Toyota Fortuner vs Mitsubishi Pajero Sport vs Isuzu MU-X

Isuzu yang terkenal dengan Panpether, siap Fortuner vs Pajero Sport. Toyota Fortuner hadir lebih dulu di tahun 2005 dan disusul dengan varian bermesin diesel pada 2007. Kemudian Pajero Sport hadir pada tahun 2009, dan Isuzu MU-X menyusul di pertengahan 2014 silam.

Durabilitas mesin diesel Isuzu tak dapat disanggah berkat Panther. Sementara Toyota, menjamin kualitas mobil-mobil yang dimilikinya terutama si populer Fortuner. Reputasi mesin diesel Mitsubishi pun juga sudah tercium harum namanya.

Pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas dan membandingkan Isuzu MU-X vs Fortuner vs pajero sport 4×2. Siapakah yang terbaik?

 

Eksterior

isuzu-mux-eksterior

 

Kemunculan MU-X cukup menyita banyak perhatian dibandingkan dengan Fortuner dan Pajero Sport. Tak heran, tampilannya yang agresif diwakili grille berlapis chrome dipadu lampu proyektor menawan.

 

toyota-fortuner-eksterior

 

Toyota Fortuner VNT pun tak kalah menarik, dengan lubang udara (air scoop) di atas kap mesin didukung Daytime Running Lights (DRL) menjadikannya tampil lebih menarik perhatian. .

 

 

mitsubishi-pajero-eksterior

 

Di sisi lain, Mitsubishi Pajero Sport tampil paling beda di antara ketiganya. Dengan desain khas Mitsubishi, lekuk tubuh membulat, membuatnya tampak berotot. .

 

Dari segi dimensi, Isuzu MU-X tercatat sebagai yang terpanjang dengan 4.825 mm diikuti oleh Fortuner 4.705 mm dan terakhir Pajero Sport 4.695 mm. Ground clearance Pajero Sport terbilang paling rendah dibanding rivalnya yakni 215 mm, MU-X 230 mm dan Fortuner 220 mm. Dan MU-X menjadi yang paling lebar (1.860 mm), disusul dengan Fortuner (1.840 mm) dan Pajero Sport (1.815 mm).

Baca Review Lengkap Toyota Fotuner disini!

Interior

isuzu-mux-interior

 

Isuzu MU-X

 

Desain pada instrumen tengah MU-X terlihat sederhana, terdapat touch head unit dan panel AC.

mitsubishi-pajero-interior

 

Mitsubishi Pajero

 

toyota-fortuner-interior

 

Toyota Fortuner

 

MU-X vs Pajero Sport memiliki jok berbalut kulit hitam yang berkesan mewah. Sedangkan pada Fortuner masih menggunakan bahan fabric dengan warna beige. MU-X memiliki pengaturan jok elektrik, dan Pajero Sport memiliki sunroof sedangkan Fortuner tampil lebih sederhana. Untuk fitur hiburan, hanya Fortuner yang terdapat roof monitor bagi penumpang belakang. Ketiganya pun telah memiliki fitur pengendali audio dari setir.

 

Fitur dan Teknologi

Dari sisi fitur, tak heran MU-X memiliki banyak fitur canggih yang tak dimiliki oleh Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport dikarenakan ia pendatang baru. Terdapat smart key termasuk tombol start/stop, electric seat, Electronic Stability Control (ESC) dan Cruise Control. Juga tak ketinggalan kontrol traksi untuk meredam torsi di roda belakang.

Fitur paddle shift dan sunroof menjadi unggulan Pajero Sport. Sedangkan Fortuner sangat disayangkan tak memiliki fitur unggulan kecuali sistem hiburannya.

Untuk fitur keselamatan, MU-X lagi-lagi yang paling lengkap. Selain dibekali dengan fitur rem cakram, ABS, EBD dan BA. Terdapat dual airbag dan Isofix yaitu pengait kursi anak di baris kedua.

Untuk Pajero Sport, dual airbag, ABS, EBD dan BA juga tersedia tapi rem cakram hanya ada pada kedua roda depan saja. Fortuner berada di posisi ketiga dengan dual airbag dan ABS saja, piranti rem cakram juga hanya terdapat di roda depan.

 

Review, Harga, dan Spesifikasi Mitsubishi Pajero Sport Terbaru 2016

Performa

isuzu-mux-mesin

 

Isuzu MU-X

 

Isuzu MU-X menggunakan mesin 4-silinder 2.5 liter dengan turbocharger berteknologi Variable Geometry System (VGS), Pajero Sport Dakar juga dibekali mesin 2.5 liter berteknologi Variable Geometry Turbocharer (VGT) dan terakhir Fortuner dengan mesin 2.5 liter berteknologi Variable Nozzle Turbocharger (VNT).

 

mitsubishi-pajero-mesin

 

Mitsubishi Pajero

 

toyota-fortuner-mesin

 

Toyota Fortuner

 

Pajero Sport dapat meraih tenaga puncak dengan angka 175 hp pada 4.000 rpm dan torsi maksimal 350 Nm pada rentang 1.800 – 3.500 rpm. Disusul Fortuner dengan tenaga 144 hp di 3.400 rpm dengan torsi 350 Nm di antara 1.600 -2.800 rpm. Sementara MU-X hanya dengan 136 hp di 3.600 rpm dan torsi 320 Nm mulai dari 1.800 hingga 2.800 rpm.

Ketiga mobil ini sudah menggunakan transmisi otomatis, hanya perbedaannya pada MU-X dan Pajero Sport telah mengadopsi transmisi otomatis 5-speed sedangkan Fortuner masih memercayakan kepada transmisi otomatis 4-speed.

Melihat dari konsumsi BBM, Pajero Sport sayangnya hanya meraih 7,16 kpl dengan kecepatan rata-rata 12 kpj. Di sisi lain, Fortuner mendapat catatan yang mengesankan dengan angka 9,12 kpl dengan kecepatan rata-rata 19 kpj. MU-X berada di posisi kedua dengan perolehan konsumsi 8,14 kpl pada kecepatan rata-rata 13 kpj.

 

Kenikmatan Berkendara

Dari segi kenyamanan isuzu mux vs pajero sport vs fortuner, Fortuner lah juaranya. Selain nyaman, visibilitasnya pun lebih baik.

Didukung juga dengan suspensi double wishbone plus stabilizer di depan dan 4-link lateral rod di belakang sehingga mampu meredam getaran saat melintasi permukaan jalan yang buruk.

Pajero Sport memiliki suspensi independen double wishbone dengan stabilizer di roda depan dan 3-link coil spring dengan stabilizer yang menyangga roda belakang.

Suspensi MU-X memiliki peredaman paling lembut. Paduan McPherson Strut di depan dan multi-link di belakang.

 

Pengendalian

Berkat fitur ESC, MU-X dapat mengoreksi gejala selip dan menjaga mobil tetap pada lajurnya. Konsekuensinya, akibat intervensi ESC, MU-X melaju paling lambat.

Sedangkan mengendarai Toyota Fortuner, kemantapan berkendara sangat terasa. Putaran setir yang ringan menjadikannya yang tercepat di antara ketiganya.

Pada posisi kedua, Pajero Sport mendapat keuntungan dari performa mesin terbaik yang dimilikinya. Selain suspensi lebih kaku, juga turut menjadikan pengendalian mobil ini cukup solid meski tak ada fitur stabilitas elektronik.

 

Baca informasi lengkap Isuzu MU-X disini!

Kesimpulan

Tak bisa dipungkiri, cukup sulit untuk memutuskan mana yang terbaik di antara isuzu mux vs pajero sport vs fortuner. Karena masing-masing memiliki keunggulan dan kekurangan.

Kekurangan fitur-fitur pada Toyota Fortuner menjadikannya nilai minus terbesar dari kedua rivalnya. Namun karena nama besar Toyota, plus banyaknya varian Fortuner yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, hal ini lah yang membuatnya semakin populer.

Mitsubishi Pajero Sport lebih menawarkan sensasi yang berbeda. Mitsubishi juga menyediakan banyak varian mulai dari mesin bensin, hingga ke varian berpenggerak roda 4×4.

Terakhir, Isuzu MU-X dipersenjatai dengan amunisi tepat untuk melawan pesaing-pesaingnya di pasar SUV ini. Fitur berlimpah dan keleluasan kabin menjadi keunggulannya. Dengan reputasi Isuzu yang terkenal sebagai Rajanya Diesel, ia tetap menjadi pilihan yang tepat meski dalam segi performa ia masih kalah.

Melihat dari sisi ekonomi, Toyota Fortuner TRD AT memiliki harga termahal yakni Rp 464,1 juta dengan fitur seadanya. Namun Fortuner adalah yang paling irit di antara keduanya.

Mitsubishi Pajero Sport Dakar dibanderol dengan harga Rp 458 juta. Sebuah pilihan yang tepat jika anda menginginkan performa yang baik.

Isuzu MU-X menjadi yang termurah dengan banderol Rp 442,5 juta. Tentunya tawaran fitur-fitur yang melimpah otomatis menjadikannya Value for money. Penampilan, serta konsumsi BBM yang lumayan irit, adalah kelebihan MU-X untuk menutupi kelemahannya di sektor dapur pacu.

 

Dapatkan mobil dengan harga termurah, hanya di MobilKamu.com. Dengan teknologi terkini dan bantuan dari tim kami, kamu bisa mendapatkan mobil idaman kamu dengan cepat dan mudah! Hanya di MobilKamu.com!

Sumber : Auto Car Indonesia

 

Baca Juga Artikel Lainnya: