Review, Spesifikasi & Harga Honda Mobilio

mobil-baru-terbaik

Review Honda Mobilio

Sudah sejak Januari 2014 Mobilio menjadi Low MPV andalan Honda. Penjualannya pun selalu meningkat dari waktu ke waktu. Mengusung jargon "Banyak Kelebihan Banyak Keunggulan" yang dipakai PT Honda Prospect Motor (HPM), seakan ingin mendeskripsikan jika Honda Mobilio lebih segalanya dibanding para pesaing.

Dibangun dari platform Honda Brio, Mobilio pertama kali mendebut saat berlangsungnya Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013. Dan setelah kemunculan perdananya di Indonesia, Mobilio juga dijual di beberapa Negara, seperti di India.

Dan tepat dua tahun pasca kehadirannya di Indonesia, HPM menawarkan Honda Mobilio 2016 pada Januari silam. Perubahannya minor baik pada sisi luar maupun sektor kabin, termasuk juga tambahan tipe Prestige selain tipe S, tipe E, dan tipe RS yang sebelumnya sudah ada di keluarga Mobilio.

Eksterior

Sejak dua tahun lalu belum banyak yang diubah Honda pada Mobilio. Raut wajahnya masih saja khas yang diambil dari facia depan Honda Brio. Demikian juga dnegan Mobilio 2016 yang berstatus sebagai model facelift.

mobil-baru-terbaik

 

Dibagian luar Honda hanya memberikan sentuhan minim yang dipoles ulang untuk Mobilio 2016. Misalnya saja imbuhan chrome garnish untuk rumah foglamp, aksen di sisi pintu bagian bawah, aksen di belakang pemersatu antara lampu kiri dan kanan, serta pada muffler cutter.

Selain itu desain velg juga berubah antara Mobilio pertama kali muncul dnegan yang saat ini ada di dealer resmi Honda. Ukurannya tetap 15 inci tetap untuk tipe E dan Prestige pakai model yang sedikit berebda, sementara untuk tipe RS masih memakai model velg yang sama dengan generasi sebelumnya. Kemudian model spion luar juga sedikit berbeda karena pada model terkini disematkan lampu sein LED demi menambah keselamatan berkendara.

Ingin punya mobil Mobilio sekarang? Segera Pesan di » mobilkamu.com

Interior

Ruang kabin mungkin menjadi ubahan yang cukup banyak dilakukan Honda disbanding Mobilio sebelumnya. Karena disinilah Honda Mobilio 2016 mendapatkan satu set dasbor baru yang terlohat jauh lebih fresh dan modern. Tata letaknya baru, tombol-tombolnya berubah, termasuk desain lingkar kemudi dan panel instrumen dengan tampilan Multi Information Display yang juga baru.

Tidak ada lagi bentuk dasbor membulat seperti yang ada di Mobilio sebelumnya, gantinya sebuah tata letak dasbor yang jauh lebih ergonomis. Menggunakan dual kombinasi warna, hitam dan beige untuk Mobilio tipe S dan E, ini menjadi pembeda dengan tema warna dasbor Mobilio sebelumnya yang full hitam. Kini Mobilio juga sudah menggunakan panel AC digital, tak lagi dengan sistem putar. Sistem AC ini juga bisa ditemui pada Honda BR-V.

Pada bagian tengah dasbor menempel sistem audio berlayar 6,2 inci dengan mekanisme layar sentuh. Sistem hiburan ini kompatibel dengan berbagai format file dari bermacam media seperti CD, DVD, USB, atau iPod/iPhone. Selain itu monitor tersebut juga berfungsi sebagai area visibilitas belakang mobil yang terhubung melalui kamera mundur.

Untuk bagian kabin lain lainnya, Mobilio menggunakan bahan fabric dengan kelir Beige untuk tipe S, E dan Prestige, namun tipe RS warna yang dipakai hitam. Sandaran kepala dibuat menyatu dengan jok yang memiliki sedikit bagian sayap pada sisi kiri dan kanannya, AC double blower untuk penumpang belakang, serta setir dengan sistem tilt steering, dan auto door lock yang memungkinkan pintu mengunci otomatis jika mobil melaju kecepatan tertentu. Fitur terakhir ini baru bsia ditemui pada Mobilio 2016.

mobil-baru-terbaik

Performa

Honda membenamkan satu set mesin 1.5L i-VTEC yang dikombinasikan gearbox CVT Earth Dreams Technology untuk tipe transmisi otomatis milik Mobilio agar mendekam di ruang bonet kendaraan tujuh penumpang ini. Dengan mesin ini Honda Mobilio memiliki kekuatan 118 Hp pada 6.600 rpm dan torsi maksimal 145 Nm di 4.600 rpm.

Catatan itu membuat Mobilio memiliki tenaga yang terkuat di kelasnya, mengingat komeptitor lain rata-rata hanya punya power maksimum di kisaran 105-109 Hp. Hal ini tentu saja berdampak positif pada kenikmatan berkendara Mobilio. Berdasarkan pengalaman berkendara dengan Mobilio di jantung Kota Jakarta, tenaga besar Mobilio tersalur lembut di tiap posisi gigi. Baik ketika menggunakan tipe transmisi otomatis dengan bantuan CVT Earth Dreams Technology atau pun varian yang memakai tranmsisi manual 5-percepatan.

Untuk Mobilio tipe transmisi otomatis sanggup menuntaskan akselerasi 0-100 km/jam dalam 11,1 detik sementara tipe transmisi manual 10,8 detik. Sebuah perolehan waktu yang tidak buruk untuk kendaran di segmen Low MPV.

Kemampuan manuvernya Mobilio masih sanggup memberikan respon yang cekatan ketika lingkar kemudi dibawa bermanuver. Setir seakan mampu mendeteksi keinginan pergerakan tangan. Menariknya lagi Honda melakukan ini tanpa mengorbankan kenyamanan seluruh penumpang di dalamnya. Bantingan hingga penumpang baris ketiga terbilang wajar.

Ingin punya mobil Mobilio sekarang? Segera Pesan di » mobilkamu.com

 

mobil-baru-terbaik

Keamanan

Honda merupakan pabrikan otomotif yang tak pelit menyertakan perangkat keselamatan aktif dan pasif di semua modelnya, termasuk juga Mobilio. Mulai dari struktur rangka Mobilio yang menggunakan G-CON untuk meredam dan menyalurkan energi benturan apabila terjadi kecelakaan telah menjadi standar mobil Honda yang diterapkan juga pada Low MPV ini.

Kemudian Sistem Anti-lock Braking (ABS) serta Electronic Brake-force Distribution (EBD) akan membantu ketika pengemudi melakukan pengereman mendadak guna menghindari benturan dengan kendaraan lain. Jika benturan tak bisa dihindari maka ada Dual SRS Airbags di kabin depan yang siap menahan terjadinya cidera lebih fatal baik bagi pengemudi atau penumpang.

Selain itu, Pretensioner with Load Limiter Seatbelt di semua jok dan ISOFIX akan berusaha semaksimal mungkin menjaga Anda dan putra putri Anda termasuk si kecil tetap berada di tempat duduknya saat terjadi benturan. Dengan demikian seluruh penumpang bisa terhindar dari resiko cidera.

Sistem keamanan mobil dituntaskan dengan keberadaan fitur Immobilizer yang jadi satu paket dengan alarm. Sistem ini memungkinkan mesin hanya mau dihidupkan dengan kunci asli yang telah dibekali kode chip tertnetu dari pabrikan.

mobil-baru-terbaik

Konsumsi Bahan Bakar

Penggunaan transmisi CVT Earth Dreams Technology selain memberikan pergeseran posisi gigi yang halus juga turut mendukung pencapaian efisiensi bahan bakar yang lebih baik pada Mobilio. Hasil pengetesan di dalam kota Jakarta membuktikan jika Honda Mobilio transmisi otomatis bisa menggapai 14,8 km/liter Untuk rute pengetesan di tol dengan kecepatan konstan didapat 18,9 km/liter.

Bagi yang mau memilih Mobilio transmisi manual juga jangan ragu mengingat tipe ini pun sanggup lebih hemat dengan konsumsi bahan bakar 15,5 km/liter untuk pengujian di jalan dalam kota. Sementara pengujian di jalur tol didapat 20 km/liter. Angka itu tentunya berbeda tiap pengendara dan tergantung situasi di jalan raya.

Namun bagi yang ingin berkendara hemat bahan bakar, Honda menyediakan ECO Assist indicator pada Mobilio. Lampu indicator ECO berwarna hijau akan menyala untuk membantu pengemudi mempertahankan gaya mengemudinya agar didapat efisiensi bahan bakar terbaik.

mobil-baru-terbaik

 

Keseluruhan

Dari sisi luar, telah membentuk desainnya yang khas sebagai mobil keluarga modern. Namun kini dnegan datangnya model facelift 2016 ditambah lagi dengan sentuhan ornamen chrome garnish di beberapa sudut. Perubahan yang lebh banyak terlihat justru ada di bagian ruang kabin dengan dibenamkannya satu set dasbor baru termasuk panel AC digital baru dan instrument cluster baru, serta monitor layar sentuh 6,2 inci.

mobil-baru-terbaik

 

Diluar itu Mobilio menyajikan sensasi mobil keluarga yang menyenangkan untuk dikendarai baik ketika beraktifitas harian seorang diri untuk mengarungi kerasnya jalan raya Ibukota atau dibawa pelesir di akhir pekan bersama keluarga. Kemampuan tenaga terbesar di kelasnya dengan manuver cekatan yang dimilikinya, ia layak untuk jadi pilihan keluarga Indonesia.

Butuh mobil M obilio? Segera Pesan di » mobilkamu.com

 

Kekurangan dan Kelebihan Honda Mobilio

Sudah sejak dua tahun Honda tak pernah merombak Mobilio, bahkan untuk Mobilio 2016 polesan ubahannya hanya dilakukan secara minor. Ini tentu bisa menimbulkan rasa jenuh dan bosan dari konsumen jika Honda tak segera melakukan full model change di Mobilio. Selain itu ruang kaki bangku baris ketiga juga masih ajdi pekerjaan rumah yang mesti diperbaiki oleh Honda agar kabin belakang masih nyaman dipakai duduk orang dewasa untuk perjalanan jauh.

Meski demikian secara desain Mobilio memang sudah memuliki purpa rupa yang terlihat lebih modern dan stylish dibanding Low MPV lain. Apalagi ruang kabin kini dibentuk sedikit lebih modern dengan tata letak dasbor baru tak lagi sekedar plug and play dari kepunyaan Brio yang masih merupakan satu platform dengan Mobilio. Kemampuan mesin, kenikmatan maneuver, serta konsumsi bahan bakar yang idel untuk mobil perkotaan membuat Mobilio masih layak dipertimbangkan.

Honda Mobilio Rating

Score Exterior: 2/5

Konsumsi Bahan Bakar: 4/5

Interior: 3/5

Keamanan: 3/5

Performa: 4/5

Harga: 3/5

Keseluruhan: 4/5

Haruskah Saya Beli Mobil Ini?

Beli Mobil Ini Jika...

Anda merupakan keluarga muda yang memiliki satu atau dua anak yang masih balita dan mencari mobil pertama. Mobil ini cocok untuk dipakai berlibur bersama keluarga berikut barang bawaan kebutuhan keluarga sekaligus juga masih sangat layak untuk penggunana harian baik untuk aktifitas kantor atau sekedar mengantar anak ke sekolah.

Jangan Beli Mobil Ini Jika...

Anda membutuhkan mobil dengan ruang kabin mewah yang dibalut bahan kulit pada seluruh trimnya. Bagi Anda yang memiliki keluarga besar dengan jumlah anggota keluarga lebih dari lima serta ingin mobil dengan karakter mesin yang agresif juga sebaiknya pilih mobil lain sebagai kendaraan yang bisa dipakai bersama.

Perbandingan Honda Mobilio

Honda Mobilio vs Toyota Avanza

Tidak dapat dipugkiri penguasa di segmen Low MPV adalah Toyota Avanza. Namun ternyata di beberapa segi, banyak hal yang bisa Mobilio tidak kalah dibanding Avanza. Dalam hal kekuatan mesin misalnya jika Avanza kini diperkuat mesin 1.5L untuk varian Veloz maka keluaran tenaganya ada di 104 hp sementara Mobilio jauh lebih baik dengan 116 Hp.

mobil-baru-terbaik

 

Kemudin dalam hal kenyamanan suspensi, meski pada Mobilio 2016 kaki-kaki tak mengalami subtitusi, tetap bantingannya masih lebih lembut dibanding Avanza terbaru yang kini punya racikan suspensi anyar. Sialnya, suspensi yang terbilang lebih keras itu tidak diiringi dengan kemampuan manuvernya yang sebaik Mobilio. Namun tetal lebih baik karena ini dibayar dengan harga Toyota Avanza yang terpaut tipis dibawah Mobilio.

Baca Review Lengkap Mobil Toyota Avanza Disini!

Honda Mobilio vs Nissan Grand Livina

Membandingkan Mobilio dengan Livina memang cukup sulit untuk dicari pembedanya. Keduanya punya varian normal dan keduanya pun punya tipe yang lebih sporty. Nissan memiliki Grand Livina Autech sementara Mobilio punya tipe RS. Kedua tipe tertinggi ini sama-sama mengusung tema Low MPV berpenampilan sporty.

mobil-baru-terbaik

 

Namun soal mesin Livina hanya sanggup berada di kisaran 109 hp sementara Mobilio 118 Hp. Harga Livina pun sedikit di atas Mobilio meskipun keduanya untuk varian yang berbekal transmisi otomatis sama-sama menggunakan teknologi CVT.

Baca juga artikel lainnya:

Review, Harga dan Spesifikasi Nissan Grand Livina

Honda Mobilio vs Suzuki Ertiga

memang Low MPV besutan Suzuki yang banyak dicari masayarakat Indonesia. Satu kelas dengan Mobilio cukup banyak yang membedakan Eriga dan Mobilio. Dari sisi spesifikasi mekanis misalnya, Ertiga diperkuat mesin 1.3L sementara Mobilio 1.5L, jelas ini berpengaruh pada keluaran tenaga puncaknya. Apalagi Mobilio dilengkapi juga dengan gearbox model CVT untuk varian tipe transmisi otomatisnya, sementara Ertiga masih pakai transmisi otomatis konvensional.

mobil-baru-terbaik

 

Kemudian soal fitur-fitur di dalamnya, beberapa pengaturan di kabin Ertiga masih dilakukan secara manual sedangkan pada Mobilio punya panel AC digital. Namun keduanya kini menggunakan layar sentuh sebagai pusat informasi dan hiburan selama perjalanan.

Dari segi desain, Ertiga yang sedikit diatas Mobilio dalam hal harga tak kalah tampilannya dengan Mobilio. Garis-garis desain eksterior beraksen chrome mampu menonjolkan kesan lebih berwibawa. Ertiga pun punya varian yang paling wah saat ini, Ertiga Dreza, yang tentunya itu bisa menyaingi Mobilio RS secara penampilan.

Baca Review Lengkap Suzuki Ertiga Disini!

mobil-baru-terbaik

Honda Mobilio 2016 vs Honda Mobilio Bekas

Seperti sudah disebutkan sebelumnya jika banyak peerubahan pada Mobilio 2016 dibanding Mobilio sebelumnya. Terutama dalam hal desain kabin. Mobilio 2016 tak lagi mencomot dasbor milik Brio yang punya bentuk serba membulat, gantinya tata letak dasbor lebih ergonomis dan terlihat modern.

Layar sentuh 6,2 inci dengan dilengkapi kamera mundur, panel instrument baru, desain lingkar kemudi yang direvisi, serta AC dengan sisitem pengaturan secara digital juga menjadi hal yang bsia ditemui pada Mobilio 2016 dan tidak ada pada Mobilio sebelumnya. Tema warna dasbor dan trim jok juga dibuat berbeda sehingga tak terkesan membosankan.

Dengan selisih harga berkisar Rp 10 juta disbanding Mobilio lama, pembeli Mobilio 2016 juga akan mendapatkan desian velg baru, chrome garnish baru, dan juga spion luar yang sekarnag ditambahkan lampu sein LED.

mobil-baru-terbaik

Harga Honda Mobilio

*Catatan: Harga dalam artikel ini berlaku saat waktu publikasinya, dan dapat berubah sewaktu-waktu.

Honda Mobilio model terbaru dipasarkan PT Honda Prospect Motor (HPM) melalui jaringan dealer resminya di seluruh Indonesia pada Januari 2016. Pilihan yang ditawarkan yakni Honda Mobilio S transmisi manual, Honda Mobilio E transmisi manual, Honda Mobilio E CVT, Honda Mobilio E Prestige CVT, Honda Mobilio RS transmisi manual, dan Honda Mobilio RS CVT. Honda tentunya menawarkan paket kepemilikan Mobilio yang menarik dan berbeda di tiap dealer. Selain itu juga ada penawaran paket bundling dengan perawatan berkala yang bsia dilakukan di bengkel resmi Honda. Untuk keterangan lebih jelas bisa langsung menghubungi dealer Honda terdekat di lokasi Anda.

Harga Honda Mobilio Baru

  • Honda Mobilio S Transmisi Manual ( Rp 180.500.000 )
  • Honda Mobilio E Transmisi manual ( Rp 202.000.000 )
  • Honda Mobilio E CVT Transmisi Automatic ( Rp 213.000.000 )
  • Honda Mobilio E Prestige Transmisi Automatic ( Rp 220.500.000 )
  • Honda Mobilio RS Transmisi Manual ( Rp 224.000.000 )
  • Honda Mobilio RS CVT Transmisi Automatic ( Rp 235.500.000 )

Ket: Harga diatas adalah harga on the road Jabodetabek berdasarkan daftar harga di website resmi Honda Indonesia yang diambil April 2016. Tapi ada juga tawaran diskon yang oleh showroom mobil baru yang berbeda dari hari ke hari. Anda dapat menemukan harga terbaik jika Anda memiliki hubungan dengan semua showroom mobil di Jakarta. Untungnya, MobilKamu memiliki hubungan dengan showroom mobil di Jakarta untuk membantu Anda menemukan harga terbaik untuk Honda Mobilio setiap saat sepanjang tahun

mobil-baru-terbaik

Harga Honda Mobilio Bekas

Honda Mobilio 2014

    • Honda Mobilio S M/T : Rp 150.000.000 - Rp 160.000.000
    • Honda Mobilio E M/T : Rp 160.000.000 - Rp 165.000.000
    • Honda Mobilio E A/T : Rp 170.000.000 - Rp 175.000.000
    • Honda Mobilio RS M/T : Rp 170.000.000 - Rp 185.000.000
    • Honda Mobilio RS A/T : Rp 175.000.000 - Rp 185.000.000

Honda Mobilio 2015

  • Honda Mobilio S M/T : Rp 160.000.000 - Rp 170.000.000
  • Honda Mobilio E M/T : Rp 160.000.000 - Rp 175.000.000
  • Honda Mobilio E A/T : Rp 165.000.000 - Rp 175.000.000
  • Honda Mobilio RS M/T : Rp 170.000.000 - Rp 195.000.000
  • Honda Mobilio RS A/T : Rp 185.000.000 - Rp 205.000.000

Spesifikasi Honda Mobilio

Honda Mobilio saat ini terbagi atas enam pilihan tipe yaitu tipe S bertransmisi manual, tipe E bertransmisi manual, tipe E bertransmisi CVT, tipe E Prestige bertransmisi CVT, tipe RS bertransmisi manual, dan tipe RS bertransmisi CVT.

Keenam varian Honda Mobilio ini sama-sama menggunakan mesin 1.5L SOHC 4 silinder segaris 16 katup dengan teknologi i-VTEC dan Drive By Wire. Dengan demikian keluaran tenaganya pun sama rata di 118 Hp pada 6.600 rpm dengan torsi puncak 145 Nm di 4.800 rpm.

Sementara dari segi dimensi untuk Honda mobilio tipe S dan E serta E Prestige memiliki panjang 4.386mm namun untuk tipe RS baik transmisi manual ataupun CVT sedikit lebih panjang yakni 4.398 mm. Tapi utnuk ukuran lebar dan tinggi semua varian sama rata.

Dimensi

    • Panjang : 4.398 mm
    • Lebar : 1.683 mm
    • Tinggi : 1.603 mm
    • Sumbu Roda : 2.650 mm
    • Jarak dengan Tanah : 189 mm

Exterior

    • Halogen Headlight
    • Fog Lamp
    • Chrome Grille
    • Door Mirror with LED Turning Signal
    • Chrome Rear License Garnish
    • LED High Mount Stop Lamp
    • Tailgate Spoiler
    • Chrome Muffler

Interior

    • Touchscreen monitor 6.2 inci AM/FM Radio, CD & DVD Player, Aux-in, USB Port, Made for iPod/iPhone, Bluetooth Connection, HDMI Port
    • Multi Information Display LCD
    • ECO Assist Indicator
    • Auto Door Lock
    • Electric Power Windows
    • AC Double Blower
    • 9 Cup Holder

Mesin

    • 1.5 L SOHC 4 silinder segaris, 16 katup i-VTEC + Drive By Wire
    • 1.496 cc
    • 118 Hp/6.600 rpm
    • 145 Nm/4.800 rpm
    • Kompresi 10,3 : 1
    • Diameter x langkah : 73,0 mm x 89,4 mm

Safety

    • G-Con + ACE
    • Side Impact Beam
    • Pedestrian Protection
    • Dual Front SRS Airbags
    • Sabuk Keselamatan 2 titik di semua kursi
    • Pretensioner with Load Limiter Seatbelt
    • ISOFIX
    • ABS
    • EBD
    • Immobilizer

 

Ingin punya mobil Mobilio sekarang? Segera Pesan di » mobilkamu.com