Nissan Grand Livina

nissan-grand-livina

 

Nissan Grand Livina adalah salah satu yang terbaik dari segmen low MPV sekaligus yang termahal di kelasnya dengan rentang harga Grand Livina 1,5 SV MT seharga Rp 179 juta sampai Grand Livina X-Gear 1,8 AT yang dibanderol Rp 260,5 juta.

Sekilas tak ada perubahan signifikan dari pendahulunya. Tetapi sebetulnya banyak komponen eksterior Grand Livina yang diganti. Pada bagian muka terpoles menawan dengan grille depan bernuansa krom, bemper depan yang terlihat lebih agresif, lampu utama yang menyamping, serta kap mesinnya yang lebih menukik. Juga kaca belakang lebih besar, bemper belakang baru, dan lampu rem yang menyambung hingga ke pintu bagasi. Perubahan di bagian samping hanya terlihat pada rumah lampu spion dan velg 15 inchi.

All-new Grand Livina masih berdiri di atas struktur yang sama dengan model pendahulunya sejak tahun 2007. Walau begitu, Grand Livina masih tetap memiliki daya tariknya sendiri. Terbukti meskipun beberapa tahun belakangan ini Nissan merilis mobil-mobil baru, namun Grand Livina tetap menjadi bobot penjualan terbesar Nissan di Indonesia.

Tertarik dengan mobil keren ini? Pesan di » mobilkamu.com sekarang juga!

nissan-grand-livina-interior

 

Dari sisi interior, Grand Livina masih mengusung desain yang sama dengan model lamanya. Perbedaannya terlihat dari warna dashboard yang kini bertema two-tone. Perubahan lainnya yang mencolok adalah desain setir yang sama dengan milik Nissan Murano hanya saja pada Grand Livina belum dilengkapi kontrol audio. Pada cluster meter kini sudah dilengkapi dengan layar informasi digital yang salah satunya menampilkan catatan konsumsi bahan bakar, serta informasi lainnya.

Tipe tertinggi Grand Livina, Highway Star sudah memakai jok kulit. Seluruh Grand Livina tipe X-Gear dilengkapi dengan sistem multimedia 2-DIN layar sentuh berukuran 6 inchi. Namun, Grand Livina tipe SV dan XV masih menggunakan audio single DIN. Audionya menyemburkan suara dari DVD ditampilkan oleh monitor bagian tengah atap.

Baca juga artikel lainnya:

Grand Livina adalah mobil dengan dimensi dan ground clearance yang paling rendah di kelasnya. Maka dari itu, jika mereka menanamkan AC double blower di atap, tentunya atapnya harus diposisikan lebih tinggi. Hal ini dapat mengganggu efisiensi bahan bakarnya karena nilai hambatan angin berkurang.

Fisiknya yang rendah menimbulkan baik dan buruk. Sisi baiknya, memudahkan keluar masuk barang ke dalam bagasi. Selain itu, posisi berkendaranya beserta dashboard yang juga rendah, membuat jarak pandang lebih luas dan baik. Sisi buruknya, berhati - hati lah saat keluar masuk kabin. Tak jarang kepala tersentak pillar karena belum terbiasa akan rendahnya Grand Livina ini.

Tertarik dengan mobil keren ini? Pesan di » mobilkamu.com sekarang juga!

nissan-grand-livina-mesin

 

Mesin yang digunakan oleh All New Grand Livina adalah mesin HR15DE yang telah disempurnakan dengan dual injector dan twin VTC untuk saluran 'intake' dan 'exhaust'. Tenaga dan torsi puncaknya pada 109 hp / 5.600 rpm dan 146 Nm / 4.000 rpm, namun efisiensi bahan bakarnya bisa ditekan sebanyak 4%. Pada saat kami pengujian efisiensi bahan bakar mengelilingi sirkuit Sentul, dalam kecepatan konstan 60-80 kpj, Grand Livina menampilkan angka fenomenal yakni 20 kpl. Tetapi pada pengujian nyata selama tiga hari di keramaian kota Denpasar, catatan konsumsi bahan bakarnya tidak jauh dari kisaran 10-15 kpl.

Efisiensi bahan bakar ini juga didukung oleh transmisi baru CVT 4 kecepatan yang menyumbang cukup banyak sebesar 13%. Hal ini dikarenakan ketiadaan energi yang terbuang pada setiap pergantian gigi. Selain transmisi CVT, Grand Livina juga ditawarkan dalam transmisi manual 5 kecepatan.

Untuk Grand Livina tipe X-Gear, tidak lebih pendek dari Grand Livina pendahulunya . Tetapi X-Gear mendapatkan perubahan tampilan  agar terlihat lebih cocok untuk berpetualang seperti pada bagian bemper depan, grille depan, bemper belakang, dan side skirt berwarna hitam, serta tambahan roof rail yang dapat menahan beban hingga 100 kg.

Grand Livina X-Gear juga ditawarkan varian mesin 1,8 liter yang dipadukan dengan transmisi manual 6 kecepatan ataupun otomatis 4 kecepatan. Mesin ini mampu menyemburkan tenaga sebesar 126 hp / 5.200 rpm sehingga lebih dapat diandalkan untuk digunakan berpergian ke luar kota.

Penambahan peranti keselamatan dan kenyamanan pun telah dilakukan oleh Nissan. Tipe tertinggi Grand Livina (Highway Star) kini telah dilengkapi dengan dual SRS Airbag. Seluruh tipe kecuali tipe SV sudah didukung rem ABS, EBD, dan BA, sabuk pengaman pretensioner, dan sensor parkir. Untuk varian X-Gear 1,8 AT sudah dilengkapi dengan kamera parkir.

Kesimpulannya, masih ada beberapa kekurangan yang harus segera diperbaiki, seperti kurangnya ruang penyimpanan, dan lampu penerangan di dalam kabin, namun menyampingkan kekurangan - kekurangan kecil tersebut, mobil ini tetap lah mobil keluarga yang ideal.

Sumber : Auto Car Indonesia

Tertarik dengan mobil keren ini? Pesan di » mobilkamu.com sekarang juga!