Daihatsu Luxio

review daihatsu luxio

 

Review Daihatsu Luxio

Daihatsu Luxio adalah mobil dengan desain elegan yang pertama kali hadir di Indonesia pada tanggal 26 Februari 2009. Nama Luxio sendiri diambil dari kata Lux, yang artinya mewah. Mobil berkonsep mini bus seperti Daihatsu Gran Max ini menyapa pengguna otomotif dengan jargon “Sahabat Elegan”. Dengan jargon tersebut, diharapkan pengemudi dan penumpang dapat memanfaatkan kendaraan ini untuk keperluan apa saja, terutama pada kegiatan yang membutuhkan tumpangan dengan kapasitas besar. Seperti jenis mobil mini bus lainnya, Daihatsu Luxio sangat cocok digunakan di segala medan. Mulai jalanan kota yang landai, aktifitas lalu lintas macet, hingga touring atau perjalanan jauh yang membutuhkan ketahanan tinggi dengan daya tampung muatan besar.

Exterior

Pada bagian eksterior, warna beige dan model transmisi otomatik mobil ini sangat menonjol dalam sekali lihat. Teknologi Chrome Front Grill dan Rear Combination Lamp memberikan kesan gaya baru yang mewah dan elegan. Tampilan depan mobil jenis mini bus ini didesain dengan model fascia. Sedangkan bagian depan mobil dilengkapi grill radiator berukuran lebar beraksen chrome yang menyatu dengan lampu utama. Tidak  hanya itu, lampu utama Daihatsu Luxio menggunakan desain Multi Reflektor Head Lamp yang berjenis lampu HID.  Kemampuan lampu jenis ini adalah dapat memberikan pencahayaan secara maksimal di malam hari. Jika pengemudi hendak melakukan perjalanan panjang di malam hari dengan medan yang berkabut, teknologi pencahayaan Daihatsu Luxio sangat dapat diandalkan. Untuk Daihatsu Luxio varian X, spoiler belakang dengan lampu rem dibuat sangat elegan dan tampak mewah meski tak terkesan berlebihan. Bahkan two tone dashboard berornamen pada kluster tengah juga dirancang khusus untuk varian X dari mobil ini. Tidak hanya itu, bahkan transmisi otomatik dengan tuas berada di dashboard juga tersedia pada mobil mini bus ini. Hal yang sama juga diberlakukan untuk fasilitas audio Double DIN R/T+CD yang dilengkapi MP3. Door trim dilengkapi dengan bezel tombol power window dan door lock serta sensor hujan dan sensor parkir. Dengan teknologi dan keamanaan yang tinggi tersebut, pengemudi dan penumpang lebih nyaman dan aman. Jika akan melakukan perjalanan pada cuaca yang tidak menentu, pengemudi dapat lebih tenang karena teknologi yang tidak dimiliki jenis mini bus lain ini.

eksterior daihatsu luxio

 

Chevrolet Camaro: Mobil Sport yang Numpang Tenar pada “Transformer”

9 Mobil Sport Murah Kurang dari 1 Milyar

Interior

Generasi terbaru Daihatsu Luxio yaitu New Daihatsu Luxio memiliki berbagai kelebihan yakni desain interior yang lebih nyaman serta desain eksterior lebih mewah. Meskipun mobil ini berjenis mini bus yang berukuran besar, desain interiornya tidak bisa dipandang sebelah mata. Daihatsu Luxio mengusung model sporty yang elegan dengan dashboard unik berwarna kombinasi hitam dan silver serta panel disekitarnya yang lengkap. Penumpang mobil mini bus elegan ini akan merasa nyaman saat duduk pada jok mobil warna pastel yang dibuat sesuai dengan posisi duduk paling aman saat berkendara.  Untuk tempat duduknya, Daihatsu Luxio memiliki komposisi 2-3-3. Artinya, dengan ukuran yang cukup besar mobil ini mampu memberikan kelapangan tempat untuk pengguna yang memilih memanfaatkannya pada perjalanan jauh. Kemudahan melipat kursi dapat dilakukan dengan fitur Row 1 Touch Tumble sehingga penumpang lainnya dapat masuk dengan mudah untuk duduk di baris ketiga. Seluruh jok yang dilengkapi dengan penahan kepala terdapat juga pada varian X dari mobil mini bus ini.

interior daihatsu luxio

 

Performa

Dari segi sistem kemudi, mobil Daihatsu Luxio menggunakan sistem kemudi Rack & Pinion dengan teknologi Power Steering. Sistem kemudi Power Steering akan mampu memberikan kontrol kemudi yang mudah tanpa mengeluarkan tenaga yang besar bagi pengemudi. Pengemudi dapat menghemat tenaga lebih jika dibandingkan dengan saat mengemudikan mini bus jenis lain meskipun dengan kapasitas yang sama. Dari segi suspensi, Daihatsu Luxio menggunakan suspensi Mc Pherson Struts dengan per keong dan stabilizer pada bagian roda depan. Pada bagian roda belakang, 5 link rigid-axle dilengkapi dengan per keong akan memberikan peredam guncangan yang baik sehingga performa handling yang selalu terjaga tetap stabil. Melalui teknologi sistem pengereman tersebut, Daihatsu Luxio memiliki kemampuan yang tinggi dalam mengurangi atau menghentikan laju kendaraan pada kondisi tertentu. Teknologi ini sengaja dirancang agar Daihatsu Luxio dapat beradaptasi dengan medan apapun. Saat di jalan perkotaan yang landai maupun beresiko macet, mobil ini mampu memberikan kenyamanan lebih lama pada pengemudi dan penumpang. Sedangkan pada medan yang lebih rumit seperti jalan pegunungan atau berpasir, mobil ini mampu menstabilkan kondisinya agar perjalanan tetap nyaman dan tidak mengganggu penumpang.

performa daihatsu luxio

 

Simak Performa Handal Mobil Toyota Yaris ini Selamatkan Sang Owner

Keamanan

Selain pengaman di dalam, Daihatsu Luxio juga memfasilitasi keamanan di bagian luar mobil. Sistem dual pengamanan ini amat baik jika digunakan dalam perjalanan apapun. Terutama karena jenis mobil mini bus pada umumnya digunakan oleh keluarga yang berkomposisi orang tua dan anak-anak. Selain pengaman yang handal, Lampu LED High Mount Stop juga membantu dalam mencegah kecelakaan. Lampu ini menghiasi bagian luar mobil Daihatsu Luxio sehingga perjalanan di malam hari akan terasa lebih aman meskipun dalam kondisi menikung atau jalan berkelok yang bertekstur tidak rata. Jenis pengaman ini tidak dimiliki oleh semua mobil tipe mini bus. Hanya mobil berkualitas tinggi seperti Daihatsu Luxio yang memilikinya. Mengapa pengaman ini sangat penting? Hal ini berkaitan erat dengan letaknya. Pengaman pada Daihatsu Luxio berada di semua bangku tempat duduk sehingga menjamin keselamatan penumpang saat mobil mengalami sesuatu yang tidak diinginkan.

keamanan daihatsu luxio

 

Konsumsi Bahan Bakar

Kapasitas tangki mobil ini mampu menampung bahan bakar mencapai 43 liter. Dengan kapasitas tinggi tersebut, suplai bahan bakar untuk perjalanan jarak jauh tidak akan mengalami masalah, karena hanya perlu sekali pengisian untuk jangka waktu yang lama. Mobil yang satu ini menggunakan sistem pemasok bahan bakar berupa Electronic Fuel Injection atau EFI yang memiliki fungsi memberikan semprotan bahan bakar yang stabil untuk digunakan. Basis EFI ini juga menghemat penggunaan bahan bakar sehingga jauh lebih murah jika dihitung dalam skala besar.

Dengan sistem pemasok bahan bakar berteknologi terkini, Daihatsu Luxio mampu menjadi mobil yang termasuk ramah lingkungan karena juga tidak menghasilkan banyak polusi udara. Selain itu, penghematan yang diberikan mini bus mewah ini sangat dapat dijadikan investasi jangka panjang, misalnya jika mobil ini disewakan atau dijadikan modal transportasi masal lainnya. Penghematan BBM 10% saja dari sisi konsumsi baik itu dari pengurangan jumlah konsumsi atau pemanfaatan bahan bakar alternatif akan memberikan dampak yang sangat besar. Jika besarnya konsumsi BBM per harinya adalah sebesar 1,6 juta barel, maka Jika konsumsi BBM di dalam negeri rata-rata 1,6 juta barel per hari, maka 10% penghematan dari konsumsi dapat mengurangi import BBM dan menambah cadangan BBM sebanyak 16 ribu barel setiap harinya. Selain itu, juga akan mengurangi subsidi dan menekan biaya import BBM.

konsumsi bahan bakar daihatsu luxio

 

Simak Renault Kwid, Mobil Perancis yang Siap Beradu di Pasar Mobil Murah Indonesia

Keseluruhan

Keseluruhan mobil pada umumnya dikendalikan kondisi saat mobil dikemudikan. Rem depan bagian mobil ini dilengkapi dengan cakram sedangkan bagian belakang rem dilengkapi dengan drum. Eksterior yang tersedia pada mobil jenis Daihatsu Luxio ini adalah Front grill, Fog Lamp, Head lamp, Lampu Sein, Emblem, Handle pintu dan juga spion. Handle pintu yang nyaman serta akses pintu geser dapat memudahkan penumpang keluar-masuk. Sedangkan untuk interiornya, ada AC Dual Zone Control Autoclimate Spedometer, jok atau tempat duduk penumpang, audio, paddle shift, sensor hujan, kerai, panel kayu dan cruse control. AC Dual Zone Control Autoclimate Spedometer berfungsi untuk menyesuaikan kondisi cuaca dengan fitur kenyamanan yang akan diberikan. Cuaca panas yang dideteksi akan memicu alat ini untuk mengeluarkan udara sejuk. Selain itu, sensor hujan mampu membantu pengemudi dalam menentukan perjalanan, misalnya saat melakukan touring atau mudik dengan banyak bawaan serta penumpang.

keseluruhan daihatsu luxio

 

Kekurangan dan Kelebihan Daihatsu Luxio

Daihatsu Luxio juga memberikan poin kenyamanan untuk penggunanya dari segi hiburan. Agar tidak merasa bosan, tim perancang Daihatsu Luxio menambahkan fitur Touch Screen Head Unit pada layar di dekat dashboard. Fungsi dari fitur ini adalah memberikan hiburan untuk penumpang mobil. Selain menarik, fitur ini juga dapat diakses dengan mudah karena ditata sedemikian rupa untuk kenyamanan dalam pengaturan meski saat berkendara. Penambahan atribut lainnya seperti DVD, CD, MP3, AM – FM Radio, USB port dan AUX-IN juga akan menambah keseruan berkendara. Pengemudi dan penumpang tidak perlu khawatir akan merasa tidak nyaman. Semua akses hiburan dan tayangan multimedia dapat diakses dengan mudah oleh teknologi canggih dari fitur mobil Daihatsu Luxio. Jangan khawatir pula tentang masalah penyimpanan. Daihatsu Luxio memberi tambahan inovasi berupa New Upper Tray with Cover yang membuat penyimpanan mobil akan lebih tertata rapi dan praktis. Saat musim panas, mobil biasa akan memberikan hawa panas ke dalam mobil. Namun, Daihatsu Luxio akan memberikan hawa sejuk kepada para penumpang karena dilengkapi spesifikasi Double Blower. Segala fasilitas kenyamanan yang diperlukan mampu diberikan oleh mini bus yang satu ini. Namun, Daihatsu Luxio juga memiliki kekurangan yaitu tidak cocok digunakan untuk kegiatan berniaga. Karena kesannya yang mewah, maka mobil ini kurang cocok jika dimanfaatkan sebagai pengangkut barang.

Bergabunglah dengan ribuan pelanggan MobilKamu untuk menerima informasi promo setiap saat. Isi data Anda di sini!

Daihatsu Luxio Rating & Score

Exterior:      4/5    Konsumsi Bahan Bakar:   3/5

Interior:       3/5    Keamanan:                       3/5   

Performa:   3/5    Harga:                               2/5

Keseluruhan:    3/5

Haruskah saya beli mobil ini?

Beli mobil ini jika...

Bagi pengemudi yang menyukai perjalanan luar kota menggunakan mobil, Daihatsu Luxio juga bisa menjadi pilihan yang sangat tepat untuk bepergian jauh. Hal ini disebabkan oleh tenaga dan torsi yang cukup besar yang membuat pengemudi akan mudah untuk melakukan akselerasi dan mengemudi top speed. Meskipun dapat dengan mudah melakukan akselerasi, mobil ini tetap dilengkapi dengan fasilitas keamanan yang terpercaya dan sistem suspensi maupun pengereman yang baik sehingga perjalanan yang menantang akan tetap aman dan nyaman

Jangan beli mobil ini jika...

Jangan membeli mobil ini jika menginginkan mesin yang memiliki daya lebih tinggi dan torsi lebih besar. Kecepatan Daihatsu Luxio dalam mengebut masih dibawah jenis mini bus lainnya, sehingga jika calon pembeli ingin model mini bus yang lebih cepat, Daihatsu Luxio terasa kurang tepat sebagai pilihan mobil untuk dibeli.

Konsultasikan pembelian mobil baru Anda bersama konsultan profesional MobilKamu di sini!

Perbandingan Daihatsu Luxio

Daihatsu Luxio vs. Nissan Evalia

Perbedaan Daihatsu Luxio dibanding Nissan Evalia terletak pada mesin mobil. Mesin output Nissan Evalia lebih besar dari Luxio. Dayanya mencapai 109 dk sementara Luxio hanya 95 dk. Begitu juga torsi yang mencapai 143 Nm. Sedangkan torsi Daihatsu Luxio hanya mencapai angka 134 Nm. Selain itu, Nissan Evalia terasa lebih responsif dibandingkan Luxio karena tenaga yang dihasilkan mesin salurkan ke gardan, sehingga terjadi power loss. Dengan potensi tersebut, Nissan Evalia mampu  berdaya lebih tinggi saat uji akselerasi. Apabila Luxio butuh 16,7 detik untuk sprint 0-100 km/jam, Nissan Evalia hanya perlu 14,9 detik pada parameter yang sama. Tidak hanya lebih kencang, performa efisiensinya pun juga lebih tinggi. Nissan Evalia mampu meraih 11,5 km/l untuk rute dalam kota. Sedangkan di rute tolnya ia menyentuh 16,7 km/l. Disisi lain, soal desain Daihatsu Luxio menjadi kandidat dengan tampilan terbaru dengan hadirnya beberapa ubahan pada bagian gril yang kini berlapis krom , bumper depan dan spoiler yang membuatnya lebih gagah, hingga penggunaan pelek 15 inchi. Sedangkan Nissan Evalia menggunakan gril yang terlihat lebih sederhana. Oleh karena itu, Daihatsu Luxio tampil lebih elegan dengan penggunaan aksen krom pada gril dan cover spion.

daihatsu luxio vs nissan evalia

gambar dari www.autobild.co.id

 

Daihatsu Luxio vs. Suzuki APV Arena

Dari segi harga, Daihatsu Luxio membanderol harga lebih tinggi yakni dalam kisaran 170 juta an. Sementara itu, Suzuki APV Arena dibenderol dengan harga murah yakni 140 an juta rupiah. Selain pada harga, Suzuki Arena juga memiliki kapasitas mesin lebih rendah yaitu1493 cc dibanding dengan Daihatsu Luxio yang mencapai 1495 cc. Torsi Daihatsu Luxio lebih besar hingga 134 Nm, sedangkan Suzuki APV Arena hanya memiliki torsi 126 Nm. Gearbox yang dimiliki Suzuki APV Arena lebih kecil, karena hanya 4 buah. Daihatsu Luxio lebih unggul untuk gearbox dengan jumlah 5 buah.

daihatsu luxio vs suzuki apv

 

Simak Review, Harga, dan Spesifikasi Suzuki APV Arena 2016

Daihatsu Luxio vs. Daihatsu Gran Max

Sesuai kisaran harganya yang berada di angka 170 juta, Daihatsu Luxio  memang di tujukan membidik segmen transportasi keluarga dengan kapasitas besar yang saat itu berada dalam kisaran harga 200-an juta sedangkan Daihatsu Grand Max yang hanya di banderol dengan kisaran harga 60 juta - 90 juta memang lebih di tujukan untuk segmen pasar mini bus low. Berdasarkan perbedaan target segmen yang di tetapkan oleh perusahaan Daihatsu, tentu sudah jelas perbedaan antar Daihatsu Luxio dengan Daihatsu Grand max. Grand max lebih cocok digunakan dalam perniagaan karena lebih mementingkan kapasitas yang nyaman. Berbeda dengan Daihatsu Grand Max, Daihatsu Luxio hadir dengan konsep yang lebih mewah dengan jaminan keselamatan, dimana Daihatsu Luxio berdimensi lebih panjang 120 mm dan 15 mm lebih tinggi dari grand max.

daihatsu luxio vs daihatsu gran max

 

Simak Review, Harga, dan Spesifikasi Daihatsu Gran Max 2016

Daihatsu Luxio 2016 vs. Daihatsu Luxio Bekas

Daihatsu Luxio bekas dibanderol dengan kisaran harga 170 juta rupiah. Sementara untuk harga bekas mobil mini bus ini sangat terjangkat, yakni berkisar antara 130-150 juta rupiah. Meskipun harganya cukup stabil, namun penurunan harga karena pemakaian adalah hal yang sangat wajar untuk semua jenis kendaraan. Perlu diketahui bahwa harga yang tertera di atas adalah kisaran harga yang ada di pasaran wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Kisaran tersebut dapat mengalami perubahan jika mobil Daihatsu Luxio telah berpindah tempat atau dikirim ke daerah-daerah di luar Jawa. Tentu harganya akan dipengaruhi oleh biaya pengiriman. Selain itu, perkembangan kurs Dollar juga dapat mempengaruhi harga karena mobil mini bus ini adalah produk impor.

daihatsu luxio baru vs daihatsu luxio bekas

 

Harga Daihatsu Luxio

Harga Daihatsu Luxio Baru

Harga yang ditentukan untuk sebuah Daihatsu Luxio cukup terjangkau untuk segala kualitas yang dimilikinya. Ditambah lagi, desain interiornya yang cukup mewah dapat membuat pengemudi dan penumpang akan merasa lebih nyaman mengendarai mobil ini dibanding mini bus lain. Sejak tahun keluaran pertamanya di pasar industri yaitu tahun 2009, mobil ini langsung bisa menarik perhatian pasar dengan kehadirannya. Untuk Daihatsu Luxio yang sekarang beredar di pasaran, pihak perusahaan memberi tawaran sangat menarik dengan harga yang cukup terjangkau. Apalagi mobil yang satu ini memiliki banyak spesifikasi berkualitas tinggi jika dibandingkan dengan mini bus jenis lainnya.

Daihatsu Luxio Standart 1.5 D M/T MC Ambulance dijual dengan harga yang relatif murah, yaitu Rp. 196.200.000,- sedangkan untuk Luxio 1,5 X M/T MC dijual dengan harga Rp. 184.150.000,-. Lain lagi dengan Luxio 1.5 X A/T MC yang dijual dengan harga Rp. 195.250.000,-. Harga yang dipatok untuk Daihatsu Luxio tersebut tentunya cocok dengan kualitas apa yang akan didapatkan pengemudi saat bisa memiliki mobil ini. Sebelum cocok membelinya, calon pembeli bisa mendapatkan test drive untuk bisa merasakan kehebatan mobil Daihatsu Luxio. Saat melakukan test drive, sebaiknya semua fitur dicoba agar dapat memahami banar perbedaan kualitas Daihatsu Luxio dengan mobil lainnya. Tidak hanya dari segi fasilitas, hal yang penting untuk dipenuhi sebuah alat transportasi adalah daya angkutnya, apakah sudah sesuai dengan kebutuhan atau tidak. Jangan khawatir, daya angkut yang dimiliki oleh Daihatsu Luxio mencapai 13,7 atau sekita 4400 kg m/rpm. Dengan daya angkut super power tersebut, mobil mini bus trendy ini sangat cocok untuk pengemudi yang memiliki keluarga besar dan suka untuk berjalan-jalan bersama keluarga.

variant daihatsu luxio

Spesifikasi Daihatsu Luxio

  • Dimensi: 4.215 x 1.710 x 1.915 mm
  • Berat kosong: 1.290 kg - 1.850 kg
  • Jarak sumbu roda: 2.650 mm
  • Jarak pijak depan: 1.440 mm
  • Jarak pijak belakang: 1.420 mm,
  • Jarak terendah pada tanah: 175 mm

Exterior

  • Bagian bumper depan cukup besar
  • Fog lamp pada tiap bumper
  • Body Moulding
  • Rail Cover beraksen chrome
  • Aksen chrome pada cover spion dan velg
  • Teknologi tinggi New Rear Combination Lamp,
  • New Bumper Design
  • Rear spoiler dengan LED High-Mount Stop Lamp.
  • Ukuran ban 195/65R15

Interior

  • Panel pengaturan
  • Dashboard multifungsi
  • 2 DIN Touch Screen Head Unit
  • DVD berteknologi tinggi
  • Perangkat pendingin ruangan (AC)

Mesin

  • Mesin 3SZ-VE DOHC VVT-i
  • Tenaga maksimal: 97 Ps
  • Putaran mesin: 6000 RPM.
  • Transmisi manual: 5 percepatan

Safety

  • Pengaman: jenis 3 Points ELR x 2 + 2 Points NR
  • Sabuk keamanan
  • Sensor parkir
  • Airbags
  • ABS
  • Sistem rangka yan
  • Imobilizer
  • Sistem pengereman 

*Disarikan dari beberapa sumber

Baca juga reivew mobil lainnya:

Tertarik dengan mobil elegan ini? Konsultasikan keinginan Anda bersama MobilKamu.
Di MobilKamu harga terbaik, diskon dan bonus menarik sudah pasti Anda dapatkan. Promonya setiap hari pula.
Isi data Anda di sini!