Toyota Agya

review-toyota-agya

Astra Toyota telah meluncurkan Toyota Agya sejak 2013 silam, dan spontan menjadi fenomena mobil murah yang cukup memikat hati masyarakat Indonesia, Ya, mobil ini bukanlah citycar pertama di Indonesia yang memiliki harga yang cukup terjangkau, tetapi respon yang diberikan masyarakat Indonesia cukup mengejutkan. Bagaimana tidak, penjualan Toyota Agya hampir mencapai 200ribu unit pada tahun peluncuran nya, menajubkan bukan?

Tipe yang ditawarkan konsumen pun cukup beragam, yaitu tipe E, G, dan TRD S. Untuk tipe E bertransmisi manual dibanderol Rp 109.839.000, E bertransmisi otomatis Rp 121.560.000,  G bertransmisi manual Rp 117.830.000, G bertransmisi otomatis Rp 127.860.000, TRD S bertransmisi manual Rp 121.930.000, TRD S bertransmisi otomatis Rp 132.460.000.

Setiap tipe tersedia pilihan bertransmisi manual 5-speed, dan otomatis 4-speed. Tipe E (terendah) pun sudah dilengkapi grille berornamen krom, velg kaleng ber-dop 13 inci, EPS, AC, dual SRS airbags untuk keamanan yang lebih, serta single din integrated audio dengan CD/MP3/USB/AUX. Terdapat juga adjustable headrest untuk penumpang depan dan belakang, power window di semua sisi jendela, seatbelt di semua jok dan 7 cup holder untuk menunjang keamanan dan kenyamanan penumpang maupun pengemudi.

Tipe G memiliki semua kelengkapan Fitur E, ditambah velg dop yang diupgrade menjadi velg alloy berukuran 14 inci, rear spoiler, fog-lamp garnish, gagang pintu ber chrome, chrome side body moulding, double-din audio yang telah support MP3 dan USB dan juga terdapat electric mirror dan MID (Multi Information Display) yang dapat memberitahu pengemudi jarak tempuh kendaraan dan konsumsi bahan bakar. Terdapat juga alarm yang dapat menunjang keamanan kendaraan dengan keyless entry. Sayang fitur ini belum dilengkapi immobilizer yang telah di pakai oleh kakak nya, Toyota Yaris.

Tipe TRD S atau tipe yang terlengkap memiliki seluruh kelengkapan fitur yang terdapat di tipe G, dengan ditambahnya aero kit di seluruh body serta sticker dan emblem TRD.

Sedangkan Daihatsu Ayla memiliki tipe D, D+, M, M Sporty, X, X Elegant. Daihatsu memang menyediakan varian lebih banyak dibanding kembaran nya, Toyota Agya. Daihatsu membandrol Ayla dari harga 80-115 juta on the road.

Interior nya tidak bisa dibilang kecil. Ruang kaki dan kepala relative luas dibanding pesaing dan kompetitornya. Panel instrument nya pun telah dilengkapi Speedometer, tachometer,odometer, trip meter, eco-driving, MID (tipe G) dan alarm. Cukup lengkap untuk mobil dengan harga yang sangat terjangkau.

Eksterior nya sangatlah cukup bagus, sama sekali tidak terlihat seperti mobil murah, bahkan terlihat seperti hatchback yang memiliki nilai jual harga yang sangat tinggi, kualitas interior Agya juga terbilang menyamai MPV sekelas diatasnya.

Suara mesin nya pun cukup halus. Walau masih ada senyap suara mesin dan getaran yang menginstrusi ke dalam kabin. Maklum mesin yang digendong adalah mesin 3-silinder. Tetapi setelah pedal gas diinjak, karakter mesin yang galak langsung terasa di putaran bawah. Respon transmisi nya cukup baik dan halus. Karakter gigi nya pun rapat, sehingga sangat cocok untuk dipakai dalam kota dengan kondisi stop and go.

Toyota Agya maupun kembaran nya, Daihatsu Ayla megendong jantung mekanis yang sama, yaitu mesin bertipe 1KR-DE, 3 Silinder, 12 Katup, DOHC, berkapasitas 998cc. Dilengkapi injeksi elektronik yang diproduksi oleh Daihatsu, tenaga maksimal yang dihasilkan adalah 65.2hp pada 6000rpm bertorsi 86NM pada 3600rpm. Sangatlah cukup untuk mobil berbobot yang sangat ringan ini.

Sektor kaki-kaki duo kembaran ini pun sangat memadai, dilegnkapi dengan suspensi MacPherson Struts dengan pegas koil di depan. Sedangkan di belakang memakai suspense semi-independent axle beam dengan pegas koil. Sistem suspensi yang telah digendong serupa dengan kakak nya, Toyota Yaris, sehingga Agya dan Ayla memiliki bantingan yang sangat baik. Dan juga gejala limbung yang sangat minim.

Astra Toyota dan Astra Daihatsu telah sukses membuat citycar fenomenal. Agya dan Ayla adalah pilihan tepat bagi konsumen yang mencari mobil untuk mobil pertama atau pun mereka yang ingin mengganti kendaraan roda dua nya menjadi kendaraan roda empat. Kelengkapan interior, eksterior dan performa nya juga sangat memadai untuk pemakaian dalam kota. Sokongan brand dan pamor Toyota dan Daihatsu juga menjadi nilai plus untuk kendaraan fenomenal ini.