Adu Mobil City Car Terlaris 2016: Brio Satya, Agya dan Ayla

 

Pabrikan-pabrikan besar seolah sedang berpacu untuk menghadirkan mobil berjenis city car yang mana mobil semacam ini sudah begitu cocok dengan alam perkotaan. Karena sudah distandardisasikan ala gaya hidup perkotaan, sudah barang tentu masalah kemacetan, lahan parkir sempit bakal tereduksi. Dengan produksi mobil yang relatif mini di samping harganya yang juga murah mobil jenis ini banyak menjadi pilihan masyarakat kota. Sebut saja nama-nama city car yang telah laris-manis di pasaran seperti Honda Brio Satya, Toyota Agya dan Dayhatsu Ayla yang mana ketiganya berbanderol cukup ramah bagi siapa saja yang ingin memilikinya. Memiliki kelas yang sama dan harga yang tidak beda jauh, tentu menarik rasanya untuk menilik masing-masing dari mobil di atas saling beradu dalam hal eksterior, interior dan performa.

Eksterior

Eksterior merupakan wajah mobil yang mana bagian ini merupakan lapisan terluar yang paling jelas terlihat. Di antara ketiganya, Honda Brio Satya terlihat paling menarik untuk dipandang dari manapun sudut pandangnya. Mobil pabrikan Honda ini hadir dengan desain yang paling cantik dan sporty di antara ketiga mobil yang dibandingkan. Belum lagi ditambah bentuk body yang proporsional membuat siap saja yang memilikinya gatal untuk memodifikasinya. Jangan heran kalau di luar sana tak sedikit yang bermain modifikasi pada velg, aksesoris hingga warna bodi. Satu hal yang menjadi titik lemahnya yaitu ground clearance yang terlalu rendah dapat bergesekan dengan polisi tidur atau jalan tak rata saat melewatinya.

Baca juga: Review, Harga, dan Spesifikasi Honda Brio

 

Beralih ke Toyota Agya, anda akan teringat kembali era awal 2.000-an dimana mobil-mobil keluaran Toyota saat itu mengusung desain yang tak sedinamis merk-merk Toyota saat ini. Akan tetapi, bentuknya masih cukup acceptable serta sedap dipandang mata, apalagi bagian belakangnya nampak begitu manis. Dari segi desain, Agya dirancang seproporsional mungkin untuk memenuhi permintaan pasar Indonesia yang mengutamakan kelegaan interior serta clearance ground tinggi. Toyota juga menghadiahkan paket berupa body kit Agya TRD Sportivo yang memang lebih sporty.

Mau kredit mobil baru cepat disetujui? Klik disini!

 

Jangan lupakan juga masih ada satu lagi city car yang perlu dilirik dari segi eksteriornya, yaitu Dayhatsu Ayla. Kesan pertama yang timbul saat melihat mobil yang satu ini yaitu penampakan sebuah mobil LCGC yang mana begitu ideal bagi masyarakat Indonesia. Meskipun tak sementeren Honda Brio desain A-Concept yang diusungnya disesuaikan dengan selera konsumen. Di antara sekian banyak masyarakat Indonesia, terutama yang tinggal di kota-kota besar mengharapkan mobil kecil tetapi berkabin lega. Apalagi, mobil keluaran Toyota ini dipercantik dengan headlamp multi reflektor yang didesain tajam dan sipit.

Interior

Jika anda belum cukup puas melihat perbandingan ketiga city car di atas, coba saja melihat-lihat bagian dalamnya. Masing-masing dari ketiganya memiliki kelebihan dan kekurangan. Untuk mobil Brio, kesan yang ditimbulkan cukup menyenangkan dengan adanya warna Beige yang terkesan mewah. Apalagi hadirnya balutan warna yang lebih cerah menghadirkan suntikan kemewahan atas mobil ini. Untuk akses masuk, terdapat door trim yang juga didesain lebih artistic. Sayangnya, mobil keluaran Honda ini tidak menyediakan fitur door trim secara penuh karena masih ada plat besi dari body yang terlihat.

 

Urusan interior, memang bukan keunggulan Toyota Agya. Namun dalam hal kelegaan interior, Honda brio terpaksa bertekuk lutut. Tidak seperti Brio yang jarak atap ke lantainya pendek, Toyota Agya mengizinkan anda yang berbadan tinggi untuk tetap nyaman di dalamnya tanpa khawatir terbentur atap. Tidak hanya lega secara vertikal, Agya juga lega secara horizontal meskipun desainnya masih kaku dan nampak murahan. Untungnya, mobil pabrikan Toyota ini telah dilengkapi dengan fitur head unit indash serta MID (Multi Information Display) yang terpampang pada speedometernya agar tampilannya terlihat modern.

Mau kredit mobil baru cepat disetujui? Klik disini!

 

Dibandingkan dua mobil sebelumnya, Dayhatsu Ayla juga tak mau kalah dalam hal interior. Meskipun interior tak terlalu mewah, interior mobil mungil ini telah didesain sedemikian rupa agar tak mengecewakan penikmatnya. Pada bagian kabinnya, mulai dari ruang kaki hingga ruang kepalah telah dirancang cukup lapang. Jadi, penampakan luar yang terlihat mini tidak menjamin ruang di dalamnya juga mini karena di dalamnya terdapat kabin yang lapang yang memudahkan penumpang mengatur berbagai posisi duduk. Bisa dikatakan kabin Ayla paling lapang di kelasnya sebagaimana Agya.

Baca juga: Review, Harga, dan Spesifikasi Toyota Agya

Performa

Dalam menentukan predikat city car mana yang terbaik, performa menjadi salah satu aspek yang paling diperhitungkan. Di antara ketiganya, Honda Brio Satyalah juaranya dimana mobil ini yang satu ini mengusung mesin 1200 cc dengan 4 silinder i-VTEC. Dari mesin yang diusungnya tenaga yang disemburkan sebesar 88 Ps. Secara teknis, aspek inilah yang membuatnya jauh lebih unggul di antara ketiganya. Belum lagi ditambah noise vibration harness semakin membuatnya tak tertandingi dari dua rivalnya itu.

 

Dari segi mesin memang Toyota Agya harus mengakui keunggulan Brio Satya. Namun, para pecinta Agya masih pantas berbangga hati karena spesifikasi mesin yang tertanam di dalamnya lebih tinggi ketimbang Dayhatsu Ayla. Dapur pacu yang dimilikinya yaitu mesin 1000 cc dengan 3 silinder mampu menghasilkan tenaga sebesar 65 Ps. Dari mesin yang mendukungnya, performa Toyota Agya cukup menjanjikan karena bobotnya yang begitu ringan, kurang dari 800 kilogram. Tarikan yang dihasilkan pun sudah lebih dari kata cukup bagi sebuah mobil perkotaan tetapi masih belum dapat menandingi Brio Satya.

 

Meskipun sebelumnya disinggung bahwa level mesin Ayla berada di urutan paling bawah dari ketiga mobil yang diadu, mesin yang digunakan cukup tangguh. Mesin Ayla hanya 998 cc DOHC dengan 3 silinder dimana mesin ini hanya kalah tipis dengan mesin Agya. Meskipun demikian, perbedan 2 cc antar Ayla dan Agya tidak berpengaruh banyak pada tenaga maksimal yang dihasilkan karena tenaga maksimal yang disemburkan mobil pabrikan Daihatsu ini sama dengan tenaga maksimal Ayla yaitu 65 PS. Yang membedakannya dengan Agya yaitu yaitu penggunaan mesin berseri D26F 1 KR-DE dimana mesin ini menjadi didukung oleh Eco Technology yang ramah lingkungan dan tentunya irit bahan bakar.

Baca juga: Review, Harga, dan Spesifikasi Daihatsu Ayla

Kesimpulan

Dari ketiga mobil bertipe city car di atas juara umumnya adalah Honda Brio Satya. Meskipun ketiganya memiliki kelebihan dan keunggulan masing-masing, Brio Satya begitu superior pada aspek eksterior dan performa. Untuk aspek interior, masing-masing memiliki keunggulan dimana Brio Satya memenangkan duel secara telak dalam hal kemewahan dan tampilan interiornya melawan Agya dan hanya menang tipis dari Ayla. Untuk kelegaan interior, Agya memang harus mengakui keunggulan kedua rivalnya tersebut. Baik Ayla maupun Agya memiliki ruang yang sama lapangya. Keunggulan Brio Satya ini pun tak lepas dari harganya yang paling mahal di antara ketiganya dimana Harga Brio berkisar 106 hingga 116 juta. Adapun dua mobil lainnya yaitu Agya harganya berkisar antara 99 juta rupiah hingga 120 juta rupiah sedangkan Ayla harga banderolnya 76.5 sampai 107 juta rupiah.