Honda Jazz vs Toyota Yaris vs Mazda2 vs Ford Fiesta

Hatchback merupakan segmen pasar yang tergolong kecil, namun seiring waktu, ia mulai menuai popularitas terutama di awal 2000-an.

Ringkas, mesin kecil irit bahan bakar, serta kabin yang cukup luas menjadikannya daya tarik konsumen mobil Indonesia. Hampir semua manufaktur mobil di Indonesia memiliki varian hatchback, tapi hanya segelintir saja yang mampu konsisten.

Dari data penjualan Gaikindo hingga akhir tahun 2014, Honda Jazz masih merajai segmen ini dengan total penjualan sebanyak 22.329 unit, disusul Toyota Yaris di posisi kedua dengan 17.774. Kemudian Ford Fiesta dan Mazda2 berhasil menjual sebanyak 3.002 dan 2.814 unit.

Perbandingan kali ini menggunakan Mazda2 GT Skyactiv, Honda Jazz RS CVT, Toyota Yaris TRD Sportivo M/T dan Ford Fiesta Ecoboost.

 

Eksterior

mazda2-eksterior

 

Mazda2 adalah model paling baru diantara ketiga rivalnya. Desain Kodo dari Mazda2 membuat tampilan eksteriornya seakan mengancam ketiga rivalnya.

 

honda-jazz-eksterior

 

Tampil muka Honda Jazz juga mengalami rombakan total namun tetap berbasis dari pendahulunya. Berkat desain yang disebut ‘Solid Wing Face’ ia siap menantang rival – rivalnya.

 

toyota-yaris-eksterior

 

Toyota Yaris mengandalkan ‘Keen Look’ dengan desain bumper yang khas dan grille yang berbentuk trapezoidal.

 

ford-fiesta-eksterior

 

Ford Fiesta Ecoboost ini lah yang hanya mengalami revisi minor pada grille, selebihnya Fiesta Ecoboost serupa dengan type Fiesta lainnya.

Tampilan depan Mazda2 GT Skyactiv sekilas mirip Mazda6 versi kecil, sedangkan lampu LED DRL-nya yang menyatu ke dalam rumah lampu depan mampu membuat ketiga kompetitornya menjadi seperti tertinggal satu generasi ke belakang. Honda Jazz dan Toyota Yaris memang dilengkapi dengan DRL tapi bentuknya yang sederhana dan seperti buatan aftermarket membuat keduanya tidak menonjol. Sedangkan Ford Fiesta Ecoboost malah tidak memiliki fitur ini.

Secara keseluruhan, Mazda2 GT Skyactiv dan Honda Jazz RS sama-sama dibekali dengan tampilan eksterior yang paling menarik. Dilanjutkan dengan Toyota Yaris TRD Sportivo, body kit terbarunya tak dapat dipandang sebelah mata. Ford Fiesta Ecoboost dengan tampilan desain “Kinetic” membuatnya tampil lebih galak hingga tak bisa dikesampingkan.

Namun bagaimanapun, kembali ke selera masing-masing karena selera individu sangat menentukan dalam menilai desain eksterior mobil.

Baca Review Honda Jazz Lengkap disini!

 

Interior

toyota-yaris-interior

 

Toyota Yaris

 

honda-jazz-interior

 

Honda Jazz

 

Merasuk ke kabin, kini giliran Honda Jazz dan Toyota Yaris yang berhak unggul dibanding lainnya menurut kami. Berkat dimensi yang bertambah dari generasi sebelumnya, membuatnya nyaman dan cukup lapang.

ford-fiesta-interior

 

Ford Fiesta

 

mazda2-interior

 

Mazda2

 

Mazda2 juga memiliki dimensi yang lebih besar dan lebih panjang dari Honda Jazz, namun menurut kami dari segi kenyamanan sebagai penumpang, Mazda2 dan Ford Fiesta masih kalah dengan Honda Jazz dan Toyota Yaris terutama untuk perjalanan jauh.

Mazda2 memiliki dimensi 4.062×1.697×1.497 mm, disusul Honda Jazz 3.955×1.695×1.695 mm. Toyota Yaris dengan dimensi 4.115×1.700×1.475 mm menjadi yang terpanjang, sementara Ford Fiesta 3.892×1.978×1.489 mm menjadi yang terpendek.

 

Fitur dan keamanan

Dikarenakan paling muda di antara ketiganya, Mazda2 GT dilengkapi berbagai fitur-fitur canggih. Hampir semua konstestan hatchback kali ini telah memiliki fitur-fitur yang modern, seperti head unit audio touchscreen, leather steering, steering switch control, keyless entry dengan start/stop engine, retractable mirror, tilt steering, immobilizer, dual airbags dan pengereman ABS, EBD + BA. Namun Mazda2 tetap lebih terutama dari sisi keamanan berkendara. Fitur Rain Sensor, Light Sensor, Stability Control, Hill Start Assist, Traction Control, Head up Display, MZD Connect, Emergency Stop Signal, Smart City Brake Support, Blind Spot Monitoring System dan Rear Cross Traffic Alert menyambangi mobil ini.

 

Hanya Fiesta Ecoboost lah yang sedikit bisa menandingi fitur Mazda2 seperti stability control, traction control dan hill start assist. Untuk yang lainnya, tidak ada sama sekali fitur-fitur di atas, bahkan pada Honda Jazz tidak dibekali dengan sensor parkir, kamera mundur dan koneksi Bluetooth.

Satu-satunya fitur yang tidak dimiliki Mazda2 SkyActiv adalah fitur Cruise Control. Dan tak lupa MZD Connect dengan Head-Up Display adalah fitur yang paling canggih yang dimiliki oleh Mazda2 bahkan dapat mengingatkan kita akan interior Mercedes Benz A-Class dengan pengaturan yang mirip seperti fitur hiburan milik BMW.

Toyota Yaris hanya mengandalkan Head unit aftermarket dengan koneksi bluetooth, GPS navigasi, internet, air gesture serta aplikasi My Toyota. Sayangnya, Fiesta Ecoboost masih mengandalkan layar monitor monokrom. Sementara itu, Honda Jazz RS lebih mengutamakan pada kenyamanan berkendara dengan fitur cruise controlnya tentunya sangat membantu saat perjalanan panjang.

 

Performa

ford-fiesta-mesin

 

Urusan dapur pacu, memang Fiesta Ecoboost menjadi yang paling unggul di atas kertas dengan tenaga sebesar 125 hp dan torsi 170 Nm yang berasal dari mesin Duratec 3-silinder 1.0 liter turbo.

 

honda-jazz-mesin

 

Menyusul posisi kedua yaitu Honda Jazz RS dengan mesin 1.5 liter i-VTEC SOHC yang mampu mengeluarkan tenaga sebesar 120 hp dan torsi 145 Nm.

 

mazda2-mesin

 

Mazda2 Skyactiv dengan mesin Skyactiv 1,5 liternya memiliki tenaga 110 hp dan torsi 141 Nm. Sedangkan Toyota Yaris hanya menggunakan mesin 1NZ-FE 1.5 liter bertenaga 109 hp dan torsi 141 Nm yang masih diwariskan dari Yaris sebelumnya. Namun, kelebihannya terletak pada daya tahan dan konsumsi bahan bakarnya yang irit.

Dari hasil praktik lapangan, Fiesta Ecoboost terbukti yang paling kencang dengan akselerasinya dari 0-100 kpj dengan catatan waktu 11,07 detik. Tenaga lebih besar 5 hp dengan torsi unggul 25 Nm dari Honda Jazz.

Untuk Mazda2 Skyactiv, ia berhasil mencatat waktu 11,13 detik, unggul 0,06 detik dari Honda Jazz yang mencatat waktu 11,19 detik. Ini lah kelebihan dari mesin Skyactiv yang dipadukan dengan transmisi Skyactiv Drive, yakni transmisi ini merupakan gabungan transmisi konvensional dengan transmisi CVT dan juga transmisi dual-clutch, sedangkan Honda Jazz murni sudah mengadopsi transmisi CVT berteknologi Earth Dreams terbaru. .

 

toyota-yaris-mesin

 

Menyusul Toyota Yaris di paling belakang dengan catatan waktu 11,48 detik, secara data pun Yaris memang paling kecil tenaganya. Praktik lapangan pun menunjukkan bahwa Yaris sering kali tertinggal jika sedang berakselerasi cepat.

Yuk, dibaca Review Lengkap Mobil Toyota Yaris

Konsumsi Bahan Bakar

Bukan mobil hatchback namanya jika konsumsi bahan bakarnya tidak irit. Honda Jazz tercatat yang paling irit dengan angka konsumsi 18,88 kpl dengan kecepatan rata-rata 76 kpj, sementara hasil pada MID menunjukkan konsumsi bahan bakar sebesar 18,3 kpl.

Terbaik kedua disandang oleh Mazda2 GT Skyactiv dengan cetakan angka 17,9 kpl pada kecepatan rata-rata 77 kpj, hasil di MID menunjukkan konsumsi BBM 18,5 kpl.

Tempat ketiga ditempati oleh Ford Fiesta Ecoboost dengan angka 17,2 kpl di atas kecepatan 75 kpj, hasil di MID-nya menunjukkan catatan konsumsi BBM sebesar 19,6 kpl.

Terakhir Toyota Yaris meraih angka 16,52 kpl pada kecepatan 77 kpj dan hasil di MID sebesar 16,6 kpl.

 

Pengendalian

Dari sisi pengendalian, Honda Jazz dan Mazda2 Skyactiv menawarkan kenyamanan lebih akibat dari pengaturan tilt and telescopic steering. Sebenarnya Ford Fiesta Ecoboost dan Toyota Yaris juga cukup nyaman, namun rasanya kurang lengkap jika tak ada pengaturan posisi setir.

Kontribusi terbesar kenyamanan berkendara pada Honda Jazz RS yakni pada penggunaan suspensinya yang kini terasa semakin lembut. Selain tenaganya cukup besar, juga gejala understeer tak lagi dapat terasa. Sangat disayangkan kamera mundur ataupun sensor parkir belum ada pada mobil ini.

Untuk Mazda2 Skyactiv ia lebih menawarkan pengalaman maksimal pada pengemudi ketimbang semua rivalnya, dengan adanya paddle shift dan speedometer dan juga setirnya yang mampu memberikan respon baik. Karakter suspensinya pas, tidak lembut namun juga tidak keras. Mengendarainya hampir tidak terasa gejala limbung.

Masuk ke dalam Ford Fiesta, pengendaliannya pun cukup baik berkat suspensinya yang cenderung kaku, namun lain cerita jika melalui jalanan berlubang. Didukung dengan Electronic Stability Program (ESP) dan Traction Control.

Toyota Yaris lebih handal dalam menjalani permukaan jalan yang rusak berkat suspensi MacPherson di depan, dan Torsion Beam di belakang, namun kenyamanan ini harus dibayar dengan pengendalian yang kurang baik. Yaris cenderung mengalami understeer saat menikung di kecepatan tinggi.

 

Kesimpulan

Toyota dan Honda tetap menguasai segmen hatchback, namun tetap mendapat perlawanan sengit dari Mazda2 Skyactiv dan Ford Fiesta Ecoboost. Dari sisi fitur Mazda2 Skyactiv patut diacungi jempol, namun konsekuensinya Mazda2 memiliki harga termahal di antara ketiga rivalnya yaitu Rp 276 juta. Sedangkan Honda Jazz RS CVT dijual dengan harga Rp 252 juta, disusul Toyota Yaris TRD M/T Rp 254,4 juta dan untuk Ford Fiesta Ecoboost AT memiliki harga jual sebesar Rp 269,9 juta. Semua harga tersebut adalah OTR Jakarta.

Pertimbangan konsumsi bahan bakarpun jangan sampai luput dari pandangan. Di sini Honda Jazz RS CVT unggul dibanding lawan-lawannya, plus dengan harga yang paling murah. Belum lagi ditambah dengan fleksibilitas kabin Ultra Seat milik Honda Jazz.

Ford Fiesta Ecoboost hanya menawarkan keunggulan mesin saja. Sayangnya belum teruji dalam jangka panjang. Sementara Toyota Yaris terpaksa menjadi pilihan paling akhir karena mesin dan transmisi lama yang terbukti tidak memuaskan. Namun nama besar Toyota dan tampak mukanya masih mampu meraih minat masyarakat Indonesia.

 

Dapatkan mobil dengan harga termurah, hanya di MobilKamu.com. Dengan teknologi terkini dan bantuan dari tim kami, kamu bisa mendapatkan mobil idaman kamu dengan cepat dan mudah! Hanya di MobilKamu.com!

Sumber : Auto Car Indonesia

 

Baca juga artikel lainnya: