Review Suzuki Carry 2021

Gambar 1. Suzuki All New Carry 2021

Suzuki Carry menjadi andalan Suzuki, Pasalnya ditengah pandemi covid-19 penjualan Suzuki carry ini berhasil mencapai penjualan tertinggi. Mobil niaga yang sudah ada sejak tahun 1983, memiliki keunggulan-keunggulan sehingga banyak dipilih oleh para pengusaha. Ingin tahu apasaja keunggulan juga kekurangan serta harga mobil niaga ini? yuk simak ulasan Suzuki Carry berikut!

Harga

Harga yang kami cantumkan merupakan harga Mobil Suzuki Carry Per April 2021 yang diambil melalui situs resmi Daihatsu dan diverifikasi oleh Mitra Dealer Mobilkamu. Sewaktu-waktu harga Suzuki Carry ini dapat berubah. Untuk info harga mobil Suzuki Carry selengkapnya, Anda dapat mengaksesnya di link berikut.  KLIK DISINI 

 

Model Variant  Transmisi Harga Area
Carry PU  FD M/T Rp152,500,000 Jakarta
Carry PU FD PS M/T Rp161,000,000 Jakarta
Carry PU WD M/T Rp153,500,000 Jakarta
Carry PU WD PS M/T Rp162,000,000 Jakarta

 

Interior

Gambar 1. Dashboard Suzuki Carry

 

Apabila dibandingkan dengan tipe terdahulunya, interior dari suzuki carry pick up 2019 . terdapat banyak yang berubah. Dasbornya didesain cukup unik dengan tiga kotak sejajar pada bagian supir hingga penumpang sampingnya. Dimana kotak pertama merupakan kotak speedometer ditambah layar kecil digital dibawahnya. Kemudian pada bagian tengah terdapat head unit single din yang membuat mobil ini tetap asyik dengan hiburan berupa lagu-lagu dari radio. Terakhir terdapat di bagian kiri yaitu pada bagian penumpang sebelah.

 

Suzuki carry generasi lama, hanya mampu menampung maksimal 2 orang saja. Dengan 2 sabuk pengaman untuk 2 orang tersebut. Namun pada generasi baru, terdapat 3 sabuk pengaman sehingga dapat menambah 1 penumpang lagi. Material yang digunakan pada joknya adalah menggunakan fabric tanpa adanya headrest. Hal ini membuat kurang nyaman pada mobil ini. Karena kepala supir maupun penumpang akan langsung menyentuh besi yang merupakan bodi suzuki carry

Eksterior

Eksterior Depan

Pick Up yang memiliki julukan Raja Pick Up ini melakukan perubahan total pada eksteriornya. Bagian depannya didesain sehingga terlihat semakin modern dan tangguh. Warna grill dan bumper di buat senada menjadikan kesan mobil ini menjadi tangguh. Dengan menggunakan material plastik sehingga mudah untuk diwarnai. Biasanya warna dan material ini digunakan untuk mobil SUV maupu off-road. 

Kemudian ditinjau dari lampu utamanya, yang dibuat besar dan juga sejajar dengan grill. Ini juga membuat kesan mobil yang semakin lebar. Tetap dengan antena radio yang dapat ditarik membuatnya tetap terkesan jadul namun menjadi ciri khas mobil niaga.

Eksterior Samping

Jika melihat dari samping, platform baru menjadi sorotan pada mobil ini. Terutama dimensinya yang berubah total terlihat dengan jelas. Sedangkan pada generasi sebelumnya, Suzuki carry memiliki lebar 1.560 dengan panjang 3.720 dan tinggi 1.825 mm. Sedangkan pada generasi yang baru, lebarnya berubah menjadi 1.675, panjang 4.195, serta tingginya 1.870 mm.

Pada jarak poros atau wheelbase-nya pun meningkat dari 19.70 jadi 2.205 mm. Hal ini menjadi keunggulan tersendiri bagi mobil ini. Dimana mobil yang merupakan mobil niaga dapat menampung muatan semakin banyak. 

Eksterior Belakang

Beralih ke belakang, Mobil niaga ini terlihat sangat simple. Dengan motif timbulnya pada pintu belakang yang merupakan akses dari keluar masuknya barang. Karena pada generasi baru menggunakan platform yang juga baru, sehingga muatannya pun semakin meningkat. Bahkan diklaim bahwa mobil bak ini dapat menampung hingga 1 ton barang.

Fitur

Fitur berkendara

Karena mengutamakan fungsinya, yaitu sebagai mobil niaga. Suzuki Carry di buat se simple mungkin jika dilihat dari fiturnya. Mobil ini tidak memiliki fitur canggih seperti yang dimiliki oleh mobil penumpang.  Namun pada fitur kemudi sudah menggunakan power steering sehingga pengemudi dapat lebih nyaman ketika akan berbelok, bahkan memiliki radius putar hingga 4,4 meter. Letak tuas persnelingnya juga tidak lagi berada di bangku, melainkan di dasbor. Sehingga semakin memudahkan pengemudi dalam memindahkan gigi. Sliding seat juga menjadi fitur baru yang mempermudah pengemudi untuk mengubah posisi duduk nyamannya.

Fitur Keselamatan dan Hiburan

Keselamatan tentunya menjadi hal utama dalam berkendara.Pada Suzuki Carry terdapat fitur immobilizer yang fungsinya adalah menjaga keamanan mobil. Selain itu fitur ini menjadi salah satu keunggulan suzuki carry, dimana menjadi pick up pertama yang memiliki fitur ini.

Selain itu pada suzuki carry terbaru, terdapat pilihan AC atau non AC. Sehingga pengemudi dapat lebih nyaman dalam melakukan pekerjaannya. Untuk penyimpanannya pun lebih banyak, dimana tipe yang AC memiliki 6 ruang penyimpanan. Sedangkan terdapat 10 ruang penyimpanan pada tipe carry yang non-AC.

Spesifikasi

Spesifikasi Mesin Carry Pick Up 2021

Mesin 1.462 cc
Transmisi Manual 5-Speed
Bahan Bakar Bensin
Fitur Mobil immobilizer.

-Pilihan AC/non AC

Konsumsi Bahan Bakar

Luar Kota  1:12
Dalam Kota  1:9

 

Kamu harus membeli Suzuki Carry karena..

-Memiliki kabin yang luas, Kabin yang luas dapat menampung barang bawaan yang cukup banyak sehingga cocok untuk kamu yang perlu mobil niaga.

– Jika kamu butuh banyak karyawan untuk operasional pengiriman, salah satu keunggulan mobil ini adalah memiliki 2 bangku penumpang. Dengan begitu, mobil ini dapat membawa 3 orang yaitu seorang pengemudi dan 2 penumpang yang dapat membantu jalannya pekerjaan.

-Irit bahan bakar, Ketika membutuhkan penghematan dalam usaha kamu, Mobil niaga ini dapat membantu menghemat biaya pengeluaran. karena pengeluaran bahan bakarnya yang irit sehingga pengeluaran untuk bensin pun akan lebih rendah.

-Biaya service murah, Selain dapat menekan biaya di bahan bakarnya yang terbilang irit. Jika ada kerusakan dan mengharuskan untuk service, Suzuki carry ini memiliki biaya service yang murah juga. Untuk service berkalanya menghabiskan biaya sekitar 6,4 Juta apabila sudah mencapai 100.000 KM. Harga tersebut terbilang murah dibanding dengan pesaingnya.

Sebaiknya kamu tidak membeli Suzuki Carry karena..

-Jika kamu membutuhkan mobil untuk keluarga atau penumpang sangat tidak disarankan membeli mobil ini. Karena hanya ada 2 bangku penumpang dan 1 bangku pengemudi serta lebih luas kabinnya yang fungsinya untuk menyimpan barang.

-Joknya terlalu tipis, Tidak disarankan untuk kamu yang mencari mobil yang mengutamakan kenyamanan. Karena jok nya tipis dan kurang nyaman terutama untuk perjalanan jarak jauh.

-Fitur keamanan kurang memadai, Begitu juga untuk kamu yang mengutamakan fitur keamanan. Karena mobil ini diperuntukan sebagai pengangkut barang, sehingga fitur keamanannya pun  sangat minim dan lebih mementingkan kecukupannya dalam membawa barang.

 

Keunggulan dan Kekurangan Suzuki Carry

Keunggulan

Harga Jual Kembali Stabil

Mobil Pick Up ini memang terkenal dengan harganya yang terjangkau. Selain itu,  harga jualnya pun stabil. Dilansir dari kompas.com, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengklaim bahwa penjualannya di Oktober 2020 kembali stabil terutama didukung oleh penjualan suzuki carry yang cukup laku. Karena mobil ini merupakan mobil niaga yang menempati penjualan tertinggi pada brand suzuki dan banyak diminati. Selain itu ketika orang akan membeli mobil ini juga akan mempertimbangkan kebutuhan dalam membeli,  bukan musiman atau sekedar hobi dan iseng. Sehingga harga jual mobil ini relatif stabil atau tidak akan terlalu turun. 

Biaya Service Murah

Tidak hanya harga beli yang terjangkau serta harga jual yang stabil saja. Biaya service suzuki carry cukup terjangkau.  Estimasi untuk service berkalanya menghabiskan biaya sekitar 6,4 Juta apabila sudah mencapai 100.000 KM, harga tersebut lebih murah apabila dibandingkan dengan pickup lainnya. Sehingga tidak perlu khawatir ketika ada masalah. Mencari tempat servicenya pun mudah, yaitu kamu dapat melakukan service di bengkel resmi suzuki dan bengkel umum terdekat.

Mesin Bandel

Memiliki mesin yang bandel jadi keunggulan juga bagi si raja pick up ini. Dimana mesinnya bandel dan tidak rewel serta  tahan banting jika dibandingkan dengan saingannnya. Dengan Mesin K15B-C dan DOHC 16 Valve yang berkapasitas 1.500 cc ini dapat menghasilkan tenaga 97 ps @ 5.600 rpm dan torsi hingga 135 Nm @4.400 rpm. Kemampuan mesin ini lebih baik dibanding mesin G15A versi lama yang hanya memproduksi tenaga  sebesar 78,8 ps @ 5.500 rpm dan torsi 120 Nm @ 3.000 rpm.  Biasanya hal ini juga yang membuat orang memilih mobil ini terutama untuk dijadikan mobil bagi usahanya.

Irit Bahan Bakar hingga 15 %

Konsumsi bahan bakar yang sangat irit menjadi keunggulannya juga. Suzuki Carry dapat dibilang merupakan pick up yang paling irit dalam penggunaan bahan bakarnya loh!  Dengan menggunakan mesin terbaru K15B membuat konsumsi bahan bakar lebih irit sekitar 15% dibandingkan mesin 1,5 liter yang sebelumnya dipakai. Sehingga lebih hemat dan juga efektif, dengan ini dapat menekan biaya operasional mobil.

Kabin Cukup Luas

Diciptakan sebagai mobil angkut barang, mobil ini cukup nyaman untuk pengemudinya dalam berkendara. Ruang kabin yang cukup luas, sehingga dapat mengangkut 3 penumpang. Yaitu pengemudi beserta dua penumpang lainnya. Untuk daya angkutnya pun cukup besar untuk sebuah mobil pick up. Dimana baknya memiliki tinggi 1.5 m, panjang 2.3 m dan juga lebar sebesar 1.3 m.

Kualitas Pencahayaan Bagus

Untuk mobil yang akan digunakan 24 Jam, Mobil ini sangat didukung dengan pencahayaan yang baik. Dimana mobil ini memiliki lampu sorot  yang terdapat pada mobil ini cukup terang, sehingga pengemudi tidak perlu khawatir ketika mengemudi di malam hari. Kaca depan yang lebar juga membuat banyak cahaya yang masuk dan membuat pengemudi dapat melihat dengan jelas apa yang ada di depan.

Kekurangan

Bentuk Depan Kurang Safety

Tidak hanya keunggulan, namun mobil ini juga memiliki kekurangan. Bentuknya yang kurang mancung, menjadi salah satu kekurangan yang sering dikeluhkan oleh banyak orang. Sehingga apabila terjadi kecelakaan menjadi cukup rawan bagi pengemudi karena akan langsung terkena.

Suspensi Belakang Kurang Empuk

Suspensi belakang suzuki carry yang kurang empuk menjadi kekurangan dari suzuki carry ini juga. Namun hal ini sengaja dibuat oleh Suzuki agar apabila terkena beban suspensi akan mengendur dengan sendirinya dan kinerjanya akan lebih empuk serta elastis.

Kurang Stabil

Kekurangan yang terakhir adalah kurang stabilnya laju mobil saat kecepatan tinggi. Dimana apabila pada tekanan tinggi, mobil ini akan sedikit bergoyang. Sehingga diperlukan ketepatan pengemudinya juga harus pintar menyesuaikan kecepatan dengan kondisi jalanan.

Perbandingan Dengan Pesaing

Suzuki Carry VS DFSK Super Cab

 

Suzuki Carry Spesifikasi DFSK Super Cab
K15B-C dan DOHC 16 Valve /Bensin/ 1.500 cc Mesin / Bahan Bakar/Kapasitas DK15/Diesel/1.500 cc
97 PS Tenaga 75 PS (Diesel) 120 PS()
135 Nm Torsi 140 Nm
Ventilated disc (depan), Drum, Leading & Trailing (belakang) Sistem Pengereman depan/belakang Ventilated Disc / Drum Brake
Rp152,500,000 Harga  Rp158,000,000

Mesin

Mesin anyar dengan kode K15B-C 1.462 cc, mesin suzuki carry ini mampu menyeduh daya 97 PS/5.600 rpm dan torsi 135 Nm/4.400 rpm. Bahkan menurut informasi, imbuhan kode C berarti Commercial. Mesin ini digabungkan dengan transmisi 5 speed manual.

Sedangkan DFSK, memiliki mesin 1.500 cc dengan kode DK15 yang mampu menghasilkan daya 102 PS serta torsi 140 Nm/3.200 rpm. Pada super Cab bermesin diesel  SFD 1.300 cc dengan daya 75 PS dan torsi 190 Nm/1.750 rpm. Dikolaborasikan dengan girboks dengan 5 speed manual.

Dimensi

Sementara Suzuki Carry unggul jika dibandingkan dengan Daihatsu gran max. Karena bagian bak-nya yang memiliki dimensi yang lebih luas. Sehingga dapat mengangkut lebih banyak barang.

Sedangkan pada DFSK super cab, Suzuki kalah pada bagian bensinnya. Suzuki memang unggul  pada bagian ukuran bak, jika dibandingkan dengan DFSK yang hanya memiliki satu pilihan pada bak-nya. Yaitu three way sedangkan suzuki memiliki flat deck dan three way.

Fitur 

Dilihat dari Layout dashboard, Mobil DFSK ini desainnya membulat. Dengan bahan plastik utama sama seperti mobil niaga pada umumnya. Namun, mobil ini tidak memiliki cup holder sehingga tidak ada tempat khusus untuk menyimpan minuman. Meskipun begitu, mobil ini memiliki head unit yang dapat menyimpan barang banyak di kabin.

Sedangkan pada suzuki carry, memiliki keunggulan pada kabinnya, Yaitu memiliki 6 tempat penyimpanan yang sudah termasuk cup holder. Juga terdapat kemudi yang menggunakan 2-spoke.

Masih pada kabinnya, mobil DFSK super cab ini memiliki kabin yang luas. Hal ini juga menjadi keunggulan dari mobil ini. Bangkunya juga dapat dengan mudah diatur. Busa joknya juga lebih tebal jika dibandingkan dengan lawannya.

Suzuki carry kali ini tidak hanya menyediakan tempat duduk untuk 2 orang. Kali ini menambah 1 bangku untuk 1 penumpang lagi. Joknya memang lebih tipis dibandingkan dengan pesaingnya yaitu DFSK Super Cab. Namun Suzuki Carry ini juga memiliki kursi yang dapat diatur.

Kekurangan dari DFSK Super Cab adalah hannel spakbor rodanya yang cukup mengganggu. Dimana hal tersebut seringkali mengganggu pengemudi. Terutama pada pengemudi yang memiliki kaki yang besar.

Berbanding terbalik, Suzuki Carry memiliki ruang kaki yang cukup luas.Sehingga memberikan kenyamanan bagi pengemudi. Bahkan Suzuki menjamin akan tetap nyaman untuk yang memiliki postur tubuh hingga 175 cm.

Suzuki Carry VS Daihatsu Gran Max Pick Up

 

Suzuki Carry Spesifikasi Gran Max Pick Up
K15B-C dan DOHC 16 Valve /Bensin/ 1.500 cc Mesin / Bahan Bakar/Kapasitas 1.300 cc
97 PS Tenaga 97 PS
135 Nm Torsi 134,3 Nm
Ventilated disc (depan), Drum, Leading & Trailing (belakang) Sistem Pengereman depan/belakang Ventilated Disc / Drum Brake
Rp152,500,000 Harga  Rp144,400,000

 

Sebagai pengganti model sebelumnya, new carry menawarkan banyak hal baru. Yaitu dari penggunaan mesin baru yang di atas kertas menjadi mesin terkuat pada segmennya. Berbeda tipis dengan kinerja mesin milik Daihatsu Gran Max Pick-up telah menjadi penguasa pasar saat ini.

Mesin

Menggunakan mesin K15B-C 1.462 cc dengan muntahan 97 PS/5.600 rpm dan torsi 135 Nm/4.400 rpm yang dimiliki Suzuki New Carry. Sedangkan Gran Max dengan angka tipis 97 PS/6.000 rpm dan torsi 134,3 Nm/4.400 rpm. Mempunyai selisih yang cukup tipis, di mana New Carry mampu mencapai puncak tenaganya pada putaran mesin lebih rendah. Sehingga mobil ini lebih baik saat melakukan stop and go. Keunggulan lainnya dari Gran Max yaitu hadirnya pilihan mesin 1.300 cc yang lebih hemat dalam hal pajak. Sedangkan hal ini tidak dimiliki oleh saingan lainnya.

Dimensi

Melihat dimensinya, Adanya peningkatan yang signifikan jika dibandingkan dengan mega carry. Panjangnya sama dengan Suzuki carry namun jika dibandingkan dengan tinggi dan lebarnya, Suzuki carry lebih unggul.

Suzuki Carry menawarkan dua pilihan cargo yakni Flat Deck dan Wide Deck. Sedangkan pada Daihatsu Gran Max yang punya pilihan bak Standard dan Three Way.

Fitur

Sedangkan keduanya memiliki fitur yang sama, yaitu power steering dan juga AC.

Namun pada Daihatsu Gran Max hanya menawarkan varian bak standar saja. Sedangkan pada Carry ditawarkan pada varian bak flat deck maupun wide deck.

Suzuki Carry VS Mitsubishi T120SS

 

Suzuki Carry Spesifikasi Mitsubishi T120SS
K15B-C dan DOHC 16 Valve /Bensin/ 1.500 cc Mesin / Bahan Bakar/Kapasitas orion 4G17 SOHC 12 valve  /Bensin/ 1343 cc
97 PS Tenaga 86 Ps
135 Nm Torsi 120 Nm
Ventilated disc (depan), Drum, Leading & Trailing (belakang) Sistem Pengereman depan/belakang Ventilated Disc / Drum Brake
Rp152,500,000 Harga  Rp112,500,000

 

Mitsubishi Colt T120SS Diproduksi sejak tahun 1997, Sejak awal sampai sekarang total Colt T120SS sudah diproduksi hingga 324.960 unit. Menggunakan platform yang sama dengan Suzuki Carry pick up, Mitsubishi Colt T120SS ini memilih untuk memberikan sedikit sentuhan yang berbeda pada eksterior, interior, dan mesin.

Mesin

Dibekali dengan mesin G15A dengan kapasitas 1493 cc 4 Silinder dimiliki oleh Suzuki Carry. Mesin ini dapat mengeluarkan tenaga sekuat 78.8 ps pada 5.500 rpm dan torsi puncak 78.8 ps pada 5.500 rpm. Sedangkan pada mesin Mitsubishi Colt T120SS menggunakan mesin orion 4G17 SOHC 12 valve dengan kapasitas 1343 cc. Yang mampu mengeluarkan  daya sebesar 86 ps pada 5.750 rpm dan torsi 120 Nm pada 3.750 rpm. 

Dimensi

Untuk dimensi antara bak Suzuki Carry Pick-Up 1.5i dan Mitsubishi Colt T120 SS sebagai berikut komparasinya:

  • Panjang bak Carry 1.5i Pick-Up 2.350 mm, Lebar 1.650 mm, dan tinggi 370 mm
  • Panjang bak Colt T 120 SS 2.200 mm,Lebar 1.480 mm, dan tinggi 300 mm

Suzuki Carry Pick-Up 1.5i dengan Mitsubishi T120SS Pick Up memiliki perbedaan yaitu : Ukuran dimensi bak Carry Pick Up  1.5i dibanding Mitsubishi Colt T 120 SS yang menunjukkan lebih panjang, lebih lebar, dan lebih tinggi sehingga mampu mengangkut barang lebih banyak karena volumenya lebih besar .

Sumber: otovarian.com, cintamobil.com, oto.com , otodriver.com, carmudi.co.id, suzukibandung.com