Tips Mencuci Mobil Sendiri di Rumah Biar Hemat:

Khusus Mencuci Bagian Body Mobil

tips mencuci mobil sendiri 

 

Akhir-akhir ini cuaca  sedang tidak menentu, kadang panas, kadang juga turun hujan. Cuaca yang tidak menentu inilah yang biasanya membawa berbagai macam penyakit seperti malaria, demam berdarah, tifus, dan berbagai macam penyakit lain yang dibawa oleh nyamuk Aides Agepty. Pasti susah juga kan jika anda dan keluarga tercinta tidak menyiapkan langkah-langkah proteksi agar menjaga tubuh tetap fit selama beraktivitas di tengah-tengah cuaca yang tidak menentu seperti ini. Cuaca yang tidak menentu belakangan ini membuat berbagai keresahan di tengah-tengah masyarakat, tidak saja membawa penyakit bagi manusia, tetapi juga membawa penyakit bagi kendaraan (mobil) anda. loh kenapa begitu ?

Jika cuaca sedang turun hujan biasanya kendaraan anda Cuma akan terkena air (basah) saja dan itu pun mudah untuk dihilangkan. Noda lumpur yang basah cenderung mudah dihilangkan dengan cara mobil dicuci dengan air bersih dan sampo mobil. Namun apabila di tengah-tengah cuaca yang tidak menentu ini, hujan bisa berubah menjadi panas dengan sekejap. Noda becek yang tadinya basah, bisa cepat kering, karena pengaruh cuaca yang tidak menentu. Dan noda becek yang kering akan sangat membuat mobil anda benar-benar kotor. Untuk menghilangkan noda becek yang telah kering butuh perhatian ekstra. Anda tidak bisa hanya mengandalkan air bersih dan sampo mobil saja untuk bisa melenyapkan noda becek membandel tersebut.

Tips Cuci Mobil Sendiri Di Rumah Biar Hemat

Bahan-bahan yang anda perlukan untuk mencuci mobil sendiri di rumah antara lain:

1. Sabun Cuci Mobil

Pastikan anda menggunakan sabun cuci mobil yang benar-benar berkualitas, ada banyak merek-merek sabun cuci mobil di pasaran yang bisa anda gunakan contohnya Kit. Dan juga jangan sampai anda menggunakan sabun cuci piring,karena dapat melunturkan warna cat pada body mobil. Atau anda juga bisa menggunakan Shampoo rambut.

2. Lap pembersih mobil (kanebo)

Lap yang biasa digunakan untuk pembersih mobil biasanya berbahan dasar microfiber yang dapat membuang kotoran dan noda secara efektif. Anda bisa membeli kanebo di minimarket dengan harga yang terjangkau.

3. Ember dan selang air

Selang air sudah pasti digunakan untuk mengalirkan aliran air dari keran ke mobil, sementara ember digunakan sebagai wadah air untuk mencelupkan kain basah dicampur sampoo mobil.

4. Lap pengering

Digunakan untuk mengeringkan noda-noda basah, dan sisa-sisa sabun di body mobil, dengan cara mengelap sampai kering.

5. Parkir di tempat teduh

Pastikan anda memarkirkan kendaraan anda selama proses mencuci di tempat yang teduh dan yang tidak terkena sinar matahari secara langsung.

 

Tips Cuci Mobil Sendiri Di Rumah Biar Hemat

Setelah anda mengumpulkan bahan-bahan untuk keperluan tips cuci mobil sendiri di rumah, langkah selanjutnya adalah anda harus mempelajari bagaimana cara mencuci mobil sendiri di rumah dengan benar. Tahukah anda, bahwa selama ini ternyata kita telah keliru mencuci mobil dengan cara di semprot atau di steam, hal tersebut justru sangat berbahaya bagi mobil anda, dan pada beberapa kasus mencuci mobil dengan cara disemprot atau di steam dapat menyebabkan konslet dan meledak. Anda tidak mau hal tersebut terjadi pada mobil kesayangan anda bukan ?.

Cara Mencuci Mobil Bagian Luar

  1. Semprotkan dengan selang air selama 15 menit ke bagian-bagian body mobil untuk membersihkan sisa-sisa klorin dan bahan kimia berbahaya yang dapat merusak cat mobil, serta menghilangkan debu dan kotoran yang menempel.
  2. Pastikan anda menutup erat-erat pintu dan jendela mobil
  3. Semprotkan air ke body mobil secara merata
  4. Setelah body mobil tersemprot air secara merata, kemudian anda bilas dan gosok body mobil dengan kain kanebo yang telah dicelupkan kedalam rendaman sampoo mobil
  5. Cuci dan lap sampai bersih, semprot dan gosokkan kanebo keseluruh bagian body mobil, spion, kaca depan, kaca belakang, dan pelek mobil.
  6. Jika telah terlihat bersih, maka matikan selang air, lalu siapkan kain kanebo kering, dan gosokkan ke seluruh bagian mobil hingga tidak ada noda basah/air yang tersisa.

Baca juga artikel lainnya:

Cara Memilih Mobil Keluarga yang Terbaik

Cara Mengganti dan Mengecek Oli Mobil Tanpa Harus Pergi ke Bengkel

Tips Perawatan Mobil di Musim Hujan