Mitsubishi Pajero Sport

Mobil SUV terlaris di Indonesia, Mitsubishi Pajero Sport menawarkan berbagai fitur canggih yang siap membawa kamu ke berbagai penjuru tanah air!

Desain yang  tangguh, membuat Mitsubishi Pajero Sport menjadi salah satu mobil kelas SUV (Sport Utility Vehicle) terlaris di Indonesia. Awalnya Mobil ini adalah mobil berkelas GPV (General Purpose Vehicle). Namun seiring berkembangnya pasar, kini Pajero berubah menjadi mobil kelas SUV. Meskipun sudah ada sejak tahun 1981, Mitsubishi Pajero Sport tetap mengikut prinsip awal Pajero generasi pertama. Yaitu mobil yang dapat menerjang segala medan dan tidak bisa rusak!

Interior

Generated by pixel @ 2021-02-27T14:50:35.825254

Dilihat dari desain interiornya, mobil ini termasuk sebagai mid-high SUV dengan segala spesifikasi dan fiturnya. Hal ini pun dapat dirasakan saat kamu masuk ke dalam kabin. Karena kamu akan disuguhkan dengan kesan mewah dan aura berpetualang. Desain interiornya yang futuristik ditambah dengan kelir kayu pada dashboard dan build quality interior yang membuatnya terlihat tangguh. 

Kemudian pada Jok depan dilengkapi dengan power seat adjuster. Ini dapat  memudahkan dalam merubah posisi kursi kamu. Karena cukup dengan menggeser tombol adjuster, maka kursi kamu akan berubah sesuai dengan keinginan. 

Tak mau kalah, jok baris belakang terbalut dengan kulit yang berkualitas. Tidak hanya membuat tampilan mewah, tapi juga memaksimalkan kenyamanan penumpang di belakang. Jok di baris belakang pun terasa sangat nyaman, layaknya duduk di sofa di rumah kesayangan kamu!

Bagasinya pun sangat luas, karena jok belakangnya dapat dilipat hingga sejajar dengan lantai. Kamu juga dapat menggunakan roof rack loh! Bisa untuk bagasi tambahan jika harus membawa barang yang sangat banyak saat perjalanan jauh.

 

Tertarik dengan mobil keren ini? Langsung pesan di » mobilkamu.com sekarang juga!

Fitur

Mitsubishi Pajero Sport akan memanjakan kamu dengan berbagai fitur hiburan dan keselamatan yang canggih!

Pertama, Kamu akan dimanjakan dengan head unit LCD layar sentuh berukuran 8 inci dengan koneksi smartphone. Fitur dapat terkoneksi menggunakan bluetooth dan head unit ini mensupport koneksi Apple CarPlay.

Kedua, Adanya Sunroof yang membuat dari mobil yang keren ini menjadi lebih mewah. Fitur Sunroof ini juga menghasilkan kesenangan dan kepuasaan tersendiri. Karena ketika kamu mengoperasikan sunroof, kamu bisa mengeluarkan kepala layaknya di film-film dan merasakan segarnya udara luar!

Ketiga, ada central console Mitsubishi Pajero Sport memiliki fitur dual zone climate control. Fitur ini  dapat menyesuaikan suhu kabin dengan suhu diluar. Jadi kamu tidak perlu takut kepanasan saat berada di dalam mobil.

Keempat, Panel speedometer Mitsubishi Pajero Sport pun semakin futuristik dan asik dilihat.  Berkat fitur Multi Information Display yang dapat memberikan berbagai macam informasi. Seperti pemakaian bahan bakar, temperatur udara di luar.

Kelima, Pajero Sport memiliki fitur Blind Spot Warning yang tidak dimiliki tipe Pajero Sport sebelumnya. Berguna untuk memberi sinyal kepada pengemudi. Sehingga dapat melihat kendaraan lain di belakang yang ingin mendahului di titik yang sulit dilihat hingga jarak tiga meter.

Keenam, Fitur yang tidak kalah canggih adalah Forward Collision Mitigation atau FCM. Adanya fitur ini berguna untuk mencegah terjadinya tabrakan dengan kendaraan di depan saat mobil melaju di jalan raya. Dengan teknologi ABS Pajero Sport dengan menggunakan detector radar, sehingga mampu mendeteksi kendaraan di depannya.

Terakhir, Salah satu fitur yang tak kalah penting adalah betapa tingginya ground clearance Mitsubishi Pajero. Dengan ground clearance setinggi 218mm, kamu dapat menerjang segala medan tanpa takut mobil kamu terbentur dengan tanah.

Eksterior

Desain yang sport dan petualang ini terlihat sanggup dibawa ke segala medan. Mobil ini telah memenangkan penghargaan Car Of The Year dari Forum Wartawan Otomotif atau FORWOR pada tahun 2016. Pajero Sport mengalahkan kandidat lain seperti Toyota Innova dan Chevrolet Trax. Bahkan, mobil ini mengadopsi desain baru, yaitu Advance Dynamic Shield Concept. Diklaim oleh Mitsubishi, desain ini memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi terhadap pejalan kaki. 

Menengok ke sisi depan mobil ini, terlihat tidak terlalu lebar karena pandangan kita akan berfokus pada grill depan yang berisikan krom dari bagian atas. Begitupun bemper tengah bagian bawah juga turut diberikan aksen krom.

Beranjak ke samping mobil, jarak antara body dan ban terhitung cukup jauh memberikan kesan gagah. Ditambah lagi dengan adanya side moulding yang berwarna putih senada dengan bemper depan bagian bawah. Tak ketinggalan, velg alloy 18 inchi turut menambah kegantengan dan kegagahan Mitsubishi Pajero Sport.

Beranjak ke sisi belakang, kamu akan melihat stoplamp yang memanjang ke bawah. Seketika akan menarik perhatian siapapun yang melihatnya. Pengemudi lain akan langsung mengetahui bahwa ini pasti Mitsubishi Pajero Sport dan mereka akan sangat terkesima dengan kegantengannya mobil ini!

Harga Mitsubishi Pajero Sport

 

Model Variant Transmisi JATABEK
PAJERO SPORT EXCEED 4×2 A/T Rp496,500,000
PAJERO SPORT EXCEED 4×2 M/T Rp511,500,000
PAJERO SPORT 4X4 GLX M/T Rp553,500,000
PAJERO SPORT DAKAR 4×2 A/T Rp554,500,000
PAJERO SPORT DAKAR ROCKFORD FOSGATE EDITION A/T Rp568,000,000
PAJERO SPORT DAKAR ULTIMATE A/T Rp598,000,000
PAJERO SPORT DAKAR ULTIMATE ROCKFORD FOSGATE EDITION A/T Rp609,000,000
PAJERO SPORT DAKAR 4X4 A/T Rp707,000,000

 

Spesifikasi Mitsubishi Pajero Sport 

Mesin 2.4L4-cylinder

MIVEC Diesel Turbocharged Intercooled

Tenaga dan Torsi 178 hp @ 3,500rpm / 430 Nm @ 2,500rpm
Bahan Bakar Diesel
Dimensi Mobil Panjang 4785mm
Lebar 1815mm
Tinggi 1805mm
Fitur Mobil Blind Spot Indicator

Forward Collision Mitigation

Active Stability and Traction Control

Parking Censor

Hill Start Assist

SRS Airbag 7 points

Brake Assist

Ultraconis Mis-Acceleration Mitigation

Konsumsi Bahan Bakar 

Pajero Sport (4×2)

Pajero Sport (4×4)

10.5 KM/L (9.52L /100KM)

Luar Kota 9.8 KM/L (10.2L /100KM)

12.5 KM/L (8L /100KM)

Dalam Kota

12.3 KM/L (8.13L /100KM)

Kamu harus membeli Pajero Sport Karena…

  • Senang berpetualang offroad? mobil ini cocok sekali untuk kamu! Berkat ground clearance yang cukup tinggi yaitu 218mm, kamu tidak perlu takut akan mobil kamu terbentur dengan jalanan.
  • Si Mobil gagah ini Sport cocok untuk kamu yang memiliki keluarga besar. karena kamu dapat membawa 7 penumpang. Kabinnya yang luas sehingga kamu tidak akan merasa pengap. Terlebih lagi, kursi dengan bahan kulit yang empuk dan mewah menjamin kamu dan penumpang kamu duduk dengan nyaman selama perjalanan. 
  • Berbagai fitur keselamatan seperti Forward Collision Mitigation dan Active Traction Control, akan membuatmu merasa aman saat mengendarai Mitsubishi Pajero Sport.

Sebaiknya Kamu Tidak Perlu Membeli Pajero Sport Karena…

  • Budget kamu terbatas. sebaiknya kamu tidak membeli Mitsubishi Pajero Sport karena harganya tergolong mahal. Untuk SUV yang sekelas, kamu dapat membeli Isuzu MU-X atau Toyota Fortuner dengan harga yang lebih murah
  • Mitsubishi Pajero Sport kurang cocok untuk kamu jika kamu sering menyetir di dalam kota. Karena dimensi Mitsubishi Pajero Sport yang cukup lebar dan besar, kamu akan kesulitan untuk parkir paralel di dalam kota. 
  • Biaya spare parts cukup mahal jika dibandingkan dengan Toyota Fortuner. Untuk penggantian kampas rem, Pajero Sport akan menggocek biaya kira-kira sebesar Rp 1,400,000 hanya untuk kampas rem depan, sedangkan biaya kampas rem depan Toyota Fortuner 100 ribu lebih murah daripada Pajero Sport. Kemudian, spare parts seperti steering shaft yang cepat aus dapat memakan biaya sebesar kira-kira Rp 1,200,000, belum termasuk ongkos pemasangan.

Keunggulan dan Kekurangan Pajero Sport

Keunggulan

  • Tampilan body yang modern menampilkan aura mobil yang sangat gagah, petualang, dan sporty
  • Kabin sangat lega dan bahan kursi yang empuk membuat kamu dan penumpang kamu sangat nyaman saat perjalanan
  • Memiliki fitur keselamatan yang canggih seperti FCM (Forward Collision Mitigation), Blind Spot Warning, dan Active Traction Control
  • Performa mesin 4N15 2.4L MIVEC dengan Turbocharged Intercooled sangat bertenaga sehingga kamu dapat melaju dengan mudah, di tol maupun saat kamu offroad bersama teman-teman kamu
  • Jaringan after sales Mitsubishi sangat baik dan ada di seluruh Indonesia, jadi kamu tidak perlu cemas jika kamu ingin mencari spare part Pajero Sport kamu

Kekurangan

  • Saat kursi semua baris di dirikan, bagasi menjadi sempit
  • Mesin terbaru Pajero Sport yang lebih bertenaga (4N15 MIVEC) hanya ada di varian Pajero Sport Dakar
  • Mitsubishi Pajero Sport tergolong lebih boros dibandingkan dengan saingan terdekatnya yaitu Toyota Fortuner.
  • Harga Mitsubishi Pajero Sport cukup mahal dibandingkan dengan Toyota Fortuner dan Isuzu MU-X
  • Carmudi.co.id mengatakan bahwa biaya perawataan Mitsubishi Pajero Sport cukup mahal karena harga spare parts nya cukup mahal dibandingkan dengan Toyota Fortuner
  • Steering shaft kerap bermasalah. Sama halnya seperti generasi pertama Pajero Sport, steering shaft Pajero Sport 2020 cepat aus. Jika steering shaft aus akan menyebabkan setir menjadi bergetar

Perbandingan dengan pesaing

Mitsubishi Pajero Sport VS Toyota Fortuner

Pesaing pertama Mitsubishi Pajero Sport adalah Toyota Fortuner. Sejak pertama dirilis, kedua mobil ini bersaing layaknya petinju kelas berat di kejuaran tinju dunia, karena spesifikasinya yang mirip dan memiliki kemewahan yang serupa. 

Interior

Pertama, melihat penampilan interior Toyota Fortuner masih lebih mewah dibandingkan dengan Mitsubishi Pajero Sport. Nuansa kokpit dan kabin Toyota Fortuner jauh lebih elegan. Sedangkan, Mitsubishi Pajero Sport memiliki desain kokpit dan kabin yang lebih sporty dan adventurer.

Namun hal yang tidak dimiliki oleh Toyota Fortuner adalah fitur sunroof, Mitsubishi Pajero Sport memiliki sunroof yang membuat nuansa kabin menjadi mewah dan elegan. Kemudian pada bagian Dashboard Toyota Fortuner terlihat berkelas dengan perpaduan material kayu yang berkualitas serta penataan panel yang lebih rapi. Dengan kabin yang didominasi dengan warna gelap, dan dilengkapi dengan beberapa instrument panel yang modern.

Untuk fitur hiburannya, mobil ini mengandalkan Head unit layar sentuh berukuran 9 inci yang terintegrasi dengan sistem Bluetooth Connection, NFC, Voice Command, serta Smart Phone Connection. Sedangkan pada Mitsubishi Pajero Sport kamu akan mendapatkan layer sentuh berukuran 8 inci dan MID (Multi Information Display) pada dashboard yang dapat terhubung dengan Apple CarPlay. Build quality, Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortune memiliki material yang berkualitas tinggi. 

Fitur Keselamatan

Melihat dari fitur keselamatan, Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner masih saling bersaing. Pertama,Hill Descent Control Fitur inilah yang membantumu saat menghadapi turunan sehingga lebih aman. Kedua, Forward Collision Mitigation yang berguna untuk mencegah terjadinya tabrakan dengan kendaraan di depan saat mobil melaju di jalan raya.

Ketiga yang tidak kalah pentingnya, Active Stability And Traction Control yang membuat mobil menjadi lebih stabil di jalan berkelok atau licin. Tidak lupa juga Mitsubishi Pajero Sport memiliki airbag 7 titik yang membuat kamu dan penumpang kamu aman selama perjalanan. 

Sedangkan Toyota Fortuner dibekali dengan fitur seperti Downhill Assist Control, Hill Assist Control, Vehicle Stability Control, Dual + Knee + Side + Curtain shield airbags dan Emergency Brake Signal. Semua fitur ini membuat pengalaman menyetir Toyota Fortuner menjadi lebih aman.

Tetapi, yang membuat Mitsubishi Pajero Sport lebih unggul adalah di bagian rem parkir. Kamu akan dimanjakan dengan electronic parking brake, sedangkan di Toyota Fortuner masih menggunakan tuas rem tangan konvensional.

Eksterior

Beranjak ke eksterior, secara desain keduanya memiliki desain yang tangguh dan sporty. Mulai dari lampu depan LED yang dimiliki Fortuner dan tipe proyektor milik Pajero Sport. Hingga kaca spion retractable yang memiliki lampu sein LED sama-sama dimiliki keduanya.

Namun, seperti yang disebutkan sebelumnya, kamu tidak akan menemui sunroof di Toyota Fortuner sampai ke tipe tertingginya. Sedangkan di Mitsubishi Pajero Sport, pada varian Dakar sunroof sudah menjadi kelengkapan standar.

Selanjutnya, fitur yang tidak kalah kerennya yang hanya dimiliki oleh Mitsubishi Pajero Sport adalah fitur washer lampu depan. Namun Toyota Fortuner tidak mau kalah, karena Toyota Fortuner memiliki fitur Power Back Door, dengan fitur ini kamu hanya perlu mengayunkan kaki untuk membuka bagasi belakang. Fitur ini terdapat pada Toyota Fortuner varian TRD, VRZ, dan SRZ. 

Selain itu, salah satu keunggulan pada eksterior Pajero Sport adalah adanya fitur washer lampu depan. Namun ada fitur keren yang hanya dimiliki Fortuner. Power Back Door Namanya. Dengan fitur ini Anda dapat membuka pintu bagasi hanya dengan sensor ayunan kaki saja. Fitur ini dapat ditemukan pada Fortuner tipe TRD, VRZ dan SRZ.

Performa Mesin

Dari segi mesin, Mitsubishi Pajero Sport hanya dibekali dengan mesin turbo diesel di semua variannya, sedangkan Toyota Fortuner memiliki mesin bensin dan turbo diesel di variannya. 

Tidak hanya itu, Mitsubishi Pajero Sport dibekali dengan mesin berkode 4D56 2.5L DI Common rail Turbocharged Intercooled yang menghasilkan 134hp @ 4000 rpm untuk varian Exceed dan GLX. Sedangkan di varian Dakar, kamu akan mendapatkan mesin berkode 4N15 2.4L MIVEC Turbocharged Intercooled yang menghasilkan 178hp @ 3500 rpm. Mesin MIVEC ini lebih canggih dan bertenaga dibandingkan dengan mesin di varian Pajero Sport Exceed dan GLX. 

Toyota Fortuner dibekali dengan mesin berkode 2TR-FE, 2.7L Dual VVT-i yang menghasilkan 160hp @ 3400rpm untuk varian bensinnya. Sedangkan, pada varian diesel Toyota Fortuner dibekali dengan mesin berkode 2GD-FTV, Diesel 2.4L VNT yang menghasilkan 147 hp @ 3400rpm.

 

PERBANDINGAN PERFORMA MESIN

Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4×2 AT

Toyota Fortuner 4×2 VRZ AT TRD

2.4L inline-4 MIVEC Turbo Diesel with Variable Geometry Turbo

Engine

2.4L inline-4 Turbo Diesel with Variable Nozzle Turbo

178 hp @ 3,500Rpm

430 Nm @2,500Rpm

Power

147 hp @ 3,500Rpm

400 Nm @ 1,600-2,000Rpm

Ventilated Disc Brake Front Brakes

Ventilated Disc Brake

Ventilated Disc Brake

Rear Brakes

Ventilated Disc Brake

Mulai Dari: Rp496,500,000

*Pajero Sport Exceed 4×2 MT

Price
Mulai Dari: Rp448,608,000

*Fortuner 4×2 2.4 G M/T Diesel

Mitsubishi Pajero Sport VS Isuzu MU-X

Pesaing selanjutnya adalah Isuzu MU-X. Isuzu MU-X, dapat dibilang sebagai pendatang baru di ranah SUV Indonesia. Isuzu MU-X yang hadir di pasaran pada tahun 2014 ini memberikan perlawanan yang kuat terhadap Mitsubishi Pajero Sport. 

Interior

Dimulai dari interior, Mitsubishi Pajero Sport dan Isuzu MU-X sama-sama menghadirkan kesan interior yang sporty dan petualang. Berkat penggunaan material-material premium, mobil ini terkesan mewah. Serta perpaduan warna coklat dan champagne gold, dan aksen warna hitam membuat interior mobil Isuzu MU-X terasa sangat mewah. 

Pada bagian dashboard-nya kamu akan disuguhi dengan layar infotainment berukuran 9 inci, yang telah didukung dengan Apple CarPlay dan Android Auto. Mitsubishi Pajero Sport juga tidak mau kalah, berkat fitur seperti sunroof dan material kursi kelas tinggi, interior Mitsubishi Pajero Sport terasa sangat nyaman dan mewah.

Panel speedometer Pajero Sport memiliki desain baru yang semakin futuristik karena telah menggunakan digital display yang dinamakan dengan MID (Multi Information Display). MID Pajero Sport pun bisa menampilkan berbagai informasi dari Smartphone yang terkoneksi dengan Apple CarPlay.

Isuzu MU-X memiliki kursi yang dibalut dengan material kulit, sehingga semakin menegaskan kemewahan yang dimilikinya. Tidak hanya itu, kursi-kursi barisan depannya juga sudah bisa diatur secara elektrik, dimana kursi pengemudi bisa diatur ke 8 arah berbeda dan kursi penumpangnya bisa diatur ke 4 arah berbeda.

Kursi Mitsubishi Pajero Sport juga tidak kalah mewah. Material  mewah yang digunakan  membuat kursi Pajero Sport menjadi sangat nyaman. Kursi baris depannya pun dibekali dengan electronic power seat. Bisa diatur ke 8 arah yang berbeda untuk pengemudi dan 4 arah yang berbeda untuk penumpang.

Fitur

Beralih ke fitur keselamatan, Mitsubishi Pajero Sport dan Isuzu MU-X tentu saja memastikan kamu dan penumpang kamu agar selamat sampai tujuan. Isuzu MU-X sudah dilengkapi dengan ABS (Anti-lock Brake System), EBD (Electronic Brake Distribution), ESC (Electronic Stability Control), Traction Control, Brake Assist (BA), Smart Entry System, dan Parking Camera.

Namun, Pajero memiliki fitur keselamatan yang lebih canggih. Karena Isuzu MU-X tidak memiliki fitur Blind Spot Warning, Forward Collision Mitigation, dan Ultrasonic Mis-Acceleration Mitigation System. Fitur-fitur keselamatan ini memastikan kamu agar tidak terjadi kecelakan yang membahayakan kamu dan penumpang kamu.

Eksterior

Eksterior Isuzu MU-X menawarkan desain SUV yang terlihat kekar dan gahar. Seolah ingin menampilkan kesan bahwa kendaraan ini mampu diajak ke medan-medan paling ekstrim sekalipun. Lampu utamanya besar dengan gril horizontal yang besar.

Lalu bagian bawah bemper dibuat dengan warna doff sementara pada bagian sisi ada garis tegas mulai dari fender depan hingga fender roda belakang. Pada sisi belakang juga mobil ini menggunakan lampu stop lebar serta bemper dengan minim lekukan.

Sedangkan, pada Mitsubishi Pajero Sport eksteriornya terlihat lebih futuristik namun tidak kalah keren dan gagah. Bentuk gril depan padat dengan aksen chrome yang mengular hingga ke bagian bahan bemper.

Sementara “matanya” sipit tajam perpaduan LED dan DRL. Bagian sisinya lekukan garis desain lebih landai. Sedangkan kesan futuristik amat kental melalui penggunaan lampu stop belakang yang menjulur panjang. Bahkan lampu ini sekarang jadi ciri khas dari Pajero yang mudah dilihat dari jauh.

Performa Mesin

Dilihat dari segi performa mesin, Mitsubishi Pajero Sport dan Isuzu MU-X menawarkan mesin yang ditenagai oleh bahan bakar diesel. Isuzu MU-X hadir dengan mesin 2.5L inline-4 diesel.

Turbocharged dengan turbo berteknologi Variable Geometry System yang menghasilkan 134hp @ 3400rpm. Sedangkan Mitsubishi Pajero Sport menawarkan dua tipe mesin, yaitu 4D56 2.5L DI Common rail Turbocharged Intercooled yang menghasilkan 134hp @ 4000 rpm untuk varian Exceed dan GLX dan 4N15 2.4L MIVEC Turbocharged Intercooled yang menghasilkan 178hp @ 3500rpm untuk varian Dakar.

Perbandingan Performa Mesin

PERBANDINGAN PERFORMA MESIN

Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4×2 AT

Isuzu MU-X AT Royale

2.4L inline-4 MIVEC Turbo Diesel with Variable Geometry Turbo

Engine

2.5L inline-4 Turbo Diesel with Geometry System

178 hp @ 3,500Rpm

430 Nm @2,500Rpm

Power

134 hp @ 4,000Rpm

319 Nm @ 1,800-2,800Rpm

Ventilated Disc Brake Front Brakes

Ventilated Disc Brake

Ventilated Disc Brake

Rear Brakes

Ventilated Disc Brake

Mulai Dari: Rp496,500,000

*Pajero Sport Exceed 4×2 MT

Price
Mulai Dari: Rp459,000,000

*MU-X AT i-Series

Verdict

Kesimpulannya, meskipun harga yang lebih mahal dibandingkan dengan pesaingnya seperti Toyota Fortuner dan Isuzu MU-X. Mitsubishi Pajero Sport adalah mobil yang tangguh dan keren, terlebih lagi Pajero Sport memiliki fitur keamanan dan hiburan yang sangat lengkap yang mengalahkan pesaingnya. Walaupun memiliki beberapa kelemahan, dengan uang yang kamu bayar, kamu akan memiliki salah satu SUV termewah dan teraman yang ada di pasar Indonesia! 

 

Sumber : Auto Car Indonesia, autofun.co.id, oto.com, otomotif.kompas.com, rajamobil.com, gridoto.com, otodriver.com