Suzuki Carry

review-suzuki-carry

 

Suzuki Carry diperkenalkan oleh Suzuki sejak tahun 1961, truk berukuran kecil ini telah lahir dari setengah abad yang lalu. Pada waktu diluncurkan, Suzuki Carry dikenal dan disebut sebagai Suzulight FB. Dirancang dengan bonnet pendek dan mesin yang diletakan dibawah kursi depan. Tata letak seperti ini disebut sebagai semi-cabover.

Suzuki Carry mulai popular dari tahun 1990, pada saat itu, masyarakat Indonesia menyebut nya dengan Carry 1.0. Suzuki meliris 2 model untuk Carry, yaitu Carry Real Van dan Carry Pick Up, keduanya memiliki model yang sama, tetapi untuk Carry Real Van difokuskan untuk mengangkut penumpang, dan Pick-up ditujukan untuk mengangkut barang dengan model bak terbuka. Suzuki tidak melakukan facelift pada model ini, dikarenakan masyarakat sudah jatuh cinta kepada model Carry. Perubahan yang mencolok dilakukan Suzuki pada tahun 2012 dengan merilis Suzuki Carry Futura.

Carry Futura memiliki mesin 1500cc yang lebih bertenaga dibanding model lawasnya, Carry 1.0. mesin yang digendong Carry Futura telah dilengkapi teknologi 4silinder MPI 16V, mampu menghasilkan daya 78,8 pada putaran 5500rpm dengan torsi 122Nm pada 3000rpm. Mesin nya bertenaga dan irit. Suzuki mengklaim model baru ini lebih irit daripada model lawasnya. Dan seperti yang masyarakat Indonesia telah ketahui, Suzuki Carry dikenal oleh irit, bandel, dan tangguh.

Carry Futura memiliki 2 tipe, tipe GX dan DX, Tipe DX hanya diberi fitur High mount brake lamp, rear foot step, dan Central Door Lock, sedangkan tipe GX adalah tipe tertinggi yang dimiliki Carry, dilengkapi dengan side body moulding, AC, Radio Tape. Suspensi yang ditawarkan Carry juga terbilang empuk untuk kelasnya, tetapi jika penumpang hanya 2 orang, terasa keras dikarenakan mobil ini bertujuan untuk mengangkut orang, sehingga jika diisi penuh 9 orang, maka suspensi nya akan terasa empuk.

Sedangkan Carry Pickup memiliki 2 varian, tipe Flat Deck dan Mega Cargo, sama sama menggendong mesin yang sama dengan Carry Realvan, dek bak nya memiliki volume yang sangat besar, 977cm3, dan memiliki bak yang bisa dibuka dari samping, dan belakang yang disebut dengan Mega cargo. Tipe Mega Cargo memiliki ukuran volume bak sebesar 1435cm3. Ground clearance mobil ini cukup tinggi, 180mm sehingga tangguh untuk melewati jalan rusak maupun banjir. Dengan torsi sebesar 120Nm di putaran mesin 3000rpm, Carry Pickup sangat tangguh untuk membawa bawaan barang dalam kondisi penuh.