*Catatan: Harga dalam artikel ini berlaku saat waktu publikasinya, dan dapat berubah sewaktu-waktu.

Panduan Kredit Honda Jazz Lengkap
Kredit Honda Jazz

Honda Jazz, bisa dibilang inilah salah satu mobil paling populer di Indonesia. Sebagian besar pemiliknya memang berasal dari kaum muda yang membutuhkan sarana transportasi yang nyaman dan penuh gaya. Tak mengherankan, mobil besutan Honda ini memang terkenal memiliki desain yang fresh, muda dan dinamis. Ukurannya yang kompak juga sangat cocok untuk menembus jalanan perkotaan yang padat dan penuh dengan kendaraan. Meski demikian, mobil ini cukup lega untuk membawa beberapa penumpang, termasuk beberapa barang bawaan.

Sebagai mobil yang banyak digandrungi oleh masyarakat Indonesia, tak mengherankan jika harga Honda Jazz masih terbilang tinggi. Bahkan harga mobil bekasnya juga terbilang stabil. Bagi Anda yang menginginkan Honda Jazz dengan harga yang lebih terjangkau, membeli versi bekas bukanlah keputusan yang buruk. Dengan membeli Honda Jazz bekas, Anda bisa mendapatkan mobil impian tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam.

Kredit Honda Jazz Bekas

Kredit Honda Jazz Bekas

Saat ini, semakin mudah membeli mobil impian. Banyak pilihan yang tersedia mulai dari yang baru hingga yang bekas. Jika membeli mobil secara tunai masih dirasa memberatkan, ada pilihan pembayaran secara kredit yang jauh lebih ringan. Tak perlu banyak uang untuk bisa memiliki Honda Jazz. Cukup dengan membayar DP dan cicilan pertama, siapapun sudah bisa membawa pulang mobil besutan Honda ini.

Fasilitas pembayaran secara kredit kini juga semakin meluas, tak hanya terbatas pada mobil-mobil baru saja. Kini, mobil bekas juga bisa diperoleh dengan cara kredit. Jadi bisa dibayangkan. Harga mobil bekas yang memang sudah lebih rendah dari harga mobil baru kini bisa dibayar dengan cara mencicil. Tentu saja, cicilan yang harus dibayarkan tiap bulannya juga cukup rendah. Inilah kenapa kredit Honda Jazz bekas menjadi semakin populer di kalangan masyarakat.

1. Kredit Mobil Honda Jazz Bekas DP Ringan?

Meski sedang berbicara tentang mobil bekas, semua orang tentu tak cukup hanya mendapatkan harga mobil yang lebih murah dari harga mobil baru saja. Mereka masih menginginkan harga yang lebih terjangkau lagi. Yang mereka inginkan juga bukan mobil bekas ala kadarnya. Mereka menginginkan mobil bekas yang masih layak jalan dan dalam kondisi baik. Pertanyaannya, apakah semua itu mungkin?

Sebelum berbicara tentang kredit mobil Honda Jazz bekas, kira-kira berapa harga Honda Jazz bekas? Meski menyandang nama mobil tangan kedua, Honda Jazz ternyata masih dibanderol di angka yang cukup tinggi. Masih banyak penjual yang menawarkan harga di kisaran Rp 100 juta. Memang ada beberapa mobil yang dibanderol di bawah Rp 100 juta. Akan tetapi pada umumnya harga tersebut untuk jenis-jenis mobil oper kredit. Meski demikian, tak sedikip pula Honda Jazz yang memang sengaja dibanderol di bawah Rp 100 juta atau bahkan senilai Rp 68 juta.

Tinggi rendahnya harga Honda Jazz bekas ditentukan oleh beberapa hal. Beberapa diantaranya adalah kondisi mobil baik kondisi eksterior, interior maupun mesin, hingga usia mobil tersebut. Untuk Honda Jazz keluaran baru, harga bekasnya tentu tak begitu jauh dengan harga barunya. Lantas berapa DP Honda Jazz bekas? DP mobil bekas memang sangat beragam sesuai dengan kebijakan dari pihak pemberi kredit. Akan tetapi secara umum, DP yang dikenakan berkisar di angka 20% dari harga mobil.

Untuk Honda Jazz bekas seharga Rp 100 juta, DP yang harus dibayarkan adalah Rp 20 juta. DP tersebut sebenarnya sudah termasuk ringan. Hanya dengan Rp 20 juta saja, Anda sudah bisa memiliki Honda Jazz. Akan tetapi jika masih menginginkan DP yang lebih ringan lagi, cukup banyak juga penyedia kredit yang menawarkan DP di bawah itu. Ada yang menawarkan DP Rp 15 juta, bahkan ada juga yang menawarkan DP Rp 8 juta saja.

2. Kredit Honda Jazz Bekas Murah

Membeli Honda Jazz bekas secara kredit memang sangat memudahkan dan menguntungkan. Tak perlu membayar mahal, Honda Jazz sudah bisa dikendarai. DP yang dikenakan juga tak selalu tinggi. Bahkan tak sedikit penyedia kredit yang berani menawarkan DP di bawah Rp 10 juta. Akan tetapi DP yang rendah juga ada konsekuensinya. Salah satunya adalah cicilan yang cukup besar. Besarnya cicilan ini biasanya dihitung berdasarkan jumlah DP yang dibayar dan bunga kredit itu sendiri. Bunga kredit ini jumlahnya juga beragam, tergantung dari tenor kredit. Semakin lama tenor kredit, semakin tinggi pula bunga kreditnya. Akan tetapi khusus untuk kredit mobil bekas, tenor yang tersedia biasanya lebih singkat dari tenor mobil baru.

Bunga kredit Honda Jazz bekas juga lebih tinggi dari bunga kredit mobil baru. Untuk tenor 1 tahun, bunga kredit yang berlaku adalah 5%. Sedangkan untuk tenor 2 tahun, 3 tahun dan 4 tahun, secara berturut-turut bunga kredit yang berlaku adalah 6%, 7% dan 9%. Bunga yang lebih tinggi tersebut biasanya disebabkan karena biaya asuransi yang memang lebih tinggi jika dibandingkan dengan mobil baru.

Kredit Honda Jazz Baru

Kredit Honda Jazz Baru

Membeli mobil bekas secara kredit memang memberi keuntungan dalam segi biaya yang dikeluarkan. Akan tetapi bagi Anda yang ingin mendapatkan mobil baru dengan cara yang lebih ringan, opsi kredit Honda Jazz baru juga bisa dijadikan pilihan. Membeli mobil baru memang memberi beberapa keuntungan. Keuntungan terbesar terletak pada kondisi mobil yang masih baik. Tak ada lecet, mesin mobilpun masih berfungsi dengan baik. Begitu pula dengan fitur-fitur lain yang ada pada mobil.

Akan tetapi kondisi mobil bukanlah satu-satunya keuntungan kredit Honda Jazz baru. Anda juga bisa mendapatkan layanan purna jual seperti garansi serviceyang lebih prima. Selain itu, kredit mobil bekas juga memberi beberapa keuntungan lain seperti pilihan tenor kredit yang lebih beragam dan lebih lama.

1. Harga Kredit Honda Jazz Baru

Jika Anda tertarik untuk kredit Honda Jazz baru, Anda juga harus tahu berapa harga Honda Jazz baru. Untuk Honda All New Jazz, masih ada beberapa varian yang perlu Anda ketahui. Beberapa varian tersebut meliputi Honda Jazz S M/T, Honda Jazz S CVT, Honda Jazz RS M/T dan Honda Jazz RS CVT. Setiap varian dibanderol dengan harga yang berbeda. Untuk varian termurah, Honda All New Jazz dibanderol di harga Rp 206 juta. Sedangkan untuk varian tertinggi atau Honda All New Jazz RS CVT, banderol harganya mencapai Rp 256 juta.

Harga tersebut sebenarnya bisa saja berbeda tergantung dealer dan kota tempat Anda membeli mobil. Akan tetapi meski ada perbedaan, selisih harganya biasanya tidak begitu jauh. Dengan harga tersebut, kira-kira berapa harga kreditnya? Karena membeli dengan kredit, bisa dipastikan biaya total yang harus dikeluarkan jauh lebih tinggi dari harga Honda Jazz baru. Semua itu karena bunga kredit yang ditentukan oleh pihak pemberi kredit berdasarkan tenor kredit tersebut. Sebagai gambaran, bunga kredit untuk tenor 1 tahun biasanya sekitar 4%. Sedangkan untuk tenor 2 tahun, 3 tahun dan 4 tahun, secara beturut-turut bunganya berada di angka 4.65%, 5% dan 6%.

2. Kredit Honda Jazz Baru Murah

Membeli Honda Jazz baru memang dipastikan lebih mahal dari membeli Honda Jazz bekas. Karena itu, dana yang harus dipersiapkan juga lebih besar. Bahkan dengan kredit sekalipun, DP dan cicilan yang harus ditanggung juga dipastikan lebih besar dari kredit mobil bekas. Akan tetapi tidak diragukan lagi, kredit Honda Jazz baru memang memberi banyak keuntungan khususnya dalam hal mendapatkan mobil baru tanpa harus mengeluarkan banyak uang dalam satu waktu.

Kira-kira berapa perkiraan kredit Honda Jazz baru? Untuk DP, kredit mobil baru biasanya berkisar di angka 20% dari harga mobil. Jika Honda Jazz yang hendak dibeli berada di harga Rp 206 juta, maka DP yang harus dibayarkan adalah Rp 41,2 juta. Itu baru DP saja. Belum termasuk biaya cicilan pertama dan biaya administrasi yang harus dibayarkan saat pertama kali. Untuk menebus Honda Jazz seharga Rp 206 juta, cicilan yang harus dibayarkan setidaknya berkisar antara Rp 3.740.000 hingga Rp 14,4 juta. Besaran cicilan tersebut nantinya ditentukan oleh tenor yang diambil. Untuk cicilan yang lebih ringan, tenor yang diambil hendaknya memang yang paling lama. Akan tetapi jika ingin menekan bunga kredit, sebaiknya pilih tenor yang terkecil.

Cicilan Honda Jazz

Cicilan Honda Jazz

Besarnya cicilan Honda Jazz ditentukan oleh beberapa hal. Beberapa diantaranya adalah harga Honda Jazz yang diambil, jumlah DP yang dikeluarkan dan bunga kredit. Pihak penyedia kredit umumnya memberi batas minimal DP kredit sebesar 20%. Akan tetapi pembeli masih bisa membayar di atas itu. Keuntungan membayar DP lebih tinggi dari batas minimal terletak pada cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya nanti. Semakin besar DP yang dikeluarkan, semakin kecil cicilan yang harus ditanggung oleh pembeli.

Besarnya cicilan Honda Jazz juga ditentukan oleh bunga kredit yang berlaku. Biasanya semakin lama tenor yang diambil maka semakin tinggi pula bunga kredit yang harus ditanggung. Jadi jika ingin menekan bunga kredit, sebaiknya pembeli memang harus mengambil tenor yang paling rendah. Jika tidak bisa mengambil tenor 1 tahun atau 12 bulan, Anda bisa mempertimbangkan tenor sedikit di atas itu. Misalnya saja tenor 2 tahun atau 24 bulan.

1. Harga Cicilan Honda Jazz

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa harga cicilan Honda Jazz ditentukan oleh harga mobil yang diambil, besarnya DP yang dikeluarkan dan bunga kredit. Namun selain itu, perlu diketahui juga bahwa ada perbedaan mendasar antara harga cicilan Honda Jazz baru dan Honda Jazz bekas. Perbedaan tersebut tak hanya terletak pada harga mobil yang hendak dibeli. Kebijakan penyedia kredit untuk kredit mobil baru dan mobil bekas biasanya juga berbeda. Jika dibayar secara tunai, harga mobil bekas memang lebih murah dari mobil baru. Akan tetapi saat berbicara tentang harga cicilan, bisa saja perbedaannya tidak begitu signifikan.

Mari kita ambil contoh kasus Honda Jazz bekas seharga Rp 140 juta dengan tenor 47 bulan. Untuk menebus mobil tersebut, setidaknya pembeli harus membayar DP sebesar Rp 8 juta. Sedangkan untuk biaya cicilan tiap bulannya, pembeli harus mempersiapkan Rp 4.2 juta. Perhitungan tersebut tentu akan berbeda jika besaran DP yang dibayarkan lebih besar. Namun untuk harga cicilan Honda Jazz baru seharga Rp 206 juta, uang DP yang harus dibayarkan adalah Rp 41.2 juta dengan cicilan Rp 5.375 juta per bulan selama 48 bulan.

2. Cicilan Honda Jazz 2016

Untuk Honda Jazz terbaru atau Honda Jazz 2016, perhitungan cicilannya tidak berbeda jauh dengan kredit Honda Jazz baru. Besar cicilan yang harus dibayar juga tergantung dari varian Honda Jazz 2016 yang diambil. Untuk varian terendah yang seharga Rp 206 juta, DP yang dibayarkan hendaknya sebesar 20% yakni Rp 41.2 juta. Sedangkan untuk cicilan tiap bulannya, itu tergantung dari tenor yang diambil. Untuk tenor 1 tahun, cicilan per bulannya bisa mencapai Rp 14.4 juta. Namun untuk tenor 5 tahun, cicilan tiap bulannya bisa hanya sebesar Rp 3.740.000 saja.

Jika menginginkan cicilan Honda Jazz 2016 yang lebih ringan, sebaiknya ambil tenor yang lebih lama. Namun jika ingin mengejar biaya total yang lebih rendah, tenor 1 tahun memang pilihan terbaik.

DP Honda Jazz

DP Honda Jazz

Satu hal yang tidak boleh dikesampingkan saat hendak kredit Honda Jazz adalah besaran DP yang harus dikeluarkan. Untuk mobil baru, umumnya DP yang harus dibayarkan memang sebesar 20% dari harga mobil. Akan tetapi ada juga beberapa penyedia kredit yang menerima DP lebih rendah dari itu. Untuk yang satu ini, sebaiknya pertimbangkan untuk mengambil DP dengan cermat. Hal ini berhubungan dengan keuangan jangka panjang pasca membeli Honda Jazz.

1. DP Mobil Honda Jazz Baru

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, DP Honda Jazz baru yang lazim ditemui adalah sebesar 20% dari harga mobil. Jika harga Honda Jazz yang hendak diambil adalah Rp 206 juta, maka DP yang harus dikeluarkan setidaknya berada di kisaran Rp 41.2 juta. Akan tetapi perlu diingat, 20% adalah batas minimal yang umum diambil. Ada juga penyedia kredit yang menawarkan DP 0. Namun saat hendak menentukan besaran DP yang hendak dikeluarkan, sebaiknya pertimbangkan untuk mengeluarkan DP lebih besar dari batas minimum. Hal ini bertujuan untuk menekan harga cicilan yang harus dibayar setiap bulannya. Akan tetapi untuk mendapatkan harga cicilan terbaik, jangan jupa juga untuk mendiskusikannya dengan pihak penyedia kredit Honda Jazz.

2. DP Mobil Honda Jazz Second

Besaran DP Honda Jazz bekas sebenarnya juga tidak berbeda jauh dengan besaran DP Honda Jazz baru. Secara umum, batas minimal yang berlaku adalah 20%. Akan tetapi ada juga yang menerima DP lebih rendah dari itu. Mengingat harga Honda Jazz bekas yang lebih rendah dari harga Honda Jazz baru, tentu saja, DP yang harus dikeluarkan juga lebih sedikit. Kita ambil contoh Honda Jazz seharga Rp 140 juta. Dengan perhitungan DP 20%, maka DP yang harus dikeluarkan adalah Rp 28 juta. Akan tetap ada juga penyedia kredit mobil bekas yang menerima DP sebesar Rp 8 juta bahkan Rp 0.

Sepintas, DP rendah memang terlihat menggoda. Tanpa perlu mengeluarkan banyak uang, Honda Jazz sudah bisa dibawa pulang. Akan tetapi jangan lupa. Semakin rendah DP yang dikeluarkan berdampak pada semakin tingginya cicilan yang harus dibayarkan tiap bulannya. Belum lagi bunga kredit Honda Jazz second yang lebih tinggi dari bunga kredit mobil baru. Jadi bisa disimpulkan, cicilan yang harus ditanggung juga bisa lebih tinggi lagi. Bahkan bisa jadi total biaya yang dikeluarkan nantinya tak berbeda jauh dengan harga Honda Jazz baru.

Sumber: http://mobilhondaindonesia.com/harga-promosi-honda-brio-jazz-mobilio-freed-crv-city-hrv/