Mercedes-Benz C200 Avantgarde vs BMW 320i Sport vs Audi A4 1.8 TFSI

Kalau anda suka menyetir mobil sendiri dan ingin mobil yang mewah, ketiga mobil ini bisa Anda pilih. Mercedes-Benz C200 Avantgarde, BMW 320i Sport dan Audi A4 1.8 TFSI sangat asyik untuk dikendarai sendiri dan tentu punya brand yang kuat. Kira-kira apa kelebihan masing-masing mobil ini dan manakah yang terbaik?

mercedes-benz-c200

 

Mercedes-Benz C200 Avantgarde tahun 2014 menggunakan mesin 1.991 cc 4-silinder turbo, 184 dk. Dijual dengan harga sekitar Rp 600 jutaan, mobil ini punya kelebihan pada kenyamanan saat dikendarai. Selain itu merknya yang dikenal sebagai mobil kelas tinggi mmebuatnya ampuh untuk mendongkrak gengsi. Lainnya lagi, harga mobil ini lumayan ampuh bertahan. Artinya tidak gampang melorot yang jika dijual kembali tidak membuat Anda rugi terlalu banyak.

Hanya saja soal handling, transmisi dan fitur yang terbatas menjadi sisi lemah dari Mercedes-Benz C200 Avantgarde. Kalau soal konsumsi BBM, jika digeber di jalan tol bisa dipakai untuk menempuh 16,9 km/liter/ Sedang untuk konsumsi dalam kota, bisa 10,1 km/liter. Mobil ini punya kapasitas tangki 66 liter.

Baca Juga Artikel Lainnya:

 

bmw-320i-sport

 

Sementara untuk mobil BMW 320i Sport yang dijual dengan harga Rp 520 jutaan untuk keluaran tahun 2014, punya kelebihan pada kendali, performa serta posisi mengemudi yang lebih nyaman. Hanya saja, mobil yang memakai mesin 1.998 cc 4-silinder turbo, 184 dk ini, bantingannya cenderung keras. Sehingga Anda perlu lebih pelan-pelan mengendalikannya jika melewati jalanan yang tidak rata. Soal harga yang gampang melorot menjadi problem tersendiri pemilik BMW.

Kalau untuk konsumsi BBM, klaimnya mobil ini bisa sampai 20,8 km/liter.Sedang untuk BBM dalam kota bisa sampai 12,6 km/l. Mobil BMW 320i Sport ini punya kapasitas tangki 60 liter.

audi-a4-1.8

 

Lalu untuk Audi A4 1.8 TFSI yang harganya Rp 400 jutaan di tahun 2013 punya kualitas kabin yang bagus. Selain itu, transmisinya halus. Mobil Audi yang juga tidak terlalu banyak beredar di Indonesia juga membuat tingkat eksklusivitasnya lebih tinggi. Tapi mobil yang memakai mesin 1.798 cc 4-silinder turbo, 170 dk ini punya kekurangan pada penurunan harga jual yang cukup tajam, selain juga untuk pelayanan service yang terbatas.

Mengenai mobil Audi A4 1.8 TFSI ini punya konsumsi BBM 16,2 km/liter saat dipakai di jalan tol, dan untuk perjalanan di dalam kota bisa 9,8 km/l. Mengenai kapasitas tangkinya 63 liter.

Mercedes-Benz C200 Avantgarde tertolong berkat brand kuat Mercy yang relatif banyak dipakai di Indoensia. Sehingga soal harga mobil bekasnya pun tidak terlalu turun. Untuk disetir sendiri, mobil ini cukup asyik. Walau secara kendali masih kalah jika dibandingkan dengan BMW 320i Sport.

Mobil Mercy ini juga relatif oke bantingan suspensinya. Sehingga baik ketika digunakan di jalanan yang tidak rata. Sementara untuk faktor performa, mobil ini masih kalah 320i Sport.

Sementara, kalau bicara mobil yang mesti dikendarai sendiri, selama ini BMW sudah terkenal akan hal ini. Begitupun untuk seri BMW 320iSport ini. Mobil ini dirancang istimewa sehingga bakal membuat betah pengemudinya meski sudah berjam-jam berada di jalanan. Dengan handling yang oke, mobil ini lebih baik ketimbang dua mobil lainnya. Handlingnya sangat presisi sehingga bakal membuat Anda bisa berkendara dengan lebih bak.

Hanya saja BMW 320i punya bantingan yang sedikit lebih keras dibanding C 200. Oleh karenanya Anda harus menurunkan kecepatan ketika melewati jalanan yang tidak rata. Selain itu, kelemahan mobil BMW selama ini adalah harga jual mobil bekasnya yang cenderung jatuh.

Sementara, Audi A4 1.8 TFSI yang punya kualitas sangat baik dan dikenal di Eropa, sayangnya kalah peminat di Indonesia. Jadi meski ini mobil bagus, tapi membuat harga jual bekasnya jadi turun.

Kelebihan Audi A4 1.8 TFSI dibanding kedua mobil sebelumnya adalah bagian interior yang dirancang sangat sempurna. Kabin terasa nyaman dan lega sehingga Anda bisa berkendara dengan nyaman. Transmisi CVT mobil Audi ini pun terbilang halus.

Yang jelas, ketiga mobil ini sama mewahnya. Ketiganya tepat untuk dipakai sebagai mobil yang dikendarai sendiri. Namun yang terbaik pilihannya jatuh pada BMW 320i. Sedang, Mercy C200 unggul pada bantingan yang lebih lembut. Dan kalau Anda memilih Audi, maka kenyamanan interior kelas wahid akan Anda terima, walau mobil ini termasuk jarang di pasaran.

Baca Juga Artikel Lainnya: