Pentingkah Merawat AC Mobil?


 

Meskipun musim panas sudah berakhir dan musim penghujan sudah datang, perlu diketahui bahwa perawatan mobil anda harus tetap dilakukan, khususnya sistem pendingin mobil. Meskipun anda tidak akan memakai perlengkapan mobil yang satu ini secara maksimal, Air Conditioning mobil anda masih berguna di musim hujan yang dingin ini, misalnya menjaga sirkulasi udara didalam mobil saat semua jendela tertutup atau menghilangkan embun yang ada di jendela mobil anda.

 

Air Conditioning (AC) mobil adalah salah satu perangkat wajib mobil saat ini. Kebanyakan orang sangat bergantung pada perangkat ini setiap mereka mengendarai mobil, terlebih lagi ketika matahari memanggang udara sekitar kita. Secara umum memang AC mobil dapat sangat diandalkan untuk menghilangkan gerah di hari yang panas. Namun, hal ini bukan berarti tanpa masalah, atau tidak akan ada saat dimana anda harus melakukan perawatan pada AC mobil anda. Sama seperti perawatan mesin mobil yang harus anda lakukan secara teratur.

Perawatan rutin pada AC mobil penting untuk dilakukan untuk beberapa alasan, termasuk:

 

  • Mencegah panas yang berlebih. Ada beberapa masalah yang bisa menyebabkan pendingin mobil tidak bekerja seperti yang seharusnya termasuk over heat yang sering terjadi pada komponern AC mobil anda dan hal ini bisa menjadi masalah besar yang menjalar ke bagian lain mobil anda, Servis rutin dapat mencegah hal ini terjadi.
  • Menjaga kebersihan. Kebersihan adalah salah satu faktu yang menentukan kinerja AC mobil. Unit komponen yang bersih menjaga AC mobil bekerja seperti seharusnya. Perawatan rutin akan menjaga selang dan sabuk tetap bersih dan bekerja dengan baik.
  • Mencegah kerusakan yang lebih parah. Servis rutin yang anda lakukan akan membantu anda menemukan masalah sesegera mungkin dan mencegahnya menjadi semakin rumit dan parah. Lebih cepat anda menemukan dan menyelesaikan kerusakan, semakin awet mobil yang anda miliki.

 

Ada dua masalah pada sistem pendingin mobil paling umum terjadi. Kadang pendingin mobil tidak mengeluarkan udara dingin, atau sedikit mengeluarkan udara dingin, dan di saat yang lain udara yang keluar terlalu dingin. Kedua kerusakan ini memang menjengkelkan tapi bukan berarti hal ini terjadi karena adanya kerusakan yang parah terhadap sistem AC mobil anda. Namun, masalah ini harus segera diperbaiki dan sumber kerusakan harus segera ditemukan.

 

Pada masalah diatas, kemungkinan kompresor adalah sumber masalah utamanya. Perlu diketahui jika compressor adalah komponen yang memiliki banderol harga yang paling mahal diantara komponen AC mobil yang lain.

 

Sistem pendingin mobil cukup rumit dan kadang memerlukan bantuan perawatan dari montir yang berpengalaman dan bengkel yang terpercaya mengingat perangkat ini terdiri atas komponen yang saling berhubungan. Karena kerumitan ini, mungkin anda perlu merogoh kocek lebih dalam untuk memperbaikinya. Mengingat compressor dibenderol dengan harga yang mahal, mungkin anda akan keberatan jika anda yarus membeli unit kompresor yang baru.

 

Kerusakan parah pada kompresor membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk memperbaikinya. Maka dari itu, lebih mudah dan murah jika anda memperbaiki AC mobil anda saat pertama kali anda menemukan masalah pada pendingin mobil anda dan nantinya kerusakan yang akan timbul dapat diminimalisasi dan tidak menjalar ke komponen mobil anda yang lain. Jika tidak yakin anda bisa mengetahui letak kerusakannya atau cara memperbaikinya, lebih baik anda segera menemui montir profesional.