tidak terlalu berpengaruh dalam beban kosong, namun dengan bodi mobil lebih pendek dibanding Mobilio, ruang akomodasi untuk penumpang baris ketiga dirasa terlalu sempit.

Dari segi desain, kedua mobil sama-sama sudah melakukan facelift, kini kedua mobil sama-sama dilengkapi dengan DRL namun Toyota Calya dilengkapi lampu depan LED multi-reflector, sedangkan Mobilio hanya dilengkapi dengan lampu Halogen meski sudah menggunakan projector. Dari sisi samping kedua mobil sama-sama dilengkapi dengan kaca spion elektrik dengan pelipatan secara manual.

Performa mesin

Untuk sektor mesin, kedua mobil sama-sama menggunakan mesin bensin 4 silinder segaris. Meski demikian, Toyota Calya masih lebih unggul dalam hal konsumsi BBM, tercatat konsumsi BBM Honda Mobilio adalah 17.5km\L untuk luar kota dan 12.5km/L untuk dalam kota 

Spesifikasi

 

Toyota Calya (G) Spesifikasi Honda Mobilio (E CVT)
3NR-VE I4/Bensin/1.2L Mesin / Bahan Bakar/Kapasitas L15A7 (i-VTEC)/Bensin/1.5L
87hp Tenaga 118hp
91nm Torsi 145nm
Ventilated Disc/Drum Sistem Pengereman depan/belakang Disc/Drum
Rp170,775,000 Harga  Rp226,000,000

Toyota Calya  vs Renault Triber

Jika disandingkan dengan kompetitor dari perancis ini, Toyota Calya terlihat agak kuno jika dilihat dari segi desain, namun untuk kelengkapan sebetulnya tidak jauh berbeda. Mengusung transmisi AMT (Automated Manual Transmission), Renault nekat untuk terjun ke segmen ini yang sudah dikuasai oleh Toyota Calya meski dari segi harga masih terpaut 17 Juta lebih mahal dibanding Calya, namun untuk Anda yang jenuh dengan mobil yang itu-itu aja, Renault Triber bisa menjadi pilihan baru Anda

Dari segi konstruksi, Renault Triber menggunakan chassis modular dibandingkan dengan chassis monokok yang digunakan Calya, banyak orang yang meragukan keawetannya karena teknologi ini cenderung baru dan support kekakuan hanya bergantung pada body mobil yang tidak menjadi satu kesatuan dengan chassis, berbeda dengan monokok yang dapat menyebarkan beban dan support kekakuan lebih merata keseluruh body dan chassis mobil. Namun, dengan konstruksi chassis modular, Triber dapat memaksimalkan ruang dengan baik jika dibandingkan dengan Calya, hal ini dapat terlihat dari overhang bodi mobil di depan dan belakang mobil yang minim jika dibandingkan dengan Toyota Calya

Fitur keselamatan

Untuk fitur keselamatan standar kedua mobil sudah dapat memenuhinya karena kedua mobil sudah dilengkapi dengan; Anti Lock Braking System, Sensor Parkir, Kantong Udara Pengemudi, Airbag Penumpang Depan, Crash Sensor, Child Safety Locks, Pelindung Benturan Samping, Pelindung Benturan Depan dan EBD, Namun Renault Triber sudah jauh lebih lengkap karena Renault melengkapi Triber dengan Airbag Samping depan yang di kelasnya tidak lazim digunakan

Eksterior

Karena menggunakan rangka bodi modular, dari segi eksterior Renault Tribe tergolong lebih compact tanpa ada overhang seperti pada kompetitornya Toyota Calya. Dari segi Desain kembali ke selera masing-masing, namun walaupun Calya tidak merubah wajah depan sejak 2016. Hanya melakukan perubahan facelift Toyota Calya terlihat sudah butuh perubahan besar. Namun dari segi kelengkapan eksterior, Calya boleh berbangga. Pasalnya dengan harga terpaut 17 juta, Calya sudah menggunakan lampu LED dengan DRL sedangkan Renault hanya memberikan lampu halogen di Triber dengan DRL di bagian bumper

Performa mesin

Dari segi konsumsi BBM keduanya mencatatkan angka yang hampir sama, namun kelemahan pada mesin Triber disini adalah adanya getaran khas mesin 3 silinder pada saat idle dan start-up, dari segi performa tidak ada perbedaan signifikan, 

 

Toyota Calya (G) Spesifikasi Renault Triber (RXZ AT)
3NR-VE I4/Bensin/1.2L Mesin / Bahan Bakar/Kapasitas B4D I3/Bensin/1.0L
87hp Tenaga 72hp
91nm Torsi 96nm
Ventilated Disc/Drum Sistem Pengereman depan/belakang Disc/Drum
Rp170,775,000 Harga  Rp187,900,000

Verdict

Ekonomis dan praktis merupakan dua hal yang paling mendeskripsikan Toyota Calya, dengan jaringan servis yang tersebar luas di Indonesia, Toyota Calya dapat dengan mudah menguasai pasar LCGC 7-seater di Indonesia. Hal ini juga berkat build quality dan ketangguhan Toyota yang sudah terbukti bertahun-tahun.

Namun untuk Anda yang kurang berminat dengan Toyota Calya, Renault Triber bisa menjadi angin segar bagi Anda. Pasalnya selain sudah dilengkapi dengan airbag lengkap, Triber juga dilengkapi dengan fitur engine start-stop button dan smart keyless entry. Namun harga yang dipatok renault untuk satu unit Triber terpaut 17 juta lebih mahal dari Calya dan transmisi AMT yang diusung oleh Renault tergolong kasar saat perpindahan gigi dan akselerasi dibandingkan dengan automatic transmission tradisional.

Lalu untuk Anda yang ingin mobil ekonomis murah namun tetap memiliki standar interior yang baik. Daihatsu sigra dapat menjadi pilihan Anda karena memiliki trim level yang banyak sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Sumber: oto.com, autonetmagz.com, otomotif.tempo.com, carmudi.com, Auto2000.co.id, rajamobil.com, otoseken.gridoto.com,  honda-indonesia.com, toyota.astra.co.id