Suzuki Karimun

review-suzuki-karimun

LCGC andalan Suzuki, Karimun Wagon R sebagai pesaing Agya dan Ayla hadir menyerupai city car Karimun Mk1. Dari segi gaya kesamaan Wagon R dan Mk1 yakni bentuknya yang kotak, tapi secara proposional Wagon R kalah dari Mk1 karena lebih berhidung besar jadi dalam posisi tertentu terlihat aneh. Sedangkan dari segi dimensi, Mk1 lebih lebar dari pada Wagon R yang masih satu produksi dengan Estilo.

Interior Wagon R dan Mk1 hampir mirip hanya Wagon R lebih moderen ditambah mungkin ukurannya berbeda. Wagon R dilengkapi fitur double DIN, immobilizer, keyless entry, dan power window. Tapi untuk kabin, Mk1 lebih lebar 200mm dibanding Wagon R sehingga akses masuk dan tempat penyimpanan terasa baik.

Mesin yang digunakan Mk1 adalah F10A, mesin dari tahun 80-an sampai sekarang oleh Jimny, Katana, Carry 1.0, dan Mk1 sendiri. Meski begitu, banyak orang mengakui mesin ini hemat serta sparepartnya melimpah dan murah. Namun mesin pengembangan F10A yakni K10B dengan 3 silinder DOHC injeksi juga tidak kalah hebat, meski torsinya sama tapi tenaga yang dihasilkan memiliki selisih 12hp. Tapi ketersediaan sparepart tergantung dengan jumlah penjualan Wagon R.

Harga Wagon R untuk tipe GA Rp 77 jutaan, GL Rp 89 jutaan, dan GX Rp 99 jutaan. Sedangkan Karimun Second tahun 2000-2006 Rp 50 jutaan sampai Rp 75 jutaan. Lalu, kesimpulannya Mk1 cocok untuk Anda yang ingin harga jual tetap bertahan dan mesin bandel tapi kalau Anda ingin mobil praktis, bertenaga, dan fitur moderen cocok memilih Wagon R.