Honda Stream

mobil-honda-stream

 

Honda Prospect Motor memperkenalkan Honda Stream pada tahun 2000 kepada masyarakat Indonesia, pada tahun itu, Honda memenuhi kebutuhan masyarakat untuk memperkenalkan MPV 7 Seaters agar bisa membawa penumpang lebih banyak. Honda Prospect Motor ingin membuat mobil MPV yang sporty sekaligus menjadi people carrier. Bentuk body nya pun hampir mirip dengan kakak nya, Honda Civic Hatchback.

Honda memperkenalkan stream dengan 2 mesin dalam 3 varian, yaitu 1.7L M/T, 1.7L A/T, 2.0L A/T, transmisi otomatisnya adalah transmisi triptonik, yang bisa menurunkan dan menaikan gigi sesuai kondisi jalan. Mesin khas Honda, i-Vtec memberikan performa sangat baik dengan konsumsi bbm yang efisien, tetapi mesin i-Vtec adalah mesin yang memiliki karakter torsi maksimum yang hanya diraih pada putaran mesin tertinggi, sehingga kita sering tergoda untuk menekan pedal gas.

Mobil ini sangat cocok untuk dijadikan mobil keluarga, terlebih karena mobil ini adalah mobil 7 seaters dengan kabin yang sangat lapang. Tetapi sayang, jika kursi row ke 3 dipakai, maka volume bagasi nya pun langsung terpapas. Tetapi kekecewaan itu pun hilang karena dimanjakan oleh kabin dan interior nya yang sangat mewah, membuat anda sangat nyaman dalam berkendara. Kabin nya pun sangat hening karena kualitas peredam yang digunakan oleh Honda, tetapi, sesuai khas mobil Honda, ada intrusi suara angin dan suara ban yang masuk ke dalam kabin. Walau suspensi nya sedikit kaku, tetapi mobil ini sangatlah minim body roll dan sangat enak dalam pengendalian handling. Stirnya sangat tajam dan akurat, membuat Honda Stream ini sangat menyenangkan untuk dikendarai.

Baca juga artikel lainnya:

Untuk membeli Honda Stream, ada 2 varian yang anda bisa pilih, masing-masing varian ada kelebihan dan kekurangan nya, ada beberapa fitur berbeda pada varian ini yang harus anda ketahui

Tipe 1.7L – SOHC VTEC D17A : Rem ABS+EBD, rem depan cakram, rem belakang tromol, interior fabric, AC single front blower only, foglamp optional, parking brake konvensional.

Tipe 2.0L – DOHC VTEC K20A : Rem ABS+EBD cakram depan belakang, Dual SRS Airbag, Interior jok kulit, AC double blower (depan belakang), foglamp, transmisi triptonic, foot parking brake, keyless entry.

Kami pribadi menyarankan untuk mengambil opsi 2.0L, karena performa yang disuguhi sangatlah memukau, tetapi kekurangan dari tipe 2.0L adalah konsumsi bbm nya yang terbilang boros, maklum, AC yang terpasang juga double blower. Tetapi masalah itu pun sirna dikarenakan performa yang ditawarkan sangatlah impresif dan sangat stabil pada kecepatan tinggi. Suspensi nya terbilang keras tetapi handling nya tidak mengecewakan. Sayang, kursi baris ke 3 terbilang sempit, dan ground clearance terbilang pendek untuk mobil sekelas MPV ini.

Dikarenakan usia mobil ini yang rata rata mencapai 1 dekade, maka ada beberapa hal yang anda harus perhatikan sebelum meminang mobil ini.

Pada Sektor kaki-kaki, beberapa hal harus anda beri perhatian ekstra lebih, yaitu :

  • Periksa kondisi suspensi, jarak tempuh yang diatas 100,000km perlu diganti bushing suspensi nya dikarenakan telah termakan usia. Periksa juga long tie rod dan ball joint, pastikan tidak ada bunyi yang aneh di sektor kaki-kaki.
  • Periksa knalpot dan pastikan tabung knalpot dan pipa pipanya dalam kondisi baik, orisinal dan tidak bocor. Banyak dari pengguna Honda Stream kerap mengganti knalpot dengan produk aftermarket.

 

Miliki segera mobil Honda Stream ini! Pesan di » mobilkamu.com