mobil-autopilot

Sumber: https://www.tesla.com/autopilot

Beberapa merk mobil di Indonesia nantinya akan mengusung sistem auto pilot. Dalam dunia otomotif, pastinya mobil autopilot akan menjadi kendaraan roda empat yang tercanggih. Meskipun masih sebatas wacana, para pecinta otomotif tanah air dijamin penasaran untuk merasakan sensasi fashion berkendara tanpa sopir. Boleh dibilang, teknologi canggih ini menawarkan kemudahan dan kepraktisan bagi para pemiliknya. Mereka tidak harus selalu standby di kursi kemudi karena  proses kemudi telah diambil alih sistem otomatisasi yang telah disematkan di dalamnya. Atas dasar itulah para pabrikan mobil di Indonesia telah mengambil ancang-ancang untuk memasang  fitur canggih tersebut  pada mobil garapan terbaru mereka. Melalui artikel ini kami akan menguraikan beberapa merek mobil yang telah lebih dahulu memamerkan teknologi mobil tanpa sopir dan kapan mobil semacam itu meramaikan jalan raya negara kita. Selain itu, kami juga akan menguraikan dampak positif dampak negatif atas diterapkannya autopilot pada mobil.

 

Beberapa Mobil Autopilot yang Telah Bertebaran di Muka Bumi

Teknologi automated driving masih barang baru dalam dunia otomotif. Tak heran jika populasinya masih sangat terbatas pada beberapa merk yang telah dipasarkan di berapa negara. Dalam kancah mobil autopilot Uber menjadi salah satu pemain utama yang unjuk kebolehan dengan beberapa serinya. Mendekati akhir tahun 2014 lalu mobil canggih ini diperkenalkan di Pittsburgh dengan misi menggaet peminat mobil robotik nan canggih dan modern. Mengikuti jejak uber sebagai mobil autopilot, masih ada beberapa nama lainnya yang turut meramaikan persaingan mobil tanpa sopir seperti Tesla dan Google. Jika kamu ingin berkenalan dengan tiga nama tersebut, deskripsi singkatnya akan kami uraikan di bawah ini.

Setelah sebelumnya ada uber yang telah mempersembahkan mobil autopilotnya, kamu akan menjumpai beberapa pesaingnya. Salah satu di antara produsen mobil yang cukup ‘getol ’ mengembangkan teknologi mobil autopilot, yaitu Tesla. Sebagai sebuah produsen mobil listrik terkemuka Tesla berencana mengembangkan produksi mobil tanpa sopir ini secara massal. Untuk saat ini, Tesla sendiri masih dalam tahap awal penerapan teknologi autopilot untuk mobil.

Mengikuti jejak Tesla, Google tak mau kalah dalam berpartisipasi menghadirkan mobil autopilot masa kini. Jika selama ini kita mengenal Google sebagai rakasasa mesin pencarian di internet, kini nampaknya Google merintis reputasi mereka di bidang otomotif. Tak tanggung-tanggung, mobil ciptaannya ini langsung menyasar segmen mobil tanpa sopir dengan yang mereka beri nama Google Self-Driving Car. Dari uji coba yang telah dilalui, mobil Google telah berhasil menempuh jarak lebih dari 2,8 km dengan mengandalkan kecepatan 45 km/jam.

 

Kapan Mobil Autopilot Diresmikan di Indonesia?

Lalu bagaimana dengan beberapa pabrikan ternama tanah air, seperti Honda, Toyota, Nissan dan lain sebagainya? . Dari keterangan yang kami peroleh, Honda menjadi salah satu Raksasa yang mencanangkan dirilisnya mobil autopilot berlogo Honda di Tanah Air. Rencananya, mereka akan memperkenalkan karyanya ini di Indonesia pada tahun 2020. Beralih ke saingan terdekat Honda, Toyota diperkirakan akan memasang teknologi autopilot pada mobil masa depan mereka. Rencananya, Toyota akan menghadirkan mobil full autopilot di tahun 2020 juga, tahun yang sama dengan perencanaan Honda.

 

Berharap Mobil Autopilot Diluncurkan di Indonesia? Perhatikan Dulu Dampaknya

Penerapan autopilot pada mobil menjadi permasalahan serius yang perlu dikaji. Tidak hanya menawarkan manfaat, mobil autopilot turut menyumbangkan permasalahan tersendiri bagi masyarakat kita. Para sopir akan kehilangan pekerjaan mereka lantaran tugas menyetir mobil telah diambil alih sistem otomatis pada mobil canggih tersebut. Tentu ini akan semakin memperburuk keadaan perekonomian Indonesia mengingat angka pengangguran yang bisa saja naik setiap tahunnya. Terlepas dari permasalahan ini, mobil autopilot menawarkan solusi untuk mengurangi kekacauan lalulintas. Dengan meminimalisir peran kontrol fisik dari seorang pengemudi, angka kecelakaan lalulintas dapat ditekan dan kerugian karena kecelakaan pun dapat dikurangi. Selain itu, beredarnya mobil autopilot dapat menurunkan kadar kemacetan lalulintas dengan menurunkan populasi mobil yang berlalu lalang di jalanan.

Sumber: https://waymo.com/tech/

 

Baca juga artikel lainnya:

Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *