Nissan Livina Harga, Ulasan dan Spesifikasi

nissan-grand-livina

Potensial menjadi MPV Termewah, terbaik, dan ternyaman di kelasnya. Bagaimana sih review Nissan Grand Livina? Ayo liat tips, ulasan, dan harganya di Mobilkamu sekarang!

Harga 

Model Transmisi Warna VIN Harga Jakarta
Livina VE A/T Hitam/Grey/Silver 2019 Rp260,400,000
Livina VL A/T Hitam/Grey/Silver 2019 Rp273,100,000
Livina VE A/T Putih 2019 Rp261,900,000
Livina VE A/T Hitam/Grey/Silver 2020 Rp263,400,000
Livina VL A/T Hitam/Grey/Silver 2020 Rp276,050,000
Livina VE A/T Putih 2020 Rp264,900,000
Livina VL A/T Putih 2020 Rp277,550,000

Harga yang kami cantumkan merupakan harga Mobil Per Januari 2021 yang diambil melalui situsresmi Nissan dan diverifikasi oleh Mitra Dealer Mobilkamu. Tetapi harga dapat sewaktu-waktu berubah. Untuk info harga mobil Nissan grand Livina selengkapnya, Anda dapat mengaksesnya di link berikut.  KLIK DISINI 

nissan-grand-livina-interior

Interior

Sebagai MPV kategori kelas menengah, Nissan grand Livina menawarkan desain interior yang terbilang  sederhana. Dengan pemilihan warna gelap namun elegan dan kaya fitur sehingga menunjukkan kesan mewah tanpa harus menonjol. Mulai dari dashboard Nissan grand Livina mempertegas kesan elegannya dengan menggunakan material plastik berbalut kulit dengan aksen jahitan yang tidak membuat tampilan interior menjadi berlebihan, terkesan terlalu memaksakan terlihat mewah. Konsep ini terbawa hingga baris penumpang berikut dengan kursi yang penuh dengan aksen gelap yang dilapisi kulit di tipe tertingginya. Kesan nyaman dan humble terus dirasakan ketika kita duduk di kursinya yang berbau vinyl namun dapat mengakomodasi tubuh penumpang secara penuh.

Namun kesan welcoming didalamnya tidak terbawa secara penuh hingga baris ketiga karena terkendala ruang kaki yang terbatas. Hal ini sudah sepatutnya di wajarkan mengingat panjang kendaraan yang tidak lebih dari 4.5 meter, Meski memakai platform yang sama dengan Mitsubishi Xpander yang aslinya memiliki panjang 4.4 meter saja. Maka wajar Nissan grand Livina terbilang memiliki luas interior yang paling besar di kelasnya, berkat efisiensi pemanfaatan ruang yang maksimal.

Secara umum, interior Nissan grand Livina memiliki built quality yang cukup bagus untuk MPV di kelasnya. Walaupun harganya lebih murah dari Xpander, hal ini dapat dilihat dari pemilihan material plastik berbalut kulit di dashboard dan roda kemudi yang sudah dilapisi kulit.

Fitur

Meski bersaing di kelas MPV kategori kelas menengah, Nissan grand Livina menolak menyunat fitur mereka. Bagaimana tidak, dengan harga dibawah pesaingnya, Livina menggebrak pasar dengan fiturnya yang tidak berlebihan namun tetap fungsional. Seperti contohnya, adanya fitur hill assist control di tipe tertinggi

Nissan Livina juga merupakan sebuah MPV yang nyaman, hal ini berkat disematkannya suspensi belakang independen dengan sistem Multi-Link. Sistem ini merupakan yang tercanggih di kelas MPV di Indonesia dan tidak semua mobil MPV menggunakan suspensi independen secara penuh dengan sistem Multi-Link.

Menyentuh area dashboard, desain stylish dan dinamis berusaha disuguhkan Nissan. Mulai dari panel instrumen di belakang kemudi, Livina dibekali MID dengan indikator Eco. Pada kemudinya sendiri, Livina sudah dilengkapi fitur setir tilt dan teleskopik. Di sebelah kanannya juga telah disematkan tombol start/stop engine, serta tombol pengaturan spion.

Menunjang kenyamanan yang lebih lanjut, head unit All New Livina menggunakan layar sentuh berukuran 7 inci. Didalamnya, juga terdapat fitur koneksi ke ponsel pintar penumpang (Apple Car Play dan Android Auto). Kabin yang kini disebut lebih senyap juga tetap didukung enam buah speaker, AC manual, dan power outlet 12V di setiap barisnya

Eksterior

Untuk bagian Eksterior, Nissan tidak merubah banyak dari Eksterior Xpander, namun Nissan tetap membubuhkan design grill khas Nissan yang bergaya V-Motion Grille. Dengan bentuk moncong yang menyerupai huruf “v” ditambah lekukan-lekukan yang terletak di kap depan mobil sehingga menambah kesan aerodinamis dan futuristik jika dilihat dari depan dan samping. Dipadu dengan Dual LED Signature dengan DRL (Daytime Running Light) yang mencerminkan kendaraan yang kekinian dan modern tentunya. Selain itu, velg berukuran 16 inci ber-finishing two tone machining yang membuat ‘kaki-kaki’ menjadi lebih stylish.

Secara sosoknya, MPV terbaru dari Nissan ini sekilas seperti dirancang dengan konsep berkelas dan premium. Hadir dengan wajah baru yang lebih dinamis dan tampilan yang memesona kini hadir dengan fitur automatic retractable mirror kian menambah kesan upscale 

 

nissan-grand-livina-mesin

Spesifikasi

Mesin : 1499cc

Tenaga : 102 HP

Bahan Bakar : Bensin

Fitur Mobil – Parking Sensor

– Daytime Running Light

– ABS (Anti Lock Brake System

– Crash Sensor

– Airbag Depan

– Daytime Running Light

Konsumsi bahan bakar

Luar Kota : 16.5 KM\L

Dalam Kota : 11.5 KM\L

Kamu harus membeli Nissan Livina karena…

  • Dengan ruang interior yang lapang, membuat mobil ini cocok untuk keluarga muda dengan anak kecil. 
  • Konsumsi BBM yang terbilang Irit di kelasnya membuat Nissan Livina menjadi pilihan yang cocok untuk menerjang kemacetan kota, sangat pas buat kamu yang sehari-hari menggunakan mobil sebagai alat transportasi utama.
  • Tingkat kenyamanan yang cukup membuat kendaraan ini cocok dipakai sehari-hari dan perjalanan luar kota berkat sistem suspensi independent multi-link system.
  • Interior yang terbilang mewah karena dashboard, roda kemudi, dan jok yang dibalut kulit. Sangat cocok untuk kamu yang banyak menghabiskan waktu di dalam mobil, karena bahan kulit sintetis yang dipakai Nissan sangat nyaman jika dipakai bersentuhan langsung dengan kulit kamu serta relatif lebih mudah dibersihkan dibandingkan dengan bahan interior beludru.

Sebaiknya kamu tidak membeli Nissan Grand Livina karena…

  • Varian mesin yang terbatas, hanya tersedia pilihan 1.500 cc DOHC, sangat tidak disarankan untuk kamu yang mencari mobil berperforma tinggi. Mesin mobil ini didesain untuk kenyamanan dengan tingkat efisiensi bahan bakar yang tinggi di jalan raya.
  • Tidak disarankan untuk berkendara lebih dari 6 orang. Karena akomodasi kursi tengah baris kedua tidak menyediakan sandaran kepala sehingga akan berakibat fatal jika terjadi kecelakaan tabrakan dari belakang.
  • Walaupun memiliki ground clearance yang cukup baik yaitu sebesar 200 mm, kendaraan ini tidak disarankan untuk melewati trek offroad. Secara terus menerus karena Livina dibuat untuk kenyamanan berkendara di jalan raya dengan konfigurasi penggerak roda depan.

Keunggulan dan kekurangan Nissan Grand Livina

Keunggulan

  • Walaupun Livina merupakan rebadge dari mitsubishi Xpander, akan tetapi, Nissan tidak kehilangan jati dirinya dalam desain mobil ini. Pasalnya Nissan tetapi memberikan ciri khas mobilnya yaitu dengan membubuhkan Grille V-Motion yang membuat body mobil menjadi berkesan futuristik.
  • dengan harga yang bersaing, Livina sudah dilengkapi dengan Touch Screen Display with Apple Carplay & Android Auto.
  • Sudah dilengkapi fitur keselamatan standar seperti airbag, ABS, EBD, dan Traction Control ditambah fitur keselamatan tambahan seperti smart key dengan tombol start-stop. Fitur Hill Start Assist (HSA) dan Vehicle Dynamic Control (VDC). 
  • dapat menjadi pilihan yang ekonomis karena dengan fitur yang hampir sama dengan Xpander harga Livina lebih murah satu juta menurut oto.com
  • Dilengkapi dengan DRL (Daytime Running Light) menambah kesan futuristik dari Livina
  • Suspensi belakang menggunakan independent suspension dengan sistem multi-link untuk kenyamanan yang optimal

Kekurangan

  • Hanya terdapat 5 varian trim level dan tidak ada pilihan mesin lain
  • Belum tersedia fitur cruise control
  • Tidak ada ventilasi AC belakang di tipe terendah
  • Engine cover belum ada
  • Tidak ada slot DVD di di headunit

Perbandingan dengan pesaing

Nissan Livina  vs Mitsubishi Xpander

Serupa namun tak sama adalah ungkapan yang tepat untuk menggambarkan persaingan kedua MPV ini. Berasal dari satu platform chassis dan mesin yang sama membuat kedua mobil ini sulit dibedakan jika dipandang sekilas. Namun sebetulnya di balik itu, terdapat banyak perbedaan-perbedaan yang nampak. 

Interior 

Yang paling menonjol adalah kualitas interior. Meski desain sama, namun pemilihan bahan dari kedua manufaktur terdapat perbedaan. Dimulai dari dashboard, Xpander mengusung tema simple dengan pemilihan warna terang membuat interior terasa cerah. Akan tetapi pemilihan bahan dashboard berbahan dasar plastik guratan membuat interior Xpander terkesan murah. Jika dibandingkan dengan Livina yang menggunakan material plastik dibalut kulit yang menambah kesan mewah dipadukan dengan warna gelap. Serta dipadukan dengan aksen jahitan di sisi-sisi dashboard membuat interior Livina terlihat lebih mahal daripada aslinya.

Dari segi pasar, kedua manufaktur sama-sama baru terjun didunia MPV bergaya crossover, pasalnya beberapa tahun terakhir sebelum diluncurkannya Xpander. Mitsubishi hanya fokus menjual kendaraan niaga, SUV dan Hatchback kecil. Baru pada tahun 2017 Mitsubishi mulai merambah pasar MPV bergaya crossover dan bersaing langsung dengan Toyota. Dimana Toyota sudah lebih lama merogoh pasar MPV crossover. Kemudian keputusan Nissan untuk me-rebadge Xpander untuk dijadikan Livina dinilai sangat radikal. Karena sebelumnya Livina identik dengan Grand Livina berbadan pendek seperti sedan yang berasal dari platform hatchback sama seperti Honda Mobilio. Walaupun tetap di segmen yang sama yaitu MPV, namun pasar yang diraih jelas berbeda.

Fitur keselamatan

Dari segi fitur keselamatan, tidak ada yang bisa dibahas terlalu banyak, karena kedua mobil berasal dari platform yang sama. Maka keduanya memiliki fitur keselamatan standar seperti: Anti Lock Braking System, Kantong Udara Pengemudi, Airbag Penumpang Depan, Crash Sensor, Child Safety Locks, Pelindung Benturan Samping, dan Pelindung Benturan Depan

Eksterior

Dari sisi kelengkapan eksterior, Nissan Livina mempunyai nilai tambah, sebab Xpander masih melengkapi sistem pengeremannya dengan rem tromol di bagian belakang. Nammun Livina sudah menggunakan disc brake baik depan, maupun belakang. Sementara untuk kaca spion elektrik sudah menjadi standar di kedua manufaktur untuk tipe tertinggi.

Performa mesin

Sama halnya dengan fitur keselamatan, dari segi mesin, kedua mobil tidak dapat menonjokan hal yang berbeda karena keduanya berasal dari platform yang sama. Namun untuk pilihan tranmisi, Xpander bisa dibilang lebih unggul karena Xpander menawarkan 5 trim pilihan dengan opsi transmisi manual, sedangkan Livina hanya dapat menyediakan 2 trim pilihan degan opsi transmisi manual.

Spesifikasi

Mitsubishi Xpander (Ultimate) Spesifikasi Nissan Livina (VL)
4AG1/Bensin/1.5L Mesin / Bahan Bakar/Kapasitas 4AG1/Bensin/1.5L
103 hp Tenaga 102hp
141nm Torsi 141nm
Disc/Drum Sistem Pengereman depan/belakang Disc/Disc
Rp278,000,000 Harga  Rp263,400,000

 

Perbandingan spesifikasi Xpander dan Livina (sumber: oto.com)

*Harga dapat berubah sesuai dengan data admin

Nissan Livina  vs Toyota Avanza Veloz  

Meski berbagi pangsa pasar yang sama, nyatanya kedua mobil ini sangat berbeda dari segala aspek. Dari segi konfigurasi mobil, konstruksi, mesin dan sistem penggerak. Setelah rilis tahun 2003 di Indonesia, Avanza meneruskan kiprahnya sebagai MPV terlaris sepanjang sejarah penjualan mobil di Indonesia meneruskan kesuksesan pendahulunya yaitu Kijang. Dengan konfigurasi mesin 4 silinder segaris, konstruksi chassis ladder frame dan penggerak roda belakang yang sudah menjadi resep paten Toyota. Untuk melanggengkan gelar mobil terlaris selama lebih dari 3 dekade. Namun seiring dengan perkembangan zaman dan perkembangan teknologi konstruksi mobil yang lebih modern, resep yang dipakai oleh Toyota selama puluhan tahun sekarang ditantang oleh pendatang baru di segmen MPV. Konfigurasi penggerak roda depan dan chassis monokok yang terbukti lebih nyaman dan kian disukai masyarakat.

Interior 

Pada Interior,  Nissan Livina terlihat jauh lebih modern dan lebih mewah dibandingkan dengan sang penerus MPV pertama, Avanza. Livina terlihat jauh lebih berkelas dengan ornamen kulit dan jahitan dashboard yang mempertegas kesan mewah. Dibalut dengan bahan kulit yang tidak hanya nyaman disentuh, namun juga estetis. Namun bukan berarti Avanza kalah jauh dari segi interior dengan Livina, sedari dulu, Toyota membangun mobil selalu dengan filosofinya yang “sederhana namun tahan lama”. Walaupun interior Avanza terkesan basic dan tidak semewah Livina, namun ketangguhan bahan interior Avanza sudah teruji belasan tahun. Dengan bahan dasar dashboard plastik keras yang dibalut dengan aksen plastik glossy, terbukti dapat awet selama belasan tahun dengan hanya mengalami kelecetan dan kerusakan minor. 

Fitur

Sisi fitur yang dimiliki kedua mobil tampak sama-sama memenuhi standar fitur pada umumnya, terutama standar keselamatan seperti, Anti Lock Braking System, Kantong Udara Pengemudi, Airbag Penumpang Depan, Crash Sensor, Child Safety Locks, Pelindung Benturan Samping dan juga Pelindung Benturan Depan. Adapun fitur kenyamanan, Avanza Veloz dilengkapi dengan  AC Double Blower. Sedangkan Livina tidak menggunakan sistem double blower namun tetap menyediakan ventilasi AC untuk penumpang belakang di semua tipe kecuali tipe E

Sementara itu, untuk kelengkapan eksterior, kedua mobil sama-sama belum dilengkapi oleh roof rail namun, spion day night view dan spion samping elektrik sudah menjadi standar di kedua mobil di tipe tertinggi. Pada sektor pengereman, pada kedua  mobil sudah dilengkapi dengan disc brake dibagian depan dan tromol dibagian belakang untuk Avanza Veloz dan disc brake dibagian belakang untuk Livina.

Performa mesin

Untuk sektor mesin, keduanya sama-sama dilengkapi dengan mesin 4 silinder segaris DOHC berkapasitas 1.5L. Untuk tipe tertinggi di kedua mobil dan mengeluarkan tenaga maksimal 102 HP untuk Livina dan 103 HP untuk Avanza Veloz. Namun Livina unggul dengan angka torsi sebesar 141 nm. Avanza Veloz kembali unggul dalam varian mesin. Karena Toyota menyiapkan varian mesin 1.3L dan 1.5L untuk Avanza Veloz sedangkan Livina hanya tersedia mesin 1.5L

Spesifikasi

 

Avanza Veloz (1.5 A/T) Spesifikasi Nissan Livina (VL)
3SZ-VE/Bensin/1.5L Mesin / Bahan Bakar/Kapasitas 4AG1/Bensin/1.5L
103 hp Tenaga 102hp
136 Torsi 141nm
Disc/Drum Sistem Pengereman depan/belakang Disc/Disc
Rp239,250,000 Harga  Rp263,400,000

Perbandingan spesifikasi Xpander dan Avanza Veloz (sumber: oto.com)

Nissan Livina  vs Terios 

Dari semua mobil yang dijual di segmen MPV, Daihatsu Terios lah yang paling lama menggunakan model Body crossover dengan konfigurasi 7 penumpang. Di versi sebelumnya kedua mobil mengambil konsep yang jauh berbeda, Terios dengan chassis ladder frame dan penggerak roda belakang fokus memunculkan kesan tangguh untuk Terios, sedangkan Livina di versi sebelumnya terkesan sporty dengan body pendek ala sedang. Dipadu dengan mesin bertenaga berpenggerak roda depan dan konstruksi chassis monokok yang mengutamakan kenyamanan. 

Namun di versi terbarunya, kedua mobil sudah sama-sama berubah desainnya. Namun tetap menggunakan konstruksi chassis yang sama untuk kedua mobil, Terios dengan ketangguhan Ladder Frame dan penggerak roda belakangnya. Sedangkan Livina dengan kenyamanan yang ditawarkan konstruksi chassis monokok dan penggerak roda depannya

Interior

Melihat segi Interior lagi-lagi Nissan Livina boleh berbangga, karena Livina salah satu mobil yang memiliki interior terbaik dikelasnya, Livina menawarkan suasana berbeda dibandingkan dengan kompetitornya terkhusus Terios. Untuk interior dari Daihatsu Terios sendiri, walaupun memiliki build-quality yang baik seperti kualitas Toyota dan Daihatsu pada umumnya. Hanya saja bahan interior masih dipenuhi dengan hard plastic sehingga menimbulkan kesan kurang mewah tidak seperti Livina.

Fitur

Fitur keselamatan tidak ada banyak perbedaan karena standar keselamatan di kedua mobil sudah sama-sama mumpuni. Keduanya sama-sama telah dilengkapi dengan  Anti Lock Braking System, Sensor Parkir, Kantong Udara Pengemudi, Airbag Penumpang Depan, Sabuk Pengaman Belakang, Crash Sensor, Child Safety Locks. Juga Pelindung Benturan Samping , Pelindung Benturan Depan, Kamera Belakang, EBD (Electronic Brake Distribution) dan juga Vehicle Stability Control System.

Eksterior

Dari sisi eksterior, Terios dilengkapi oleh Daihatsu sistem pengereman disc brake yang agak berbeda dengan Livina karena Terios dilengkapi oleh disc brake berventilasi yang bertujuan untuk meminimalisir panas pada sistem rem. Walaupun Terios masih menggunakan sistem pengereman tromol di bagian belakang tidak seperti Livina yang sudah menggunakan disc brake

Performa mesin

Beralih ke sektor mesin, dapat dikatakan Nissan Livina lebih unggul dalam hal tenaga, pasalnya Nissan Livina dapat menghasilkan torsinya di rpm lebih rendah dibandingkan Daihatsu Terios, dengan selisih  torsi puncak sebesar 5 nm. Sayangnya kedua mobil juga masih belum tersedia opsi mesin lain, masih dengan mesin bensin berkapasitas 1.500cc. Namun Daihatsu Terios memiliki trim manual lebih banyak daripada Nissan Livina. Bahkan di tipe tertinggi Terios Yaitu R Deluxe, masih tersedia pilihan transmisi manual, hal ini dapat membuat konsumen Daihatsu lebih banyak pilihan untuk memilih trim mobil Terios. Untuk transmisi Automatic, kedua mobil masih menggunakan transmisi 4 percepatan tradisional dengan konverter torsi dan belum beralih ke CVT seperti pada umumnya manufaktur MPV seperti Honda.

Spesifikasi 

 

Daihatsu Terios (R A/T Deluxe) Spesifikasi Nissan Livina (VL)
2NR-VE/Bensin/1.5L Mesin / Bahan Bakar/Kapasitas 4AG1/Bensin/1.5L
102 hp Tenaga 102hp
136nm Torsi 141nm
Vented Disc/Drum Sistem Pengereman depan/belakang Disc/Disc
Rp239,250,000 Harga  Rp263,400,000

Nissan Livina  vs Ertiga

Interior 

Ertiga dan Livina sama-sama memiliki build quality yang baik dikelasnya dalam hal Interior, walaupun memakai desain yang jauh berbeda, namun konsep  Interior yang diusung oleh kedua manufaktur tidak jauh berbeda, keduanya sama-sama menggunakan  aksen gelap untuk kesan elegan namun ertiga membawa konsep ini ke tahapan selanjutnya dengan penambahan aksen kayu yang menambah kesan mewah dan elegannya. Namun Suzuki Ertiga masih menggunakan material hard plastic di sisi bawah dashboard yang terlihat kurang menarik. Sementara Livina membungkus hard plastic sisi bawah dashboard dengan aksen jahitan dan kulit sewarna interior. Dapat dikatakan untuk sisi interior, hanya Ertiga yang memiliki kemampuan untuk menyaingi desain dan konsep dari interior Livina di kelas MPV ini.

Fitur

Dari segi fitur keamanan keduanya sudah dilengkapi dengan fitur keamanan standar di tipe tertinggi seperti Anti Lock Braking System, Sensor Parkir, Kantong Udara Pengemudi, Airbag Penumpang Depan, Airbag Samping Depan, Airbag Samping Belakang, Brake Assist, Crash Sensor, Child Safety Locks, Pelindung Benturan Samping, Pelindung Benturan Depan, Kamera Belakang, EBD (Electronic Brake Distribution), Vehicle Stability Control System seperti di MPV premium. Pembeda antara Ertiga dengan Livina Untuk fitur kelengkapan standarnya adalah, Ertiga dilengkapi glovebox dengan berpendingin udara serta adanya meja lipat belakang untuk mengakomodir kenyamanan penumpang baris kedua

Eksterior

Dari segi Eksterior, Ertiga memiliki desain yang lebih compact dan tidak terlihat begitu besar dengan belt-line rendah, dibandingkan dengan Livina yang memiliki kesan body lebih besar seperti SUV walaupun untuk dimensi kendaraan keduanya tidak jauh berbeda.

Performa mesin

Untuk performa mesin, keduanya tidak jauh berbeda dari sisi tenaga dan efisiensi, hanya saja penyaluran tenaga yang sedikit berbeda, Ertiga menyalurkan torsi puncak di RPM 4.400 sedangkan Livina sudah menghasilkan torsi puncak di RPM 3.900. Tenaga puncak keduanya sama-sama menghasilkanya di RPM 6.000

Spesifikasi

 

Suzuki Ertiga (Sport A/T) Spesifikasi Nissan Livina (VL)
K15B/Bensin/1.5L Mesin / Bahan Bakar/Kapasitas 4AG1/Bensin/1.5L
102 hp Tenaga 102 hp
138 nm Torsi 141nm
Vented Disc/Drum Sistem Pengereman depan/belakang Disc/Disc
Rp266,000,000 Harga  Rp263,400,000

Verdict

Jika Anda tertarik memiliki sebuah MPV idaman dengan harga 200 jutaan dengan fitur dan kelengkapan hampir mendekati MPV premium, Nissan Livina patut Anda pertimbangkan sebagai pilihan. Dari banyaknya kelebihan Livina, yang paling menonjol jika dibandingkan dengan kompetitornya adalah interior yang terkesan paling elegan karena sudah dilapisi kulit  dengan head unit yang sudah kompatibel dengan apple carplay dan android auto. Juga kelengkapan kamera parkir dan sensor parkir dua titik untuk mempermudah mobilitas Anda.

Meski Livina masih tergolong mahal jika dibandingkan dengan Toyota Avanza dan Daihatsu Terios namun Livina memiliki fitur kelengkapan yang tergolong salah satu yang paling lengkap dikelasnya. Dengan harga yang jauh dibawah Xpander dengan selisih lebih dari 10 juta

 

Sumber : Auto Car Indonesia, oto.com, rajamobil.com, otomotif.tempo.com, carmudi.com , otomotifnet.gridoto.com,autofun.co.id, toyota.co.id