Review Suzuki Swift

Beberapa waktu yang lalu pasar mobil Indonesia telah dipanaskan oleh persaingan menghadirkan mobil-mobil mungil. Setelah sebelumya Honda telah menyita perhatiam umat dengan menghadirkan Honda Jazz yang kemudian diikuti dengan Toyota yang merilis Toyota Yaris, Suzuki tak mau ketinggalan mengikuti jejak kedua kompetitornya tersebut. Barulah pada akhir 2005 Suzuki memperkenalkan jagoan mobil mini mereka yaitu Swift. Lahirnya Suzuki Swift di kalangan pecinta otomotif menjawab keraguan beberapa pihak akan kemampuan Suzuki merajai segmen hatchback di Tanah Air. Suzuki Swift hadir dengan konsep yang berbeda dari beberapa varian hatchback yang telah mendahuluinya tersebut. Ingin berkenalan lebih lanjut dengan Suzuki Swift? Berikut ini kami sajika eksoplorasinya.

 

Exterior

Kita seringkali beranggapan bahwa city car itu tidak bisa sporty dan cenderung kaku pada aksen desainnya. Namun, anggapan itu terpatahkan jika kita mengamati bagian eksterior Suzuki Swift. Memang, mobil ini dirancang semini mungkin tetapi aura stylish nan sporty tetap terpancar padanya. Salah satu buktinya yaitu dengan diusungnya headlamp relektor dengan aksen runcing yang akan menambah daya tarik fascia depannya. Menemani headlamp yang sporty tersebut, terpasang pula front grill yang menonjolkan kesegaran penampilannya meskipun tetap sederhana. Sebenarnya konsep desain yang dibawa Swift generasi terbaru ini masih tetap setia mempertahakan konsep grill sebelumnya.

Tertarik dengan mobil ini? Klik disini untuk konsultasi dengan kami.

Secara keseluruhan, desain wajah Swift khusus tipe GX dan GS memilki kemiripan, salah satunya pada fog lamp yang dipercantik dengan adanya bingkai stylish. Berpindah ke sisi sampingnya, Swift hadir dengan tampilan bodi yang elegan berkat kombinasi fender dan tampilan siluet body yang tegas. Adapun pada bagian belakangnya, Swift tampil lebih dinamis yang dipertegas dengan adanya stoplamp sesuai dengan lekuk body bagian belakang. Tidak hanya itu, Swift pun semakin stylish atas difungsikannya tail gate spoiler yang pendek serta rear wiper pada kaca mobil bagian belakang.

Interior

Tidak hanya bagian luar saja yang mentereng, tetapi juga bagian dalamnya tak kalah mempesonanya. Pertama kali membuka pintu mobil ini dan melihat-lihat sekeliling kabin, anda akan disuguhkan tampilan interior yang patut diacungi jempol. Bagaimana tidak, mobil pabrikan Suzuki yang satu ini menyuguhkan kabin yang elegan dan mewah yang tentunya pas dengan selera kita. Bagian kabin ini nampak begtu eksklusif dengan dominasi kelir hitam serta aksen silver. Untuk bagian dashboardnya, anda akan menemukan rancangan berupa tidak banyaknya cluster yang mana hanya odemeter bergaya Swift versi sebelumnya yang terpampang disana. Begitupun panel dashboardnya yang menyuguhkan instrument lengkap, seperti Multi Information Display dan High Grade Meter Cluster yang berdesain begitu sporty.

Baca juga:

Beralih ke kursi penumpang, bagan ini tersusun dari material berkualitas tinggi dan dirancang lebih ergonomis, apalagi dengan ditambahkannya fitur Seat Height Adjuster demi kenyamanan tubuh saat duduk. Pada kabin bagian depan dan belakang Suzuki Swift masing-masing telah dilengkapi dengan sabuk pengaman. Untuk bagian bagasinya itu sendiri memang tidak luas karena mobil ini tidak dirancang khusus untuk mengangkut barang tetapi untuk mengakomodasi penumpang. Meskipun demikian, spesifikasi dari New Swfit ini telah cukup untuk membawa hingga lima orang dengan rasa kabin yang cukup longgar.

 

Performa

Setelah sebelumnya kita menjelajah sektor kenyamanan interior, kini saatnya melihat-lihat bagaimana performa mobil ini saat dipacu. Pada sektor dapur pacu ini, Suzuki menawarkan tiga varian, yaitu All New Swift GX, Sport dan GS. Masing-masing dari ketiganya ditunjang dengan spesifikasi mesin yang berbeda-beda. Misalnya saja Swift GS dan Swift GX dibekali dengan mesin bertipe K14B DOHC VVT dengan kapasitas silinder 1.372 cc. Mesin jeinsi ini memiliki 16 katup dengan 4 silinder segaris dimana tenaga maksimal yang mampu dihasilkannya sebesar 95 PS dengan rpm menunjukkan angka 6.000 sedangkan torsinya sebesar 130 Nm dengan rpm menunjukkan angka 4.000.

Tertarik memiliki mobil ini dengan cara kredit?

Klik Panduan Lengkap Kredit Mobil Suzuki Swift

Adapun untuk tipe sport, Mesin bertipe M16 telah disematkan padanya dimana kapasitas mesin ini sebesar 1.586 cc. Mesin yang ditanamkan pada Suzuki Swift Sport ini adalah salah satu tipe mesin berkapasitas terbesar di kelasnya. Tenaga maksimal yang mampu dihasilkan dari mesin sejenis ini yaitu sebesar 160 PS pada 4.400 rpm sementara torsinya sebesar 160 NM pada 4.400 rpm. Meskipun varian-varian ini memiliki perbedaan jenis mesin, kenyataanya Suzuki Swift tipe Sport menggunakan mesin 16 katup dengan 4 silinder segaris ditambah dengan suntikan teknologi berupa multipoint injection.

 

Keamanan

Bagi anda yang hobi berkendara dengan kecepatan tinggi, keamanan jiwa, raga dan harta adalah sesuatu yang wajib anda dapatkan. Oleh karena itu, Suzuki Swift dirancang dengan teknologi keamanan kelas satu yang sudah tentu komprehensif untuk memberikan control serta ketenangan jiwa dalam mengendarainya. Pada aspek keamanan ini Swift mendapat rating tinggi yaitu Bintang 5 dari European New Car Assesment Programme. Salah satunya yaitu keamanan pasif dimana bodi mobil dikembangkan dengan Total Effective Control Technology milik Suzuki. Fitur keamanan ini akan memastikan daya benturan bisa diserap dan dikurangi secara efektif.

Baca juga:

Selain itu, terdapat juga 6 buah airbag (termasuk di antaranya airbag tirai) yang juga terintegrasi dengan pilar-pilar berbasis material yang dapat melunakkan kontak fisik dengan kepala penumpang dan menyerap benturan tersebut. Adapun fitur-fitur pengereman semacam ESP dan ABS+EBD akan semakin menggaransi keselamatan penumpang.

 

Konsumsi Bahan Bakar

Suzuki Swift begitu powerful dari sektor dapur pacu karena didukung oleh mesin yang tangguh. Mesin ini merupakan mesin terbaru yang juga disematkan pada Ertiga sehingga konsumsi bahan bakarnya jauh lebih efisien. Di antara faktor yang mempengaruhinya yaitu dimensi body yang memang lebih kecil serta bobot yang juga lebih ringan. Jika mobil keluaran Suzuki ini ditunggangi dalam kecepatan stabil di bawah 100 km/jam, perbandingan bahan bakar yang dikonsumsi yaitu 1 liter dengan kecepatan hingga 19.8 km untuk perjalanan jarak jauh dan12.4 km/liter untuk pemakaian dalam kota.

 

Keseluruhan

Setelah sebelumnya anda kami ajak menelusuri bagian terluar hingga terdalam (eksterior-mesin), tentu anda sudah mendapatkan gambaran menyeluruh terkait spesifikasinya. Menyandang predikat city car tak membuatnya kaku dalam hal desain interior melainkan kesan keindahan dan modernitaslah yang ditinggalkannya. Begitupun halnya dengan interior, meskipun tak seluas mobil MPV, justru disitulah aksen kemewahan dan kenyamanan ditonjolkan. Pabrikan Suzuki menyulap ruang yang hanya cukup untuk  5 orang tersebut dengan menjadikannya sebuah kabin yang eksklusif mulai dari dashboard, kursi penumpang, skema warna dan lain sebagainya. Belum lagi komplitnya fitur kenyamanan dan keamanan yang memastikan penumpang di dalamnya akan betah dalam berkendara dengan standar keamanan yang tinggi.

 

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Swift

Ada dua hal yang tak boleh terlewatkan ketika anda mempertimbangkan sebuah mobil untuk dibeli yaitu kelebihan dan kekurangannya.  Begitu pula dengan Suzuki Swift 2016 ini yang diperkaya dengan berbagai kelebihan dan minim kelebihan. Apa sajakah itu?

Kelebihan Suzuki Swift

Yang pertama yaitu kapasitas mesin K14B VVT DOHC yang diusungnya dimana anda akan memiliki opsi mesin bersilinder 1.300 cc maupun 1.500 cc disesuaikan dari tipe mobil yang dipilih. Kedua jenis mesin tersebut akan menghadirkan tenaga yang begitu besar serta torsi maksimum lebih besar di antara segmen hatchback lainnya. Dengan demikian Suzuki Swift terbaru ini cukup dapat diandalkan dalam memacu adrenalin anda.

Kelebihan Suzuki Swift yang kedua berupa fitur lebih lengkap yang mendukungnya dalam beroperasi. Meskipun harganya cukup terjangkau mobil yang satu ini telah dibekali dengan berbagai fitur canggih, di antaranya fitur hiburan, keamanan dan keselamatan bagi siapa saja yang menungganginya. Fitur-fitur tersebut antara lain EBS+EBD yang berperan dalam system pengereman, Immobilizer, Alarm, Keyless Push Start System, Keyless Entry System dan lain sebagainya.

Khusus untuk audio system,fitur satu ini pun turut menjadi kelebihan mobil pabrikan Suzuki ini. Pasalnya, audio system double DIN telah tersematkan di dalamnya guna mendukung CD/MP3 Player, Ipod Connection dan AUX-in. Tidak hanya itu untuk mempermudah pengemudi dalam mengendarainya, pada bagian setir kemudi telah ditambahkan fitur Audio Switcher control. Pengemudi akan sangat terbantu dalam memainkan audio dengan begitu mudahnya melalui setir yang ada di hadapannya.

Kelebihan yang terakhir berupa handling dimana handling mobil yang satu ini lumayan oke, cukup responsive dan kestabilannya dapat diandalkan. Hal ini tak terlepas dari idealnya setir dalam genggaman dimana tak terlalu ringan juga tak terlalu berat sehingga begitu mudah dikendalikan.

Baca juga:

Kekurangan Suzuki Swift

Sebagai mobil termutakhir, sangatlah wajar jika Suzuki Swift terbaru ini memiliki segudang kelebihan, sebagaiamana diungkapkan di atas. Di balik itu semua, ada dua kekurangan Suzuki Swift yang perlu anda tahu. Apakah itu?

Kekurangan pertama terletak pada harga jual kembali (resale) yang sedikit lebih rendah. Meskipun perbedaan antara harga beli dan harga jual tak begitu mencolok, setidaknya untuk anda yang berharap pada harga resale yang lebih tinggi, tentu ini bisa anda anggap sebagai celah kekurangan yang perlu dipertimbangkan dari Suzuki Swift. Namun demikian, sebagai mobil yang masih fresh (keluaran terbaru) nilai resale terendah yang dibanderol untuk Suzuki Swift ini harganya masih berkisar di atas 100 juta rupiah.

Poin kedua yang menjadi kekurangan Suzuki Swift terletak pada bagian interiornya, khususnya pada bagian interiornya. Kenapa bisa demikian? Anda akan menemukan celah ini ketika melihat spion tengah yang terletak dalam kabin. Anda akan melihat sudut ruang kursi belakang yang terlihat sedikit sempit dan tak leluasa. Apalagi jika penumpang yang menduduki kursi bagian belakang jumlahnya tiga orang, tentu space yang tersedia semakin sesak. Tidak hanya itu, jarak antara jok depan dan belakang tak memberi kebebasan lebih pada kaki sehingga kaki kaki penumpang kursi belakang cenderung membentur jok yang berada tepat di depannya. Hal ini cukup terasa dan dapat mengganggu kenyamanan masing-masing pengemudi.

Di MobilKamu.com selalu ada penawaran menarik untuk semua brand termasuk Suzuki. Klik disini!

Suzuki Swift Rating & Score

Exterior:      ?????    Konsumsi Bahan Bakar:   ????

Interior:       ?????    Keamanan:                       ?????   Keseluruhan:    ?????

Performa:   ?????   Harga:                              ?????

 

Haruskah saya beli mobil ini?

Beli mobil ini jika…

Beli mobil ini jika anda menginginkan sebuh mobil city car masa kini yang tidak hanya berpenampilan sporty tetapi juga didukung interior yang mewah, irit bahan bakar, aman, nyaman dan diperkaya dengan fitur-fitur berteknologi tinggi.

Jangan beli mobil ini jika…

Jangan beli mobil ini jika anda menginginkan sebuah mobil dengan budget di bawah Rp 200 juta, berkabin sangat lapang, berkapasitas penumpang lebih dari lima orang, untuk keperluan mengangkut barang dalam jumlah besar serta harga jual kembali yang lebih tinggi.

 

Perbandingan Suzuki Swift

Suzuki Swift vs. Mazda 2

Setelah sesi sebelumnya kami mengajak anda melihat spesifikasi yang diemban Suzuki Swift tiap sektornya, kali ini kami akan mengadunya dengan lawan yang sepadan yaitu Mazda 2. Swift edisi terbaru hadir dengan menonjolkan headlamp reflector yang runcing untuk menambah pesona interiornya sementara Mazda menghadirkan Daytime Running Light pada headlampnya. Lampu yang diusung mazda ini cukup berkelas untuk mobil premium yang dipercantik sentuhan LED. Pada bagian interior, baik Swift maupun Mazda 2 dilengkapi dengan fitur canggih tilt and telescopic steering yang adjustable akan tetapi rancang bangun milik swift yang paling ideal serta memiliki visibilitas yang paling luas, tidak seperti milik Mazda yang terlalu tenggelam.

Tertarik kredit mobil Mazada 2? Klik disini!

Suzuki Swift vs. Nissan Grand Livina

Lawan Suzuki Swift selanjutnya yaitu Nissan Grand Livina dimana mobil pabrikan Nissan ini tak kalah tanggunya dari Swift. Baik Swift maupun Livina keduanya memamerkan desain mewah serta tampilan yang begitu elegan. Jika swift menonjolkan tampilan bodi yang stylish yang dihasilkan dari kombinasi antara fender dan siluet body yang tegas, Livina memiliki side body molding guna meminimalisir resiko terjadinya penyok. Tidak hanya itu fitur yang satu ini juga akan menambah kesan tampilan yang tegas dan stylish.

Tak puas hanya berkutat pada bagian eksteriornya, kami akan mengajak anda melihat perbandingan keduanya dari segi interior. Pada bagian ini, keindahan interior Swift bertumpu pada kabin yang eksklusif dengan diperkaya kelir hitam dan aksen silver. Sementara itu Livina menampilkan aksen interior yang mewah nan berkelas dimana kursi penumpangnya dirancang lebih ergonomis dan berukuran besar. Selain itu, dimensi yang lebih besar dan panjang dari Swift serta kabin yang lebih lega memungkinkan Livina mengakomodasi kursi penumpang lebih banyak dari yang dimiliki Swift. Livina menyediakan 7 buah kursi penumpang sedangkan swift hanya 5 buah kursi penumpang.

Review, Harga, dan Spesifikasi Mobil Nissan Grand Livina

Suzuki Swift vs. Suzuki Ertiga

Setelah sebelumnya anda menyaksikan duel Suzuki Swift dengan rival tangguhnya, kini anda akan disuguhi duel saudara sesama pabrikan Suzuki, yakni Suzuki Ertiga. Baik Swift maupun Ertiga masing masin mempunyai basis yang sama pasalnya kedua mobil ini diproduksi dalam platform yang juga sama. Hal ini bisa diamati pada penggunaan mesin K14B, body, interior, eksterior dan sasis yang sama. Bedanya, Ertiga dianugerah dimensi yang memang lebih bongsor. Tak heran, Ertiga dimasukkan ke dalam kelas mobil MPV ketimbang Swift yang memiliki ukuran lebih mungil dimana Swift itu sendiri masuk kelas mobil hatchback.

Sebagai contoh perbandingan antara Swift dan Ertiga, mari kita lihat tipe terendah masing-masing yakni tipe GL manual. Dalam hal ini harga tipe GL milik Swift dibanderol sebesar Rp 165 juta sedangkan tipe GL milik Ertiga hanya seharga Rp 164 juta. Selisih keduanya memang tipis, yaitu hanya 1 juta, tetapi yang jadi pertanyaan mengapa Ertiga yang berukuran lebih besar harganya lebih murah dari Swift? Yang menjadi nilai tambah untuk Swift sehingga lebih mahal 1 juta yaitu karena Swift menyematkan rem cakram pada keempat roda yang dimilikinya sedangkan Ertiga tidak. Ertiga masih mengandalkan rem tromol yang tentu nilainya tidak sebanding dengan empat rem caktram Swift. Adapun fitur lainnya seperti setir kemudi, kunci kontak, head unit sama persis baik itu Swift GL maupun Ertiga GL. Bedanya terletak pada pilihan warna dimana interior Swift lebih dominan dengna warna gelap, Ertiga memilih warn beige yang cerah. Berdasarkan warna interiornya, Swift lebih elegan ketimbang Ertiga.

Review Lengkap, Harga, dan Spesifikasi Mobil Suzuki Ertiga bisa dibaca disini!

Suzuki Swift 2016 vs. Suzuki Swift Bekas

Perbandingan terakhir terjadi dengan merk yang sama, yaitu antara sesama Swift tetapi berbeda tahun pembuatan. Disini kami menghadirkan perbandingan antara Swift 2016 dengan Swift versi lama yang telah mendahuluinya. Misalnya saja dari segi desain, dimana Swift 2016 nampak lebih fresh dan modern dengan bagian depan lebih runcing. Adapun versi lawas memiliki body yang sedikit lebih besar dengan desain bagian depan tak begitu garang. Pada sector konsumsi bahan bakar, juga terdapat perubahan yang mencolok dimana New Swift 2016 telah berkonsep eco friendly dengan konsumsi yang jauh lebih irit dari versi lawas.Jika versi 2016 dibanderol sekitar 200 jutaan rupiah ke atas versi lawas dari Swift harga banderolnya masih di bawah 200 jutaan rupiah.

Harga Suzuki Swift

*Catatan: Harga dalam artikel ini berlaku saat waktu publikasinya, dan dapat berubah sewaktu-waktu.

Harga Suzuki Swift Baru

Dengan melihat spesifikasinya secara keseluruhan dan perbandingannya dengan para rival, lalu berapa sih harga mobil Suzuki Swift? Untuk poin yang satu ini nominal harga yang dijatuhkan bervariasi mengingat tipenya juga beragam. Untuk banderol termurah, yaitu pada New Swift GX 14 dengan transmisi manual, harga banderolnya di Rp 201 jutaan. Kemudian untuk New Swift GX 1.4 dengan transmisi otomatis banderolnya memang sedikit lebih tinggi, yaitu Rp 210 jutaan. Sementara itu, Suzuki Swift tipe berikutnya yaitu tipe GS bertransmisi manual dibanderol seharga Rp 215,9 jutaan dan Rp 225 jutaan untuk yang bertransmisi otomatis.

Ingin mendapatkan penawaran harga mobil Suzuki Swift terbaik di Jakarta? Klik disini untuk berbicara dengan konsultan berpengalaman MobilKamu.com

Berdasarkan catatan yang kami miliki, varian yang paling laku keras adalah varian GS dimana varian GS ini merupakan generasi terbaru keluarga Swift. Adapun varian paling mahal dari Suzuki Swift jatuh pada tip Sportnya karena memang tipe yang satu ini mengusung desain yang paling agresif dan paling sporty. Untuk Suzuki Swift Sport yang manual banderol yang ditetapkan sebesar Rp 323,5 jutaan dan untuk yang otomatis harganya menyentuh Rp 338,9 jutaan.

Melihat betapa tingginya banderol satu unit New Swift (karena memang termahal di kelasnya), tak ada salahnya jika harapan itu anda gantungkan pada diskon yang ditawarkan. Mengingat harga diskon yang ditawarkan oleh showroom-showroom baru dapat naik-turun secara drastic tiap harinya, rasanya mustahil mendapatkan harga terbak tanpa memiliki koneksi dengan seluruh showroom di Jakarta. Untungnya, MobilKamu telah menjalin kerjasama dengan semua showroom di penjuru Ibukota untuk membantu para pembeli menemukan harga terbaik untuk Suzuki Swift kapanpun sepanjang tahun.

Spesifikasi Suzuki Swift

Secara keseluruhan, spesifikasi bagian per bagian pada Suzuki Swift antara lain:

Exterior

  • Tampilan eksterior stylish dan sporty
  • Headlamp reflector yang runcing untuk mempercantik fascianya
  • Fog lamp dengan bingkai stylish
  • Kombinasi fender dan tampilan siluet body yang tegas

Interior

  • Kabin elegan dan mewah
  • Dashboard minim cluster
  • Instrument lengkap pada dashboard
  • Kursi penumpang lebih ergonomis dan berkualitas tinggi

 

Mesin

  • Pilihan mesin berdasarkan varian
  • Silinder mesin yang besar
  • Torsi dan tenaga maksimum yang tangguh
  • Teknologi irit BBM pada mesin

Safety

  • Kualitas keamanan bintang 5 European New Car Assesment Programme
  • 6 buah airbag
  • Material pelunak kontak fisik
  • Fitur pengereman ESP dan ABS+EBD