4 masalah karena isi bahan bakar mobil terlalu penuh

 

Apa jadinya mobil tanpa bahan bakar? Memang harus diakui, secanggih apapun mobil yang anda miliki, dia tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya tanpa bahan bakar. Bahkan, anda dianjurkan untuk selalu menjaga agar tangki bahan bakar selalu terisi agar tak kehabisan bensin, solar, pertamax atau sejenisnya saat sedang di tengah perjalanan. Hingga pada akhirnya kebanyakan dari kita mengisinya hingga full tank tanpa menyadari efek sampingnya. Berbicara efek samping, rasanya tidak hanya obat saja karena faktanya hampir segala sesuatu memiliki efek samping jika berlebihan, sebagaimana kasus pengisian bahan bakar yang terlalu penuh. Bagi anda yang masih belum tahu apa saja bahaya mengisi bahan bakar mobil terlalu penuh simak ulasan yang pernah dibahas ototaiment.com berikut ini:

1. Kebakaran Mobil

Bahan bakar sifatnya mudah tersulut api dan rentan mengakibatkan ledakan. Selama masih dalam pemakaian aman serta kapasitas yang sesuai memang tak akan timbul masalah. Terlebih setiap tangki penampung bahan bakar telah dirancang khusus dengan adanya lubang udara yang berfungsi mencegah terjadinya kerusakan tangki akibat pengisian bahan bakar yang overload. Masalahnya, para pemilik mobil tidak mematuhinya atau karena memang tidak tahu tentang hal itu sehingga tangki yang memiliki kapasitas maksimum terpaksa menampung bahan bakar terlalu penuh. Yang ditakutkan dari pengisian bahan bakar terlalu penuh yaitu mudahnya zat cair tersebut meluap melalui sela-sela atau lubang yang ada. Luapan bahan bakar inilah yang akan memicu potensi bahaya yang lebih serius.

Keteledoran seseorang dalam mengisi tangki mobilnya sudah menjadi rahasia umum. Terkadang kita menyaksikan segelintir orang yang mengisi BBM di bawah terik matahari. Hal ini akan berakibat fatal jika bbm diisi terlalu penuh melebihi kapasitas tangki yang tersedia. Di saat kendaraan anda dalam kondisi panas serta terik matahari menyengat, kemungkinan terjadinya kebakaran akan lebih besar. Hal ini adalah ancaman besar bagi anda sebagai pemilik mobil yang sedang mengisi bahan bakar dan siapapun yang ada di sekitar anda.

2. Kerusakan Tangki

Selain kerugian akibat mobil terbakar, kerugian material lainnya yaitu resiko kerusakan tangki. Sudah sewajarnya jika suatu wadah yang telah penuh tapi tetap dijejali muatan, wadah tersebut akan rusak. Begitupun halnya dengan tangki bahan bakar mobil, dimana tangki dapat berlubang atau rusak akibat pengisian secara overload. Jika sudah begini, mau tak mau anda merogoh kocek anda untuk memperbaiki kerusakan tangki tersebut.

3. Potensi Kanker

Tidak cukup sampai disitu, pengisian tangki BBM mobil yang terlalu penuh juga mengancam kesehatan, khususnnya kanker. Jadi, kanker tidak hanya disebabkan oleh kelalaian dalam mengkonsumsi asupan gizi tetapi juga kelalaian dalam mengisi bahan bakar mobil. Bagaimana bisa? Beberapa saat setelah pengisian tangki, biasanya akan merebak bau bahan bakar yang baru saja keluar dari tangki tersebut. Bahan bakar tersebut menguap karena tangki penampungnya overload dan terhirup oleh manusia di sekitarnya.

4. Penyakit Paru-Paru

Selain kanker penyakit kronis lainnya yang ditimbulkan oleh pengisian BBM mobil terlalu penuh yaitu penyakit paru-paru. Bau yang merebak dari tangki bahan bakar tersebut membawa zat karsinogenik sebagaimana yang terdapat dalam rokok. Zat ini akan berakibat fatal jika dihirup karena senyawa semacam ini akan memasuki dan mengendap di dalam tubuh manusia serta merusak beberapa organ vital, terutama paru-paru.

Sekarang anda sudah tahu kan betapa bahayanya mengisi bahan bakar mobil terlalu penuh? Maka dari itu, hidup anda terlalu berharga untuk dipertaruhkan akibat keteledoran anda dalam mengisi bensin yang terlalu penuh. Oleh karena itu, jika mengisi bensin yang sedang-sedang saja ya.

Sumber: https://goo.gl/XhKWkw

Baca juga artikel lainnya:

Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *