Review Toyota New Agya

Gambar 1. Toyota New Agya

Menjadi mobil LCGC pertama yang menggunakan Engine Start-Stop, membuat kebanggaan sendiri bagi Toyota New Agya. Mobil kecil yang pas untuk anak muda maupun keluarga kecil ini,  hadir mengusung tagline “Start to Never Stop”. Juga tampilan yang lebih sporty dan fitur yang lebih lengkap. Yuk simak Ulasannya!

Harga Toyota New Agya

Harga yang kami cantumkan merupakan harga Mobil Toyota New Agya Per April 2021 yang didapat melalui dealer resmi Daihatsu dan telah diverifikasi oleh Mobilkamu. Harga  ini dapat berubah sewaktu-waktu. Untuk info harga mobil Toyota  New Agya selengkapnya, Anda dapat mengaksesnya di link berikut.  KLIK DISINI 

Model Variant Transmisi Harga Area Jakarta
New Agya 1.0 G MC M/T Rp144,900,000
New Agya 1.2 G MC M/T Rp149,200,000
New Agya 1.2 G TRD MC M/T Rp154,545,000
New Agya 1.2 G MC A/T Rp162,740,000
New Agya 1.2 G TRD MC A/T Rp170,390,000

Interior Toyota New Agya

Toyota New Agya memiliki spesifikasi interior yang sudah dilengkapi dengan power window. Berguna untuk mengatur kaca spion secara otomatis. Kemudian AC, kursi lengkap dengan headrest dan sabuk pengaman, serta di bagian samping pengemudi terdapat Central door lock. Bagasinya pun dapat menampung muatan yang cukup banyak.

Warna Interiornya dominan dengan warna hitam tetapi pada setir kemudinya belum ada fitur tilt steering sehingga tidak dapat menyeting naik turun kemudi. Pada jok depan, terdapat jok yang menyatu dengan headrest. Pada jok belakangnya, untuk ukuran mobil kecil terdapat ruang kaki yang cukup luas dengan headrest yang dapat dinaik turunkan. 

Sedangkan pada Agya tipe 1.2 TRD dan tipe 1.2 G, sudah dilengkapi dengan audio yang terkoneksi dengan Smartphone melalui bluetooth. Melihat pada tipe TRD, dilengkapi dengan head unit double din serta pada bagian kemudi terdapat pengaturan audio head untuk mengatur mode audio dan juga volume.

Eksterior Toyota New Agya

Kemudian pada tampilan luarnya, Toyota New Agya facelift memiliki perbedaan dengan model sebelumnya.Tampilan eksteriornya didesain dengan konsep lebih modern sehingga terlihat lebih segar dan kekinian.

Pada bagian depannya, Toyota New Agya memiliki Smoked Projector Headlamp with LED Light Guide dengan desain modern berbentuk trapesium. Sehingga membuat mobil ini terlihat semakin stylish dan elegan. Kemudian gril bagian depannya dibuat dengan lebih lebar serta bentuknya dibuat sporty. Selain itu, terdapat fog lamp yang disemat pada bodi mobil bagian depan. Pencahayaan maksimal terdapat pada mobil ini sehingga aman ketika dibawa dalam kondisi hujan, gelap maupun bahkan berkabut sekalipun.

Beralih ke tampak sampingnya, tidak jauh berbeda dengan model Toyota New Agya sebelumnya. Hanya terdapat tambahan yaitu terdapat garis lurus dari depan hingga belakang yang membuat tampilan mobil terlihat elegan. 

Terakhir pada sisi belakang, Agya dilengkapi dengan kombinasi lampu belakang yang simple sehingga tampilannya semakin elegan. Juga spoiler berukuran kecil dengan High Mount Stop Lamp.

Fitur Toyota New Agya

Dibekali dengan fitur yang semakin canggih, membuat Toyota New Agya facelift ini juga semakin memiliki sistem keselamatan yang mumpuni. Mengutamakan keselamatan bagi pengemudi dan penumpang mobil ini, pihak Toyota telah membekali Agya terbaru dengan fitur Dual SRS Airbags sebagai fitur keselamatan standar. Dual SRS Airbags tersebut dinilai dapat mengurangi risiko kecelakaan jika terjadi benturan keras.

Selain itu, Agya terbaru juga dilengkapi dengan fitur Side Impact Beam yang disematkan pada sisi samping mobil. Sehingga, mengurangi resiko cedera pada penumpang saat terjadi kecelakaan. Pada bagian pengereman, khusus Agya tipe 1.2 TRD telah disematkan fitur ABS yang dapat memberikan pengereman sempurna, serta mencegah terselipnya ban apabila pengemudi melakukan pengereman mendadak.

Fitur hiburan yang diberikan pada Toyota New Agya terbaru sudah semakin lengkap. Terdapat audio sistem yang dapat digunakan untuk memutarkan musik dan dapat disambungkan ke smartphone anda melalui bluetooth.

Spesifikasi Toyota New Agya

Spesifikasi Mesin 

Mesin DOHC 3 Silinder 12 katup dengan teknologi VVT-i
Transmisi manual 5-percepatan
Bahan Bakar Bensin
Fitur Mobil -Engine Start-Stop Button

-Dual SRS Airbags

-Side Impact Beam

-ABS

-audio system

Konsumsi Bahan Bakar
Luar Kota 20 km/liter
Dalam Kota 14 km/liter

 

Kamu harus membeli Toyota New Agya karena..

Memiliki banyak pilihan varian, Toyota New Agya memiliki banyak varian yang dapat kamu pilih sesuai dengan kebutuhan kamu

-Menggunakan engine start-stop button, adanya engine start-stop button dapat memudahkan kamu ketika menyalakan dan mematikan mobil.

-Desain eksterior keren, meskipun Toyota New Agya merupakan mobil kecil namun design eksteriornya sporty dan kekinian.

 

Sebaiknya kamu tidak membeli Toyota New Agya karena..

Fitur keselamatannya masih terbatas, belum adanya rem ABS dan airbag hanya ada pada varian tertinggi sehingga untuk kamu yang sangat mementingkan fitur keselamatan kurang cocok dengan mobil ini.

-Mesinnya terlalu kecil, jika dibandingkan dengan mobil kecil lainnya kekuatan mesin Toyota New Agya cukup kecil sehingga agak sulit ketika menanjak di jalanan terjal.

Transmisinya masih kurang mulus, memilih untuk mempertahankan transmisi otomatis konvensional dan belum menggunakan transmisi CVT,  membuat transmisi Toyota New Agya belum semulus mobil yang menggunakan CVT

Keunggulan dan Kekurangan Toyota New Agya

Keunggulan

1. Varian banyak

Tidak hanya terdiri dari dua opsi mesin, namun Toyota New Agya  memberikan pilihan dalam total 6 varian! Dua varian merupakan bermesin 1.000 cc  sedangkan 4 varian menggunakan dapur pacu 1.200 cc. Sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.

2. Sudah menggunakan engine start-stop button

Fitur keren ini di LCGC Agya ini menjadi sebuah gebrakan yang patut di apresiasi. Mobil Agya menjadi satu-satunya LCGC yang memiliki engine start-stop button. Hanya dimiliki Toyota New Agya varian G TRD manual ataupun matic. Sehingga memudahkan ketika menyalakan dan mematikan mesin hanya dengan satu tombol.

3. Eksterior keren

Toyota New Agya jadi semakin keren berkat bumper depan dan belakang baru yang menjadi penyegar di tahun ini. Memberikan  banyak sudut-sudut tajam pada desain eksteriornya, menjadikan Toyota New Agya memiliki profil sporty dan melunturkan kesan mobil ekonomisnya.

Kekurangan

1. Mesinnya terlalu Kecil

Meskipun terkenal dengan mesinnya yang berkode Beserta dibuat di Indonesia, tetapi tenaga yang dihasilkan masih di bawah Honda Brio Satya. LCGC kebanggaan Honda itu memang musuh bebuyutan Toyota New Agya dan tenaganya mencapai 88 Hp. Mobil Agya bermesin 1.200 cc tenaganya hanya 86 Hp. Hal ini menyebabkan Toyota New Agya kesulitan menanjak ketika melewati jalan yang terjal.

2. Transmisinya Belum CVT

Pada mobil-mobil serupa atau saingan Toyota New Agya,  sudah mengusung continuously variable transmission (CVT). Sedangkan Toyota masih mempertahankan transmisi otomatis konvensional yang secara pengalaman pengemudi, saat mengemudi tak sehalus CVT.

3. Fitur keselamatan terbatas

Untuk fitur keselamatan Toyota New Agya masih terbatas. Dimana kantung udara alias airbag saja Toyota hanya memberikan untuk mobil Agya varian tertinggi. Bahkan mobil Toyota New Agya juga belum dilengkapi rem dengan anti lock braking system (ABS).

Perbandingan Dengan Pesaing 

Toyota New Agya VS Daihatsu Ayla

Toyota New Agya Spesifikasi Daihatsu Ayla
DOHC 3 Silinder 12 katup dengan teknologi VVT-i/Bensin/998 cc Mesin / Bahan Bakar/Kapasitas 3 Silinder inline, 12 valve, DOHC fuel injection/bensin/ 988cc
97 Ps Tenaga 96.5 Ps
108Nm Torsi 121 Nm
Ventilated  Disc / Drum Brake Sistem Pengereman depan/belakang Ventilated Disc / Drum Brake
Rp144,900,000 Harga  Rp 103,300,000

Mesin

Mobil Toyota New Agya dan Daihatsu Ayla sama sama menawarkan pilihan tenaga penggerak identik. Tak ada perbedaan sama sekali. Tersedia mesin 1,0 liter 3-silinder yang menghasilkan daya 67 PS pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 89,2 Nm pada 4.400 rpm.

Menawarkan juga mesin 4-silinder yang lebih minim getaran. Mesin 1,2 liter 3NR-FE dual VVT-I menawarkan tenaga yang lebih besar, 88 PS pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 107 Nm pada 4.200 rpm. Kedua pilihan mesin tersebut menggunakan sistem injeksi ini menyalurkan tenaga ke kedua roda depan melalui pilihan transmisi manual 5-speed atau otomatis konvensional 4-speed.

Dimensi

Sama-sama dibekali dimensi dengan panjang 3.600 mm, lebar 1.600 mm, dan 1.520 mm untuk tingginya, Agya dan Ayla merupakan city car kompak dengan ruang kabin yang cukup lega di kelasnya. Bagasinya pun sesuai dengan ekspektasi dengan daya muat yang memadai.

Fitur

Mempunyai beberapa kesamaan fitur dengan Daihatsu Ayla, namun Toyota New Agya menghadirkan keunggulan terbarunya yang dapat dibanggakan. Mobil Low Cost Green Car (LCGC) pertama Toyota ini hadir dengan fitur Start-Stop Button. Agak mengejutkan untuk sebuah mobil LCGC. Fitur Start-Stop Button ini memang hanya dimiliki New Agya TRD atau varian termahalnya. Tetapi yang menarik, fitur ini tak dimiliki oleh Daihatsu Ayla tipe termahal sekalipun. Sebagai gantinya, Daihatsu membekali mobil Ayla dengan kamera parkir. Adanya fitur ini justru absen pada Toyota New Agya.

Sedangkan untuk  fitur keselamatannya, Daihatsu tidak mengurangi fitur keselamatan mobil Toyota New Agya untuk Daihatsu Ayla. Dual SRS Airbag tersedia hingga varian termurah. Sementara itu fitur keselamatan rem ABS + EBD hadir untuk melindungi penghuni kabin mobil Agya dan Ayla baru tipe tertinggi.

Toyota New Agya VS Honda Brio

Toyota New Agya Spesifikasi Honda Brio
DOHC 3 Silinder 12 katup dengan teknologi VVT-i/Bensin/998 cc Mesin / Bahan Bakar/Kapasitas SOHC 4 Silinder Segaris, 16 Katup i-VTEC + DBW /Bensin/1.199 cc
97 Ps Tenaga 90 Ps
108Nm Torsi 110Nm
Ventilated  Disc / Drum Brake Sistem Pengereman depan/belakang Ventilated  Disc / Drum Brake
Rp144,900,000 Harga  Rp179,800,000

Mesin

Untuk performa mesin, Antara Toyota New Agya dan Honda Brio memiliki perbedaan yang lumayan jauh. Perbedaan ini jelas terlihat, dilihat dari kapasitas mesin dimana Honda Brio memiliki performa mesin berkapasitas 1.300cc dengan 4 silinder i-VTEC. Sedangkan Toyota New Agya memiliki performa mesin dengan kapasitas yang lebih kecil yakni, 1.000cc dengan 3 silinder mesin. Sudah dapat dipastikan bahwa Honda Brio lebih unggul pada mesinnya dibandingkan dengan Toyota New Agya. Tetapi, bukan berarti performa mesin Toyota New Agya tidak bagus. Tarikan mesin Toyota New Agya cukup baik untuk segmen mobil LCGC dimana hal tersebut dikarenakan berat Toyota New Agya yang ringan jika dibandingkan dengan Honda Brio. Tentu saja, kedua mobil ini memiliki keunggulan yang sama yakni hematnya bahan bakar yang digunakan.

Dimensi

Melirik interior kedua mobil memiliki luas yang hampir sama. Toyota New Agya dengan lebar 1.600 mm dan panjang 3.660mm. Pada Honda Brio Satya memiliki lebar 1680 mm dan panjang 3.800mm. Dari ukuran tersebut dapat diketahui bahwa Honda Brio Satya memiliki kabin yang sedikit lebih luas.

Sedangkan pada eksteriornya, kedua mobil ini dihadirkan dengan bodi yang mungil. Sehingga memiliki pengendalian yang cukup baik di jalanan. Bagian depannya, kedua mobil keduanya  disematkan foglamp dan lubang udara. Ditambah Nuansa chrome di bagian gril juga sangat kental di kedua mobil tersebut.

Fitur

Untuk fiturnya, Kedua mobil telah dibekali fitur dual SRS Airbags namun untuk Toyota New Agya hanya ada pada varian tertinggi. Fitur sabuk pengaman pada Honda Brio Satya lebih unggul dibandingkan dengan Toyota New Agya. Sabuk pengaman Honda Brio Satya sudah dilengkapi teknologi Emergency Locking Retractor (ELR). Namun, keduanya sudah dibekali ISOFIX dan Child Safety Locks.

Pada fitur pengereman,  keduanya sudah dilengkapi Anti-Lock Braking System (ABS). Tambahan fitur pada Honda Brio Satya sudah dilengkapi dengan Electronic Brake Force Distribution (EBD), sedangkan Agya belum disematkan EBD. 

Kemudian pada segi mesin dan transmisi, Honda Brio Satya lebih unggul dengan teknologi CVT dan kekuatan melaju yang lebih besar. Agya unggul dalam fitur hiburan yang cukup lengkap dengan tambahan layar sentuh

Toyota New Agya VS Suzuki Wagon R

Toyota New Agya Spesifikasi Suzuki Wagon R
DOHC 3 Silinder 12 katup dengan teknologi VVT-i/Bensin/998 cc Mesin / Bahan Bakar/Kapasitas K10B engine DOHC /Bensin/998 cc
97 Ps Tenaga 68 PS
108Nm Torsi 90Nm
Ventilated  Disc / Drum Brake Sistem Pengereman depan/belakang Ventilated  Disc / Drum Brake
Rp144,900,000 Harga  Rp 122,000,000

Mesin

Karimun Wagon R memiliki mesin K10B engine with DOHC,  dengan kapasitas 1.000 cc yang dapat menghasilkan tenaga 68 PS dengan torsi 90 Nm. Sedangkan  Mesin pada Toyota New Agya 1,0 liter menggunakan tipe KR 3-silinder dan menghasilkan tenaga 67 PS dengan torsi 85 Nm. Jadi, Agya 1,0 liter performanya kalah tipis dibanding Karimun Wagon R. Tetapi Agya punya pilihan mesin 1,2 liter yang lebih bertenaga. Sementara varian bermesin 1,2 liter menggunakan tipe NR 4-silinder 16-Katup, DOHC, Dual VVT-i. Mesin ini dapat menghasilkan daya sebesar 88 PS dan torsi puncak 108 Nm. Sebagai informasi, Toyota New Agya facelift diperkenalkan Toyota pada awal 2017 ini. Diam-diam Suzuki memberikan perubahan pada Karimun di IIMS 2017 lalu.

Dimensi

Melihat ke ukuran atau dimensinya, kedua mobil sama-sama memiliki dimensi panjang 3,600 mm. Sementara Toyota New Agya dengan 1,600 mm lebih lebar dari Wagon R yang 1.475 mm. Namun untuk Tinggi, Suzuki Karimun Wagon R mencapai 1.670 mm  sedikit lebih tinggi daripada Toyota New Agya yang hanya 1,520 mm.

Fitur

 Pada Toyota New Agya memiliki fitur yang lebih lengkap dibanding Suzuki Karimun Wagon R. Mobil hatchback Toyota dilindungi Side Impact Beam, Dual SRS Airbags, rem ABS, ISOFIX, 3 Point Safety Belt dan Seat Belt Reminder. Agya juga memakai Semi Bucket Seat, Sporty Rear Bumper Design Smoked Projector Headlamp with LED Light Guide dan LED Rear Combination Lamp.

Sedangkan fitur keselamatan pada  Karimun Wagon R airbag, ISOFIX, seat belt 3-point ELR (Emergency Locking Retractor), Immobilizer dan Central Lock. Fitur hiburan Wagon R memakai 2-DIN belum layar sentuh. Toyota New Agya menggunakan velg yang lebih besar dengan ukuran 14-inci, sementara Karimun Wagon R 13-inch.

Sumber: www.rentalmobilbali.net, Autofun.co.id, Oto.com, autonetmagz.com, otomotif.business.com, oto.detik.com, Semisena.com