All New Honda Freed

 

Review Honda Freed

Honda kembali menggebrak pasar otomotif dunia dengan menghadirkan generasi kedua dari Honda Freed. Dilepas untuk pasar Jepang pertama kalinya pada Jumat 16 September 2016, All New Freed diharapkan dapat memenuhi segmen pasar yang tersedia untuk kelas menengah ke atas. Mobil yang hadir dengan konsep Multi Purpose Vehicle (MPV) tersebut, masih tetap mengusung desain body yang stylish namun tetap terlihat futuristik seperti pendahulunya, sehingga tetap sesuai dengan kebutuhan keluarga dan juga mereka yang senantiasa berjiwa muda.

Keluaran terbaru ini hadir dalam 2 varian sekaligus, yakni: Honda Freed standar dengan tiga baris kursi yang memiliki kapasitas 6 atau 7 orang penumpang, serta Honda Freed+ dengan dua baris kursi, di mana bagian paling belakang didesain khusus untuk mengakomodasi penumpang berkebutuhan khusus dan seri ini memungkinkan untuk membawa penumpang beserta kursi rodanya sekaligus. Sebagaimana generasi sebelumnya, All New Freed tentu memiliki sejumlah keunggulan yang selalu membuatnya menjadi salah satu MPW kelas atas yang paling ditunggu.

Baca juga artikel lainnya:

Desain yang mengusung tema dinamis dan fungsional terlihat jelas pada pahatan garis body All New Freed yang menunjang aerodinamika dan tetap menonjolkan estetika serta kemewahan sebuah mobil kelas atas. Masih tetap mengusung konsep sporty seperti pendahulunya, All New Freed hadir dengan sliding door yang menjadi ciri khas sejak awal kemunculannya beberapa tahun lalu, hal ini membuat penggunaannya tetap berjalan simpel dan praktis. Kedua tipe yang dikeluarkan ini secara keseluruhan tetap memiliki tampilan eksterior yang sama, dengan panjang body yang mencapai 4.265 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.710 mm, mobil ini memiliki kabin yang lebih lega dan memberi kenyamanan bagi penumpang. Ini bahkan lebih panjang daripada keluaran sebelumnya, yang hanya memiliki panjang 4.215 mm saja. Kehadiran bumper depan dengan garis kontur yang halus, membuat tampilannya semakin stylish. Mobil ini juga telah dilengkapi dengan lampu utama yang menggunakan proyektor halogen, sehingga intensitas pencahayaan lebih tinggi dan jarak pandang menjadi lebih baik untuk penggunaan di malam hari.

Keluaran terbaru ini menggunakan desain one step floor, fitur yang akan memudahkan pegangan pintu dan memberi kenyamanan untuk bisa terbuka secara otomatis mengikuti langkah kaki. Pada bagian belakang mobil ini juga dilengkapi dengan lampu yang didesain secara elegan, ditambah dengan penggunaan pelek berukuran 15 inchi pada sektor kaki-kaki yang akan membuat tampilannya semakin stylish.

Mobil ini hadir dalam 9 pilihan warna yang menawan, yakni: Blue Horizon Metallic, Citron Drop, Cobalt Blue Pearl, Premium Deep Rosso Pearl, Mandarin Gold Metallic, White Orchid Pearl, Luna Silver Metallic, Modern Steel Metallic dan Crystal Black Pearl.

 

  • Interior

Berbeda dengan pendahulunya, All New Freed akan memberikan kabin yang lebih lega dan bisa disesuaikan dengan 16 jenis posisi kursi yang berbeda pula. Bangku pada baris pertama dan juga kedua dapat dilipat dan bahkan diselonjorkan untuk memberi keleluasaan bagi penumpang. Hal ini akan memungkinkan penumpang bisa tetap nyaman dalam posisi tidur, sebab posisi bangku dapat diatur lebih fleksibel dari generasi sebelumnya. Bukan hanya itu saja, kursi paling belakang bahkan menggunakan double folding mechanism yang dapat memungkinkan kursi dilipat dan ditutup rata secara keseluruhan, sehingga bagian belakang dapat dimaksimalkan untuk membawa berbagai barang dan juga perlengkapan lainnya yang berukuran besar sekalipun.

Penyisipan elemen kayu pada dasbor juga memberi kesan elegan dan semakin mewah pada mobil ini, bahkan bahan kain pembungkus joknya diberi pola balok dengan tambahan efek 3D. Honda juga memberikan beberapa tambahan lainnya di segi interior Freed terbaru ini, salah satunya dengan membuat tambahan laci pada pintu, serta tambahan pegangan gelas yang tidak ditemukan pada generasi sebelumnya. Roda kemudi yang dimilikinya dan dilapisi dengan urethane dan juga mampu memungkinkan pengemudi untuk menyesuaikan tinggi badannya, sehingga posisi barkendara tetap dalam posisi yang nyaman. Secara keseluruhan, bagian interior dilapisi dengan menggunakan material berbahan kain dan juga trim kayu, sehingga desain interior All New Freed memang terlihat begitu mewah dan berkelas.

 

  • Performa

Pada sektor performa di dalam generasi Freed terbaru ini, Honda menggunakan mesin Sport Hybrid i-DCD untuk varian hybridnya, di mana mesin ini merupakan mesin hybrid dengan transmisi dual clucth yang digunakan untuk menggantikan mesin CVT. Mesin Sport Hybrid intelligent-Dual Clucth Drive (i-DCD) ini dikawinkan dengan mesin 1.5 liter Atkinson cycle DOHC i-VTEC dan dipasangkan dengan motor elektrik performa tinggi yang terhubung pada transmisi 7-speed DCT. Sedangkan untuk mesin bensinnya, Honda menggunakan mesin 1.5 liter DOHC i-VTECH yang dipasangkan dengan transmisi CVT biasa.

 

  • Keamanan

Selain fitur keamanan standar yang telah diwarisinya dari generasi sebelumnya, All New freed juga telah dibekali dengan teknologi Honda Sensing. Fitur terbaru ini memungkinkan mobil ini untuk melakukan pengereman mendadak secara otomatis, jika di depannya terdapat sebuah objek atau sesuatu yang bergerak dan melakukan penyeberangan. Hal ini tentu akan lebih meningkatkan kewaspadaan di saat mengemudi, sehingga resiko kecelakaan dan yang lainnya bisa terhindari.

All New Freed juga dibekali dengan Airbag Dual Front SRS, yang menunjang keselamatan ketika berkendara. Sedangkan di bagian pintu yang tetap mengusung sistem sliding door tersebut, mobil ini dibekali dengan sensor anti-pinch yang dapat melakukan pembatalan penutupan pintu tersebut jika sewaktu-waktu terdeteksi sebuah objek yang menghalangi proses penutupan.

Pada bagian kursinya, All New Freed sudah menggunakan sabuk pengaman dengan load limiter yang dilengkapi dengan pretensioner yang dapat melindungi penumpang saat mobil melewati permukaan jalan yang tidak rata. Mobil ini juga dilengkapi dengan sistem kontrol tuas yang bisa menjaga kestabilan berkendara di area tikungan dan jalan mendaki.

 

  • Konsumsi bahan bakar

Terkait dengan penggunaan mesin hybrid dual clutch yang diusung oleh All New Freed ini, Honda mengklaim jika mobil ini sangat irit terhadap bahan bakar. Melalui uji internal yang dilakukan oleh pabrikan asal Negeri Sakura tersebut dikatakan bahwa konsumsi rata-rata bahan bakar dapat mencapai 27,2 km/liter. Tentu ini adalah sebuah angka yang terbilang sangat irit untuk sebuah mobil MPV sekelas Freed.

  • Keseluruhan

Secara keseluruhan, All New Honda Freed mengusung banyak fitur baru yang dapat menjadi nilai jual produk yang digadang-gadang akan segera memasuki pasar otomotif Indonesia dalam waktu dekat ini, mengingat hingga saat ini Freed memang memiliki potensi yang cukup cerah untuk kalangan anak muda dan juga keluarga yang tinggal di perkotaan. Tampilannya yang semakin sporty namun tetap terlihat elegan dan futuristik, bisa menjadi nilai lebih, terutama jika ternyata mobil ini hadir dalam pilihan warna yang cukup banyak. Penggunaan mesin hybrid dengan teknologi terbaru tentu akan menjadi nilai jual paling besar dari All New Freed.

 

 

  • Kelebihan dan kekurangan All New Honda Freed

Jika melihat mesin Hybrid dengan teknologi terbaru yang diusungnya, maka All New Freed tentu sangat patut dijadikan sebagai pilihan, terutama bagi yang menginginkan sebuah performa maksimal dengan mesin yang irit bahan bakar. Kabin yang lebih lega juga menjadi nilai lebih, apalagi penerapan sistem double folding mechanism pada barisan kursi belakang, tentu menjadikan  muatan lebih meksimal dan cukup banyak. Mobil ini juga memiliki desain yang semakin berkelas, baik itu dari segi interior maupn eksteriornya.

Namun bila melihat harga jual mobil ini di pasar Jepang, besar kemungkinan kehadirannya di Indonesia akan dipatok dengan sejumlah harga yang cukup fantastis. Hal ini sangat mungkin dilakukan oleh pabrikan asal Jepang tersebut, mengingat harga jual untuk Honda Freed seri sebelumnya juga terbilang sangat tinggi.

  • All new Freed Rating & Score

Eksterior        : 3/5

Interior           : 4/5

Performa       : 4/5

Konsumsi bahan bakar      : 3/5

Keamanan    : 2/5

Harga           : 2/5

Keseluruhan : 3/5

  • Haruskah saya membeli mobil ini?

Bagi yang menginginkan sebuah kemewahan di dalam tampilan kendaraan, maka All New Honda Freed bisa dijadikan sebagai sebuah pilihan yang tepat, sebab secara desain mobil ini memang memiliki tampilan yang stylish dan sangat berkelas. Desain interior yang menawan dengan sejumlah fitur di dalamnya juga bisa memberikan sebuah  kenyamanan pada saat berkendara. All New Hoda Freed ini juga akan sangat tepat dijadikan sebagai pilihan, jika menginginkan sebuah mobil kompak dengan muatan yang cukup besar dan kabin yang lega.

Namun jika melihat harga yang dikenakan untuk pasar negeri asalnya, maka besar kemungkinan All New Freed akan hadir di Indonesia dengan sejumlah harga yang cukup tinggi. Hal ini patut menjadi sebuah pertimbangan khusus, terutama jika menginginkan sebuah mobil berkelas dengan harga yang cukup ramah bagi kantong, maka pabrikan sebelah tentu memiliki sejumlah penawaran yang terbilang jauh lebih masuk akal.

Baca juga artikel lainnya:

Perbandingan All New Freed

All New Freed dengan vs Honda Jazz

Kedua mobil ini tentu menjadi produk yang terbilang paling populer di jajaran mobil pabrikan asal Jepang tersebut, baik Honda Freed maupun Honda Jazz sama-sama memiliki pasar yang cukup luas di kalangan masyarakat pecinta otomotif di Indonesia. Dari segi harga, keduanya tentu memiliki kisaran yang terbilang cukup berbeda, sebab Honda Freed yang memang menyasar konsumen keluarga dan juga anak muda, Freed menerapkan sejumlah harga yang terbilang tinggi di dalam semua varian yang mereka keluarkan, untuk keluaran terakhir yang sudah dipasarkan di Indonesia dipatok pada angka 270 hingga 290 jutaan.

Dari sisi eksterior, keduanya memiliki tampilan yang menawan dengan lekuk body yang sporty dan berkelas. Namun Freed tentu memiliki nilai lebih jika dibandingkan dengan Jazz, sebab mobil MPV yang satu ini selalu hadir dengan sliding door yang menjadi ciri khasnya sejak kemunculannya yang pertama. Fitur ini menjadi sebuah kenyamanan dan juga kemudahan tersendiri bagi penumpang, terutama pada All New Freed yang dibekali dengan sensor anti pitch serta desain one step floor yang akan memberi keamanan dan juga kenyamanan bagi penumpang.

Freed memiliki kabin yang cukup besar, sehingga lebih tepat untuk kebutuhan keluarga dan juga konsumen yang membutuhkan bagasi cukup besar. Mobil ini juga memiliki daya angkut penumpang yang jauh lebih besar, yakni mencapai 6 hingga 7 orang. Meski sama-sama memiliki desain interior yang menawan, namun kehadiran elemen kayu pada All New Freed membuatnya lebih terlihat menawan dan mewah jika dibandingkan dengan Honda Jazz. Penerapan beberapa fitur unggulan juga membuat Freed memiliki sejumlah kelebihan interior jika dibadingkan dengan Jazz.

All New Freed tentu lebih unggul dari segi performa, sebab mesin yang diusung oleh mobil ini merupakan mesin Hybrid intelligent-Dual Clucth Drive (i-DCD) ini dikawinkan dengan mesin 1.5 liter Atkinson cycle DOHC i-VTEC serta mesin 1.5 liter DOHC i-VTECH yang dipasangkan dengan transmisi CVT biasa. Kedua mesin ini mampu memberikan performa yang cukup baik dan bertenaga, bahkan mesin Hybridnya diklaim sebagai mesin yang mampu menghemat penggunaan bahan bakar dengan sangat efektif. Dengan mesin ini berkendara menjadi lebih nyaman, sebab mesin ini memiliki tingkat kebisingan yang cukup rendah jika dibandingkan dengan Honda Jazz.

Review, Harga, dan Spesifikasi Honda Jazz

 

All New Honda Freed dengan vs Honda Mobilio

Sama-sama hadir dan meramaikan kelas MPV, baik Honda Freed dan Mobilio memiliki sejumlah keunggulan di dalam dirinya. Namun kedua produk ini memiliki segmen yang berbeda, sebab kelas yang disasarnya sejak awal juga memang tidak sama, di mana Freed menyasar pecinta MPV kelas menengah ke atas, sedangkan Mobilio menyasar konsumen kelas menengah ke bawah. Secara keseluruhan, kedua mobil keluaran Honda ini memiliki daya tarik yang cukup kuat, terutama bagi mereka yang selalu menginginkan sebuah kenyamanan saat berkendara.

Mobilio masih menggunakan mesin jeni i-VTEC SOHC 1.5L, 16 valve, sedangkan All New freed telah memiliki varian Hybrid dengan teknologi i-Dual Clucth Drive sebagai unggulannya. Ini tentu menjadi salah satu indikasi perbedaan harga yang terbilang cukup jauh, di mana untuk keluaran terakhir yang beredar di Indonesia saja Freed berada pada kisaran 270 an juta, sedangkan Mobilio keluaran terakhir masih bisa didapatkan dengan harga sekitar 200 hingga 215 jutaan. Secara desain, Honda Freed memang memiliki kelas tersendiri yang membuatnya terlihat lebih futuristik jika dibandingkan dengan Mobilio, ini bahkan menjadi sebuah pembeda yang cukup signifikan sebab Freed jauh lebih menawan dengan sejumlah fitur mewah di dalamnya.

Untuk ukuran body, All New Freed lebih panjang dan lebar jika dibandingkan dengan Mobilio, dan ini tentu akan membuat kabin Freed lebih lega, terutama dengan penerapan sejumlah fitur cerdas pada kursinya. Untuk bagasi belakang, keduanya terbilang cukup lega, terutama karena Freed menerapkan sistem yang memungkinkan kursinya untuk berada pada posisi rata dengan lantai, sehingga bagasi menjadi lebih lega dan mampu memuat banyak barang.

Review, Harga, dan Spesifikasi Honda Mobilio

 

 

All New Freed vs Honda Freed bekas

All New Freed memiliki sejumlah keunggulan jika dibandingkan dengan varian sebelumnya yang telah beredar di Indonesia. Hal ini terjadi akibat adanya penambahan sejumlah fitur unggulan yang mampu mendongkrak popularitas mobil yang belum beredar di pasar nasional tersebut. Salah satu yang paling mencuri perhatian adalah penggunaan mesin Hybrid terbaru dari Honda, yang bahkan menjadi sebuah nilai lebih yang patut ditunggu dari mobil mewah yang satu ini.

Dari ukuran dan tampilan bodynya juga, All New Freed juga lebih panjang 50 mm jika dibadingkan dengan seri sebelumnya, yang hanya memiliki panjang body 4215 mm. Hal ini membuat kabin menjadi lebih lega dan nyaman, terutama dengan adanya sistem baru di dalam kursi All New Freed yang lebih efisien dan nyaman.

Harga All New Honda Freed

*Catatan: Harga dalam artikel ini berlaku saat waktu publikasinya, dan dapat berubah sewaktu-waktu.

  • Harga All new Honda Freed baru

Meski belum beredar secara resmi di pasar otomotif Indonesia, namun animo pecinta otomotif pada mobil yang satu ini terbilang cukup besar, bahkan meski selama ini harganya memang terbilang cukup tinggi di pasaran. Untuk pasar Jepang sendiri, All New  Freed dilepas dengan harga 1.880.000 Yen sampai 2.748.200 Yen, atau setara dengan Rp 241-353 juta. Ini tentu cukup masuk akal, sebab varian sebelumnya saja dijual di kisaran Rp 270-290 jutaan di pasar Indonesia. Besar kemungkinan varian ini akan dibadrol di atas Rp 300 jutaan untuk pasar dalam negeri, namun hal tersebut tentu akan sebanding dengan berbagai fitur mewah di dalamnya.

Meski demikian, harga dan diskon yang akan diterapkan oleh sejumlah showroom tentu akan sangat mungkin berbeda antara satu dengan yang lainnya. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mencari dan mendapatkan informasi mengenai hal tersebut dari beberapa showroom terpercaya sekaligus. Hal ini akan membantu untuk mendapatkan sejumlah harga dan penawaran terbaik di antara showroom yang ada. Namun jangan khawatir, sebab hal ini bisa dilakukan dengan sangat mudah karena adanya mobilkamu.com yanga dapat membantu dan memberikan sejumlah penawaran terbaik untuk pembelian Honda Freed sepanjang tahun. Ini akan jauh lebih mudah dan efisien, sebab tidak perlu mendatangi dan menanyakan hal tersebut secara satu-persatu pada showroom yang menjual MPV mewah tersebut.

Sangat penting untuk selalu melakukan perbandingan ketika akan membeli sebuah mobil, sebab pembelian ini akan melibatkan sejumlah uang yang terbilang cukup besar, sehingga selalu perlu melakukan sebuah pertimbangan yang sangat matang. Ini akan membuat pembelian tersebut efisien dan memberi manfaat secara maksimal.

 

Spesifikasi All New Honda Freed

Sebagai sebuah MPV mewah kelas menangah ke atas, All New freed tentu memiliki sejumlah keunggulan di dalam dirinya. Hal ini bisa diliat dari spesifikasinya berikut ini:

Eksterior

  • Dimensi: panjang 4.265 mm, lebar 1.695 mm, dan tingginya 1.710 mm.
  • Warna : Blue Horizon Metallic, Citron Drop, Cobalt Blue Pearl, Premium Deep Rosso Pearl, Mandarin Gold Metallic, White Orchid Pearl, Luna Silver Metallic, Modern Steel Metallic dan Crystal Black Pearl.
  • Jumlah pintu 5, dilangkapi dengan fitur Sliding door yang dapat memberikan kemudahan dan juga kenyamanan bagi penumpang.

Interior

  • Kapasitas penumpang 6 sampai 7 orang.
  • Kursi dengan sistem menggunakan double folding mechanism yang dapat memungkinkan kursi dilipat dan ditutup rata secara keseluruhan.

Mesin

  • Memiliki 2 pilihan, yakni: mesin bensin 1.5 liter DOHC i-VTEC yang dipadukan dengan menggunakan transmisi CVT untuk distribusi tenaga ke penggerak roda depan maupun 4WD, atau mesin Hybrid 1.5 liter Atkinson cycle DOHC i-VTEC yang dikawinkan dengan Sport Hybrid i-DCD (intelligent Dual-Clutch Drive), dan dipasangkan motor elektrik performa tinggi yang terintegrasi pada transmisi 7-speed DCT.
  • Konsumsi bahan bakar yang irit, yakni sebesar 27,2 km/liter (berdasarkan hasil uji).

Safety

  • Teknologi Honda Sensing, yang memungkinkan kendaraan melakukan pengereman mendadak secara otomatis.
  • Airbag Dual Front SRS, yang menambah resiko keselamatan ketika berkendara.
  • Penerapan terknologi load limiter yang dilengkapi dengan pretensioner pada sabuk pengaman, yang dapat melindungi penumpang saat mobil melewati permukaan jalan yang tidak rata.

Baca juga artikel lainnya: