Ulasan Daihatsu Grand New Xenia

Gambar 1. Daihatsu Grand New Xenia

Menjadi salah satu mobil low MPV dengan harga yang bersahabat, membuat Daihatsu Grand New Xenia ini banyak diminati. Munculnya Daihatsu Grand New Xenia terbaru memunculkan beberapa fitur terbaru yang tak kalah canggih dengan saingannya. Tak heran jika mobil laris di pasaran. Ulasan selengkapnya tentang fitur hingga keunggulan dan kelemahan Daihatsu Grand New Xenia kamu bisa membaca artikel selengkapnya!

Harga

Harga yang kami cantumkan merupakan harga Mobil Daihatsu Grand New Xenia Per April 2021 yang didapat melalui dealer resmi Daihatsu dan telah diverifikasi oleh Mobilkamu. Daftar harga Daihatsu Grand New Xenia ini dapat berubah sewaktu-waktu. Untuk info harga mobil Daihatsu Grand New Xenia selengkapnya, Anda dapat mengaksesnya di link berikut.  KLIK DISINI

 

Model 

Variant Transmisi Harga Area Jakarta

GRAND NEW XENIA

X 1.3 STANDARD

M/T

Rp184,500,000

GRAND NEW XENIA

X 1.3 DELUXE M/T

Rp196,500,000

GRAND NEW XENIA

R 1.3 STANDARD M/T

Rp208,150,000

GRAND NEW XENIA

R 1.3 DELUXE M/T

Rp219,950,000

GRAND NEW XENIA

X 1.3 STANDARD A/T

Rp194,600,000

GRAND NEW XENIA

X 1.3 DELUXE A/T

Rp207,500,000

GRAND NEW XENIA

R 1.3 STANDARD A/T Rp205,200,000

GRAND NEW XENIA

R 1.3 DELUXE A/T Rp217,100,000

GRAND NEW XENIA

R 1.5 DELUXE M/T

Rp215,800,000

GRAND NEW XENIA

R 1.5 DELUXE A/T

Rp225,900,000

Interior Daihatsu Grand New Xenia

Gambar 2. Interior Daihatsu Grand New Xenia

Mulai dari interior, Daihatsu Grand New Xenia 2019 menonjolkan interiornya, Dimana low MPV buatan PT ADM ini dibekali fitur baru yang canggih dan fungsional. Pada bagian dashboardnya, mengambil tema Full Black Flat Center Cluster yang terdapat headunit 2 DIN Touch Screen.

Di bawah layar sentuhnya, juga terdapat pengaturan digital AC yang sangat memudahkan penumpang jika ingin mengatur suhu kabin. Sedangkan pada bagian setir dilengkapi dengan fitur terbaru yaitu switch control yang mana dapat mempermudah pengemudi untuk mengatur sistem audio.

Beralih ke bagian tempat duduk, mobil ini berkapasitas 6-7 orang. Dengan mengusung seat pattern dimana motif kursinya berwarna abu dan membuat tampilannya lebih stylish. Bagian kursi tengahnya pun memiliki fitur 1-touch tumble yaitu fitur yang dapat mempermudah melipat kursi hanya dengan satu kali tarik.

Eksterior Daihatsu Grand New Xenia

Beralih ke eksteriornya, design dengan konsep yang lebih futuristik serta mengedepankan gaya kekinian dan modern. Terlihat dari beberapa bagian di sektor bodi luarnya. Seperti pada bagian wajahnya, Daihatsu Grand New Xenia 2019 tersebut akan mengusung bumper terbaru yang lebih tangguh nan modern.

Pada bumper ini juga telah didesain dengan kombinasi Black Matte Aerokit (tipe Deluxe) yang membuatnya tampak lebih dinamis. Sedangkan, khusus tipe R-Dark Grey, akan dibekali dengan grille juga dilengkapi dengan aksen chrome berukuran lebar sehingga memberikan kesan mewah.

Untuk lampu utama yang dibuat pada Daihatsu Grand New Xenia 2019 ini mengambil konsep menyipit dan ramping dengan dilengkapi teknologi LED. Hal ini memberikan kesan stylish dan hemat energi.

Bagian bodi samping, Low MPV garapan PT ADM ini tampak juga sudah dilengkapi velg modern berupa Alloy dengan menggunakan gaya terbaru yang stylish. Xenia varian deluxe dilengkapi dengan side body molding dan side skirt untuk memberi kesan stylish.

Beranjak kebagian belakang, Daihatsu Grand New Xenia 2019 Dilengkapi dengan lampu belakang atau stop lamp combination yang kekinian dan stylish. High mount stop lamp ini juga akan memberikan keamanan lebih. 

Fitur

Fitur keamanan

Daihatsu Xenia 2019 memberikan fitur yang akan memanjakan para penumpangnya. Yang pertama ada fitur window jam protection yang tersedia pada jendela depan. Kemudian ada teknologi side impact beam, teknologi ini akan melindungi penumpangnya dari benturan sisi samping. Terdapat juga dual airbag yang pada kabin depannya

Fitur Hiburan

Untuk fitur hiburan dan kenyamanannya , Pada Xenia 2019 ini mengandalkan head unit yaitu 2DIN Touch Screen. Dimana layar tersebut menampilkan berbagai fitur hiburan dan informasi.  Juga terdapat fitur hiburan serta pengaturan konektivitas. Seperti DVD player, MP3, Koneksi Bluetooth, Iphone/android/ipod, USB, dan radio. Kursi belakang pada MPV ini juga bisa dilipat sehingga memberikan ruang bagasi yang lebih luas. Yang dapat berfungsi sebagai bagasi dan memadai untuk membawa barang bawaan lebih banyak.

Spesifikasi

Spesifikasi Mesin Daihatsu Grand New Xenia 2019

Mesin 2 NR-VE DOHC Dual VVT
Transmisi Manual / Otomatis
Bahan Bakar Bensin
Fitur Mobil
  • 2DIN Touch Screen
  • side impact beam
  • Window Jam Protection
Konsumsi Bahan Bakar
Luar Kota 16,8  km/liter.
Dalam Kota 10-13 km/liter 

 

Kamu harus membeli Daihatsu Grand New Xenia karena..

  • Kapasitas penumpang banyak, Jika kamu membutuhkan mobil keluarga mobil ini sangat cocok karena memiliki kapasitas bangku penumpang yang cukup banyak. Daihatsu Grand New Xenia cukup untuk menampung hingga 7 penumpang dengan 1 bangku pengemudi.
  • Sparepart banyak dan tempat service tersebar, Hal ini akan membuat kamu mudah ketika mencari bengkel dan juga sparepart Daihatsu Grand New Xenia.
  • Desainnya Simple, Modern dan kekinian, Jika kamu menyukai mobil dengan desain yang simple tetapi tetap kekinian Daihatsu Grand New Xenia cocok menjadi pilihanmu. 
  • Harganya bersahabat, Dengan fitur yang ditawarkan mobil MPV  ini terbilang cukup bersahabat dibandingkan dengan para pesaingnya.

 

Sebaiknya kamu tidak membeli Daihatsu Grand New Xenia karena..

  • Fiturnya Yang Minimalis, Karena mengutamakan fungsinya sebagai mobil keluarga yang butuh kapasitas banyak oleh karena itu Daihatsu Grand New Xenia tidak dilengkapi dengan banyak fitur.
  • Harga jual turun drastis, hal ini perlu menjadi pertimbangan bagi kamu yang akan membeli karena Daihatsu Grand New Xenia memiliki pesaing yang lebih unggul maka harga jual mobil bekas Daihatsu Grand New Xenia ini akan turun secara drastis
  • Sistem keselamatannya minimalis, jika kamu sangat mengutamakan fitur keselamatan maka mobil ini kurang cocok untuk kamu karena fitur keselamatannya minimalis.

 

Keunggulan dan Kekurangan Daihatsu Grand New Xenia

Keunggulan

Desain Simple Namun Terkesan Modern

Daihatsu Grand New Xenia memiliki desain yang menjadi keunggulannya. Mulai dari sisi eksterior dirancang dengan konsep desain yang mengutamakan humanis namun tetap tidak melupakan desain yang mewah. Jadi meskipun simple namun tetap terkesan modern dan elegan. Sehingga dari design tidak diragukan lagi oleh masyarakat Indonesia.

Ruang Kabin Cukup Lega

Salah satu kelebihan Daihatsu Grand New Xenia juga dilihat dari kabinnya yang memiliki kapasitas yang cukup luas. Dengan ukuran dimensi 4190 x 1660 x 1685 mm dengan bobot mencapai antara 1060 dan 1085 Kg, sudah menggambarkan bahwa mobil MPV ini memiliki kabin yang begitu lega. Sehingga dapat menampung  7 hingga 8 penumpang sekaligus. Penumpang pun akan merasa lebih nyaman karena terdapat ruang gerak yang luas.

Irit Bahan Bakar

Durabilitas dan efisiensi bahan bakar menjadi keunggulan Daihatsu Grand New Xenia yang sudah tidak diragukan. Mobil MPV ini sudah diproduksi sejak tahun 2004 di Indonesia dan sudah teruji irit BBM. Hal ini karenakan penggunaan mesin  EJ-VE DOHC VVT-I dan 1NR-VE DOHC Dual VVT-I yang keduanya sama-sama dilengkapi dengan teknologi injeksi EFI.

Jaringan bengkel Service Tersebar Luas dan Spare Part Murah serta Mudah Diadapat

Selanjutnya yang menjadi keunggulan Daihatsu Grand New Xenia, Bengkel service nya tersebar di pelosok tanah air. Pada setiap bengkel umumnya, kita dapat melakukan perawatan hingga perbaikan mobil. Suku cadangnya pun tidak sulit dicari, karena suku cadangnya hampir sama seperti kompetitornya yaitu Toyota Avanza sudah banyak beredar sehingga mudah ditemukan.

Harganya Cenderung Murah

Keunggulannya yang paling disukai konsumen adalah harganya yang cukup menggoda. Dengan spesifikasi dan keunggulan lain yang ditawarkan, harga Daihatsu Grand New Xenia terbilang cukup murah dan sangat terjangkau dibandingkan dengan pesaingnya. 

Kekurangan

Masih Kalah Gengsi dengan Avanza

Salah satu kelemahan dari Daihatsu Grand New Xenia yaitu masih kalah saing dengan pesaing terdekatnya yaitu Toyota Avanza. Dimana Toyota sendiri lebih unggul dibandingkan dengan Daihatsu. Sehingga banyak orang yang lebih cenderung untuk memilih Toyota Avanza dibandingkan dengan Daihatsu Grand New Xenia meskipun dengan harga yang sedikit lebih mahal. Namun harga yang lebih mahal  identik dengan kualitas yang bagus juga. Hal ini dikarenakan banyak orang yang mengutamakan brand dan brand Toyota dianggap lebih mapan. Pengalaman brand Toyota yang telah mengeluarkan mobil-mobil premium seperti alphard, fortuner, dll juga yang membuat mobil Daihatsu kalah saing dengan Toyota. 

Ruang Kabin Kurang Senyap

Kekurangan yang satu ini seringkali dikeluhkan oleh para konsumen. Yaitu ruang kabinnya berisik atau kurang senyap.kebisingan kabin berkaitan dengan kenyamanan penumpang. Sehingga mengurangi kenyamanan penumpang saat berada di dalam mobil.

Harga Jual Bekas Turun Drastis

Kekurangan dari Daihatsu Grand New Xenia berikutnya adalah dari harga jualnya. Mobil bekas Daihatsu Grand New Xenia sangat turun drastis. Sama seperti kekurangan pertama, turunnya harga Daihatsu Grand New Xenia juga dikarenakan keberadaan Avanza yang sangat mendominasi pasar MPV. Harga jual ini juga menjadi salah satu hal yang diperhatikan oleh konsumen sebelum membeli mobil.

Fitur-Fitur Masih Standar dan Minimalis

Selanjutnya adalah fiturnya masih standar dan minimalis. Untuk kamu yang sangat teliti dan kritis terhadap fitur-fitur mobil ketik akan membelinya, pasti kan menyadari kekurang lengkapannya fitur dari Xenia. Dilihat dari fitur keselamatan dan kenyamanannya masih kurang. Tetapi fitur yang telah ada pada Xenia sesuai dengan harga yang diberikan. Begitu juga apabila Daihatsu memberikan fitur lebih pada mobil Xenia, maka akan berdampak pada kenaikan harganya.

Tak Dilengkapi Sistem Keselamatan yang Mumpuni

Terakhir yang menjadi kekurangan Daihatsu Grand New Xenia adalah terletak pada fitur penunjang keselamatannya. Daihatsu Grand New Xenia tidak memiliki  rem berteknologi ABS (Anti-lock Brake System). Sangat disayangkan karena fitur keselamatan ini cukup efektif dalam mencegah terjadinya kecelakaan yang disebabkan oleh ban terselip. Sistem ini juga telah digunakan oleh para pesaingnya.

Perbandingan Dengan Pesaing

Daihatsu Grand New Xenia VS Toyota Avanza

Daihatsu Grand New Xenia

Spesifikasi

Toyota Avanza

2 NR-VE DOHC Dual VVT/Bensin/1496 cc

Mesin / Bahan Bakar/Kapasitas

1NR-VE, IL, 4 Cylinder, 16 V, DOHC, Dual VVT-i/Bensin/1329

96 hp

Tenaga

96.5 Ps

121 Nm

Torsi

121 Nm

Disc / Drum Brake

Sistem Pengereman depan/belakang

Disc / Drum Brake

Rp184,500,000

Harga 

Rp189,800,000

 

Mesin

Sama sama hadir dengan 2 jenis kapasitas mesin, Xenia dengan pilihan kapasitas mesin yaitu 1.000 cc dan 1.300 cc. Sedangkan Avanza hadir dengan Pilihan kapasitas mesin yaitu 1.300 cc dan 1.500 cc. Dengan daya maksimum 6.000 rpm, konsumsi mesin yang hampir mirip antara Avanza dan Xenia . Satu liter bensinnya, dapat menempuh jarak hingga 13 kilometer pada perjalanan luar kota, Sedangkan sekitar 9 kilometer untuk perjalanan dalam kota. Namun kembali lagi, boros atau tidaknya tergantung dari penggunaan bensin serta cara pakai pengguna.

Dimensi

Hadir dengan tampilan mobil yang sama-sama simple, namun pada Avanza lebih menonjolkan kesan elegan. Sedangkan pada Daihatsu Grand New Xenia menonjolkan gayanya yang lebih modern dan sporty. Dengan ragam pilihan yang hampir sama yaitu hitam, putih, silver, dan merah. Sedikit perbedaan terlihat pada grill depan juga terlihat pada Avanza dan Xenia terutama pada tipe terbaru. Pada Xenia, Xenia tampil lebih sederhana tanpa ada polesan chrome pada tampilan body. Sementara itu,  grill depan terlihat lebih besar dan dilengkapi dengan aksen chrome pada lampu kabut. Pada kabin Xenia dan Avanza, keduanya sama sama memiliki kapasitas 7 penumpang. 

Fitur

Melihat dari fiturnya, terdapat perbedaan yang cukup menonjol pada head unitnya, Pada Xenia terdapat Port AUX, radio, MP3, CD dan USB. Sedangkan pada Avanza hanya memiliki CD dan MP3 saja. Sehingga dari sisi fitur hiburan Xenia lebih unggul.

Namun dari sisi keamanannya Xenia dan Avanza bisa dibilang seimbang. Masih memilih sistem sabuk pengaman dengan airbag pada tipe tertentu. Dilengkapi juga dengan Automatic Brake System (ABS) sebagai tambahan pengaman.

 

Daihatsu Grand New Xenia VS Suzuki Ertiga

Daihatsu Grand New Xenia

Spesifikasi

Suzuki Ertiga

2 NR-VE DOHC Dual VVT/Bensin/1496 cc

Mesin / Bahan Bakar/Kapasitas

K15B, DOHC, VVT/Bensin/1462 cc

96 hp

Tenaga

103 hp

121 Nm

Torsi

138 Nm

Disc / Drum Brake

Sistem Pengereman depan/belakang

Ventilated Disc / Drum Brake

Rp184,500,000

Harga 

Rp199,400,000

 

Mesin

Dilihat dari performa mesinnya Daihatsu Grand New Xenia dan Suzuki Ertiga memiliki performa yang tidak jauh berbeda. Meskipun mesin Ertiga lebih besar dari Xenia, Namun Xenia sudah menggunakan mesin baru dual VVT-i. Xenia lebih bertenaga, dimana dengan mesin 1.3 Liter bertenaga 97 PS dan torsinya 121 Nm. Sedangkan Ertiga menggunakan mesin 1.4 Liter VVT dengan tenaga 97 PS dan torsi puncak 130 Nm. Dari situ terlihat bahwa Ertiga unggul pada torsi.

Mesin baru yang digunakan Xenia diklaim lebih irit dibanding sebelumnya, mesin yang digunakan adalah VVT-i. Namun pada data pengujian konsumsi luar kota jalan tol, Ertiga mencapai 19,2 km/Liter. Keduanya dapat dibilang irit untuk digunakan sehari-hari. Sementara pada Xenia 16,8  km/liter.Tetapi kembali lagi pada beberapa faktor. 

Dimensi

Daihatsu Grand New Xenia varian tertinggi bertabur krom seperti grille pada bingkai jendela dan gagang pintu. Ertiga pun juga memberikan krom pada eksteriornya, Namun dilihat dari penampilan dalamnya Daihatsu Grand New Xenia lebih terasa lega dibanding dengan Suzuki Ertiga. Padahal sumbu rodanya lebih panjang pada Ertiga daripada Daihatsu Grand New Xenia

Fitur

Kabin Xenia lebih memiliki fitur hiburan yang lebih lengkap. Bahkan pada Xenia menawarkan layar sentuh yang dapat memutarkan CD/DVD/MP3 serta dilengkapi dengan GPS. Layar tersebut juga dapat menampilkan parkir mundur. Sedangkan pada Suzuki Ertiga masih menggunakan head unit audio 2DIN

Segi keamanan, Xenia sudah cukup aman dengan fitur airbag di depan juga sensor pada bagian depan dan belakang. Hanya saja pada Daihatsu Xenia ini belum  adanya rem ABS. Berbeda dengan Ertiga yang memiliki fitur keamanan yang sama ditambah rem ABS yang semakin mendukung keselamatan mobil ini. Dan pada Ertiga belum ada kamera belakang untuk parkir mundur.

 

Daihatsu Grand New Xenia VS Honda Mobilio

 

Daihatsu Xenia

Spesifikasi

Honda mobilio

2 NR-VE DOHC Dual VVT/Bensin/1496 cc

Mesin / Bahan Bakar/Kapasitas

1.5L Petrol Engine, 4 Cylinder 16 Valve SOHC/bensin/1496 cc

96 hp

Tenaga

116 hp

121 Nm

Torsi

145 Nm

Disc / Drum Brake

Sistem Pengereman depan/belakang

Ventilated Disc / Drum Brake

Rp184,500,000

Harga 

Rp217,200,000
Mesin

Membandingkan antara Xenia dengan Mobilio dari segi mesin, Xenia sudah cukup tertinggal. Xenia menggunakan mesin dengan kapasitas 1.3 liter yang merupakan kapasitas mesin terkecil untuk small MPV. Berbanding terbalik dengan Mobilio yang menggunakan mesin dengan kapasitas paling bertenaga yaitu 1.5 liter. Mesinnya dapat mencapai tenaga 118 PS pada 6.600 rpm dengan torsi puncak 145 Nm pada 4.600 rpm.

Transmisinya pun lebih unggul Mobilio, dimana menggunakan transmisi otomatis CVT (Continuous Variable Transmission). Dimana transmisi ini akan lebih lembut dan halus ketika perpindahan gigi serta penyaluran tenaga. Pada Xenia masih menggunakan transmisi otomatis konvensional 4-speed. Namun keduanya sama-sama menawarkan pilihan transmisi manual 5-speed.

Dimensi
Interior

Interior Xenia tidak tersedia pengaturan AC digital yang otomatis. Namun, menggunakan AC double blower sama seperti pada Mobilio. Pada fitur hiburan, keduanya memiliki head unit audio dengan layar sentuh. Pada Head Unit tersebut dapat memutarkan CD/DVD/MP3 atau radio dengan kemampuan konektivitas bluetooth maupun usb juga.  Head Unit milik Xenia lebih unggul karena sudah adanya aplikasi GPS (Global Positioning System) sebagai navigasi. Sedangkan pada Honda Mobilio memilih untuk mengadakan fitur K2 Technology dan EQ sehingga pengaturan suara dapat lebih bervariasi.

Setiap kursi terdapat sabuk pengaman, namun sangat disayangkan pada Xenia hanya tersedia 6 sandaran kepala. Berbeda dengan Honda Mobilio yang menyediakan sandaran kepala pada setiap tempat duduk penumpang dan sandarannya terpisah dari tempat duduk.

Eksterior

Daihatsu Grand New Xenia maupun Honda Mobilio, Kini sudah memiliki konsep desain yang modern dan kekinian. Xenia dengan facelift pada tahun 2019 serta ditahun yang sama Mobilio dengan minor change. Mobilio sudah didukung dengan beberapa fitur modern. Dilengkapi dengan lampu utama jenis LED pada Daihatsu Grand New Xenia  yang berguna untuk memberikan kesan modern, desain headlamp yang  menggunakan konsep terpisah atau double layer yang terinspirasi dari Vellfire.  Perubahan ini membuat Xenia semakin tampak modern dan sporty dari sebelumnya.

Sedangkan pada lampu senja Honda Mobilio dirancang dengan menarik, menggunakan LED atau disebut LED light guide dengan pendar berwarna yang terlihat seperti DRL. Tersedia juga Daytime Running Light (DRL), serta power retractable door mirror. Lampu belakang kombinasi model smoked.

Fitur

Membandingkan dari segi fiturnya, dimulai dari fitur keselamatan Mobilio lah yang lebih unggul. Dimana Honda Mobilio telah didukung dengan fitur keselamatannya yaitu Dual front SRS airbags, Vehicle Stability Assist, Hill Start Assist serta kursi ISOFIX yang berguna untuk pengait kursi anak. Terdapat juga kamera parkir dan ABS rem + EBD. Fitur keselamatan yang cukup lengkap untuk sebuah mobil Low MPV.

Sedangkan pada Xenia juga sudah cukup lengkap  dengan SRS airbag, seatbelt dengan pretensioner dan force limiter, side impact beam, kunci pintu otomatis dengan sensor kecepatan, immobilizer, sensor parkir dan kamera parkir mundur (varian tertentu). Namun pada Xenia tidak memiliki  rem ABS bahkan pada varian tertinggi Xenia sekalipun. Padahal ini sangat berguna untuk mencegah kecelakaan karena ban terselip. Ini juga menjadi salah satu kekurangan dari Daihatsu Grand New Xenia.

 

Sumber: Semisena.com, garasi.id, Oto.com, gritodo.com