Tips Mengatasi Jamur di Kaca Mobil

 

Kaca mobil menjadi area yang sangat vital di dalam kendaraan Anda, jadi sangat penting untuk selalu memastikan bahwa bagian ini selalu dalam kondisi bersih dan benar-benar membuat pandangan Anda bebas menatap ke depan. Hal ini patut Anda cermati setiap saat, mengingat selama berkendara Anda tentu harus selalu waspada dan fokus pada berbagai hal di depan pandangan Anda.

Jika kaca mobil buram akibat goresan atau jamur yang terdapat pada permukaannya, maka bisa saja pandangan Anda menjadi terganggu, sehingga Anda tidak bisa fokus dan waspada saat mengendarai mobil tersebut. Ini tentu sangat beresiko dan bisa saja membuat Anda mengalami berbagai hal yang tidak diinginkan.

Hal yang harus diperhatikan saat membersihkan kaca mobil

Pastikan Anda selalu membersihkan kaca mobil Anda secara teratur, hal ini dapat mencegah kaca menjadi buram dan bernoda. Di luar jadwal tetap Anda, kaca mobil juga harus selalu segera dibersihkan setelah terguyur hujan, sebab besar kemungkinan berbagai noda dan kotoran akan menempel di sana saat Anda menggunakannya menerobos hujan. Jangan membiarkan berbagai kotoran tersebut menempel hingga lama pada kaca, setidaknya Anda harus segera mengguyurnya dengan menggunakan air bersih dan mengeringkannya kembali dengan lap.

Simak beberapa hal yang harus diperhatikan saat membersihkan kaca mobil berikut ini:

  • Bersihkan kaca mobil secara teratur setiap hari, agar noda tidak menempel terlalu lama di sana dan pastikan juga Anda selalu menggunakan lap berbahan lembut serta bersih untuk melakukan ini.
  • Lakukan pengelapan secara searah, sebab gerakan memutar akan mengumpulkan noda atau pasir pada titik tertentu dan memungkinkan timbulnya goresan pada permukaan kaca.
  • Segera lap embun yang terdapat pada bagian kaca dalam, agar permukaan kaca tidak berjamur.
  • Hindari untuk melap debu atau kotoran pada kaca, terutama jika menempel cukup banyak di sana. Siram terlebih dahulu dengan air, agar kotoran dan debu luruh sebelum dilap.
  • Bersihkan juga sela-sela jendela, karet wiper atau kipas kaca secara berkala. Hal ini akan mencegah kotoran menumpuk di sana, yang mungkin saja akan menggores bagian kaca.

Bahan pembersih yang pantang digunakan

Saat membersihkan kaca mobil, Anda tentu wajib untuk selalu memperhatikan bahan pembersih yang akan digunakan, sebab ini akan sangat berpengaruh pada hasil yang Anda dapatkan. Berikut ini adalah bahan pembersih yang harus Anda hindari:

  • Alkohol dan bahan kimia

Jangan menggunakan kedua bahan ini untuk membersihkan kaca mobil, sebab bahan ini dapat menimbulkan buram dan juga merusak fungsi peredam panas pada mobil Anda.

  • Amoniak

Hindari juga pembersih dengan bahan amoniak, sebab ini dapat merusak berbagai komponen di sekitar kaca yang terbuat dari: vinil, kulit dan juga karet. Meski tidak merusak kaca secara langsung, namun penggunaan bahan ini tetap beresiko.

Pilih pembersih yang tepat

Untuk mendapatkan kaca yang bersih dan jernih, Anda wajib melakukan pembersihan secara teratur dan tentunya dengan cara yang tepat serta menggunakan peralatan yang tepat juga. Simak 2 cara yang dilansir stius www.mechaniconlines.com di bawah ini, yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi jamur pada kaca mobil Anda:

  1. Gunakan minuman soda

Pastikan Anda menggunakan soda murni, yang belum diolah menggunakan bahan tambahan apapun juga. Pertama Anda harus membersihkan kaca mobil seperti biasanya, kemudian melapnya hingga kering. Basahi lap bersih dengan menggunakan cairan soda, lalu gosok dan bersihkan permukaan kaca yang buram atau berjamur. Lakukan hal ini beberapa kali hingga jamur hilang dan kaca menjadi jernih kembali.

  1. Gunakan air tembakau

Rendam segenggam tembakau kering selama 15 menit dalam seliter air bersih dingin dan belum dimasak. Pastikan cairan ini tidak terkontaminasi oleh detergen atau campuran yang lainnya. Bersihkan kaca mobil Anda seperti biasanya terlebih dahulu, kemudian lap hingga kering. Gunakan air tembakau tersebut untuk menyiram permukaan kaca yang buram dan berjamur, lalu gosok dengan menggunakan busa dan lap bersih. Lakukan ini berulangkali hingga jamur hilang, lanjutkan dengan membilasnya menggunakan air bersih, sehingga kaca mobil Anda kembali bersih dan jernih.