review hyundai grand avega

 

Review Hyundai Grand Avega

Grand Avega merupakan salah produk baru produksi perusahaan otomotif Korea Selatan, Hyundai. Sebelumnya, perusahaan berpangsa cukup besar di Indonesia ini telah memiliki mobil berspesifikasi mirip, yakni Hyundai Avega. Pengembangan yang dilakukan Hyundai semakin meningkatkan kualifikasi mobil yang diluncurkan pertama tahun 2011 ini. Perbedaan utama antara Hyundai Grand Avega dengan Hyundai Avega terletak pada desain hatchback dengan ukuran sedang yang siap untuk bersaing pada level Toyota Yaris, Mazda2, Honda Jazz GE8,Nissan Livina dan KIA Rio. Sebagai generasi ke-4 keluarga Accent, Hyundai Grand Avega memiliki versi liftback yang berbeda dengan mengedepankan desain up to date sistem fluidic sculpture, mesin baru, teknologi canggih dan berbagai fitur yang mengutamakan kenyamanan dalam berkendara.

Exterior

Bagian eksterior mobil didesain dengan bodi kokoh, namun berukuran sangat praktis sehingga cocok untuk kondidi jalanan perkotaan. Dengan dimensi yang praktis, Hyundai Grand Avega tetap memiliki bagian eksterior super elit. Perpaduan antara kombinasi warna elegan dan dimensi 4.115 x 1.700 x 1.475 mm membuat pengendara merasa nyaman dalam perjalanan di perkotaan yang macet. Tampilan aerodinamis berkesan sporty tetap dapat digunakan oleh pengemudi dari berbagai usia. Warna yang tampak mewah merupakan aksen yang ditimbulkan oleh penggunaan fluidic sculpture body khas Hyundai yang baru diterapkan pada beberapa tipe keluarannya seperti Tucson, Sonata, dan Elantra terbaru.

Perusahaan Hyundai masih mempertahankan desain sporty khas Avega pada generasi ke-4 Accent ini. Desain eksterior Hyundai Avega sangat didominasi karakter sporty. Apabila dibandingkan dengan mobil tipe hatchabck lainnya, Hyundai Grand Avega memiliki ukuran bodi lebih rendah dengan desain lampu mungil. Tampilan depan mobil jenis hacthback ini didukung oleh kapasitas headlamp dan foglamp dengan desain khusus meruncing ke belakang. Secara detail, bentuk lampu Hyundai Grand Avega mirip seperti bumerang yang berada di sudut bawah, mengapit front grill dengan bentuk jajaran genjang.

Logo H untuk Hyundai dibuat berwarna chrome, serta diletakkan dibagian tengah grill. Ruang asupan udara terdapat pada bawah logo H untuk melancarkan sirkulasi udara pada dapur pacu. Pada bagian samping, Hyundai Grand Avega mempunyai garis siluet mencolok untuk meningkatkan kesan elegan yang mewah dan modern. Dari sisi samping, penampilan hatchback modern dengan lekukan bodi yang menarik tampak sangat elegan. Lay-out kaca samping  Hyundai Grand Avega dari depan hingga belakang berbentuk meruncing. Tidak hanya itu, bodi samping mobil ini juga memiliki aksen bertingkat, seperti nampak pada kedua pintunya. Jika dilihat dari garis potongan pintu serta atap yang cenderung landai di belakang, maka aksen sporty dan elit akan terasa sangat lekat. Dengan jumlah pintu sebanyak 5, akses keluar masuk penumpang akan sangat mudah dan praktis untuk segala perjalanan. Spesifikasi  Hyundai Grand Avega pada sektor buritan juga terkesan sporty dengan bentuk lampu belakang berliku.

review hyundai grand avega

7 Tips Keuangan Ampuh Agar Kamu Bisa Mulai Kredit Mobil di Usia 20an

3 Langkah Pengajuan Kredit Mobil Yang Wajib Diketahui

Interior

Jika dinilai dari sisi interiornya, Hyundai Grand Avega tidak kalah saing dengan kenyamanan mobil jenis hatchback keluaran Jepang. Komponen tombol dan panel yang berdekatan akan memudahkan pengemudi, serta didukung bahan kursi dan setir yang khusus dibuat dari bahan halus dan tidak menyebabkan gesekan berlebihan dengan tangan. Tidak perlu khawatir jika ingin melakukan perjalanan jauh, mobil ini sangat mampu mengatasi rasa penat dengan berbagai hiburan di dalamnya.

Setir modern dengan perlengkapan Audio Steering Control berfungsi mengontrol audio ketika sedang menyetir tanpa mengganggu konsentrasi dalam mengemudi. Tombol trim sebelah kanan untuk sistem pengaturan spion yang dekat dengan power window mampu mempermudah dalam berkonsentrasi di jalan raya. Secara keseluruhan, desain dan pemilihan seluruh bahan interior Hyundai Grand Avega memiliki ruang yang cukup untuk sirkulasi dan pergerakan pengemudi maupun penumpang. Legroom yang luas hingga row belakang tempat duduk akan membantu memposisikan kaki untuk selonjor, sehingga cocok untuk digunakan pada perjalanan panjang.

review hyundai grand avega

Ingin beli mobil namun Anda terlalu sibuk? Percayakan pembelian mobil impian Anda pada MobilKamu. Selengkapnya klik di sini!

Performa

Pada sektor dapur pacu, Hyundai Grand Avega tidak lagi menggunakan mesin 1,5 liter G4EK yang umumnya digunakan beberapa jenis taksi. Kini mesin mobil hachbak ini merangkul tipe Gamma berkode G4 injeksi 4 silinder yang segaris dengan 16 katup DOHC dengan kapasitas 1,4 liter. Tenaga maksimum hingga 108 Hp pada momen puntir 6.300 rpm serta torsi puncak 130 Nm di putaran 5.000 rpm. Melalui pengadaan beberapa komponen spare parts baru, Hyundai Grand Avega dapat melaju dengan kecepatan cukup tinggi tanpa membuat mesin panas. Karena bodi kokoh yang didukung wheelbase 2.570 mm, mobil ini mampu menampung hingga 5 penumpang.

Lebar tapak ban depan Hyundai Grand Avega adalah 1.506 mm dan lebar tapak ban belakangnya 1.511 mm. Bobot mobil yang hanya 1.040 kg sangat membantu performa akselerasi di jalan. Tidak hanya itu teknologi velg ring 16 inci yang dibalut dengan ban depan-belakang berukuran 195/50 serta sistem pengereman Disc Brake ber-Vacuum Power Assist pada rem belakang dapat tetap memberi rasa aman pada perjalanan panjang di segala medan. Tidak hanya itu, mobil hatchback beraksen chrome ini memiliki spesifikasi  mesin berkarakter ‘start and stop’, sehingga memiliki tarikan yang sangat responsif pada putaran mesin bawahnya.

 

hyundai grand avega

 

Keamanan

Untuk perlindungan dari bahaya mendadak, Hyundai Grand Avega dilengkapi dengan berbagai desain dan kontrol yang dapat menjamin keselamatan penumpang. Karena ruangan pada mobil sporty ini cukup luas, maka keamanan pada sektor sirkulasi udara sangat tinggi. Untuk memberi keamanan dan kemudahan dalam berkendara, Hyundai Grand Avega memiliki panel LCD yang akan memberikan kemudahan kontrol bagi pengemudinya. Dashboard  Hyundai Avega diisi oleh panel penunjuk kecepatan, RPM meter, indikator bahan bakar serta indikator lampu utama, belakang dan lampu seinnya. Meskipun memiliki banyak fitur hiburan, keamanan mobil ini sangat terjaga. Pengemudi tetap akan bisa mengakses musik dan hiburan lainnya dengan sistem kontrol yang memungkinkan konsentrasi tidak terganggu.

Pada sistem audio, keamanan Hyundai Grand Avega mengusung  jenis pusat kendali terletak di bagian tedi tengah dashboard. Sebagai upaya prefentif terhadap gangguan sinar ultraviolet dari arah depan yang dapat mengganggu penglihatan pengemudi, Hyundai menempatkan unit sunvisor pada kabin depan mobil. Selain itu, kabin belakang juga dapat mendukung keamanan penumpang  dengan memperhatikan penempatan unit power window control di masing-masing pintunya. Kelebihan utama Hyundai Grand Avega dari sisi keamanan adalah airbag pada bagian setir dan rangka kokoh dapat meminimalisir resiko kecelakaan yang lebih fatal. Jenis mobil aerodinamics ini juga mengaplikasikan teknologi Anti-lock Braking System (ABS) yang akan mencegah terjadinya ban terkunci saat pengereman keras dan mendadak sehingga laju kendaraan tetap dapat dikontrol dan akan mengurangi resiko terjadinya kecelakaan.

review hyundai grand avega

Daftar 5 Mobil Terlaris di Indonesia Terupdate Hingga Oktober 2016

Komparasi 5 Mobil MPV Paling Populer di Indonesia, Mana Favorit Kamu?

Konsumsi Bahan Bakar

Dengan jenis kapasitas tangki mobil,  Eco Mode Hyundai Grand Avega mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar yang digunakan. Untuk jenis mobil sporty, mobil berbahan bakar pertamax ini memiliki kemampuan tampung sebesar 43 liter.  Selain itu, Hyundai Grand Avega  memiliki fitur paket mode hemat yang diberikan oleh Hyundai dengan cara mengaktifkan pada tombol trip dekat panel instrumen, Eco On atau Off. Agar fitur Eco Mode dapat berjalan optimal, pengemudi sebaiknya tidak mengendarai mobil ini secara agresif agar mempertahankan performa mesin saat melakukan penghematan bahan bakar. Dengan berbagai kenyamanan dan kapasitas tangki yang hemat, sepanjang perjalanan pengemudi akan seperti dipandu dengan asisten pribadi yang akan memberi peringatan jika terlalu menekan pedal gas terlalu dalam.

hyundai grand avega

Keseluruhan

Seperti mobil sporty pada umumnya, Hyundai Grand Avega memiliki karakter agresif yang dibalut dengan aura mewah sistem fluidic sculpture body. Sebagai varian paling mahal karena usia yang juga paling junior, mobil dengan bentuk aerodinamics inii memiliki spesifikasi dan fitur terbaik milik Hyundai. Selain performa mesin  yang berkualitas tinggi,  ruang pacu mesin tipe Gamma D-CVVT yang memiliki kapasitas 1.4 liter  ini memiliki tenaga tertinggi di kelas hatchback. Pilihan transmisi yang diberikan Hyundai Grand Avega pun sangat menarik, yakni 4 percepatan otomatis berteknologi Shiftronic dan 6 percepatan manual.

Meskipun didesain secara mewah, dukungan mesin yang bertenaga ekstra serta fitur modern akan membuat pengemudi dan penumpang merasa nyaman dalam perjalanan. Selain spesifikasi di atas, masih ada pelengkap perjalanan yang sangat penting yakni pengatur suhu di dalam dengan 4 level kedinginan yang akan memaksimalkan persebaran sirkulasi udara dengan level yang diinginkan.

Hyundai Grand Avega dilengkapi headlamo bertipe LED dengan Tachometer, Electronic Multi Tripmeter dan kursi yang terbuat dari kulit dengan lapisan berbahan kain. Untuk Setirnya, pilihan kulit digunakan agar pengemudi merasa nyaman untuk sistem handling. Tidak hanya itu, Hyundai Grand Avega juga memberikan fitur display suhu udara luar, Odometer digital, dan tangki bahan bakar bagian tengah sebagai penyempurna kapasitasnya. Soal hiburan dan komunikasi, mobil dengan pilihan warna beragam ini memiliki radio AM/FM, socket USB, CD player, speaker depan, speaker belakang dan audio 2 DIN.

review hyundai grand avega

Selalu ada promo menarik di MobilKamu. Jangan ketinggalan info terupdatenya. Subscribe di sini!

Kekurangan dan Kelebihan Hyundai Grand Avega

Kekurangan Hyundai Grand Avega adalah membutuhkan BBM beroktan tinggi, yakni pertamax untuk menjaga kualitas mesin. Karena berbahan bakar pertamax, otomatis biaya bahan bakarnya lebih tinggi dari mobil yang dapat diisi pertalite atau premium. Untuk jenis spion, kekurangan Hyundai Grand Avega adalah masih belum retractable atau belum bersistem lipat otomatis. Selain itu, mesin mobil ini masih kurang responsif dalam melaju di kecepatan 100 km/jam ke atas. Untuk peredaman kabin, mobil jenis hatchback ini perlu meningkatkan kualitas agar dapat bersaing dengan mobil sejenis merk lainnya. Selain itu, jaringan aftersales perusahaan Hyundai yang rendah serta image mobil Korea yang tidak sebaik Jepang membuat harga jual kembali Hyundai Grand Avega menjadi jatuh hingga 50%.

Meskipun memiliki beberapa kekurangan di atas, Hyundai Grand Avega dinilai masih memiliki kualitas sangat tinggi dengan Mode Eco Drive, desain elegan, kabin yang lapang, legroom berukuran besar, audio steering control dan pemakaian atau konsumsi bahan bakar yang hemat.

Hyundai Grand Avega  Rating & Score

Exterior:      3/5  Konsumsi Bahan Bakar:   3/5

Interior:       3/5  Keamanan:                       3/5

Performa:   3/5    Harga:                              2/5

Keseluruhan:    3/5

Haruskah saya beli mobil ini?

Beli mobil ini jika…

Mobil ini sangat cocok untuk pengemudi yang menyukai desain mobil kecil yang mewah. Karena mempunyai pilihan warna yang banyak, segala jenis aktifitas dapat terakomodir dengan satu jenis mobil saja. Selain itu, bagi pengguna yang tertarik pada mobil bermode Eco Drive, memanfaatkan Hyundai Grand Avega adalah langkah tepat untuk lebih mencintai lingkungan. Selain karena desain dan mode, kelapangan kabin dan kapasitas tangki akan cocok digunakan untuk keluarga kecil yang suka bepergian jauh dan membutuhkan tempat duduk yang leluasa dalam perjalanan.

Jangan beli mobil ini jika…

Meskipun memiliki kabin yang luas, kapasitas bagasi cenderung sempit. Karena itu, mobil ini kurang cocok jika akan dimanfaatkan untuk membawa berbagai macam bawaan. Jika tetap ingin membeli mobil ini dengan bawaan yang banyak, jumlah penumpang dapat dikurangi sehingga muatan tetap cukup. Selain itu, mesin Hyundai Grand Avega masih kurang responsif untuk kecepatan diatas 100 km/jam. Oleh karena itu, mobil ini tidak disarankan untuk pengemudi yang baru belajar atau yang memiliki hobi memacu kendaraan dengan cepat

Perbandingan Hyundai Grand Avega

Hyundai Grand Avega  vs. Toyota Yaris

Dalam perbandingan harga, Hyundai Grand Avega dibanderol dengan harga lebih murah, yakni Rp218.000.000. Toyota Yaris cenderung lebih mahal dengan kisaran harga Rp270.300.000. Jenis kendaraan yang sama yakni hatchback memungkinkan keduanya memiliki beberapa persamaan, yakni jenis bahan bakar yaitu bensin. Soal mesin, kapasitas Toyota Yaris lebih unggul dengan 1.496 cc dibanding Hyundai Grand Avega yang hanya 1.368 cc. Torsi Hyundai Grand Avega juga lebih kecil, hanya 133 Nm jika dibandingkan dengan Toyota Yaris yang mencapai 140 Nm. Jumlah silinder dan katup per silinder yang sama yaitu 4 buah serta sistem suplay bahan bakar direct injection membuat keduanya menjadi mobil sporty yang handal di jalanan.

Kapasitas tempat duduk kedua jenis mobil sama, yakni 5 kursi. Soal kapasitas tangki, Hyundai Grand Avega berukuran lebih besar hingga 43 liter dibanding Toyota Yaris yang hanya 42 liter. Panjang x lebar x tinggi mobil ini sama persis yakni 4.115 x 1.700 x 1.457 mm. Namun, ukuran wheelbase Hyundai Grand Avega sedikit lebih besar dengan 2.570 mm jika dibandingkan dengan Toyota Yaris pada 2.550 mm. Untuk lebar tapak ban depan-belakang Hyundai Grand Avega cukup besar 1.506 – 1.511 mm.

simak Toyota Yaris Heykers Didesain Orang Indonesia, Benarkah?

review hyundai grand avega

Hyundai Grand Avega  vs. KIA All New Rio

Meskipun sama-sama menjadi anggota keluarga hatchback, Hyundai Grand Avega dan KIA All New Rio  memiliki beberapa spesifikasi yang berbeda sehingga dapat menjadi perbandingan bagi calon pembeli. Harga KIA All New Rio dibanderol lebih murah dengan kisaran Rp195.000.000 sampai Rp250.000.000. Sedangkan Hyundai Grand Avega memiliki kisaran harga Rp218.000.000 sampai Rp228.500.000. Karena harga yang lebih murah, KIA All New Rio memiliki value of money lebih tinggi dari Hyundai Grand Avega. Namun, bagi para peminat mobil bekas, mungkin Hyundai Grand Avega dapat dijadikan pertimbangan karena dalam waktu 3 tahun saja, harganya sudah turun hingga 40% dalam kondisi masih sangat baik (garansi berlaku selama 5 tahun). Tidak perlu khawatir soal harga purna jualnya yang rendah. Sistem purna jual dan link yang belum luas tidak seperti mobil merk Jepang membuat Hyundai Grand Avega tetap berkualitas baik meskipun harganya turun drastis.

Jika dibandingkan dari segi dimensi, Hyundai Grand Avega memiliki ukuran lebih panjang dan kabin lebih lapang. Namun KIA All New Rio mempunyai bahu lebih lebar sehingga dapat memungkinkan penumpang merasa lebih nyaman dan leluasa. Soal nilai kepraktisan, KIA All New Rio mengantongi nilai plus karena cup holder di door trim pintu dow belakang yang tidak dimiliki oleh Hyundai Grand Avega. Disisi lain, Hyundai Grand Avega memiliki kelebihan pada kapasitas bagasi meskipun keduanya bukan mobil berkapasitas bagasi tinggi.

sumber: carusermagz

hyundai grand avega

Hyundai Grand Avega  vs. Honda Jazz

Soal merk, Honda memang lebih terkenal dibanding Hyundai. Jadi, tidak mengherankan jika Honda Jazz dibanderol dengan harga sekitar Rp263.000.000 disamping Hyundai Grand Avega yang hanya Rp218.000.000. Selain merk dan harga, Honda Jazz juga memiliki mesin lebih tinggi yakni 1.497 cc dan Hyundai Grand Avega 1.368 cc. Kekuatannya pun berjarak cukup jauh dengan nilai 118 hp bhp dan 99 hp bhp dengan torsi 145 Nm dan 130 Nm. Dalam pilihan warna, Hyundai Grand Avega memiliki kombinasi yang lebih mewah meskipun variannya minim jika dibandingkan Honda Jazz. Sistem PGM-Fi yang dimiliki Honda Jazz membuat Hyundai Grand Avega perlu banyak mengupgrade spesifikasinya agar dapat bersaing dengan raja hactback tersebut.

simak Review, Harga, dan Spesifikasi Honda Jazz 2016

review hyundai grand avega

Hyundai Grand Avega  2016 vs. Hyundai Grand Avega  Bekas

Seperti yang telah diinformasikan sebelumnya, harga purna jual semua produk otomotif pabrikan Korea tidak begitu baik. Karena persebaran purna jual yang sedikit, dalam 3 bulan saja harga sudah menurun sebanyak 40%. Rata-rata harga jual mobil Hyundai Grand Avega bekas adalah Rp103.000.000 sampai Rp190.000.000. Jika dibandingkan dengan Hyundai Grand Avega baru 2016, maka jarak terdekatnya saja sudah mencapai Rp50.0000.000. Perbandingan tersebut belum termasuk jika mobil mengalami beberapa kerusakan atau penggantian suku cadang. sumber oto.com

hyundai grand avega

Harga Hyundai Grand Avega

Harga Hyundai Grand Avega  Baru

Rata-rata harga Hyundai Grand Avega baru adalah Rp200.000.000. Untuk tipe termurah, yaitu Hyundai Avega tipe GL M/T harganya hanya sekitar Rp211.000.000. Grand Avega GL A/T, dibanderol dengan harga sekitar Rp225.000.000. Hyundai Grand Avega SG A/T dapat dibeli dengan Rp228.500.000. Untuk varian limited yang terdiri dari dua jenis jenis M/T harganya cukup terjangkau yakni Rp 218.000.000, dan jenis A/T dibanderol dengan harga Rp 232.000.000. Harga tersebut dinilai cukup terjangkau jika dibandingkan harga hacthback merk Jepang yang cenderung lebih mahal.

hyundai grand avega

Spesifikasi Hyundai Grand Avega

  • Tipe : 1.4 Gamma D-CVVT
  • Kubikasi                         : 1,396 cc
  • Tenaga maksimal (ps / rpm) : 108 / 6,300
  • Torsi maksimal (kg·m / rpm) : 13.9 / 5,000
  • Jumlah silinder             : 4
  • Jumlah katup                        : 16
  • Transmisi : Tipe   4 Speed AT Shiftronic / 6 Speed manual
  • Tipe bahan bakar            : Bensin
  • Kapasitas tangki             : 43
  • P x L x T                         : 4,115 x 1,700 x 1,457 mm
  • Jarak sumbu roda             : 2,570 mm
  • Tinggi roda depan             : 1506 mm
  • Tinggi roda belakang : 1511 mm
  • Kapasitas kargo             : 370 L
  • Berat kosong                         : 1,040 kg
  • Berat maksimal             : 1,115 kg
  • Berat isi                         : 1,560 kg
  • Roda depan                         : 6.0JX16
  • Roda belakang             : 6.0JX16
  • Ban depan                         : 195/50R16
  • Ban belakang : 195/50R16
  • Fitur                                     : Sunvisor, Luggage space, Power window controls

Exterior

  • Pilihan warna: Sleek silver, White Crystal, Veloster Red, Phantom Black, dan Grand Avega Limited Vitamin C
  • Washer Jendela Belakang
  • Velg alloy
  • Antena elektrik
  • Spoiler Belakang
  • Lampu sein kaca Spion Luar
  • Garnis Warna Krom
  • Pembuka Tutup Bensin

Interior

  • AC
  • Power Window Depan
  • Pemanas
  • Ventilasi AC Belakang
  • Kursi yang dapat disesuaikan
  • Kursi Kemudi yang tingginya dapat disesuaikan
  • On Board Computer
  • Power Outlet
  • Power steering
  • Lingkar kemudi Dengan Tombol Multi Fungsi
  • Cruise control
  • Kursi Lipat Belakang
  • Pembuka Bagasi
  • Lampu Pengingat Jumlah Bahan Bakar
  • Headrest Kursi Belakang
  • Cup Holder – depan
  • Cup Holder – belakang

Mesin

  • Mesin 3SZ-VE DOHC VVT-i
  • Tenaga maksimal: 97 Ps
  • Putaran mesin: 6000 RPM.
  • Transmisi manual: 5 percepatan

Safety

  • Kantong Udara Pengemudi
  • Kunci Pengaman Anak anak
  • Sabuk Pengaman Belakang
  • Pengingat Pemakaian Sabuk Pengaman
  • Sabuk Pengaman Depan dengan Penyesuai ketinggian
  • Crash Sensor
  • Front Impact Beams
  • Pelindung Benturan Samping
  • Pengingat Pintu Terbuka