Simulasi Kredit Mobil

simulasi-kredit-mobil

 

Menurut sebagian orang, saat ini mobil sudah menjadi bagian dari kebutuhan sekunder kita. Fungsi dan manfaat mobil membuat orang – orang sangat berkeinginan memilikinya. Memiliki mobil juga bukanlah hal yang sulit lagi karena telah banyak leasing yang berlomba – lomba menawarkan kemudahan dalam memiliki mobil. Untuk perusahaan leasing yang berada di Jakarta, tidaklah mudah memperoleh kredit mobil. Perusahaan leasing disana sangat selektif dalam memberikan persetujuan kredit, baik untuk kredit mobil bekas maupun kredit mobil baru.

Bagi yang ingin membeli mobil dengan cara kredit, salah satu hal terpenting adalah memilih perusahaan leasing yang tepat. Pemilihan leasing yang tepat akan menentukan kesuksesan proses kredit yang diajukan. Dalam memilih leasing mobil sebenarnya susah – susah gampang, asal tahu tipsnya tentu semuanya akan menjadi lebih mudah. Fasilitas kredit mobil bisa didapatkan melalui Bank dan perusahaan Multi Finance, dengan berbagai macam kelebihan yang ditawarkan baik dari mulai bunga yang kecil, proses kredit yang cepat hingga cicilan yang fleksibel.

Setelah mendapatkan leasing yang tepat, langkah selanjutnya tentukan pilihan mobil yang diinginkan. Untuk Anda yang baru ingin memiliki mobil sebaiknya pilihlah mobil yang irit penggunaan bahan bakarnya dan memiliki harga purna jual yang lebih stabil bila ingin dijual kembali misalnya jenis mobil merk Toyota Avanza, Agya dan Daihatsu Ayla.

kredit-mobil-ayla

 

Kredit Mobil Bekas

Kredit mobil bekas murah dan mudah bisa diperoleh dari showroom dan bisa juga dari pemiliknya langsung. Mobil bekas adalah sebuah alternatif bagi yang memiliki budget terbatas, karena aspek yang terpenting dari kredit mobil adalah kesanggupan membayar tiap bulan. Memilih leasing yang menawarkan kredit mobil bekas DP ringan itu sangat membantu keuangan Anda karena dalam proses kredit juga terdapat biaya administrasi dan asuransi yang pastinya akan menambah budget diluar DP.

Contoh simulasi kredit mobil bekas :

Tuan Andi mengajukan kredit mobil bekas murah yakni kredit Avanza dengan harga jual Rp. 100.000.000,-. Tuan Andi memiliki DP sebesar Rp. 30.000.000,-, bunga 7% dengan jangka waktu 48 bulan. Berikut simulasi perhitungannya :

Harga OTR

Rp 100.000.000

Rupiah
Uang Muka (stAndar : 30 %)

Rp 30.000.000

Rupiah
Jangka waktu (bulan)

48

Bulan
Suku Bunga Pertahun

7,0%

Pertahun
Suku Bunga Flat (Perbulan)

0,583%

Per Bulan
Hasilnya
Sisa Cicilan

Rp 70.000.000

Cicilan Tiap Bulan

Rp 1.866.667

 

Kredit Mobil Baru

Sekarang membeli mobil baru sudah tidak sulit seperti dulu lagi, terbukti dengan semakin banyaknya mobil – mobil tahun tinggi yang terlihat di jalanan. Hampir semua merk mobil saat ini sudah memiliki tipe mobil andalan yang diyakini masih laku dipasaran, misalnya saat ini yang lagi banyak diminati adalah kredit Ayla, kredit Avanza, dan kredit Agya.

Untuk kredit mobil baru biasanya dilakukan langsung dari main dealer yang sudah dipilih atau showroom yang memiliki kerja sama dengan pihak leasing. Khusus untuk mobil baru, pihak yang melakukan penawaran bukan lah dari pihak leasing melainkan dari dealer ataupun showroom karena mereka memiliki target penjualan sehingga penawaran mereka pun biasanya lebih banyak serta kemudahan – kemudahan proses kreditnya juga tidak terlalu dipersulit.

 

Kredit Mobil Tanpa DP

Hal ini mungkin tidak masuk akal karena bagaimana mungkin orang dapat membeli mobil secara kredit tanpa harus menyediakan uang muka atau DP (Down Payment). Padahal menurut aturannya untuk kredit kepemilikan mobil harus menyediakan uang muka dari 25 persen, baik untuk mobil baru maupun mobil bekas.

Sesuai dengan Peraturan Bank Indonesia (PBI) No. 17/10/PBI/2015 mengenai LTV atau Rasio Financing To Value, untuk Kredit atau Pembiayaan Properti dan Uang Muka Kredit atau Pembiayaan Kendaraan Bermotor sudah mengalami penurunan. Untuk kendaraan roda tiga atau lebih yang digunakan untuk kegiatan yang non produktif nasabah cukup membayar uang muka 25 persen dari harga jual. Ketentuan ini lebih rendah dari aturan sebelumnya yakni 30 persen uang muka.

Dalam kenyataannya akan sulit sekali kita menemukan kredit mobil tanpa DP, pilihan lebih realisitis yang ada adalah kredit mobil bekas DP ringan, kredit mobil bekas murah dan penawaran dari leasing mobil termurah. Artinya bahwa bagi Anda yang menginginkan kredit mobil popular seperti kredit Ayla, kredit Agya maupun kredit Avanza carilah leasing mobil termurah agar cicilan perbulannya pun ringan.

 

Contoh Kredit Mobil

Untuk contoh kredit mobil bisa dilakukan untuk mobil apa saja selama kondisi dan kelayakannya masih memiliki nilai jual. Dari mobil baru hingga mobil bekas bisa diproses dengan cara kredit. Siapa saja bisa memiliki mobil, namun yang terpenting adalah Anda harus memiliki kemampuan baik dari persiapan modal buat uang muka hingga kemampuan membayar cicilan perbulannya. Jangan sampai Anda rugi uang muka hanya karena tidak mampu membayar cicilan bulanan, hingga nanti akhirnya mobil yang dibeli ditarik kembali.

 

Rekomendasi Kredit Mobil

Dalam proses kredit mobil ada beberapa hal yang perlu diketahui yakni :

  1. Tentukan model dan fiturnya

Hal mendasar yang harus diketahui adalah menentukan model mobil yang diinginkan dan fitur kelengkapannya juga penting untuk mengetahui perlengkapan apa saja yang ditawarkan.

  1. Siapkan dana minimum 30 persen dari harga mobil dan Sesuaikan dengan penghasilan.

Hal selanjutnya pilih mobil dengan harga sesuai dengan dana yang dimiliki, setidaknya memiliki dana 30 persen dari harga mobil. Jangan lupa juga perhitungkan kewajiban perbulannya, apakah penghasilan yang diperoleh masih tersisa 60 persen setelah dikurangi cicilan.

  1. Pilih lembaga pembiayaan yang terpercaya

Menentukan lembaga pembiayaan juga penting dari sisi kenyamanan dan kepastian, lembaga pembiayaan harus terpercaya. Jangan asal percaya dengan iming – iming bunga nol persen, karena bisa jadi ketika di dealer menjadi berbeda.

  1. Siapkan persyaratan kredit mobil

Persyaratan umum kredit mobil yang biasa dimintakan yakni :

  • Foto copy KTP suami istri (bagi yang sudah berkeluarga)
  • Foto copy kartu keluarga
  • Foto copy PBB (Pajak Bumi dan Bangunan)
  • Foto copy slip gaji
  • Foto copy rekening tabungan selama 3 bulan terakhir
  1. Lakukan pengujian kendaraan

Untuk lebih meyakinkan keputusan Anda ketika sudah memilih mobil yang diinginkan, langkah selanjutnya uji kendaraan untuk meyakinkan dan memastikan mobil tersebut sesuai dengan keinginan.

kredit-mobil-termurah

 

Kredit mobil yang dapat direkomendasikan:

  1. Pilih mobil sesuai dengan keinginan dan budget Anda.
  2. Pilih mobil yang memiliki harga stabil untuk jangka waktu tertentu, setidaknya hingga jangka waktu pinjaman.
  3. Pilih mobil dengan merk tertentu yang lagi banyak diminati, seperti kredit Avanza, kredit Agya, atau pun kredit A.
  4. Pilih dengan cara kredit mobil baru karena memiliki keuntungan lebih banyak dari pada mobil bekas, walaupun kredit mobil bekas murah,nilai ekonomisnya sudah berkurang.

Demikian semoga bermanfaat.

Dapatkan mobil dengan harga termurah, hanya di MobilKamu.com. Dengan teknologi terkini dan bantuan dari tim kami, kamu bisa mendapatkan mobil idaman kamu dengan cepat dan mudah! Hanya di MobilKamu.com!