Tidak dapat dipungkiri, mobil merupakan salah satu kendaraan yang banyak digunakan saat ini. Sebagai Kendaraan yang banyak digunakan, mobil pun memiliki komponen terbaiknya dengan masing-masing fungsi sistem mobil yang berbeda yang membuat #Mobilkamu berjalan dengan baik. Penasaran apa saja? Bengkel Mobilkamu akan memberitahu informasi lengkapnya untuk Teman Mobilkamu.

Baca juga artikel:

Mengetahui Kegunaan Alat – Alat Perkakas Mobil

1. Pentingnya Buku Manual Mobil Sering diabaikan! Pentingnya buku manual untuk Teman Mobilkamu

Sistem Mobil: Buku Manual – Bengkel Mobilkamu

Pertama, Buku manual pada sebuah kendaraan memiliki peran penting. Pada buku tersebut terdapat informasi mulai dari perawatan, garansi, hingga cara penggunaan fitur-fitur yang ada dalam #Mobilkamu.

Mengabaikan buku manual dapat mendatangkan masalah, terlebih ketika terjadi permasalahan pada kendaraan kamu. 

Terkadang, Teman Mobilkamu tidak mendapatkan solusi terbaik untuk memperbaiki kendaraannya karena tidak membaca buku manual secara detail. Padahal, hal tersebut sudah tertera pada buku manual.

2. Memperkenalkan Unit Kontrol Engine (ECU) Jarang diketahui Teman Mobilkamu, inilah fungsi dari ECU!

Sistem Mobil: Unit Control Engine (ECU) – Bengkel Mobilkamu

Engine Control Unit (ECU)  memegang peranan penting pada sistem sensor #Mobilkamu. Bila ECU rusak, banyak bagian mobil yang bisa terganggu.

ECU merupakan rangkaian perangkat lunak dan sistem elektronik yang bertugas mengatur mobil dengan berbagai jenis sensor.

Dikarenakan ECU memiliki peran penting pada #Mobilkamu, ECU memiliki beberapa fungsi, antara lain sebagai berikut:

    1. Pendeteksi kerusakan pada komponen mobil yang ditunjukan melalui lampu indikator pada dasbor.
    2. Pengontrol putaran mesin pada keadaan stasioner.
    3. Pengaturan atas pencampuran bahan bakar dengan udara pada ruang pembakaran.
    4. Pengatur kerja dari air conditioning (AC) kendaraan.
    5. Pengatur dan pengontrol kinerja mesin #Mobilkamu secara keseluruhan.

3. Apa yang Membuat Kendaraan Kamu Hidup

Sistem Mobil: Kendaraan Hidup – Bengkel Mobilkamu

Ketiga, Sebagian besar kendaraan ditenagai oleh bahan bakar. Namun, bagian radio, lampu depan, AC, wiper kaca depan, tempat duduk dan jendela, jam, dan komponen mobil lainnya sebenarnya berfungsi pada listrik yang disediakan oleh sistem kelistrikan mobil.

Sistem kelistrikan mencakup beberapa subsistem yang menyediakan #Mobilkamu dengan percikan vital yang membuat mesin mobil hidup, terus beroperasi, dan memberi daya pada semua perangkat listrik. Ini adalah salah satu dari banyak sistem pada kendaraan yang dipantau dan dikendalikan oleh ECU.

4. Beberapa Sistem Mobil yang Aktif Ketika #Mobilkamu Sedang Digunakan Berkendara

Sistem Mobil: Kendaraan Hidup – Bengkel Mobilkamu

Bengkel Mobilkamu akan memberitahu Teman Mobilkamu cara bekerja sistem mobil ketika #Mobilkamu sedang digunakan untuk berkendara, berikut sistemnya:

  • Sistem Pengapian

Ketika mesin mobil mulai berjalan, sistem pengapian terus memberikan tegangan tinggi ke busi sehingga dapat memberikan percikan yang menyebabkan campuran bahan bakar atau udara terbakar. 

Untuk melakukannya pada kendaraan dengan sistem pengapian tanpa distributor, ECU atau modul pengapian khusus (ICM) menerima sinyal dari sensor dan kontrol ketika busi menyala dan menyalakan campuran bahan bakar / udara di dalam silinder, yang menyediakan daya untuk mengemudi mesin.

  • Sistem Pendingin

Pembakaran bahan bakar dan udara terjadi pada sekitar 4.500 °F, sehingga panas berlebih harus dihilangkan atau mesin akan meleleh. Ini dilakukan dengan sirkulasi cairan pendingin melalui jaket air yang mengelilingi silinder dan membawa panas ke radiator yang menghilangkannya. 

Sebuah pompa air menjaga pendingin bersirkulasi sementara kipas pendingin membuat udara mengalir melalui radiator ketika sedang macet.

  • Sistem Pelumasan

Oli terus-menerus bersirkulasi melalui mesin #Mobilkamu untuk menjaga agar bagian-bagiannya yang bergerak (piston, batang penghubung, dan poros engkol mobil) dilumasi untuk bergerak bebas dan untuk mengurangi gesekan yang menyebabkan mesin #Mobilkamu memanas. Pompa oli menjaga sirkulasi oli dan filter oli membuatnya tetap bersih.

  • Sistem Pembuangan

Sistem pembuangan adalah sistem untuk membuang gas bungan (campuran bahan bakar atau udara terbakar) yang dinyalakan di dalam silinder melewati pipa knalpot ke pipa knalpot bagian belakang kendaraan.

Karena gas buangan mengandung zat beracun dan mempengaruhi pemanasan global ketika menuju knalpot, pengendalian emisi seperti katup PCV, berbagai sensor, konverter katalitik, dan gizmos lainnya menghilangkan beberapa zat berbahaya dan mendaur ulang uap bahan bakar yang belum terbakar sebelum dapat naik ke udara.

5. Apa yang Membuat Kendaraan Anda Berhenti?

Sistem Mobil: Kendaraan Berhenti – Bengkel Mobilkamu

Terakhir, Ketika #Mobilkamu berhenti tentu saja sistem yang mengaturnya adalah sistem rem. Saat ini, kendaraan tidak hanya memiliki rem hidrolik, banyak juga yang memiliki sistem rem elektronik. 

Sebagian besar kendaraan datang dengan sistem pengereman anti-lock (ABS) yang dapat mencegah tergelincir dalam kondisi licin dan membuat Teman Mobilkamu tetap mengendalikan #Mobilkamu sampai kamu dapat berhenti dengan aman. 

Kendaraan listrik (EV) dan hibrida memiliki sistem pengereman regeneratif yang menghasilkan arus listrik untuk menggerakkan motor listrik mereka.

Baca juga artikel:

Mengenal Tentang Sistem Kelistrikan Mobil

 


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *