Daihatsu Gran Max

review spesifikasi daihatsu gran max

 

Review Daihatsu Gran Max

Demi peningkatan efisiensi, mobil berkapasitas penumpang besar tetapi berdimensi kecil adalah harapan masyarakat masa kini. Sebut saja Daihatsu Gran Max yang memang memprioritaskan daya tampung maksimal tetapi tidak rakus lahan parkir. Kendaraan keluarga yang satu ini hadir dengan penampilan yang ramping dan digadang-gadang menjadi penerus Daihatsu Zebra di pasar otomotif. Meskipun sangat kental sebagai mobil angkut penumpang, minibus keren ini juga serbaguna dan berspesifikasi handal. Misalnya saja desain yang diusung khas MPV tetapi mesin yang disematkan berasal dari perpaduan antara mesin SUV dan MPV. Sebagaimana diketahui adanya unsur SUV dalam sistem dapur pacunya semakin memperkuat daya dobrak sekaligus daya tahan mesin dalam berakselerasi dengan jumlah penumpang yang penuh. Sekilas gambaran mengenai mobil pabrikan Daihatsu ini akan mengantarkan anda untuk lebih jauh mengenal seperti apa Daihatsu Gran Max MB ini.

Eksterior

Sebagai mobil minibus modern, penampilan Daihatsu Gran Max Minibus tak bisa dipandang sebelah mata. Mobil ini tampil dengan desain interior ala Minibus dimana ukurannya tak terlalu besar tetapi tetap menawan. Mengandalkan desain Semi bonnet, kesan aerodinamis semakin jelas terpancar saat melaju di lintasan. Bagian depan Gran Max mengusung fascia depan yang menarik ditambah grill berukuran kecil yang dipadukan dengan lampu utama berukuran jumbo serta front bumper yang sedang. Beralih pada bagian sampingnya, Gran Max MB nampak begitu elegan berkat aksen chrome memanjang ke belakang. Belum lagi Sliding Door atau pintu geser di tiap sisinya yang akan memperkuat kesan modern padanya. Turun ke bawah, disana telah tersedia empat buah ban besar yang semakin memperkental nuansa mobil mini bus. Adapun bagian belakang mini bus ini memang tidak begitu kentara dibandingkan sisi-sisi lainnya. Kesan yang dihadirkan cukup simple dengan perpaduan lampu belakang dengan bumper yang menempel pada bodi mobil.

Dilabeli sebagai mobil angkutan penumpang, faktanya Gran Max dibekali dengan sebuah fitur canggih yang melekat pada bodinya. Fitur ini bernama Moncoque Body yang fungsinya memberikan perlindungan pada saat terjadinya kecelakaan agar keselamatan penumpang lebih terjamin. Selain itu, terdapat pula air intake yang diposisikan di atas agar kuda besi satu ini dapat melibas berbagai genangan air berkedalaman hingga 500 mm. Berikutnya, suspensi Per Keong telah disematkan di bawah bodi sehingga kenyamanan tak terusik dari getaran-getaran maupun goncangan saat mobil melewati jalan berbatu. Bisa dikatakan Daihatsu Gran Max MB merupakan satu satunya kendaraan roda empat yang telah membenamkan fitur semacam ini di kelasnya.

review spesifikasi daihatsu gran max

Interior

Setelah puas menyisir setiap sisi eksteriornya, mari kita menjelajah setiap sudut interior Daihatsu Gran Max MB ini. Tak perlu diragukan lagi, setiap sisi kabinnya didesain dengan sentuhan yang memanjakan para penumpangnya. Ruang yang ditawarkan cukup luas untuk merebahkan diri maupun mengatur posisi duduk semau anda. Sesuai dengan konsep mini bus yang dibawanya, mobil penumpang yang satu ini mampu memuat penumpang hingga 11 orang. Interior yang ditawarkan pun cukup menjanjikan dengan material interior berkelas sebagai jaminan kepuasan berkendara. Misalnya saja bagian dashboard, dimana Daihatsu menghadirkan desain modern serta ergonomis agar pengemudi maupun penumpang dapat mengatur kebutuhan selama perjalanan dengan Daihatsu Gran Max Minibus ini.

Suguhan fitur canggih pun tak luput ditawarkan pada para pengguna Daihatsu Gran Max ini. Fitur ini bisa ditemukan pada jok depan yang membenamkan fitur Sliding Seat agar pengendara semakin leluasa dan nyaman saat melaju. Ditambah hadirnya 3 Poit ELR Seat Belt yang merupakan fitur kenyamanan sekaligus keamanan bagi pengemudi dan penumpang, khsusunya yang berada pada baris depan. Suhu udara pun dapat dikontrol dengan sistem pendingin berupa AC guna menghantarkan kesejukan secara menyeluruh. Adapun fitur interior terakhir yaitu Molded Head Lining yang ditujukan agar atap tertata lebih rapi serta tahan lama.

review spesifikasi gran max 

Simak:

20 Mobil Mewah Milik Para Selebriti Terkaya Indonesia Update 2017

Performa

Tak ingin bertaruh dengan kepuasan penumpang, dapur pacu menjadi sektor yang selalu ditekankan bagi sebuah minibus. Daihatsu Gran Max memanfaatkan 2 mesin berbeda sebagai pendorong laju kendaraan yang maksimal. Para pengendara akan disuguhi performa dari varian yang ada yaitu mesin 3SZ-VE dan K3-DE. Untuk nama mesin pertama, mesin ini kapasitasnya 1.5 liter dengan 16 katup DOHC VVT-I dan 4 silinder segaris. Dengan mesin ini tenaga maksimal yang mampu dialirkannya hingga 97 ps dengan putaran mesin sebesar 6.000 RPM dan torsi maksimal sebesar 13.7 Kgm di putaran mesin 4.400 RPM. Beralih ke varian mesin yang kedua, mesin yang disematkan adalah mesin K3-DE dengan kapasitas 1.3 liter, 16 katup DOHC dan 4 silinder segaris. Dengan dukungan mesin ini, tenaga maksimal yang bisa diluncurkan hingga 88 Ps di putaran mesin 6.000 RPM sedangkan torsi maksimalnya 11.7 Kgm di putaran mesin 4.400 RPM.

Peran kedua varian mesin tersebut amatlah vital bagi Gran Max Minibus. Pengendara tidak perlu ragu lagi melaju di lintasan perkotaan maupun luar kota. Bahkan varian mesin terkecilnya yang 1.3 liter masih cukup handal kebutuhan dalam memenuhi hari-hari. Belum berkendara selagi ditambah teknologi pemasok bahan bakar berupa Eelectronic Fuel Injection agar bahan bakar dapat disemburkan dengan stabil, konsumsi bahan bakar yang irit tetapi tetap menjamin tenaga yang maksimal.

review spesifikasi daihatsu gran max

Bicarakan pembelian mobil baru Anda bersama konsultan profesional MobilKamu untuk mendapatkan harga terbaik, diskon menarik dan bonus terbesarnya setiap saat. Isi data Anda di sini!

 

Keamanan

Fitur keamanan merupakan nilai jual yang tak boleh diabaikan begitu saja bagi mobil penumpang berkapasitas hingga 11 orang. Tak salah jika Daihatsu membekali minibus andalannya ini dengan berbagai fitur yang akan menunjang keselamatan dalam berkendara. Mulai dari kerangka luar, bodi yang melapisinya sangat kuat sehingga tidak mudah penyok saat terjadi benturan. Hal ini tak terlepas dari disematkannya Monocoque body sebagai antisipasi rusaknya body mobil akibat kecelakaan sehingga penumpang di dalamnya lebih aman. Tak hanya itu, kantung udara serta sabuk pengaman telah dipersiapkan di bagian kabin untuk mengurangi resiko cedera akibat kecelakaan. Begitupun halnya dengan sistem pengereman dimana Daihatsu membekali minibusnya ini dengan rem cakram berfentilasi untuk bagian depan sedangkan bagian belakangnya telah terdapat rem Drum Leading dan Trailing. Adapun rem parking mekanik semakin menyempurnakan sistem pengereman Gran Max Minibus ini.

review spesifikasi daihatsu gran max

Konsumsi Bahan Bakar

Daihatus Gran Max merupakan mobil niaga yang berdaya jelajah jauh untuk keperluan niaga maupun mengantar penumpang. Tak heran jika pihak Daihatsu menjagokan minibusnya ini untuk melahap perjalanan jauh. Berbekal tangki bensin yang lebih besar dari mobil-mobil sekelasnya, kuda besi rakitan Daihatsu ini juga hemat konsumsi bahan bakar. Jika dibandingkan dengan Daihatsu Zebra, konsumsi bahan bakarnya lebih efisien hingga 20 persen. Berdasarkan uji coba yang telah ditempuh, mesin yang diusungnya mampu membawa mobil penumpang ini menempuh jarak 15 km dengan 1 liter bensin. Tentu catatan ini layak dibanggakan karena mobil-mobil MPV pesaingnya seperti Avanza, Livina dan sebagainya masih kalah irit.

review spesifikasi daihatsu gran max

Simak:

7 Tips Keuangan Ampuh Agar Kamu Bisa Mulai Kredit Mobil di Usia 20an

Keseluruhan

Daihatsu Gran Max MB mengusung desain minibus modern dengan penampilan keren dan bodi ramping. Inilah yang akan menjadi kesan pertama anda terhadap mobil berdaya angkut penumpang hingga 11 orang namun tetap kece dipandang. Salah satu aspek yang paling ditonjolkan disini yaitu konsep semi bonnet yang melekat pada bodi agar kesan aerodinamis semakin terpancar. Meskipun nampak sederhana pada bagian belakang, beberapa aksen eksteriornya mampu menjaga kesan impresif yang ditimbulkannya. Meskipun tampilannya mini, tetapi jangan salah karena eksteriornya cukup lega. Inilah yang menjadi alasan mengapa minibus yang satu ini sangat diidam-idamkan bagi mereka yang ingin bepergian dengan jumlah penumpang yang ekstra. Apalagi ditambah fitur-fitur kenyamanan yang disematkan di kabinnya, tentu hal ini menjadi daya tarik utama bagi setiap penumpangnya.

Daihatsu tak ingin mengecewakan para penumpangnya. Oleh karena itu, pihaknya menawarkan peforma prima di saat mengangkut penumpang dalam jumlah besar. Sebagai buktinya, mesin yang disematkan pada Gran Max bukanlah mesin sembarangan melainkan perpaduan antara SUV dan MPV. Dengan didukung kekuatan lebih, minibus pengangkut penumpang akan lebih stabil dalam melaju bahkan melintasi tanjakan. Untuk bepergian jauh, tentu inilah harapan bagi setiap pengendara, belum lagi konsumsi bahan bakarnya yang sangat irit berkat teknologi Electronic Fuel Injection. Anda pun tak perlu mencemaskan keselamatan secara berlebihan karena standar keamanan yang dibekalkan padanya sudah mumpuni. Mulai dari perlindungan akibat benturan fisik hingga sistem pengereman cakram menjadi penjamin keselamatan dalam berkendara.

review spesifikasi daihatsu gran max

Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Gran Max

Setelah sebelumnya kami mengulas spesifikasinya secara menyeluruh, kami akan mengajak anda untuk mempertimbangkan beberapa kelebihan dan kekurangan yang menyertainya. Untuk kelebihannya, anda akan menjumpai butir tersebut pada kabinnya yang lapang. Sebagaimana diuraikan sebelumnya, kabin Gran Max memungkinkan para penumpangnya bersantai tanpa tekanan ruang yang sempit. Jarak antara dinding satu dan dinding lainnya cukup jauh sementara tinggi lantai kabin dan atap kabin cukup ideal untuk duduk dalam posisi tegak, keluar-masuk ruang kabin ataupun berpindah tempat duduk. Kelebihan berikutnya terletak pada pintu geser (sliding door) sebagai akses keluar-masuk penumpang. Tak banyak mobil sekelas yang menggunakan pintu sejenis ini meskipun pintu berkesan lebih modern dan praktis. Kelebihan yang terakhir yaitu air intake berada di atas. Tidak seperti mobil-mobil pada umumnya, penempatan intake air semacam ini tak akan memberikan masalah ketika mobil menerjang genangan air yang tinggi.

Sangat realistis jika kita beranggapan mobil satu ini memiliki beberapa kekurangan. Dengan harga yang tergolong murah, Daihatsu Gran Max MB belum dibekali dengan power steering. Ini artinya beban mengemudi terasa lebih berat ketimbang mobil-mobil yang sistem kendalinya dibantu power steering. Kekurangan selanjutnya terletak pada tarikannnya yang kurang. Karena desain yang ditujukan untuk muatan penumpang, pada saat tanjakan atau berakselerasi tarikannya memang tidak segalak mobil-mobil berkecepatan tinggi.
 

Daihatsu Gran Max Rating & Score

Eksterior:     3/5     Konsumsi Bahan Bakar:   3/5

Interior:       3/5      Keamanan:                       3/5   

Performa:   2/5       Harga:                              2/5

Keseluruhan:    3/5

 

Haruskah saya beli mobil ini?

Beli mobil ini jika...

Anda membutuhkan kendaraan roda empat yang berkapasitas besar hingga 11 orang, ramping serta mumpuni untuk menempuh jalanan perkotaan maupun antar kota. Beli mobil ini jika anda mengidam-idamkan mobil keluarga yang ramping sehingga mudah untuk diparkirkan. Beli mobil ini juga jika anda menghendaki mobil penumpang yang irit konsumsi BBM dan bergaya masakini. Pasalnya, minibus keluaran Daihatsu ini telah mengusung rancangan modern yang memanfaatkan fitur Sliding Door atau pintu geser yang biasanya terdapat pada mobil-mobil mewah.

Jangan beli mobil ini jika...

Anda menghendaki mobil yang telah didukung dengan fitur steering wheel. Sayang sekali, Daihatsu Gran Max MB tidak dipersenjatai dengan fasilitas tersebut sehingga sistem kendali terasa lebih berat saat dikendalikan. Tidak hanya itu, jangan pilih mobil ini jika anda memimpikan mobil berkecepatan tinggi dan tarikannya galak. Performa mobil ini standard sehingga ekspektasi ngebut dengan Daihatsu Gran Max akan mengecewakan anda.

 

Simak:

5 Mobil Hybrid Termurah 2017, Mana Favorit Anda?

Perbandingan Daihatsu Gran Max

Daihatsu Gran Max vs. Daihatsu Luxio

Baik Gran Max MB maupun Luxio keduanya merupakan jebolan dari PT Astra Daihatsu Motor. Saat ini keduanya menjadi buah bibir di berbagai kalangan sebagai kendaraan pengangkut penumpang jempolan. Lalu bagaimana jika kedua mobil ini dikomparasikan? Jika dilihat dari harganya, terdapat perbedaan harga yang cukup mencolok di antara keduanya. Karena menyasar segmen sarana transportasi keluarga berkapasitas besar, Luxio dilepas dengan banderol yang lebih tinggi yaitu di kisaran Rp 165.000.000. Sementarai itu, Gran Max yang memang membidik segmen mini bus murah meriah dilepas dengan harga yang jauh lebih rendah yaitu 120 jutaan. Dari harganya yang lebih murah, Gran Max ditujukan untuk masyarakat kelas mengah ke bawah untuk keperluan niaga dengan menekankan aspek kenyamanan, keamanan, dan efisiensi bahan bakar. Berbeda halnya dengan Luxio yang menjunjung konsep mewah, kenyamanan serta keselamatan berstandar tinggi. Tentu mobil jenis ini lebih cocok untuk masyarakat kelas menengah atas.

 

Beralih ke sektor performa, Luxio sangat mumpuni dan terampil dalam menjelajahi lalu lintas macet ala perkotaan. Pasalnya mobil keren yang satu ini akselerasinya begitu responsive karena didukung mesin 3SZ-VE bertransmisi otomatis dengan 4 kecepatan.  Akan sangat berbeda jika Luxio dihadapkan dengan jalan menanjak atau medan yang memiliki sedikit tantangan dimana Luxio nampak kurang mantap. Lain halnya dengan Gran Max yang cukup tangguh dalam melahap jalanan-jalanan semacam itu, mini bus ini tak akan kedodoran sama sekali meskipun rintangan terhampar di depannya. Namun untuk malaju di perkotaan, Gran Max masih kalah responsif dari Luxio karena memang mobil ini difungsikan untuk niaga.

review spesifikasi daihatsu gran max

 

Daihatsu Gran Max vs. Suzuki APV

Kedua mobil ini bertipe MPV (Multi Purpose Vehicle) yang fungsinya mengakomodasi keperluan berkendara yang berbeda-beda. Jika anda ditawari salah satu di antara keduanya, MPV mana yang akan anda pilih? Agar anda tidak salah pilih mana yang lebih cocok dengan selera anda, mari kita lihat perbandingan di antara keduanya. Dilihat dari dimensinya, Gran Max lebih unggul dari APV karena lebih panjang dan lebih jangkung. Gran Max membentang sepanjang 4.405 mm dengan tinggi 1.900 mm sedangkan APV panjangnya hanya 4.225 mm dan tingginya 1.855 mm. Untuk urusan lebar, keduanya sama dengan angka 1.655 mm. Terkait kapasitas tangki untuk bahan bakar, Gran Max harus sadar diri bahwa tangkinya kapasitas tangki miliknya masih kalah dengan APV. Kapasitas tangki milik Gran Max hanya 43 liter sedangkan APV berkapasitas 3 liter lebih besar yaitu 46 liter.

 

Dapur pacu selalu menjadi sektor yang marak untuk diperbandingkan. Keduanya berimbang pada sektor ini dimana keduanya saling mengalahkan untuk dengan varian berbeda yang dimiliki keduanya. Misalnya saja Gran Max tipe 1.3 hanya berkapasitas 1.298 cc yang jelas bukan tandingan APV yang mesinnya berkapasitas 1.493 cc. Namun, keunggulan APV ini hanya sementara karena Gran Max tipe 1.5 memukul balik dengan kapasitas mesin yang sedikit lebih besar yaitu 1.495 cc.

review spesifikasi gran max

 

Daihatsu Gran Max vs. Carry Pick Up

Daihatsu tidak hanya menghadirkan Gran Max Minibus tetapi juga Gran Max Pick Up. Mobil niaga tipe Pick Up ini ditujukan untuk mengangkut barang dengan bak belakang yang terbuka. Menyasar segmen Pick Up, Gran Max harus bersaing dengan Carry Pick Up andalan Suzuki. Mau tau seperti apa persaingan antara keduanya?

 

Mari kita lihat komparasi keduanya dari ban yang dibekalkan pada kedua mobil tersebut. Dimulai dari index beban ban, Daihatsu membekali Gran Max Pick Up dengan ban bertipe 175 R13 C 97 N. Ban sejenis ini hanya bisa menahan beban maksimal 1.689 kg dan tak mampu melaju dengan kecepatan lebih dari 140 km/jam. Sementara itu, Carry Pick Up dibekali dengan ban bertipe 75 R 13 9C 9795 R. Ban semacam ini dapat menahan beban maksimal 1800 kg serta memungkinkan mobil melaju dengan kecepatan hingga 70 km/jam.

review spesifikasi daihatsu gran max

 Mau beli mobil apa? Tanya ke MobilKamu. Klik di sini!

Daihatsu Gran Max 2016 vs. Daihatsu Gran Max Bekas

Daihatsu Gran Max 2016 hadir dengan 2 varian yaitu Gran Max Minibus dan Gran Max Pick Up. Gran Max edis terbaru ini hadir dengan tampilan yang lebih keren dan menjanjikan dari versi sebelumnya. Salah satunya dengan hadirnya aksen chrome yang membuat mobil ini semakin stylish. Selain itu dapat dijumpai peningkatan teknologi mesin. Gran Max 2016 telah dipersenjatai dengan fitur Electronic Fuel Injection pada mesinnya sehingga konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit ketimbang versi sebelumnya.

review spesifikasi daihatsu gran max

Harga Daihatsu Gran Max

*Catatan: Harga dalam artikel ini berlaku saat waktu publikasinya, dan dapat berubah sewaktu-waktu.

Harga Daihatsu Gran Max Baru


Setelah mengulas Dahatsu Gran Max, khususnya seri minibus, kami akan menginformasikan harga banderol untuk meminang mobil niaga ini. Tentu anda dan para sobat otomotif lainnya penasaran berapa sih harga baru Gran Max Minibus ini. Mengingat cukup mumpuninya mobil ini sebagai alat transportasi untuk berbagai keperluan, Daihatsu Gran Max MB untuk seri termurahnya dibanderol Rp 126 juta. Adapun seri termahalnya dibanderol sebesar Rp 174 juta. Itulah harga yang bisa anda pertimbangkan jika ingin membeli sebuah Gran Max. Jika anda cukup beruntung, anda bisa mendapatkan potongan harga yang bervariasi antara showroom satu dan showroom lainnya. Rasanya sangat sulit untuk mendapatkan harga dengan diskon terbaik jika anda tidak memiliki relasi dengan seluruh showroom di Jakarta. Untungnya, MobilKamu telah bermitra dengan showroom-showroom yang ada di Jakarta sehingga besar kemungkinan anda untuk mendapatkan harga terbaik.

review spesifikasi daihatsu gran max

Spesifikasi Daihatsu Gran Max

Secara keseluruhan, spesifikasi Daihatsu Gran Max antara lain:

Eksterior

  • Konsep desain semi bonnet
  • Aksen chrome yang elegan
  • Pintu geser (sliding door)
  • Lampu utama berukuran besar

Interior

  • Sliding seat
  • Kapasitas hingga 11 penumpang
  • Desain modern dan ergonomis
  • Molded Head Lining

 

Mesin

  • Varian mesin 3SZ-VE dan K3-DE
  • Electronic Fuel Injection
  • DOHC VVT-I
  • Transmisi manual

Safety

  • Monocoque body
  • Kantung udara
  • Sabuk Pengaman
  • Rem cakram

Baca juga review Daihatsu lainnya:

Berminat untuk memiliki Daihatsu Gran Max? Percayakan semua proses pencarian harga, diskon menarik dan bonus serta ketersediaan unit pada konsultan MobilKamu. Isi data Anda di sini!