review-isuzu-panther

 

Review Isuzu Panther

Mungkin sobat otomotif bertanya-tanya, mobil apa sih yang paling perkasa tapi harganya terjangkau. Jawabannya simple, cukup dua kata, apa lagi kalau bukan Isuzu Panther. Mobil yang satu ini memang telah terkenal dengan desain tangguhnya serta dukungan prima pada berbagai sektor, terutama chasis yang sangat kuat dan kaki-kaki yang kokoh. Dengan karakter tersebut, Isuzu Panther merupakan pilihan tepat bagi anda yang menghendaki berkendara dengan tingkat keseimbangan yang cukup tinggi. Tak heran jika di kelas mobil bermesin diesel, pihak Isuzu sendiri didaulat untuk mengenakan mesin yang serupa pada beberapa mahakarya pabrikan ternama seperti Holden dan Chevrolet. Tak heran jika mobil yang satu ini menjadi incaran banyak pihak yang ambisius dalam mendatangkan mobil super keren ke dalam garasi mereka.

Eksterior

Pertama-tama, mari kita telusuri bagian eksterior Isuzu Panther terlebih dahulu. Siapapun orangnya pasti setuju menyebut dua kata yaitu “gagah perkasa” untuk menggambarkan seluruh aspek yang ada pada bodinya. Bagaimana tidak, dimensi yang panjang hingga 4535mm, dengan lebar 1770 mm serta tinggi 1873 mm sangat pas untuk versi Touring. Terlebih untuk versi Grand Touringnya, tingginya pun menjulang hingga 1920 mm. Tak heran jika dari segi ukuran sudah dapat ditebak bahwa kedua versi MPV hasil besutan Isuzu tersebut nampak begitu besar dan garang.

Untuk menggambarkan kegarangannya, tentu desain bagian depan menjadi hal mutlak yang perlu ditonjolkan. Pada bagian wajah ini baik dari segi ukuran maupun desain merepresentasikan kegagahannya. Anda akan menjumpai sebuah grille yang didesain dalam bentuk garis yang kokoh dimana pada bagian tengahnya telah terselip emblem Isuzu. Agak sedikit ke bawah, rupanya disana telah tersemat sebuah bumper dari plat yang begitu keras serta ditanamkannya headlamp dengan perpaduan lampu utama dan lampu sein yang ditempatkan pada satu wadah diikuti dengan FOG lamp tepat di bawahnya. Beralih pada bagian samping, Isuzu membubuhkan goresan garis horizontal pada bodinya dimana garis ini dirancang lebih menenonjol pada setiap daun pintu baik itu pintu sisi kanan maupun kiri. Tidak hanya itu, untuk menyuntikkan kesan lebih gagah bagian atas bannya telah terpasang body tambahan yang dibuat menonjol dengan bentuk lengkung khas yang semakin membuatnya gagah.  Beralih ke bagian belakang, disana telah tersemat bumper yang sama kuat dan gagahnya sebagaimana dengan bumper depan. Yang membedakannya disini yaitu back door garnish yang hadir dengan desain yang mutakhir untuk membuatnya gagah sekaligus sporty.

review isuzu panther

Simak juga:

Interior

Setelah puas mengamati tampilan eksterior yang gagah, kini anda kami ajak melihat-lihat apa saja yang tersaji pada bagian interiornya. Pada bagian ini anda akan disuguhi ruang kabin yang luas, longgar serta penuh kenyamanan yang bisa anda rasakan pada segala tipe mobil Panther. Namun, terkait fitur-fitur canggih yang akan kami ulas disini hanya dapat anda temukan pada Panther versi touring. Fitur ini bernama New Complete Meter yang menjadi wadah berkumpulnya berbagai macam indikator penting. Untuk fitur hiburan, Isuzu menyematkan monitor DVD yang letaknya pada langit-langit kabin yang telah terintegrasi dengan fitur pemutar pada bagian dashboardnya, begitupun halnya dengan fitur MP3, radio dan CD.

Tidak hanya dijejali dengan fitur hiburan, kabin Isuzu Panther pun dilengkapi dengan panel LCD yang berfungsi maksimal sebagai parking monitor. Fitur ini telah terhubung dengan kamera yang terletak pada bagain belakang mobil untuk mempermudah proses memarkir tanpa tukang parkir. Fitur lain yang tak kalah menggoda yaitu Subwoofer yang telah tertanam untuk memuaskan setiap pasang telinga karena suara bombastis yang dikeluarkannya sehingga perjalanan anda menjadi jauh lebih menyenangkan.  Agar suhu ruangan kabin tetap dingin, airconditionerlah yang bertanggung  jawab penuh dimana fitur pengatur suhu ini telah dibenamkan pada bagian depan maupun belakang atau bisa disebut sebagaiDouble Blower.

review isuzu panther

 

Performa

Jika dalam pikiran anda masih terdapat kata “ragu” terkait performa Isuzu Panther, sebaiknya buang jauh-jauh. Kenapa? Menilik sistem dapur pacunya, Isuzu Panther selalu menomorsatukan part yang berkualitas, terlebih performa mesin tiap waktunya. Seperti yang telah disematkan pada Isuzu Panther Touring, dimana pada bagian dapur pacunya telah diperkuat mesin 4JA 1 L dengan turbocharger yang dioperasikan pada sistem Diesel Direct Injection. Adapun kubikasi mesin guna mendukung laju kendaraan ini yaitu sebesar 2499 cc. Tak heran jika powermaksimum yang disemburkannya hingga 80 PS dengan putaran mesin sebesar 3500 rpm. Adapun untuk Torsi maksimum yang dapat diraihya hingga 91,5 Kgm pada 1800 rpm.

Berdasarkan test drive yang telah dilakukan, memang benar jika Isuzu Panther terasa sangat nyaman pada setiap tarikannya, terutama dalam perpindahan gigi dimana sensasinya terasa sangat berbeda serta jauh lebih nyaman ketimbang mobil lain yang bahan bakarnya bensin atau gasoline. Yang terpenting disini yaitu tenaga yang dipancarakan cukup besar. Terlebih ketika sedang menanjak, seberapapun tinggi tanjakan dan juga kemiringannya akan dapat dilahap dengan mudah oleh mobil pabrikan Isuzu ini. Untuk mencapai kecepatan maksimal, waktu yang dibutuhkan pun cukup singkat karena mobil satu ini cukup responsive, terlebih versi lamanya.

review isuzu panther

Selalu ada promo Menarik di MobilKamu. Dapatkan akses ke promo terbaiknya dengan mengisi data Anda di sini!

Keamanan

Karena keamanan penumpang dipertaruhkan disini, Isuzu Panther tak main-main dengan fitur keamanan yang tersemat di dalamnya. Tidak mau kalah dengan mobil-mobil yang berkeamanan tinggi lainnya, kehadiran beberapa fitur keamanan di dalamnya sudah cukup mumpuni dalam menunjang keselamatan berkendara. Fitur-fitur itu antara lain ABS + EBD + Brake Assist, Rear Parking, 7 Airbag dan Seatbelt with Pretentioner dan Force Limiter.

review isuzu panther

 

Konsumsi Bahan Bakar

Menilik dari perawakannya yang bongsor dan besarnya mesin yang diusung, mungkin anda meragukan keiritan konsumsi bahan bakarnya. Jangan salah, mobil bermesin diesel ini terkenal sebagai kuda besi yang irit bahan bakar di antara mobil-mobil lainnya yang sekelas. Tak heran jika mobil-mobil dengan mesin berkapasitas besar mengikuti jejak Isuzu Panther dengan menggunakan mesin yang serupa. Terlebih, Isuzu Panther mengkonsumsi solar yang harganya lebih murah dari premium sehingga sudah pas untuk tujuan efisiensi. Dengan demikian, keuntungan yang akan anda dapatkan dari mobil bermesin diesel semacam Isuzu Panther ini akan berlipat ganda.

review isuzu panther

 

Keseluruhan

Isuzu Panther memiliki tampilan khas mobil besar, terlebih versi touringnya. Dengan dimensi yang bongsor, mobil yang satu ini nampak perkasa dengan balutan bodi yang kuat pada tiap sisinya. Mulai dari bagian depan yang mentereng dengan hiasan bumper besar, lampu utama serta lamp FOG yang khas menjadikannya berpenampilan garang. Untuk sisi body lainnya mulai dari samping hingga belakang pun menyembulkan kesan yang sama, yakni  eksterior yang begitu macho. Hal yang sama juga berlaku pada interiornya. Mobil yang satu ini dianugerahi desain interior yang lega berkat besarnya dimensi yang diusung secara keseluruhan. Namun demikian, kenyamanan serta keindahan interior tetap layak diperhitungkan dan disejajarkan dengan mobil-mobil keren lainnya.

Dengan desain bongsor yang diusungnya, sebenarnya performa dapur pacu dipertaruhkan di lintasan. Akan tetapi, Isuzu mampu menjawabnya dengan mesin diesel andalannya yang telah tersemat pada Panther untuk berbagai tipe. Mesin berkapasitas besar yang diusungnya tak menjadikan mobil ini boros, justru sebaliknya mobil ini sangat irit bahan bakar, apalagi dengan konsumsi solarnya. Fitur keamanan pun tak kalah dengan mobil-mobil yang lain sehingga para pengendara dan penumpangnya tak perlu khawatir terkait teknologi yang digunakan dalam menjaga keselamatan mereka. Bisa dikatakan, mobil yang satu ini siap memenuhi segala ekspektasi pemakainya, mulai dari eksterior hingga dapur pacunya.

review isuzu panther

 

Kelebihan dan Kekurangan Isuzu Panther

Dalam memilih mobil, perlu bagi pembeli untuk menimbang bebet dan bobotnya. Hal ini berkaitan dengan kelebihan dan kekurangan yang ditawarkan. Jika anda tertarik dengan Isuzu Panther, berikut ini ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan yang melekat padanya:

 

Kelebihan

Kelebihan yang pertama terletak pada bodinya yang bongsor. Inilah yang akan menyediakan space yang begitu luas bagi interior sehingga kabin yang tersedia cukup lega juga nyaman. Selanjutnya yang menjadi kelebihan mobil yang satu ini yaitu peredaman yang bagus. Dengan ditunjang suspense yang berkualitas ditambah rancangan bodi yang nyaman, Isuzu Panther dapat meminimalisir setiap getaran dan guncangan dalam berkendara agar penumpang tetap nyaman. Selanjutnya, harga sparepartnya pun murah sehingga tak terlalu menguras kantong. Begitupun dengan perawatan yang mudah memungkinkan anda sebagai sang pemilik untuk mengotak-atiknya sendiri atau pun membawa ke bengkel. Pasalnya, banyak sekali bengkel (bengkel biasa sekalipun) yang dapat menangani servis atau perbaikan jika terjadi kerusakan. Selain itu, Isuzu Panther terlah banyak berseliweran kemana-mana sehingga mobil ini sudah tak asing lagi, sekalipun di pelosok-pelosok. Yang terakhir dan tak kalah penting yaitu konsumsi bahan bakar yang irit.

Kekurangan

Selain kelebihan, Isuzu Panther masih menyisakan beberapa kekurangan. Apa saja itu? Yang pertama terletak pada akselerasinya yang kurang memuaskan dan kurang responsif dibanding mobil-mobil lainnya. Tentu ini bukanlah sesuatu yang bagus jika bagi anda yang suka ngebut. Tidak hanya itu, body roll mobil ini begitu terasa meskipun anda berkendara dengan kecepatan rendah. Selanjutnya, doortrim yang disematkan padanya juga terkesan murahan sehingga kesan mewah yang anda harapkan bisa sirna seketika. Yang terakhir, fitur-fitur interior alakadarnya dan terkesan minim tanpa ada sesuatu yang ditonjolkan di dalamnya.

 

Isuzu Panther Rating & Score

Exterior:      ?????              Konsumsi Bahan Bakar:   ?????

Interior:       ?????              Keamanan:                       ?????

Performa:   ?????              Harga:                              ?????

Keseluruhan:    ?????

Haruskah saya beli mobil ini?

Beli mobil ini jika…

  • Anda adalah seorang petualang yang suka menempuh medan-medan sulit atau anda hobi travelling ke berbagai tempat dengan memuat banyak penumpang.
  • Bodinya yang kokoh sangat mendukung untuk dikemudikan dengan melintasi berbagai medan yang sulit.
  • Selain itu body yang bongsor memungkinkan anda membawa banyak penumpang dengan ruang kabin yang lega, sekitar 8 hingga 10 penumpang (jika dipaksakan).
  • Jika anda ingin melakukan perjalanan jauh, Isuzu Panther pilihan tepat buat anda karena konsumsi bahan bakarnya yang tergolong irit serta tangki bahan bakar yang besar.

Jangan beli mobil ini jika…

  • Anda adalah seorang yang suka kebut-kebutan. Mobil ini tidak dirancang untuk dikemudikan dengan kecepatan tinggi sehingga akselerasi dan kegesitannya tak akan memenuhi ekspektasi anda.
  • Selain itu, jangan beli mobil ini jika anda menginginkan mobil yang terkesan mewah dan menonjolkan unsur-unsur yang elegan pada eksterior dan interiornya. Dengan demikian, anda yang berjiwa stylish kurang pas jika menunggangi Isuzu Panther.
  • Yang terakhir, jangan beli mobil ini jika anda menghendaki mobil dengan standar keamanan tinggi dan lengkap. Fitur keamanan yang disediakan mobil satu ini tergolong biasa saja dan tentu saja tak setinggi ekspektasi anda tersebut.

Dapatkan Mobil Isuzu Panther-mu sekarang juga!

Konsultasikan pembelian melalui MobilKamu untuk mendapatkan harga terbaiknya

di sini!

Perbandingan Isuzu Panther

Isuzu Panther vs. Kijang Innova Diesel

Baik Isuzu Panther maupun Kijang Innova Diesel sama-sama disokong oleh mesin diesel pada dapur pacunya. Soal kenyamanan, keduanya tak jauh berbeda karena keduanya dibekali dengan suspensi yang mampu meredam guncangan dengan cukup baik dan jok empuk untuk kenyamanan penumpang. Namun demikian, kijang Innova mengusung layout dashboard yang lebih menarik ketimbang yang ada pada Isuzu Panther, begitupun juga dengan fitur yang dimilikinya. Pada sektor mesin, mesin diesel yang diusung Innova lebih canggih ketimbang Panther. Pasalnya, Innova telah dibekali teknologi common-rail diesel sehingga membuat mobil ini lebih bertenaga dan juga lebih efisien dalam mengelola bahan bakar. Namun demikian, kapasitas mesin yang digunakan masih kalah jauh dengan Isuzu panther. Isuzu membekali mobil andalannya ini dengan mesin 2.499 cc sementara Toyota hanya membekali Innova Diesel dengan mesin berkapasitas hanya 1998 cc. Meskipun demikian, tenaga yang dihasilkan oleh mesin Innova lebih besar ketimbang milik Panther.

toyota kijang innova

Simak Review Lengkap Kijang Innova di sini!

Isuzu Panther vs. Toyota Kijang Diesel

Setelah sebelumnya kami menyuguhkan perbandingan antara Isuzu Panther dan Kijang Innova Diesel, kini lawan Isuzu berikutnya adalah Toyota Kijang Diesel. Mulai dari perawakannya, panther lebih unggul karena memiliki kaki-kaki yang kuat layaknya badak. Keduanya memiliki kekhasan eksterior masing-masing sehingga pilihan dapat disesuaikan dengan selera. Beralih ke interior, Toyota Kijang Diesel dibekali dengan interior yang lebih tenang dan nyaman dari Panther. Soal kelegaan ruang, Panther lebih unggul dengan luasnya space yang tersedia untuk penumpang. Untuk kelengkapan fitur interior, Panther harus mengakui keunggulan Kijang Diesel dimana fitur-fitur yang tersemat di dalamnya lebih bervariasi. Soal handling, kijang lebih unggul dari Panther dengan handling yang lebih anteng  serta lebih stabil. Masih berbicara tentang kenyamanan, getaran mesin diesel Kijang lebih ramah ketimbang Panther. Namun demikian, Panther pun memiliki keunggulan dalam hal trip meternya yang sudah digital tidak seperti Kijang.

 

Beralih ke sektor dapur pacu, mesin Panther lebih bertenaga ketimbang Kijang begitupun dengan torsinya dimana torsinya lebih bagus dibanding Kijang. Rasio gearnya pun masih lebih baik dari pada Kijang tanpa menurunkan performa di RPM bawah. Selain itu, konsumsi bahan bakar Panther pun lebih irit daripada Kijang sehingga keunggulan sektor mesin didominasi oleh Panther. Untuk biaya perawatan dan harga sparepart, milik Panther lebih murah ketimbang Kijang Diesel.

toyota kijang

Konsultasikan kebutuhan kendaraan Anda bersama konsultan profesional MobilKamu di sini!

Dapatkan penawaran harga terbaik sesuai budget yang Anda miliki.

Isuzu Panther vs. Mitsubishi Kuda

Baru saja telah diulas perbandingan antara Isuzu dengan dua mobil Toyota, yaitu Kijang Innova Diesel dan Kijang Diesel. Kini kita akan beralih pada perbandingan antara Isuzu Panther dengan rivalnya yaitu Mitsubishi Kuda. Salah satu yang menarik disimak adalah konsumsi bahan bakar keduanya. Isuzu Panther dibekali mesin yang lebih irit bahan bakar daripada Mitsubishi Kuda. Bisa dibilang, Isuzu adalah investasi yang lebih baik karena efisiensi bahan bakar yang ditawarkannya. Namun demikian, Isuzu Panther suaranya lebih berisik daripada Kuda yang cenderung lebih tenang. Untuk aspek kecepatan, Mitsubishi Kuda boleh berbangga diri karena mobil ini lebih kencang dan gesit ketimbang Panther. Soal perawatan, Panther lebih unggul karena perawatannya mudah dan semua bengkel dapat mengatasinya. Lain halnya dengan Mitsubishi Kuda yang peratannya susah dan tentunya lebih mahal biaya perawatannya. Akan tetapi, sparepart dari keduanya tersedia banyak di Indonesia.

toyota kuda

 

Isuzu Panther 2016 vs. Isuzu Panther Bekas

Seri Isuzu Panther 2016 merupakan penyegaran dari versi lamanya. Meskipun tetap mempertahankan  body besarnya, Isuzu terbaru 2016 ini memiliki banyak sentuhan baru. Dengan membidik kelas MPV yang dapat difungsikan sebagai pengangkut penumpang dan barang, bukanlah hal yang sulit bagi Panther karena versi 2016 ini hadir dengan ruang kabin yang begitu lega sebagaimana terdapat pada pendahulunya. Perbedaan yang sangat mencolok dapat ditemukan pada konsep rancangannya. Jika versi lama cenderung bergaya klasik, Panther 2016 telah mengusung konsep yang modern. Tak heran jika tampilan baru Isuzu Panther ini layak dipadankan dengan Toyota Avanza, Kijang Innova dan lain sebagainya. Untuk interior, Panther 2016 lebih mengesankan karena dipercantik dengan jok semi kulit bagi penumpangnya. Adapun untuk kenyamanan interior, mobil pabrikan Isuzu 2016 ini lebih lengkap dalam hal fitur-fitur di dalamnya.

isuzu panther bekas

 

Harga Isuzu Panther

Harga Isuzu Panther Baru

Masalah harga, memang sedikit sensitive sehingga merupakan suatu keharusan bagi yang meminatinya untuk tahu berapa harga resminya. Bagi anda yang telah tahu kehandalan Isuzu Panther, tentu bukanlah sebuah masalah. Namun demikian, sebagai sebuah mobil idaman keluarga yang seharusnya dilengkapi banyak fitur kenyamanan, tentu tiap konsumen berpikir dan membandingkan harga banderol dan fitur yang disuguhkan. Isuzu Panther ini dibanderol mulai dari Rp 204,6 juta untuk tipe terendahnya, yaitu Panther Smart. Adapun tipe tertingginya, yaitu Panther Grand Touring harga banderolnya menyentuh angka Rp 255.2 juta.

 

Harga Isuzu panther di atas adalah harga on the road sehingga sangat besar kemungkin terjadinya perbedaan harga antara satu showroom dan showroom lainnya. Kalaupun anda berharap adanya harga diskon yang ditawarkan oleh showroom-showroom baru, angka diskon dapat berubah tiap harinya sehingga mustahil bagi anda untuk mendapatkan harga terbaik tanpa memiliki relasi dengan showroom-showroom yang ada di Jakarta. Untungnya, MobilKamu memiliki relasi yang luas dengan showroom-showroom yang ada di Jakarta untuk membantu anda menemukan harga terbaik untuk Isuzu Panther kapanpun itu sepanjang tahun.

review isuzu panther

 

Spesifikasi Isuzu Panther

Secara keseluruhan, spesifikasi yang ditawarkan Isuzu Panther antara lain:

Exterior

  • Body Bongsor
  • Desain Gagah dan Garang
  • Garis Pintu Menonjol dan Khas
  • Back door garnish yang mutakhir

Interior

  • Kabin yang lega
  • Monitor DVD yang tersinkronisasi
  • Double AC Blower
  • Subwoofer yang menggelegar

 

Mesin

  • Mesin JA 1 liter dengan Turbocharge
  • Kapasitas mesin 2.499 cc
  • Teknologi Diesel Direct Injection
  • Konsumsi bahan bakar irit

Safety

  • Rear Parking Camera
  • Seatbelt with Pretentioner dan Force Limiter
  • Airbag
  • ABS + EBD + Brake Assist