SUV vs MPV vs Sedan vs Hatchback, Pilih yang Mana? – Mobil telah menjelma menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi oleh mereka yang cukup sibuk. Jika sudah demikian, tinggal tunjuk jenis mobil apa yang anda inginkan. Pada dasarnya penciptaan mobil tak terlepas dari kehendak konsumen. Maka dari itu, varian mobil yang telah bejubel di pasaran tak lain dan tak bukan hanya untuk menuruti selera dan kebutuhan kita. Sebagimana halnya beberapa jenis mobil yang banyak beredar di kalangan kita, di antaranya jenis SUV, MPV, Sedan dan Hatchback. Keempat jenis mobil tersebut memiliki karakteristik yang berbeda-beda satu sama lainnya yang tentunya disesuaikan dengan selera dan kebutuhan anda. Agar anda tidak salah pilih mari kita simak perbandingan antara keempat tipe mobil tersebut di bawah ini.

Komparasi Berdasarkan Karakteristiknya

SUV

Anda hobi travelling atau jalan-jalan? Sudah dapat dipastikan Anda akan cocok dengan mobil dengan tipe body SUV. Mobil jenis ini begitu akrab bagi mereka yang gemar menyusuri berbagai tempat, bahkan hingga medan tersulit sekalipun. Tak heran jika mobil jenis ini mampu melahap dua tipe jalanan dengan mudah, baik itu on road maupun off road. Tidak hanya itu, membawa muatan penumpang sekalipun bukanlah masalah meskipun mobil ini akan dihadapkan pada track yang terjal dan berlubang. Tentu saja kenyamanan ini bisa anda rasakan berkat kapasitas kabin yang hingga 8 orang penumpang.

Bisa dikatakan, SUV itu ibarat gabungan Jeep, Sedan dan Pickup. Dibekali dengan desain ground clearanceatau jarak bodi ke tanah yang cukup tinggi, suspensi yang tangguh, fitur yang komplit, eksterior dan interior yang perkasa dan elegan, serta bodi dan ban besar, tentu bukanlah masalah melintasi berbagai medan dengan tingkat kesulitan yang berbeda. Belum lagi ditambah mesin bertenaga besar yang menjadi dapur pacunya, bisa jadi inilah mobil yang paling pas buat anda yang hobi bertualang. Melihat begitu kompleksnya mobil yang satu ini, tak heran jika mobil-mobil berjenis SUV dibanderol mahal. Mengingat peminatnya semakin banyak yang diimbangi dengan melonjaknya perkembangan teknologi otomotif, lahirlah varian SUV yang disesuaikan dengan fitur dan ukurannya. Berdasarkan tipe-tipenya ini, SUV terbagi ke dalam Compact, Middle, Full Size dan juga Luxurius SUV.

Baca juga:

MPV

 

Setelah cukup puas berkenalan dengan SUV, kini kami mengajak anda mengenal lebih dekat jenis mobil berikutnya, yaitu MPV. MPV atau Multi Purpose Vehicle merupakan jenis kuda besi yang akrab membantu manusia sehari-hari, mulai dari mengangkut penumpang dalam jumlah besar hingga barang-barang bawaannya. Lebih tepatnya mobil ini disebut sebagai mobil keluarga dimana ukuran dan dimensinya lebih besar dari mobil sedan. Mobil jenis ini memfasiiltasi penumpangnya dengan 7 buah kursi penumpang beserta fitur-fitur di dalamnya. Meskipun MPV memfokuskan diri pada fungsionalitasnya, tak dapat ditampik bahwa desain kemewahan juga turut mewarnai bagian-bagian mobil ini.

MPV didesain dengan senyaman mungkin bagi penumpang di dalamnya. Maka dari itu, detail-detail yang fungsional semacam tempat menaruh barang-barang berukuran kecil layaknya handphone dan botol minuman, kabin yang lega, serta desain yang menegaskan kenyamanan berkendara menjadi ciri khas dari tipe mobil yang satu ini. Dikatakan Multikarena mobil yang satu ini bisa dimanfaatkan untuk membawa sejumlah barang. Cukup dengan meilpat beberapa buah jok yang tak terpakai (biasanya terletak di kabin barisan paling belakang), maka sebuah mobil penumpang telah disulap menjadi mobil pengangkut barang sesuai dengan namanya yang Multi Purpose atau multi guna. MPV juga terbagi ke dalam beberapa varian, di antaranya Small MPV dan Big MPV.

Mau mobil tipe MPV dengan harga terbaik di wilayah Jakarta? Konsultasikan keinginan Anda disini!

Sedan

Jika sebelumnya anda kami ajak melihat-lihat seperti apa itu mobil-mobil petualang dan multi guna, kini kita beralih ke mobil yang berukuran lebih kecil tetapi lebih mewah. Mobil jenis ini dikenal dengan mobil sedan dimana kita mengenalnya sebagai jenis mobil kalangan elit. Sedan itu sendiri memiliki ciri khas berupa kursi yang tersusun sebanya dua baris disertai dengan ruang kabin yang cukup. Dengan fasilitas dan kelengkapan yang ada, mobil sedan juga layak dinobatkan sebagai mobil ideal bagi keluarga. Dengan demikian, fungsi sedan itu secara khusus untuk mengangkut sejumlah orang atau keluarga yang ingin bepergian.

Di antara sekian banyak sedan yang ada, yang paling umum di sekitar kita yatu sedan corolla. Adapun jenis sedan sisanya memiliki kelas yang berbeda atau bisa dikategorikan sebagai sedan yang mewah, sedan sporty dan lain sebagainya. Untuk sedan mewah, memang sangat terasa nuansa kemewahannya, misalnya saja interior yang mewah untuk menghadirkan konsep perjalanan yang mewah bagi penumpangnya. Contoh-contoh sedan mewah yang beredar di permukaan bumi ini antara lain Maserati Quattroporte, Rolls-Royce Ghost dan Lincoln Town Car. Adapun jenis sedan berikutnya yaitu sedan sporty yang tentunya mengusung aksen tampilan yang sporty dengan mesin dan desain tweak yang kuat. Contoh-contoh sedan yang beraroma sporty antara lain Aston Marti Rapide, Lexus IS-F dan Mitsubishi Lancer Evolution.

Baca juga:

Hatchback

Jenis mobil berikutnya memiliki kemiripan dengan sedan, yang mana telah diulas di atas. Mobil ini berjenis Hatchback atau mobil penumpang yang berbasis sedan tetapi bagian belakang mobil ini lebih pendek dari sedan. Mudahnya, mobil ini dipahami sebagai mobil sedan yang tak berbuntut karena memang desain mobil yang satu ini didasarkan pada keberadaan bagasi mobil yang melebur dengan fitur kaca belakang. Bukan tanpa alasan produsen menciptakan mobil berjenis Hatchback, karena memang tujuan mereka yaitu untuk memperingkas desain mobil dengan tetap mempertahankan fungsionalitasnya. Pintu bagasi dari mobil jenis ini sengaja didesain agar bisa dibuka ke atas dengan harapan untuk mempermudah dalam memasukkan barang ke bagasi. Yang perlu diingat, terkadang mobil jenis ini  minim bagasi tetapi ini bukanlah masalah yang besar jika kursi belakang dilipat. Dengan bentuknya yang mungil, mobil berjenis hatchback dirasa pas dikendarai oleh kaula muda dan juga keluarga kecil (dewasanya 2 orang dan anak kecilnya 1 orang).

Mobil tipe Hatchback dari semua brand selalu tersedia di MobilKamu. Klik disini!

Variasi Berdasarkan Variannya

SUV

 

Sebagaimana telah disinggung sebelumnya, SUV dirancang secara khusus untuk menembus berbagai track, salah satunya medan offroad. Salah satu bekal utama mobil jenis SUV yaitu penggerak empat roda atau istilah asalnya Four Wheel Drive. Tidak hanya itu, SUV juga mengalami perkembangan yang signifikan seperti dikembangkan menjadi mobil dnenga seven seater hingga terdapatnya SUV yang lebih condong ke sedan dan disertai dua roda atas dasar kenyamanan.

Adapun varian yang ditawarkan oleh SUV antara lain Small SUV yang mencakup Toyota Rush, Daihatsu Taruna, Daihatsu Terios dan sebagainya. Untuk medium SUV, contohnya antara lain Nissan X-Trail, Honda CRV, Mitsubishi Pajero Sport, Toyota Fortuner dan lain lain. Di kelas yang lebih besar, ada yang namanya Large SUV yang ditujukan pada mobil-mobil yang bermerek Nissan Patrol, Toyota Land Cruiser dan lain sebagainya. Beralih ke segmen SUV mewah, salah satu tipe yang ditawarkan yaitu Small Luxury SUV yang meliputi Marcedes Benz GLK, BMW XI dan lain sebagainya. Untuk segmen SUV mewah menengah atau Medium Luxury SUV merek-merek yang termasuk di dalamnya yaitu BMW X3, Marcedes BENZ ML-Class, Audi Q5 dan sebagainya. Yang terakhir dan paling mahal dari jenis SUV yaitu Large Luxury SUV, dimana anggota-anggotanya seperti Lexus LX 570, Audi Q7, Range Rover, dan BMW X5.

Simak Review, Harga, dan Spesifikasi Mobil Honda CR-V

MPV

 

MPV memiliki desain yang pas sebagaiamana fungsinya untuk mengangkut penumpang atau barang. Meskipun masih kalah menterengd dengan SUV, MPV juga menawarkan varian yang patut anda pertimbangkan. Jenis MPV pertama yaitu MPV sendiri dimana mobil-mobilnya antara lain Toyota Kijang Innova, Nissan Grand Livina, Honda Stream, Nissan Serena dan lain sebagainya. Untuk yang berikutnya yaitu mini MPV dimana mobil yang menganut tipe ini yaitu Toyota Yaris, Suzuki Swift, Nissan Livina XR, Cevrolet Aveo, dan sebagainya.  Yang terakhir terdapat juga tipe crossover sebagai salah satu tipe MPV. Untuk tipe crossover, kita akan menjumpainya pada Suzuki SX-4.

Review Lengkap Mobil Suzuki Swift bisa dibaca di sini!

Sedan

 

Meskipun hadir dengan bodi mobil yang pendek, peminat mobil sedan cukup pintar menggemari mobil yang satu ini. Salah satu alasannya yaitu bentuk bodynya yang anggun dan mewah. Namun demikian, kelemahannya justru terletak pada body sedan itu sendiri yang sulit menerjang banjir saat musim penghujan. Pasalnya, sedan dianugerahi bodi yang ceper tidak seperti jenis SUV ataupun MPV.

Dari banyaknya pilihan sedan, tentu masing-masing darinya memiliki kelas yang berbeda pula. Yang pertama yaitu Small sedan yang mana beranggotakan Honda City, Toyota Vios dan sebagainya. Untuk kelas berikutnya yaitu Medium sedan dimana mobil-mobil yang termasuk di dalamnya antara lain Honda Civic, Toyota Corolla Altis, Chevrolet Cruze dan seterusnya. Kelas berikutnya yang lebih tinggi yaitu Large Sedan dengan mengusung merek-merek yang di antaranya Honda Accord, Toyota Camry, Nissan Teana dan lain-lain. Beranjak ke barisan sedan mewah, salah satunya yaitu Small Luxury Sedan yang meliputi Marcedes Benz C-Class, BMW 3 Series, Audi A4 dan sebagainya. Setingkat di atasnya, tipe sedan selanjutnya yaitu Medium Luxury Sedan yang merek mobilnya antara lain Mercedes Benz E-Class, BMW 5 Series, Audi A6 dan lain sebagainya.

Baca juga informasi berikut ini:

Jika mobil-mobil sebelumnya memiliki variasi tipe yang beragam, hatchback tidak demikian. Tidak ada lagi kategori-kategori untuk hatchback itu sendiri meskipun menembus ranah hampir semua brand mobil seperti Toyota Yaris, Honda Brio, Suzuki Swift, Dayhatsu Ayla dan sebagainya.

Setelah menguraikan komparasi masing-masing tipe mobil, mulai dari SUV hingga Hatchback, setidaknya ada beberapa poin yang perlu ditegaskan kembali disini. Mengingat memilih mobil itu perlu didasarkan dengan karakteristik dan kegunaan, yang perlu anda lihat antara lain kapasitas dan karakteristik penggunanya. Yang pertama, mobil SUV cocok bagi pengguna, baik itu individu maupun keluarga,  yang gemar berpetualang. Mobil ini menawarkan 5-8 kursi yang cukup mengakomodasi keperluan pengendara. Untuk mobil bertipe MPV, mobil ini dirancang bagi keluarga yang menghendaki mobil multifungsi namun tetap stylish. Fitur kursi penumpang yang ditawarkan yaitu berkapasitas 7 orang. Tipe berikutnya yaitu sedan dimana mobil jenis ini cocok bagi kaum eksekutif maupun pengusaha. Adapun kursi penumpang yang disediakan berkapasitas 5 orang. Yang terakhir yaitu hatchback dimana mobil ini pas dengan kebutuhan anak muda yang serba dinamis dengan 5 kursi penumpang di dalam kabinnya.

Baca juga artikel lainnya:


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *