Review Singkat Toyota Calya, Mobil Termurah di Indonesia dari Toyota yang Akan Segera Ramaikan Jalanan

 

Toyota Calya - Pada kesempatan yang lalu kita telah membahas mengenai mobil dibawah 100 juta serta mobil - mobil terbaru yang telah melantai di dunia otomotif Indonesia sepanjang tahun 2016. Pada informasi tersebut terlihat banyak pabrikan kendaraan roda empat yang meluncurkan mobil terbaru baik itu tipe terbaru maupun tipe pembaruan dari pendahulunya. Sepanjang tahun 2016 ini pun, beberapa pabrikan mobil yang paling laris di Indonesia aktif dalam memperkenalkan mobil baru maupun pembaruah varian terdahulunya. Salah satu dari pabrikan mobil terlaris di Indonesia itu adalah Toyota. Sepanjang tahun 2016 ini, Toyota telah memperkenalkan 3 tipe mobil terbaru yang terbagi menjadi 12 varian. Ke tiga tipe tersebut adalah Toyota Fortuner yang hadir dengan 6 varian terbaru dan Toyota Rush yang hadir dengan 2 varian terbaru. Ke dua tipe ini sama - sama menjajal pangsa pasar mobil SUV. Sedangkan tipe yang terakhir adalah Toyota Sienta yang hadir dengan 4 varian terbaru dan menjajal pangsa pasar mobil MUV.

 

Toyota memang terkenal dengan kemampuannya untuk merancang kemampuan sebuah mobil agar sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masyarakat terlebih lagi bagi masyarakat Indonesia. Melalui PT. Toyota Astra Motor (TAM), Toyota memperkenalkan setiap lini mobil mereka kepada publik Indonesia. Hal ini dapat kita lihat berkat prestasi yang di raih oleh TAM sebagai Corporate Image Award 2016 sebagi Automotive 4 Wheels Category selama 7 periode sejak tahun 2010 silam di Indonesia. Penghargaan yang di raih TAM sebagai Perusahaan Automotif Terbaik di peroleh dari kerjasama atas Lembaga Survei Frontier Consulting Group dengan Grup Media Nasional.

 

Seperti yang di lansir pada SINDONEWS.com, Henry Tanoto sebagai Vice President Director PT. Toyota-Astra Motor (TAM) memberikan keterangan resmi bahwa TAM akan selalu mencari inovasi untuk membangun, memperoleh, dan mempertahankan image sebagai perusahaan automotif dengan reputasi terbaik tercapai berkat dukungan dari berbagai pihak, salah satunya adalah pelanggan setia Toyota. menurut Henry, salah satu kunci keberhasilan dalam menjaga reputasi adalah konsistensi dan pengembangan berkelanjutan, yang tidak hanya dalam hal kualitas produk, teknologi, dan layanan yang diberikan, melainkan juga kepedulian terhadap isu sosial dan lingkungan.

Prestasi yang di raih PT. Toyota Astra Motor ini benar - benar mencermikan kualitas dan kemampuan mobil yang di luncurkannya. Hal ini pun terlihat dari konsep yang mereka miliki yaitu Lets Go Beyond dengan program untuk menghadirkan Beyond Product, Beyond Technology, dan Beyond Service. Selain itu, banyak pula mobil - mobil milik Toyota yang mendapatkan berbagai penghargaan. Seperti mobil MPV dan SUV paling laris milik Toyota yaitu Toyota Avanza, Toyota Kijang Innova dan Toyota Fortuner. Mungkin sobat telah banyak mengetahui mengenai mobil MPV dan SUV kelas premium milik Toyota ini. Tak hanya menawarkan tampilan yang maskulin, Toyota juga selalu membenambkan fitur - fitur canggih hingga performa mesin yang tangguh pada setiap lini produknya.

Kini Toyota tengah mempersiapkan mobil terbaru miliknya yang siap untuk meluncur di pasar otomotif Indonesia sebagai mobil LCGC yaitu Toyota Calya. Jika mengingat kembali sejarah mobil LCGC, Toyota memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan segmentasi mobil ini. Seperti mobil LCGC perdana milik Toyota yaitu Toyota Agya. Pada saat kejayaan mobil LCGC, Toyota memiliki rekan duet untuk mobil segmen LCGC yaitu Daihatsu Ayla. Sejak pertama kali di luncurkan, Toyota Agya dan Daihatsu Ayla mendapatkan sambutan yang sangat antusias dari masyarakat Indonesia. Bahkan tak jarang pula pecinta otomotif sering menyebut kedua mobil ini merupakan kembaran beda pabrikan. Mungkin sobat juga akan berfikiran demikian jika melihat ke dua mobil LCGC ini.

Pada pertengahan kuartal ke 3 tahun 2016 ini Toyota akan menurut sertakan mobil LCGC terbaru miliknya pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 yang akan diadakan pada tanggal 11 sampai dengan 21 Agustus 2016 dan berlangsung di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang. Ke ikut sertaan Toyota dalam memperkenalkan mobil LCGC 7 seater milik nya ini turut membuat publik bergemuruh. Tak sedikit para pecinta otomotif yang antusias dalam menantikan kehadiran mobil terbaru milik Toyota ini. Jika di lihat dari segi desain tampilannya, Toyota Calya membawah perawakan dari pendahulunya yaitu Toyota Agya. Meskipun demikian, tampilan mobil LCGC terbaru dari Toyota ini terlihat lebih fresh serta lebih modern. Selain memiliki desain tampilan yang lebih stylish dan menawan, Toyota juga membenahi jantung pacu serta menyematkan berbagai fitur - fitur canggih pada mobil LCGC miliknya ini. Dengan demikian, Toyota Calya dapat di prediksi mampu menjadi mobil keluarga terbarik untuk masa depan. Selain itu, mobil yang kabarnya menduduki posisi sebagai adik dari Toyota Avanza ini di banderol dengah harga yang cukup terjangkau sehingga Toyota Calya dapat di kategorikan sebagai mobil murah 2016. Bagaimana sobat, penasaran dengan mobil LCGC terbaru dari Toyota ini ? Untuk lebih jelasnya mari simak ulasan Toyota Calya yang telah kami sediakan di bawah ini.

toyota calya terbaru

 

Sejak namanya didengungkan pertama kali, banyak penikmat otomotif, khususnya penggemar Toyota, yang rela menanti bocorannya. Mereka dibuat penasaran akan semua hal menyangkut Toyota Kayla mulai dari bagian luar, dalam hingga bawah kapnya. Sekilas bocoran yang kami dapatkan, mobil ini sebenarnya telah resmi diperkenalkan di depan publik sejak 2 Agustus 2016 yang lalu. Namun, buat anda yang belum kebagian informasinya, jangan berkecil hati karena pada edisi review mobil kali ini kami akan mengupas beberapa aspek vital dari mobil pabrikan Toyota tersebut.

Eksterior

Ketika pertama kali berhadapan dengan Toyota Calya, kemiripan eksterior terpampang menyerupai beberapa versi mobil Toyota yang lain. Seperti dikutip dalam laman ototaiment, jika diamati wajah depannya, anda akan teringat pada satu nama yaitu Grand New Veloz dimana mobil ini memiliki kemiripan rupa dengan pendahulunya tersebut. Di antaranya juga bagian grille yang sedikit banyak menjiplak apa yang ada pada saudara-saudaranya. Terkait identitas mobil ini, terdapat sebuah lambing Garuda sebagai logo yang menyatu dengan sebagai bagian tak terpisahkan dari seri terbaru Toyota ini. Tak heran, akan timbul banyak persepsi yang menyerukan kesamaan mobil Agya dengan Agya dengan kapasitas 7 penumpangnya berkat kesamaan logo. Adapun pada bagian bumper depan maupun housing foglamp terpasang aksen krom.

Setelah puas melihat bagian depannya, bagian samping pun kalah menariknya. Secara otomatis tatapan anda akan mengarah pada velg two-tone 14 inchya yang membuatnya Nampak ‘cingkrang’. Inilah yang memberikan space lapang tambahan antara ban mobil dengan spakbornya.Namun demikian, keberadaan ban tersebut cukup tertolong dengan hadirnya rem cakram pada kedua roda bagian depannya serta ditambah fitur pengereman ABS. Tidak berhenti sampai disitu, desain yang tak asing pun ditampakkan pada bagian belakang Toyota Calya. Salah satunya berupa kaca belakang serta lampu ala Kijang Innova terbaru. Hanya tinggal merubah desain menjadi lebih dinamis, model lampu yang dimiliki Honda HR-V dapat dijumpai disini. Jika menurunkan pandangan agak ke bawah lagi, tepatnya di bagian kolong mobil, tertempel ban serep dengan ban yang full size serta velg berjenis two-tone.

Interior

Jika menilik bagian dalamnya, telah tersuguh dengan rapid dan lapang sebuah kabin menyerupai kabin yang ada pada Avanza. Namun, bagian ini sedikit dibedakan dengan kealpaan pengaturan pada bagian kemudi misalnya saja audio switch control maupun MID controller. Belum lagi, setir yang tidak dapat diatur baik dalam mode tilt maupun telescopic. Pada screen speedometer, fitur eco indicator menjadi variasi tampilan yang fungsional. Secara keseluruhan, bagian dashboardnya tak begitu menonjol dengan Head unit serta Knob AC yang dibawanya. Adapun tipe mobil yang automatic menjadikan tuasnya nampak begitu nyaman dalam genggaman dibanding model manual sebagaimana ada pada Gran Max. Lebih ke bawah, terdapat fitur power outlet berkompartmen kecil sebagai space meletakkan gadget anda.

Rasanya tak akan bosan menelusuri apa saja yang tersedia pada interior Toyota Calya. Misalnya saja pada jok semi bucket yang disatukan dengna head rest nya. Jok ini dilengkapi dengan mode sliding serta reclining tetapi tidak dengan pengatur ketinggian. Hal menarik lainnya yang bisa ditemukan disini yaitu arm rest yang terletak pada kabin depan dari mobil Toyota ini yang mana menyerupai Datson GO.

Itulah sekilas review Toyota Calya yang memberikan anda pencerahan terkait eksterior dan interior yang disandang mobil ini.

Spesifikasi Toyota Calya

Seperti yang telah di jelaskan pada bagian pendahuluan tersebut di atas, Toyota Calya hadir sebagai mobil LCGC murah dengan berbagai fitur yang telah mendukung teknologi terbaru. Toyota Calya masuk sebagai adik dari Toyota Avanza atau dengan kata lain Toyota Calya lebih dikhususkan pada kelas di bawah Toyota Avanza. Spesifikasi mobil LCGC terbaru dari Toyota ini pun lebih canggih dan tangguh dari pada generasi pendahulu sekelasnya. Pertama - tama dapat sobat lihat pada bagian desain eksterior nya yang tampil lebih fresh serta lebih stylish. Pada bagian body depan dapat sobat temukan sebuah grill yang merupakan milik dari Toyota Avanza Veloz. Grill depan mobil ini tampil dengan dua buah desain yaitu upper front grill dan under front grill yang lebih besar. Tak hanya itu saja, headlamp mobil ini pun tampil mirip dengan headlamp Toyota Avanza Veloz. Di bawah grill sobat dapat menemukan bumper depan yang mana menggunakan desain trapezoidal serta di padukan dengan foglamp yang terkesan elegan. Jika di lihat dari samping, Toyota Calya tampak mirip dengan Toyota Agya hanya saja lebih panjang. Sedangkan jika di lihat dari bagian body belakang Toyota Calya cenderung mirip dengan Toyota Kijang Innova. Secara keseluruhan tampilan eksterior Toyota Calya pun terlihat manis yang mana telah tersedianya velg Alloy Wheel 2 tone, lampu sein pada spion, door handle dengan tipe tarik serta telah disematkan wiper belakang.

 

Pada bagian ruang kabin, Toyota Calya tampil dengan basis Toyota Agya yang lebih di panjangkan. Dengan demikian desain dan posisi jok mobil ini pun masih membawah ciri khas Toyota Agya yaitu jok barisan pertama yang memiliki headrest menyatu (non adjustable) dan jok barisan kedua yang memiliki headrest terpisah (adjustable). Selain itu, Toyota Calya tampil lebih baik dari pada Datsun Go+ Panca yang mana mobil ini memiliki jok baris ke tiga yang mudah di akses. Akan tetapi, jok baris ke tiga milik Toyota Calya terasa tidak jauh beda dengan jok milik Datsun Go+ Panca yang mana ruang kabin pada jok baris ke tiga ini menggunakan konsep 5+2 sehingga terasa lebih sempit dari pada milik Toyota Avanza.

Seperti pendahulunya, Toyota Calya tampil dengan 2 tipe yang mana pada setiap tipe telah tersedia 2 pilihan transmisi yaitu manual dan otomatis. Tipe Toyota Calya pun sama dengan Toyota Agya yaitu menggunakan tipe E dan G. Pada Toyota Calya tipe E memiliki spesifikasi yang dapat di katakan diatas standar sebagai mobil LCGC. Pada tipe ini sobat dapat menemukan spesifikasi berupa dua buah power windows, Dual SRS Airbags dan Audio Unit 1 DIN. Sedangkan pada bagian eksterior, Toyta Calya E ini tidak memiliki foglamp dan electric mirror. Selain itu, tipe ini masih menggunakan velg standar yaitu velg kaleng.

Untuk tipe Toyota Calya yang ke dua sekaligus menempati posisi teratas sebagai mobil LCGC terbaru dari Toyota tipe G memiliki spesifikasi yang jauh lebih baik dari pada tipe E. Pada tipe ini sobat dapat menemukan semua fitur dari tipe E serta telah terdapat pembaruah pada beberapa komponen. Hal ini dapat sobat temukan pada bagian bagian interior yang mana terdapat audi unit 2 DIN yang akan menemani perjalanan sobat, Speedometer dengan MID yang akan memberikan informasi berharga secara realtime, Power Window pada setiap pintu bagian samping, electric mirror yang akan membantu pengemudi dalam mengetahui informasi pada sekitar kendaraan, Dual SRS Airbags dan remote alarm yang akan memberikan rasa keamanan dan keselamatan yang lebih baik, wiper belakang, sensor parkir, hingga penambahan iSOFIX pada kursi bagian belakang. Sedangkan pada bagian eksterior tipe G memiliki velg Alloy Wheel 2 tone berukuran 14 inch yang lebih berkarakter, serta desain foglamp baru yang semakin membuat tampilan mobil ini lebih bergaya.

 

Sedangkan di sektor jantung pacu, ke dua tipe Toyota Calya memiliki mesin yang lebih baik dari pada Toyota Agya. Bagaimana tidak, pasalnya Toyota menyematkan mesin yang lebih bertenaga dari pada mesin yang selama ini kita lihat berakselarasi pada Toyota Agya. Mobil LCGC terbaru dari Toyota ini menggunakan mesin milik Toyota Etios Valco dengan kode 3NR-FE 1.2 L dengan 16 katup pada 4 silinder berteknologi Dual VVT-i dengan 2 pilihan transmisi yaitu otomatis 4 percepatan dan manual 5 percepatan. Mesin yang berkapasitas 1.197 cc ini di klaim mampu menghasilkan power maksimal mencapai 80 Hp dengan torsi maksimal mencapai 104 Nm. Sementara itu jika berkaca dari pendahulunya, Toyota lebih mendominasi penggunaan sasis monocoque pada mobil varian LCGC miliknya. Apa bila memang benar Toyota Calya menggunakan sasis monoque, maka dapat di pastikan ketika mengendarai mobil LCGC ini kita dapat merasakan suasana berkendara ala mobil sedan serta memiliki tingkat kenyamanan yang lebih baik.

Kelebihan Toyota Calya

 

Jika dilihat dari namanya, Toyota Calya berasal dari bahasa sansekerta yang artinya adalah tanpa cela atau dapat dikatakan sempurna. Kabar peluncuran mobil LCGC 7 penumpang ini turut membuat dunia otomotif Indonesia bertanya - tanya. Hingga saat ini, segmen mobil LCGC 7 penumpang hanya di isi oleh Datsun Go+ Panca. Apakah Toyota Calya mampu menyaingi mobil besutan Nissan tersebut ? Banyak para pecinta otomotif yang berpendapat bahwa Toyota akan jauh lebih mengungguli Datsun. Namun tak sedikit pula yang berpendapat berbeda. Akan tetapi, sobat tidak perlu terlalu gegabah dalam berpendapat. Pasalnya, hingga saat ini pun Toyota belum memberikan informasi lebih detil mengenai spesifikasi, fitur dan kelengkapan mobil LCGC 7 seater terbaru miliknya ini.

Sebagai mobil LCGC 7 seater, Toyota Calya hadir sebagai pesaing Datsun Go+ yang telah lebih dahulu meluncur di pasar otomotif Indonesia. Toyota Calya di kabarkan dapat mengambil alih podium utama sebagai mobil LCGC 7 seater terbaik di Indonesia. Jika dilihat secara kasat mata, mobil ini memiliki beberapa kelebihan di bandingkan dengan Datsun Go+, seperti apakah kelebihan Toyota Calya tersebut ? Selengkapnya mari simak ulasan berikut :

  1. Ukuran ruang kabin yang lebih lapangJika dilihat dari samping Toyota Calya memiliki body yang lebih panjang di bandingkan Datsun Go+ terutama dapat sobat lihat pada bagian jok baris ketiga yang mana jarak antara poros roda belakang menuju ke rear bumper terlihat lebih panjang di bandingkan dengan mobil besutan Nissan. Jika berkaca dengan ukuran tersebut, maka dapat di katakan Toyota Calya memiliki ruang kabin baris ke tiga yang lebih lapang.
  2. Terdapat bagasi yang cukup luas. Jika dilihat dari tingkat kemiringan body belakang, Datsun Go+ dengan desain yang landai sehingga tidak terdapat ruang yang cukup sebagai bagasi. Sedangkan pada Toyota Calya sedikit berbeda yang mana body belakang mobil ini tidak selandai mobil LCGC milik Nissa sehingga dapat memungkinkan pengguna untuk menyimpan barang bawaan pada bagian belakang jok baris ke tiga. Meskipun demikian, sobat mesti bersabar pula pasalnya bagasi milik Toyota Calya ini sudah dipastikan tidak seluas bagasi milik Toyota Agya hingga Toyota Avanza sekalipun.
  3. Desain jok yang lebih trendy. Mengingat tampilan ruang kabin bagian depan pada mobil Datsun Go+ di nilai terlihat ketinggalan zaman, maka berbeda dengan Toyota Calya. Mobil LCGC 7 seater ini memiliki desain jok baris pertama yang tidak bersambung namun dengan headrest non adjustable seperti mobil terbaru masa kini. Pada bagian tengah di antara jok akan disertakan pula tempat penyimpanan barang - barang kecil serta cup holder.
  4. Penggunaan lebih praktis. Siapa yang tidak menginginkan segala urusannya dapat di lakukan dengan praktis. Mungkin ini yang menjadi pola pikir Toyota dalam menciptakan mobil terbaru mereka. Jika kita tanggapi berbagai isu yang beredar, maka dapat di katakan konsep desain interior serta fitur - fitur milik Toyota Calya lebih baik di bandingkan Datsun Go+. Hal ini dapat di lihat pada bagian konsol tengah yaitu di antara jok penumpang depan dengan jok pengemudi telah terdapat tempat penyimpanan serta cup holder. Terlebih lagi jika kepraktisan yang dimiliki oleh pendahulunya yaitu Toyota Agya, maka dapat di simpulkan bahwa Toyota Calya lebih baik di segi kepraktisan dari pada Datsun Go+.
  5. Mesin yang lebih baik. Seperti yang telah kami jelaskan di atas bahwa Toyota menggunakan mesin yang lebih tangguh daripada pendahulunya yaitu mencapai 1.197 cc sehingga jika informasi ini memang benar - benar akurat maka dapat dipastikan Toyota Calya mampu menaiki podium utama sebagai mobil terbaik di kelasnya.

Harga Toyota Calya

*Catatan: Harga dalam artikel ini berlaku saat waktu publikasinya, dan dapat berubah sewaktu-waktu.

Seperti yang dilansir pada SINDONEWS.com bahwa harga estimasi awal Toyota Calya akan berkisar antara Rp 130.000.000,- sampai dengan Rp 160.000.000,-. Jika di lihat dari kisaran harga tersebut, dapat kita simpulkan bahwa Toyota Calya akan hadir di Tanah air di segmen mobil LCGC setingkat di atas Toyota Agya namun tetap tidak melewati bahkan dibawah kelas Toyota Avanza.

Ingin punya mobil Calya ini sekarang dengan cash atau kredit? Segera Pesan di » mobilkamu.com

atau hubungi 081908910923