Mengirim CV (Curiculum Vitae) ke suatu perusahaan yang sedang membuka lowongan pekerjaan menjadi salah satu kewajiban bagi seorang pelamar kerja. Dengan mengirimkan CV kepada perusahaan yang dituju, tentunya memiliki harapan untuk dapat diterima langsung. Karenanya CV merupakan hal yang sangat penting sehingga menjadi pintu awal perusahaan dalam mengenal calon pegawainya. Namun, penentu utama CV diterima atau tidaknya adalah bagian personalia atau HRD. Mereka yang menyaring kandidat mana saja yang berhak dipanggil dan melewati proses wawancara. Oleh karena itu, ada beberapa tahapan dalam mengirim CV agar diterima oleh bagian HRD perusahaan.

  • Tentukan Posisi Yang Ingin Dilamar

CV yang menarik yaitu harus menyesuaikan dengan posisi yang ingin dilamar. Misal ingin melamar pekerjaan pada divisi Design. Tentunya harus mencantumkan portofolio keahliannya sehingga HRD dapat melihat kemampuan Anda seperti apa. Tetapi, jika ingin melamar posisinya sebagai back office atau biasa disebut dengan admin tidak perlu mencantumkan portofolio. Hanya saja yang dilihat sudah sejauh mana pengalaman kerja Anda.   

  • Riwayat Hidup

Harus dibuat secara lengkap, mulai dari nama, tanggal lahir, alamat rumah, no.handphone, dan email. Dalam penulisan riwayat hidup atau CV harus konsisten dalam pemakaian bahasa. Tidak boleh digabungkan seperti Indonesia dicampur dengan English.

Hindari penulisan riwayat hidup secara detail. Misal dalam hal pendidikan tidak perlu mencantumkan mulai dari SD, cukup mencantumkan pendidikan terakhir atau pendidikan yang sedang ditempuh di perguruan tinggi. Jika pernah memiliki pengalaman kerja, jangan lupa cantumkan surat paklaring.

  • Waktu Saat Mengirim CV via Email

Pengiriman CV via email tidak memerlukan waktu yang khusus. Namun, akan lebih baik jika mengirim CV saat jam kantor pada pukul 08.00 hingga 13.00 siang. Karena kemungkinan besar CV Anda akan dibaca oleh bagian HRD.  

  • Penulisan Subject Pada Email

Setelah melampirkan CV pada email, jangan lupa tulis subject sesuai dengan posisi yang ingin dilamar. Dalam penulisan subject Email harus singkat dan jelas agar bagian HRD mudah dalam penyaringan. Kemudian, pada body email harus diisi jangan sampai dikosongkan.

Categories: Tips & Trik

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *