Mitsubishi Colt

review-mitsubishi-colt

Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas duo mobil tua yang hingga saat ini, masih menjadi favorit untuk mengangkut beban berat. Bahkan penggemar maupun kolektor T120 maupun L300, rela mengocek isi kantong mereka untuk memodifikasi si duo "tua-tua keladi".

Colt T120 merupakan mobil pick up besutan Mitsubishi dengan kekuatan angkut yang besar, cukup populer di tahun 1970-1980 dengan produksi yang sangat banyak sampai tahun 1980 Mitsubishi Indonesia telah mencatat penjualan lebih dari 30 ribu unit.

Memiliki 2 varian yakni tipe Delica rilis pada tahun 1968 berbekal mesin 1100 cc dengan tenaga maksimal mesin 58 Ps, dengan daya angkut 600 kg, juga memiliki kecepatan maksimal 115 km/ jam. Varian ke dua dirilis pada tahun 1975 dengan sebutan Neptune, dengan perubahan pada mesin yang lebih besar dari Delica dan dinding bak pick up  dapat dilepas dengan mudah. Neptune meraih masa kejayaannya sebagai mobil niaga, terlebih karena bodi mobil yang tebal yang secara prakteknya mampu mengangkut beban dengan maksimal. Hal ini tak mengherankan karena material bahan pembuat rangka, mesin maupun bodi mobil merupakan material berkualitas tinggi.

Konsumsi bahan bakarnya juga terbilang irit yakni 1 liter untuk 12 kilometer (luar kota), dan 1:10 untuk dalam kota. Colt T120 masih dapat dijumpai di daerah pedesaan dan tak lagi mengherankan penggunanya sebagai pengangkut berbagai macam barang, dari bahan material, hingga padi dan sayuran untuk dikonsumsi.

Tak ketinggalan para kolektor mobil kuno sangat menyukai mobil ini dimodifikasi, termasuk dari berbagai perkumpulan di kota-kota besar, maupun berbagai komunitas online yang menggemari mobil Mitsubishi Colt T120 ini juga semakin banyak.

mitsubishi-colt-l300

 

Menuju ke si "tua-tua keladi" nomor dua, L300. Mitsubishi Colt L300 merupakan kendaraan berbahan bakar bensin atau solar, desain bodinya yang kotak atau tepak mengesankan mobil Colt L300 sebagai mobil lama, tidak ada perubahan desain dari keluaran tahun 1980an hingga 2000 an, bahkan sampai tahun 2012, L300 tetap mempertahankan bentuknya yang kotak.

Mitsubishi Colt L300 tetap diproduksi sampai saat ini, tak lain karena daya tahan atau kebandelan mesin dan kekuatan bodinya serta kabin/bak yang besar. Meski banyak mobil pickup keluaran baru beserta kelengkapan fitur-fitur canggih, belum ada yang dapat menandingi ketangguhannya.

Mengusung 2 jenis bahan bakar, solar dan bensin, antara keduanya tidak berbeda jauh dalam hal kinerja, namun kedua mesin tersebut terdapat kelebihan dan kekurangan masing-masing. Varian bensin memiliki keunggulan pada akselerasi mobil dan kekurangan pada track yang berat dan panjang, juga bensin yang lebih boros pada saat mengangkut beban yang berat dan berjalan di medan buruk. Untuk varian diesel, memiliki keunggulan mesin lebih kuat, bahan bakar juga lebih irit, tapi sayangnya getaran mesin terasa lebih besar. Sangat disarankan untuk memilih varian diesel jika dipergunakan untuk angkutan jarak jauh selain dari hematnya bahan bakar, juga mesinnya yang jauh lebih kuat sekedar untuk mengurangi jenjang waktu servis berkala.

Apapun pilihan anda, T120 maupun L300 sangatlah unggul dalam kelasnya. Bagi anda yang membutuhkan kendaraan untuk mendukung usaha, si duet kuat ini masih menjadi pilihan terbaik.

Dapatkan tawaran harga termurah se-Jakarta untuk Mitsubishi Colt hanya di MobilKamu.

Klik di sini!