Suzuki APV

review-suzuki-apv

Suzuki APV pertama kali diluncurkan tahun 2005 dengan harga $18,990 dengan tambahan biaya on-road, APV di Indonesia adalah mobil van termurah. APV berukuran panjang 4.15m, tinggi 1.86m, dan lebar 1.65m menawarkan kapasitas ruang 3.4m kubik. Beratnya 1140kg dan Gross Vehicle Mass (GVM) 1950kg jadi bisa memuat barang 600kg dan dua penumpang berbadan besar.

Ciri mobil ini yakni jendela besar yang dapat disesuaikan secara manual, posisi kemudi tinggi melalui tempat duduk diatas mesin, dan kelas terkecil 9.8m membuat APV mudah dikendalikan dalam kota. Untuk kabin didesain dengan vinyl tipis visor matahari, pelapis PVC, dan karpet tipis terasa murah tapi yang kita ketahui dari APV lama juga seperti itu.

Standar ciri yang lain adalah audio Clarion dengan tampilan input USB /Aux dan Bluetooth phone serta streaming media yang bekerja dengan baik melalui dua speaker, AC, dan tombol kunci pusat. Ruang kabin pendek tanpa pintu geser tapi panel pintu vinyl dan konsol tengah.

Untuk bodi menggunakan layout suspensi depan MacPherson dengan rigid axle dan pegas daun. Disamping roda belakang adalah rem drum kecil dan sayangnya Suzuki tidak melengkapi APV dengan Electronic Stability Control (ESC) yang menjadi kewajiban pada model baru LCV dari 1 November 2015. Terdapat juga ABS dan airbag ganda pada tempat duduk depan.

APV menggunakan mesin bensin 1600cc dengan 68kW pada 5750rpm dan 127Nm pada torsi 4500rpm, output kecil tapi penurut pada kecepatan rendah. Suzuki mengklaim 8.2 liter untuk100km tapi kenyataannya percobaan dalam kota 10.6 liter/100km. Transmisi manual 5 kecepatan dengan light kopling dan transmisi pendek ideal untuk pekerja kota ditambah light power hydraulic pada kemudi memberikan umpan balik yang bagus.